Rabu, 29 Juni 2022

Menu Masakan Mbul Seminggu : Paling Favorit Oseng Godong Kates dan Oseng Rebung!




Oleh : Gustyanita (Mbul Kecil)
Assalamualaikum...

Mbul masak-masak lagi. Tapi nanti ada ketambahan beli sedikit yaitu yang bagian mentog gorengnya. Juga ada apem isi selai atau di sini disebutnya kue samir. Mbul bilang apem karena rasanya mirip, cuma dia diisi selai, entah itu selai tobeli, nenas, cokelat atau pisang. Ada kacang ijo juga. Agak asin dikit luarnya. Ya gurih gitu deh. Sebelas dua belas sama apem. Warnanya aja yang putih, kalau apem kan biasanya Mbul bikinnya yang pink dan biasa ada di kendurenan desanya Tamas. Aduh ngomongin kendurenan, Mbul jadi pengen nasi berkatan yang buat slametan itu, hehehe.



Mbul bagi jadi 3 menu dalam 3 hari ya. Masak seadanya aja tapi alhamdulilah nikmat. Mbul jadi ngimpi pengen tanam sayuran. Tapi ga punya lahan. Di depan itu cuma buat lahan bunga sedikit. Ada bunga pukul sembilan, adenium, mawar putih dan yang ungu ntah apa namanya. Ada juga tanaman sirkaya yang baru berbuah 1. Kemarin kebetulan rumput yang dah tinggi baru dipotong, jadi sekarang kelihatan terang dan rapi. Kerja bakti bersihkan depan, tinggal nunggu beresin akuarium saja. Akuariumnya Tamas yang sampai saat ini belum diisi ikan. Kira-kira kapan akan diisi ikan ya Belum menemukan Pak Tukang juga #menatap nanar pada akuarium. Karena akuariumnya gede pula ukurannya. Rencananya pengen dikasih ikan mas atau bawal...#lho itu kan buat digoreng Mbul? 

Malamnya menengok langit sebentar, bulan nampak separoh. Tapi langitnya bersih sekali. Sesekali terdengar kucing mengeong. Tapi aku kangen suara jangkrik, hehehe...

Sayur Asem, Kering Tempe Kacang, Pete, Mentog Goreng, Apem, Bakwan

Pagi hari Mbul lanjutkan dengan menu pertama. Menu pertama itu ada Sayur Asem, Kering Tempe Kacang, Pete, Mentog Goreng, Apem. Tapi karena saking hecticnya masak sendiri siang itu, maka yang ada adalah kelupaan masukin kacang ke sayur asemnya. Kenapa pake kacang? Karena di tempat Mbul memang sayur asemnya yang paling idola itu justru kacangnya lho hehehe. Sayangnya aku lupa menambahkan di detik-detik sayur asemnya mau mateng. Tapi ga pa pa, yang penting rasanya enak. Dan aku baru tahu dong kalau pepaya mengkal itu bisa jadi subtitusinya waluh jipang. Malah bisa kubilang rasanya lebih enak...empuk-empuk tapi basah dan asem manis pedes sayur asem. Kenyut-Kenyut gitulah rasanya. Jadi ingat manisan pepayaku dulu tapi ini dalam bentuk sayuran hahaha. Dan, jangan lupa pula tambahkan jagung manis, juga daun so yang bikin asemnya tambah sedep. Aku juga masih pake kombinasi antara bumbu ulegan bawang merah, bawang putih, kemiri, cabe dan garam sama bubu racik, hehehe. Walau asem aslinya masih ada juga. Yaitu digeprek dikit biar aroma dan rasanya itu terasa. Ga lupa pula gorengan di pagi hari yaitu bakwan di tukang goreng langganan depan pasar.



























Untuk menu lainnya, Mbul masak kering tempe kacang secara dadakan. Nah, justru akhirnya kacangnya kepake di sini nih. Pakenya 1 papan tempe aja. Ngabisin stok tempe yang ada di kulkas. Pakenya resep praktis ala Mbul yang bumbunya ga aku uleg sih, melainkan aku iris-iris tipis. Yang penting rasa akhirnya enak. 

