Sabtu, 21 Januari 2023

Sore-Sore Magelang Diguyur Hujan, Nunut Ngiyub di Lombok Sawah Resto



Hari keempat saatnya liburan sama Kakung Uti Prb (Baca : Bapak Ibuku red). Jadi, Sabtu, 21 Januari 2023, kami cabcus ke tempat Bapak Ibuku buat ngampirin Beliau-Beliau ini yang udah pada siap sedari pagi. Rencananya, hari itu kami mau dolan ke Magelang dan Temanggung. Tadinya kan sempet bingung tuh antara mau ke Magelang Temanggung apa Wonosobo Temanggung. 




Kalau ke Wonosobo udah ada opsi nginep ke Hotel Kresno...tapi kalau ke Magelang ada beberapa opsi hotel lainnya yang kayaknya bagus buat liburan rame-rame. Soalnya kalau di Magelang Kota kan banyak hotelnya. Jadi gampang aja nyarinya. Beda ama di Wonosobo yang kebanyakan homestay atau villa. Tapi setelah komunikasi, akhirnya diputuskanlah ke Magelang aja karena jarak Magelang Temanggung (tempat saudara) lebih deket ketimbang Wonosobo Temanggung. Tapi sebelum sampai ke rumah, kami mampir dulu ke Kin-Cling Car Was buat nyuci kendaraan yang penuh lumpur hihihi.

Setelah cuci-mencuci selese, tibalah saatnya kami ke rumah dan ternyata Bapak Ibuku udah siap. Memang Bapak Ibuku ini kalau masalah jadwal selalu on time. Pas Masih di rumah wetan aja, Ibu udah WA aku sedari jem 4 pagi, wkwkwkk. Kata Beliau : "Sido ngene jam piro Nduk? Ibu wes siap-siap ya. Kowe ngene, kita tinggal capcus!" Siappp! Tinggal towel-towel Ayankhanda Tamas aja biar segera ke rumah kulon. Yawes, ga pake lama langsung 'gas' aja daripada ntar kesorean nyampe Magelangnya. Biar ga kena macet. Soalnya kami ke sana pas ngepasi malam sebelum Hari Raya Imlek. Jadi kemungkinan besar macet.





Perjalanan alhamdulilah lancar jaya, sembari jalan, sembari itu pula Bapak Ibuku tanya kabar. Bapak ma Mas Suami di depan. Ibu dan Mas Montogh di tengah, Mbul dan Kakak A ngendon di belakang. Bangku paling mburi, wkwkwk. Empet-empetan karena tas yang dibawa Kakung Uti banyak. Kalau tasnya Mbul kan simple....Hihihi. Sampai kemudian Kakak A rada pucing (mungkin mabok) tapi setelah aku biarkan bubuk dengan kepala nyender di pangkuanku, ia jadi anteng. Anget katanya pupuwnya Mbul wkwkkw. Alhamdulilah... sholehanya Mbul...

Sementara itu Mas Montogh ama Uti di tengah juga kalem. Liyer-liyer akhirnya antugh juga hihihi. So, perjalanan lumayan mulus sampai tiba saatnya kami tiba di Kota Magelang. Agak sorean sih kami ke sananya, ngepasi pula pas Kakak A tetiba bangun dan langsung ndusel ke Mbul katanya laper. Pengen tempe goreng. Iya...tempe goreng. Karena Kakak paling suka tempe goreng. Lauk yang paling simple yang di restoran keluarga manapun selalu ada hahahha.. Simple bangat sih kepengenannya.....Cuwp :* Tapi lebih gampil lagi Mas Montogh soalnya apa aja ia doyan..... :*






Kebetulan, sore itu hujan deras. Memang lepas Salaman, lanjut ke Secang hawa udah peteng ndedet. Tanda air dari langit mau tumpah. Jadilah nyampe Secang ini hujan deras banget. Bunyi gludugnya terasa. 'Bresssss' dereeeees banget. Sembari itu pula, perut kami udah pada keroncongan jadi agaknya lebih baik melipir dulu buat makan siang yang dah terlanjur kesorean. 

