Sabtu, 28 Januari 2023

Resep Kupat Tahu Khas Purworejo



Kupat tahu khas Purworejo adalah salah satu menu favoritku setiap kali berlibur ke desa. Kupat tahunya ini agak berbeda ya dari kupat tahu khas Magelang. Klo yang aku amat-amatin sekilas sih, letak perbedaannya ada pada bumbu dan kuahnya. Karena yang sering aku makan itu kupat tahu khas Purworejo yang basisnya adalah kuah gula merah encer (lengkap dengan bumbu-bumbu dan rempah pilihan), sedangkan kupat tahu khas Magelang punya unsur kacang tumbuk kentel yang menurutku mirip bumbu pecel atau ketoprak. Entah hanya itu yang membedakan atau ada lagi, soalnya yang sering kutemui ya yang seperti itu, hehe…




Kupat tahu ini biasanya kami bikin dalam porsi besar pada saat jelang Hari Raya Idul Fitri tepatnya di malam takbiran karena keesokan harinya harus disandingkan dengan menu khas lainnya yaitu opor ayam dan juga pecel sayur. Memang di tempat kami, opor ayam bukan satu-satunya menu utama, karena primadonanya justru terletak pada kupat tahunya ini. Makanan yang hampir udah bisa dipastikan ada di setiap meja makan rumah-rumah warga lokal sini. Sengaja begitu karena udah jadi tradisi dari tahun ke tahun, di samping orang mungkin butuh sesuatu yang beda kali ya selain ayam dan daging santen. Nah, bagi yang  selalu haus akan belaian kasih sayang Beby Mbul setiap jelang mau bobok (pastinya itu adalah Kakak A dan Mas Montogh) *eh maksudnya rindu akan lauk nabati plus ada campuran sayur-sayurannya, maka opsi kupat tahu ini adalah yang paling pas buat disantap.

Apalagi klo abis muter silaturahmi tuh, bisa dipastikan terakhiran bakal selalu ada kalimat ajakan dari sang empunya rumah yang berbunyi seperti ini : “Kono, ngupat tahu sik neng mburi !” Yang artinya setiap tamu diwajibkan untuk makan besar dulu sebelum pamit pulang. Karena klo belom seperti itu, si empunya rumah menganggapnya belom ‘sah’ alias belom afdol, wkwk. Nah, klo menolak ato sungkan-sungkan, malah kitanya yang dikira kurang sopan. Jadi siap-siap aja kenyang ya klo lebaran di desa wkwkw.






Untuk membuat kupat tahu, ibu biasanya persiapan belanja dulu di Pasar Prepegan (hari pasaran yang jatuh pada satu hari jelang Lebaran). Belinya ya bahan-bahan utamanya sendiri mulai dari tahu cokelat, kubis, kecambah yang belom jadi (katanya biar enak direndem semalem sampe keluar ekornya juga ngelupas kulitnya), seledri, bawang merah, serta bumbu-bumbu lainnya. Lengkapnya aku tulis dalam bentuk point-point aja ya biar gampang.

Bahan utama :

Kupat
Tahu cokelat
Kubis
Kecambah
Bawang merah (buat taburan)
Seledri

Bahan Kuah :

Gula merah
Daun salam
Lengkuas
Garam
Air

Bahan Sambel Bawang :

Cabe rawit
Bawang putih
Garam

Bahan Sambel Tomat :

Tomat, Cabai, garem, gula pasir, bawang merah, bawang putih, minyak untuk menumis

Untuk kupatnya, yang telaten bikin justru Alm. Kakung Dlg dibantu anak lanang. Teknisnya aku ga gitu tau, cuma kok ya kupat bikinan beliau selalu pas, ga kelembekan maupun kekerasan. Mungkin kuncinya ada pada proses pengedangan kali ya. Kayaknya membutuhkan waktu 4-5 jam untuk menghasilkan tekstur kupat yang okay. 






Langkah-langkah :

Cuci bersih tahu. Potong dadu sama bentuk dan ukuran supaya terlihat rapi dan seragam. Goreng dalam minyak sampe terendam. Namun tahunya jangan sampe terlalu kaku akibat kematengan. Soalnya enakan yang bagian putihnya masih terasa lembut, sementara cokelatnya lumayan garing. Oiya, untuk goreng tahunya ini kebetulan kami masih pake tungku juga wajan besar, jadi dijamin bisa nampung porsi agak gedean.