Resep Kering Tempe Kacang Ala Mbul

Bahan-Bahan :

Tempe
Bawang merah
Bawang putih
Cabe merah keriting
Cabe rawit
Gula merah
Garam
Minyak goreng
Kacang tanah

Cara Memasak :

Iris tempe kecil-kecil dan tipis-tipis, goreng sampai matang, angkat, tiriskan
Goreng kacang tanah, angkat, tiriskan
Iris bawang merah, bawang putih, cabe merah keriting
Tumis bumbu yang telah diiris-iris, tunggu sampai layu
Masukkan gula merah dan sedikit garam
Masukkan tempenya dan aduk-aduk sampai merata
Masukkan kacang tanah gorengnya juga
Tunggu sampai matang

Lalu tadi ada mentog goreng. Ini beli di gerobakan. Enak loh, dagingnya agak padet dan asiiiin hihi. Tapi serius enak banget deh. Dagingnya lebih mungil dari ayam. Dijambalin juga enak. Terus paling cocok dimam bareng sambel dan pete. Siapa yang suka mentog goreng juga kayak Mbul? Belinya bagian sayap, paha, kepala dan jeroan. Mbul paling suka bagian paha. Asin gurih rasanya. Ini dicampurin sambel bebek Madura juga enak loh. Biasanya kalau beli bebek Madura minta dipisahin sambelnya agak banyakan biar bisa dicocol-cocolin ke mentog goreng kayak gini. Ntar timunnya iris-iris sendiri.










Tumis Kacang Panjang, Rempeyek, Kering Tempe Kacang, Apel

Masakan kali ini dipersembahkan oleh jeng jeng jeng jeng jeng......yak tumis kacang panjang with love. Rasanya enak sekali karena main di bumbu. Kebetulan kemarin beli kacang panjang langsung habiskan aja buat menemani si lauk kering tempe kacang dan juga rempeyek kacang. Lho kok ada kacangnya semua. Memang Mbul paling suka ama kacang sih heheheh...Rempeyeknya dibawain ibu dari rumah Lebaran kemarin. Tadinya mau buat dibawa ke kantor, e ga jadi...soalnya lupa terus, akhirnya buat dimam sendiri hahahahha..






Sop-Sopan, Tempe Goreng, Puding

Menu yang paling simple dan disukai semua. Apalagi kalau bukan jangan sop-sopan. Jangan itu bahasa jawanya sayur ya. Jadi di Jawa Tengah disebutnya sayur itu jangan. Jangan sop-sopan. Aku dah nemu resep yang enak dan seger. Yaitu awalnya bawang putih cincang takgoreng sampai wangi dan keemasan dulu. Habis itu uleg lagi bawang putih, merica butiran dan garem terpisah. Nah, tumisan bawang putih cincang sekalian minyaknya tadi langsung masukkan ke kuah sop-sopannya. Nanti jangan lupa tambahin gula pasir dikit aja buat penyedap rasa. Kalau isiannya sendiri sih standar sop-sopan ya. Ada kentang, wortel, kubis, seledri, daun bawang, dan juga sedikit buncis. Lauknya tempe goreng aja, simple banget pokoknya.

Terus bikin puding nutrijel rasa melon buat manis-manis dan pencuci mulut. Ga usah pake gula soalnya itu yang puding nutrijel udah ada gula di dalamnya. Jadi tinggal dimasak dan dicetak aja. Kapan-kapan mau bikin lagi Mbul tuw pake rasa lainnya. Misalnya rasa karamel atau cokelat. 
























Resep Sop Ala Mbul
Bahan-Bahan :

Kentang
Wortel
Buncis
Kubis
Air
Garam
Royco
Gula pasir
Minyak goreng

Bumbu yang Dihaluskan : 

Bawang putih
Merica butiran
Garam

Cara memasak : 

Potong-potong kentang, wortel, dan buncis. Lalu potek-potek kubis. Cuci sampai bersih
Iris halus daun bawang dan seledri
Cincang bawang putih sampai halus dan tumis sampai wangi dan keemasan. Masukkan ke dalam air untuk merebus sop bersama minyak tumisannya sekalian
Masukkan kentang, wortel
Tambahkan bumbu yang dihaluskan
Tambahkan royko dan sedikit gula pasir untuk sedep-sedep
Jika sudah mendidih baru masukkan sayuran yang cepat matang seperti kubis, buncis, daun bawang dan seledri
Akan lebih nikmat lagi kalau ditaburin bawang goreng
Bisa disajikan dengan lauk apapun, contohnya Mbul menggoreng tempe dan kerupuk ikan









Esoknya Libur Masak en Tumbas Ayam Sogil, Nyobain harga Promo hehehe. Kebetulan belum pernah nyobain mie goreng gepreknya. Jadi beli ayam paha yang ga pedes ama mie gepreknya. Itu sepaket udah sama es teh manis. Dalemnya ada bonus kulit gorengnya juga. Kulitnya digoreng kriuk bukan yang basah sih. Kalau yang ayam gorengnya kan masih basah-basah juicy. Terus mie goreng gepreknya biarpun level nol juga bagi Mbul tetep pedes banget heheheh. Tapi enak dan aku suka.