Tadinya Bapak Ibuku kan mau ngrekomendasiin ke resto di Salaman, cuma karena ini mau menuju ke Temanggung jadi sekalian aja bablas nyari di Secang. Dan yang paling pas untuk kami singgahi tentu saja Lombok Sawah Resto.

















Lombok Sawah Resto. Ini adalah kunjungan kedua kami setelah sekian lamanya ga ke sini. Kali ini dibarengi sama Bapak Ibu dengan bonus hujan juga. Kalau dulu kan cuma berempat. Mbul, Tamas, Kakak A dan Mas Montogh. Nah, sekarang lebih ramean lagie. Begitu nyampe parkiran masih gerimis, menderasnya itu baru waktu kami mulai ngetag saung yang ada di dalam. Jadi ga sampai yang kebasahan klebus crindil gitu wkwkkwk. Kepala basah-basah dikit. Tapi seriyus udara jadi adem banget sampai Mas Montogh minta dikekepin mulu ama Ayahnya hahahhaha. Nah, begitu nyampai situ, Kakung Uti langsung sholat nanti gantian ama si Mas. Kalau Mbul kan lagi halangan jadi langsung bisa pesen menunya. 

Seperti pada beberapa tahun sebelumnya, menu andalan yang kami pesen saat ini harus ada aroma-aroma mangutnya. Karena mangutnya Lombok Sawah Resto itu udah paten kali juaranya. Enak banget rasanya. Bahkan kami tandain dia sebagai ter-the Best-nya menu! Bedanya adalah, dulu ke sini cuma pesan 1 jenis ikan aja. Yaitu ikan mujaer... Nah, kalau sekarang beberapa jenis ikan karena banyakan orang. Kami pesan mangut nila, mangut kepala manyung, ikan pari hotplate, cumi goreng telor asin, tempe goreng garit, tumis daun pepaya, mie goreng spesial Lombok Sawah, teh hangat, es teh manis, jus buah naga campur sirsak, jus sayuran, kopi, 1 poci wedang uwuh, es kelapa muda, air putih, dan es batu.











Setelah semuanya selesai sholat, kecuali yang sedang halangan aka datang bulan yaitu siapa lagi kalau bukan Admin blog ini hihihi...akhirnya kami pun kumpul di satu saung yang agak terbuka. Bentukan saungnya itu cakep deh, Sokonya dari kayu-kayu bagus dengan meja minimalis di bagian tengahnya. Dari sini hujan jadi kelihatan turun membasahi genteng lalu sebagian lagi rerumputan hijau diantara saung-saung yang ada. Memang Secang langganan ujan. Kayaknya tiap mampir ke sini selalu ujan. Ga heran, namanya juga masih Bulan Januari (Ujannya Sehari-Sehari). Saungnya pas ga ngadep yang sawah-sawah, tapi bagian depan dekat tulisan lombok sawahnya langsung yang dirimbuni pohon bambu. Jadi kali ini dengan posisi lain. Hihihi.

Kira-kira 15 menit menunggu, akhirnya satu persatu menu yang kami pesan datang. Pertama minumannya dulu, baru abis itu makanan beratnya. Minumannya ada jus sirsak naga buat Ibuku, jus sayuran buat aku, Wedang Uwuh karena pocian dan ada 3 gelas jadi siapa aja bebas jag-jog tapi yang aslinya pesen Tamas wkwkwk, Kakak A es kelapa muda, Mas Montogh nyucuw. Kalau es teh dan teh manis anget mah siapa aja boleh. Abis itu datang pula nasi dalam betuk bakulan, tumis daun pepaya, mangut nila, mangut kepala manyung, cumi goreng telor asin, tempe goreng garit, ikan pari hotplate, dan terakhiran mie gorengnya Mbul wkwkkwkwkwk.





