Rendam kecambah sampe kulitnya lepas, rebus bentar. Biasanya aku pakein plastik nih biar ga over cook dan dicemplunginnya pas uda mendidih, bentar aja langsung angkat. Oiya, pakenya bukan yang tauge loh ya. Tapi kecambah. Karena bagi kami rasanya lebih crunchyan kecambah ketimbang tauge. Tapi kalau toge Mbul bikin di luar kupat tahu, alias mbul bikinnya di sayur tumisan oseng tahu. Because of oseng tahu togenya Beby Mbul nita jarene sih paling wuenak. Kebetulan baru aja kemaren aku disuruh ngongseng tahu toge, jadi udah valid rasanya hihihi.












Iris kubis dan seledri tipis-tipis biar cantik sebagai taburan. Kami biasanya cari kubis yang daunnya masih ijo seger gitu sih. Klo untuk seledri, sebaiknya selalu kasih racikan baru karena sifat daunnya yang gampang kali alum. Jadi begitu stoknya abis, ya siap-siap ngiris lagi.

Iris bawang merah tipis-tipis. Goreng hingga harum dan keemasan. Oiya di sini aku punya tips yang oke punya dalam hal menggoreng bawang merah, yakni…taburin dulu pake garem supaya gurih dan mateng merata. Gorengnya juga jangan lama-lama. Kira-kira satu sisi berubah warna, segera balik. Jangan sampe gosong ya ! Emang sih kuakui paling PR ngirisin bawang merah, palagi klo irisan bawangnya banyak, widih uda ga perlu obat mata lagi tu buat cuci mata, hihihi. Tapi setelah matang, ku biasanya jadi terharu, karena rasanya enak, dan sekeluarga juga suka bawang goreng bikinanku. huhuhu.... rasanya enak kres kres kres....ga sia-sia berjam-jam di depan penggorengan.

Nah supaya si bawang ini ga terkesan oily, setelah matang, tiriskan dulu ya gaez di atas wajannya, supaya minyaknya ga kebuang percuma, tumpangin aja serognya (duh apa ya bahasa Indonesianya serog) di atas wajan.




Abis itu, endapin dulu bawang merah gorengnya di atas kertas minyak. Angin-anginkan sampe dingin. Ntar klo dah kering, baru deh boleh dimasukkan ke dalam toples. Untuk kuahnya, pertama didihkan air. Masukkan bumbu lain seperti gula merah, salam, lengkuas dan sedikit garam hingga mendidih. Nah, menurut analisa ibu yang jadi koentji dan enaknya si kupat tahu ini ya bagian kuahnya. Karena dia pake salam dan lengkuas yang bikin wangi. Jadi beda ma yang lain.

Untuk sambel, biasanya ibu bikin versi sambel bawang yang puedes luar biasa ama sambel tomat goreng.

Sambel tomat, standar lah ya. Yaitu uleg bawang putih, cabe rawit, sedikit garam, tumis sebentar sampe harum.

Kedua jenis sambel ini cucok banget buat dicampurin ke kuah kupat tahu yang manis itu. Jadi, si kupatnya ini bisa dimakan versi manis tanpa sambel, bisa juga yang pake sambel…suka-suka yang makan. Klo aku sendiri suka yang sambelnya full sehingga menimbulkan rasa yang mantabbb. Sementara sambel tomat gorengnya, goreng tomat, bawang merah, bawang putih cabe, setelah itu uleg dalam cobek, tambahkan sedikit gula pasir dan juga garem.

Nah, jika semua uda beres, cara ngraciknya gampang aja. Iris kupat beberapa potong, kasih irisan kubis, daun seledri, kecambah rebus, sama taburan bawang goreng, juga sambel. Terakhir, siram deh pake kuahnya !! Bisa juga disantap dengan menggunakan emping sebagai pelengkap. Dijamin endeus ! 



6 komentar:

  1. suamiku orang Purworejo, tapi aku belum pernah makan ini. hehehe kacau ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk kak nai kapan kapan cobain pake resep ibu kami kak...dijamin endeus 😊

      Hapus
  2. Love crispy onion / shallots! What are the little yellow packages? Rice inside?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Angie....itu adalah bawang merah goreng (fried shallot). Biasanya aku kebagian ngirisin tahu en goreng bawangnya. Saat sudah matang rasanya kriuk sekali, dimakan begitu aja udah enak hihihi

      γƒΎ(❀╹◡╹)οΎ‰οΎž(´✪Ο‰✪`)♡

      Hapus
  3. Ibuku kalo lebaran juga suka masak kupat, tapi pakainya opor ayam sama sayur labu mbul, kalaupun pakai tahu biasanya pakai tahu putih.πŸ˜€

    BalasHapus
    Balasan
    1. emmmmb....🀀

      enagh itu sayur lodeh labu mas, cocok banget sama kupat pas hari lebaran. Pasti masakan ibuknya Mas enak..☺😊(✪Ο‰✪)/

      kalau tahu putih juga enak ya mas, lembut tahunya .....

      Hapus