Oseng Pare dan Telor Dadar

Yummy! Dapat pare di pasar langsung sorenya Mbul olah jadi oseng-oseng aja. Karena mau dibikin apalagi pare selain oseng-oseng. Masaknya agak cepetan dan telor ngabisin sisa beli beberapa hari yang lalu. Jadinya telornya double-double. Hehe. Telor dadarnya biar gurih dikasih bumbu ulegan bawang merah dan penyedap dikit sih disamping tentu saja ada garam. Dan biar ada slemet-slemet pedesnya dipakein irisan cabe rawit juga. 






Oseng Daun Kates dan Tahu Tempe Goreng

Mumpung habis dari kampung kemarin sangu sekresek tanah lempung yang kepake sebagai ampo (penghilang pahit oseng kates), maka begitu beli daun kates akhirnya bermanfaat juga lempungnya. Pas Mbul coba praktekkin beneran ga pahit loh, step-stepnya Mbul jabarin di resep yang ada di bawah ya. Terus Mbul banyakin rawitnya aja biar pedes sedep. Ini terfavorit sih setelah aku ngefans sama daun katesnya bebek mercon langganan. Lawuhnya tahu tempe goreng aja. Soalnya gampang tinggal goreng doang. 



















Oseng Rebung dan Tahu Goreng, Bonus Kedele Rebus atau Edamame

Nah! Ini favorit Mbul yang kedua. Oseng rebung. Kalau di kami nyebutnya bung bendet. Bung yang warnanya kuning gading. Ini di pasar lagi nemu jadi langsung beli. Soalnya kadang langka lo. Tapi memang yang dah dipotongin kayak cincin. Jadi praktis, tinggal nyuci doang sebelum dimasak. Lawuhnya masih dalam rangka cinta kedele-kedelean jadi ya sekali lagi tahu goreng juga kedele rebus. Mantab!!



















Kerudung biru duduk di taman
Mbul kecil itu namanya
pamitan dulu ya teman-teman
Buat persiapan ngedrat selanjutnya

Okey, sampai di sini dulu ya update-an Mbul kali ini. Nanti aku kembali lagi di post resensi novel selanjutnya (karena ada request dari teman pembaca yang pengen Mbul banyakin resensi novel dan komik ☺😊). Bye bye!!!



70 komentar:

  1. wah wah
    petenya itu bikin makan serasa nikmat sekali
    Lauknya dan sambalnya harus banyak
    biar makannya lahap

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas, pete dan sambal emang favorit di tempat keluarga Mbul. Alhamdulilah di pasar dapat pete yang bijinya besar-besar, rapat-rapat, dan manis rasanya 😊

      Hapus
  2. You look so beautiful in light blue! Love your foods..healthy, nutritious and moreish everyday food is my favourite.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, Angie i love baby blue and baby pink color in hijab. when I use them my mood becomes better as well.

      Thank you dear, have a nice day 😍

      Hapus
  3. enak2 semuanya..suka kering tempe kacang, seringkali dicampur sama ikan bilis goreng..
    mentog tu apa ya? kayak ayam ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Kak Nohas πŸ˜ƒ
      Iya kak ditambah ikan bilis yang kecil-kecil Mbul juga suka. Betul kak...mentog itu unggas atau itik senarai atau menila atau itik serati..bul suka banget dengan mentog kak

      ΰΈ…(^・Ο‰・^ΰΈ…)

      Hapus
  4. I love petai! I usually cook it with a sambal paste and prawns.

    Happy Tuesday, Mbul Kecil!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah Kak Veronica juga suka petai dan sambal udang juga. Mbul pun demikian kak...

      Sometimes i dream about stinky bean (petai tree ) in my home yard Kak. Happy Wednesday...πŸ˜ƒ

      Hapus
  5. Oh itu tempe kacang ya mbul, aku kirain teri soalnya dulu waktu masih wartegan kalo bikin teri pasti pakai kacang 😁

    Sepertinya suka banget dengan sayur asem ya, tiap masak tidak ketinggalan sayur asem, paling enak dimakan sama tempe goreng lalu dicolek sambel terasi.πŸ˜‹

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Agus, Mbul juga suka bikin teri pake kacang loh. Pakenya teri yang kecil-kecil itu, Mbul bikin pedes. Enak deh..Kalau pake teri kacang biasanya Mbul juga jadi pengen bikin kering kentang Mas

      ᕦʕ •α΄₯•Κ”α•€ΰΈ…(^・Ο‰・^ΰΈ…)

      hehehe iya mas, sayur asem memang andalan mbul...paling enak mbul kalau dah bikin sayur asem..meski bumbu ulegannya masih bumbu kombinasi bawang merah bawang putih, kemiri, garem, cabe, tapi nanti di ujung memasak mbul tetep tambahin bumbu racik asem asem mas...seger banget 🀭

      iya memang enak tempe goreng anget dan sambal terasi mas, apalagi baru abis digoreng wenak...tempenya yang dibungkus daun pisang mbul lebih suka soalnya lebih wangi..eh kok wangi ya...mangsudnya lebih enak ga tau beda pokoknya ma yang plastikan...hohoho

      Hapus
  6. Boa tarde minha querida amiga. DifΓ­cil escolher qual desse prato Γ© o mais gostoso.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang Sahabat Luiz? Semoga selalu sehat teman-teman blogger dari Brazil. Terima kasih atas apresiasinya terhadap masakan Mbul. Kalau di sini disebutnya masakan rumahan atau ndeso rapi rasanya enak Luiz. πŸ˜„

      Hapus
  7. It looks like another delicious feast. Love all those photos. Thanks for sharing and have a fantastic week.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Bill. Alhamdulilah bahan seadanya sambil bersihkan isi kulkas jadilah menu masakan 4 sehat...belum sempurna soalnya belum bikin susu hahahha. You're welcome. Selamat berhari rabu bersama keluarga 😊

      Hapus
  8. ...I love the pink flowers that look like Portulaca.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Tom....sebetulnya bunga berwarna pink itu memang portulaca...yang varietas tumpuk jadi menyerupai bunga mawar mungil. Kami biasa menyebutnya bubga pukul sembilan karena biasa mekar di pagi hari pukul sembilan, nanti siang menuju sore akan kuncup lagi...πŸ˜„

      Hapus
  9. Peyek kacang kuwi favoritku bgt mbul, opo neh nek aukeh godhong jeruke, mantul pokoke.

    Kalau liat kering tempe & kacang inget jaman kos dulu, sering bgt beli lauk itu di warteg, murah dan enak hahahhaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan-jangan dulu mbak Meta langganan warteg ibu ku.πŸ˜…

      Hapus
    2. Meta : Iya Meta, sama. Mbul kemarin dibungkusin ma ibu di kampung suruh bawa kemari. Tapi yang bikin bukan ibu sih, tapi budhe tetangga yang biasa kami sebut budhe amin. Beliau orangnya ramah banget kalau main ke rumah ibu rewang masak biasanya kebagian bikin rempeyek...memang ahilnya bikin peyek dan rasanya renyah...Terus beliau selalu nyebut mbul itu dek wkwkwkkw...ramah banget budhe amin itu meta hahahhaa

      mbul jadi ketagihan rempeyeknya. Kalau kasih daun jeruk enak juga tuh...po lagi yang peyek iwak teri..kalau yang peyek kacang seringnya mbul polosan met..

      .ΰΈ…(^・Ο‰・^ΰΈ…)γƒΎ(❀╹◡╹)οΎ‰οΎž

      lauk di warteg memang khas ada itu ya...enak banget...biasanya tambahane mie gorwng aik akeh kubise, terus orek tempe, tumisan hehhehe mantab 😍

      Hapus
    3. Maa Agus : πŸ˜πŸ€­πŸ˜‰πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  10. Depan rumah rimbun dengan pokok dan pokok bunga. Nampak terbela cantik.
    Mbul rupanya rajin masak. Hehe. Kalau saya jadi jiran untung ya minta sedikit lauknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak Na, ada taman kecil buat tanam bunga sama pohon jeruk limo, biasa mbul petik-petik jika sedang bikin sambel (❁´◡`❁)

      hihi...coba kak na jadi tetangga Mbul ya, udah mbul kirimin semangkuk sayur 🀭

      Hapus
  11. Aduhhh... seperti biasa, harus menahan siksaan dari foto2 masakan Mbul yang bikin ngiler.. hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi...biasa kak...lagi mentok ide. jadinya update masakan aja. Pengen rajin resensi buku dan drama mandarin kaya kak naia tapi antrian buku dan drama mandarinnya agak bikin galau mau dibaca dan ditonton yang mana dulu 😁🀭

      ΰΈ…(^・Ο‰・^ΰΈ…)

      Hapus
  12. I like corn soup and tempe with kacang. Beautiful flowers.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak, corn soup in here called as asem-asem that has main ingredient tamarind ^^

      Thank you γƒΎ(❀╹◡╹)οΎ‰οΎž

      Hapus
  13. ya ampun, sekarang bahasannya jadi banyak soal makanan. aku gak tahan lihat tempe kering kacangnya dibanding ayamnya haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe iya Amir, kering tempe dan kacang ternyata bikinnya sangat gampang loh. Mbul sudah membuktikannya hehe

      Hapus
  14. wow I adore those flowers more than food:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Kathy, rock roses or sun roses are cute and adorable when blowing in the wind

      γƒΎ(❀╹◡╹)οΎ‰οΎž(´✪Ο‰✪`)♡

      Hapus
  15. berabe inih makanannyaaa... ntar bisa bikin tambah melar deh... maunya nambah melulu... Aku mupeng lihat bakwannyaaah

    BalasHapus
    Balasan
    1. timpukiend Mbul hihihi
      muuph ya mba rie udah bikin pengen duank ᕦʕ •α΄₯•Κ”α•€

      ΰΈ…(^・Ο‰・^ΰΈ…)ΰΈ…(=ࢠᆽࢠ=ΰΈ…)

      mba rie suka bakwan juga..sama kayak mbull...#salim bhihihi
      #ketawa ala bernard bear

      Hapus
  16. Macam makan di taman bunga ni Mbul. Sekejap menu, sekejap bunga, nanti ada menu lagi, kemudian bunga lagi.... sungguh menghiburkan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi mbul jadi malu nih kak ami

      #blushing my chubby cheek
      (⁄ ⁄•⁄Ο‰⁄•⁄ ⁄)

      Hapus
  17. terikacang is the best si kalau kata saya

    BalasHapus
  18. sayur asam dan sambal kacangnya pasti weunaak...
    yummy.... πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pak tanza ngebut masaknya, alhamdulilah bisa mbul masak semua sebelum sore tiba πŸ˜ƒπŸ˜„

      Hapus
  19. Healthy food and lovely flowers. Blue really suits you too :-D

    BalasHapus
  20. Penasaran kro mentok goreng aku nit. Disini klo ada yang jual masih versi hidup....alhasil aku blm pernah makan daging mentok. Kata orang2...mirip daging sapi teksturnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak mba lis agak wulet tapi karena asin gurih jadi mantab...

      #mba lis aku kok ga berhenti ngekek keinget kucing tetangga yang bodynya chubby di post mba lis namanya si Mbul hahahhahahahhaha

      ΰΈ…(=ࢠᆽࢠ=ΰΈ…)ΰΈ…(^・Ο‰・^ΰΈ…)

      Hapus
  21. cantik sungguh bunga2 di laman Mbul. Terjaga rapi. Buat penyeri rumah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Wak, taman umum perumahan sebenernya, kebetulan depan pas rumah Mbul letaknya...jadi alhamdulilah Mbul kebagian pemandangan indah dan tiap pagi bisa melihat bunga bunga cantik Wak 😊

      Hapus
  22. Saya sangat suka sup jagung dengan lobak putih, saya sering masak sup ini. Lagi pun, lobak putih baik untuk "detox" badan! Kami masak kering tempe kacang dengan sos kicap pekat manis. Bunga merah yang cantik di post anda dinama "Japanede roses" di sini, ada berbagai warna - kunning, oren dan ungu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalau di Malaysia seringnya jagung dipadu padan dengan lobak ya kak, tempat Mbul pake labu siam kak ❀(*´▽`*)❀

      kalau mbul pakai gula jawa kak, nda pake kecap...

      iya beraneka warna bunga bunga mungil di taman depan rumah Mbul Kak, alhamdulilah (❁´◡`❁)

      Hapus
  23. Dari fotonya aja udah kelihatan enak semua makanannya Kak πŸ˜‹. Sayur asam dulu jadi kesukaan Teddy saat kecil. Namun sekarang udah beda kesukaannya hehe.

    Kak Embul hebat, bisa masak apa aja kayaknya hehe, semangat terus Kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilah makasih Teddy. Mbul masih banyak belajar masak kok 😁

      tetap semangat, harus dong...biar berkah tiap ngerjain sesuatu harus semangat, aminnn πŸ˜ƒ

      Hapus
  24. duarrrr aku pen nyuwil apeme
    ambek bakwane masya allah
    selalu ada foto bunga dan hijab menyempil di setiap masakan
    kuteringat feed Instagram Puteri Indonesia yang disusun sesuai warna tema

    saiki ayam fried chickenan akeh sing menu geprek ya mbak
    suwe ga makan mentog aku nunggu yang mau mentognya disembelih wkwkwk cari gratisan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahbmas ikrom tumben pake anonim heheh

      iya apeme rencana aku arep gawe dewe sesuk mas, biasa rencana gawe konten resep kue hehehhe
      iya admine memang seneng nata nata foto ngisor nduwur poatingan ben enak taksawang mripatku mas wwkkwkw...berdasarkan selera pribadi tapi hahhahah

      iya akeh digawe geprek jadine pedes, nek sing seneng pedes yo jadi lahap maeme

      mentog enak mas ikrom, seringe mentog ndek kene dirica rica...nek iki tumbas ning gerobakan kaki lima digoreng gurih asin wkwkkw

      Hapus
  25. Menu-menu rumahan kayak gini emang enak banget, trs sambal tempe kacangnya bikin iler ngeceesss 😭😭😭 auto lapaarr

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, sengaja mbul bikin buat keluarga biar kebersamaan dan mam di rumah, senajan lawuhe sederhana dan ala kadar hehehe

      Hapus
  26. Aku salfok Ama Pete, daun pepaya dan pareee ❤️❤️. Favorit bangettt. Apalagi kalo pahit. Cocok dimakan Ama sambel terasinyaa 😍. Makanya kadang suka sedih kalo beli tumis pare yg udah ga pait , justru paitnya aku suka 😁.

    Nita mah rajin masak Yaa, menu2 homemade mu sering pokoknya aku jadiin referensi masak apa hari ini 🀣. Saking sering bingung mau bikin apaan . Yg eksekusi tetep si mba kesayangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi...iya mba fanny, mumpung belanja agak banyak jadi biar bisa buat seminggu atau bahkan lebih ni bahan-bahan...sama toast mba aku juga suka yang agak sayuran pait dikit, tapi tetep kadar paitnya dikit aja makanya aku pakein gula jawa...khusus daun pepaya aku masak metode lempung biar endeus..dan tambahin ebi dan rawit banyakan hehhehe

      (*・Ο‰・οΎ‰οΎ‰οΎž☆゚゚(o´∀`o)

      Hapus
  27. Kebetulan baca artikel ini perut sedang lapar. He he πŸ˜„πŸ˜„

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba Bunda deket, pasti dah Mbul masakin πŸ˜πŸ˜„πŸ₯°

      Hapus
  28. yang saya sukai menu pare, daun kates dan pete
    wow mantap, makan jadi lahap
    nambah dah

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantab djiwa. Makasih atas kunjungannya Kawan πŸ˜„πŸ˜Š

      Hapus
  29. Aku suka sayur asem, sambel, tempe goreng kering. Mantap sekali.

    BalasHapus
  30. Says Jadi pengen makan sayur asem, Kak.... ☺️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk Kak, mam sayur asem juga, nanti praktekin resep sayur asemnya embul

      (。・Ο‰・。)

      Hapus
  31. Bakwan sama sambalnya menggugah selera banget T.T, padahal aku orang yang nggak terlalu bisa makan pedas (pasti sakit perut/diare kalau makan pedas), tapi ngelihat sambal kayak gitu bener-bener menambah selera makan T.T, kayaknya aku harus mulai belajar memasak biar bisa masak bakwan sendiri huhuhuhu (sekalian berhemat sebagai anak rantau).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak ya hid, Mbul suka banget makan bakwan pagi pagi..kalau makan bakwan pagi itu istilahnya bikin semangat buat ngerjain aktipitas selanjutnya #eh apa hubungannya ya hahahhahaha
      kalau sambel emang mantab banget...

      Hapus
  32. WOW NICE MEAL AND GREAT PHOTOS

    BalasHapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^