Langsung review satu-satu ya. Berhubung mayoritas pecinta ikan (apalagi Bapak, Ibu, dan Tamas), maka dengan sengaja Tamas pesen banyak ikan. Aku nyobain dikit sih, tapi yang nyobain banyak Bapak, Ibu, sama Mas. Kalau Kakak A dan Mas Montogh itu yang asin gurih kayak cumi goreng telur asin dan tempe goreng garit. 

Aku cocok semua ama rasa masakan Lombok Sawah Resto. Entah kenapa dia berani di bumbu. Bumbu-bumbunya medok. Tapi enak dan sedep. Terutama mangutnya. Mangut nila udah pasti juara. Kuahnya itu sedep banget. Pekat kentel dengan taburan rawit oren utuh di dalamnya. Wangi juga aromanya. Udah gitu dagingnya gampang dipotek dan teksturnya lembut banget. Garing di luar lembut di dalam. Suka pokoknya. Bapak ibuku aja langsung suka ama menunya. Ya intinya terkesan ama resto yang kami rekomendasiin ini. 

Kalau kepala manyungnya ini spesialis para Bapak-Bapak yang habiskan hihihi. Rasa kepala ikan tentu maknyus karena ada banyak bagian yang lezat pada bagian dalamnya, apalagi disruput bareng kuahnya yang pedes, manis, asem, gurih. Ada kemanginya pula jadi semriwing....hihihi..















Untuk ikan pari hotplatenya, ini Tamas sih yang sosoan pesen wkwkwkwk. Soalnya penasaran seenak apa karena katanya menu paling spesialnya ini. Ditambah Akung (Bapakku) bilang bahwa beliau penyuka ikan pari, jadi ga  pake lama langsung order juga menu yang satu ini. Ya, dia datengnya di tengah-tengah acara makan kami udah mau kelar sih. Tetiba Mas-Mas Pramusajinya datang dan langsung ngrekomendasiin menu si ikan pari ini dan langsung diokein Tamas. 

Pas menunya matang, Mas-Mas Pramusaji yang datang langsung nginggir-inggirin piring lainnya, karena katanya menu ini bakal kemebul banget hahahha. Perlu space khusus buat si hotplate nangkring di atas meja. Ibuku sampai kaget, memang semengebul apa sih kok sampai piring lainnya diinggirin? Eh, beneran, begitu ditaruh hotplate ikan parinya langsung bwush......asap mengebul dimana-mana disertai bumbu merica yang kuat banget. Dalam artian di sini enak walau bikin bersin-bersin ya hahahha...Otomatis kami semua langsung kaget dan tertawa. Owalah, ternyata seperti ini tow...setelah asapnya menghilang...barulah kelihatan isi hotplatenya bagaimana. Ternyata ikan parinya dipotong-potong jadi lumayan minimalism.... hahahhahahaha....Iya, porsinya imut gitu. Tapi ga pa pa asalkan rasanya enak sih kami oke-oke aja. Dia lebih ke pedes merica ya. Tapi so far so good lah ya. 

Untuk cumi goreng telor asinnya juga enak. Gurihnya bikin yang maem pada lahap. Ditambah pula kehangatan dari tempe goreng garitnya. Uh sedap. Lalu yang lebih spesialnya lagi tentu aja tumis daun pepayanya. Ini teksturnya krancy tapi ga kasar. Warnanya juga masih ijo cakep dan ada ebinya juga. Pedes manis gurih, enak deh bikin ketagihan. Aku aja yang pecinta sayuran selalu pesen daun pepaya kalau kangkung lagi pengen skip. Dan sekali lagi, tumis daun pepayanya ini enaaaaaaak.


















Oiya, khusus untuk menu yang kupesan, aku review lebih detail ya. Aku pesen jus sayuran ama mie goreng spesial. Jus sayuran ini sempet diguyu ama ibuku dan Tamas sih, secara Mbul gituloh mesen jus kok sayur-sayuran. Bukannya buah-buahan. Padahal lagie diet juga ga. Hahhaha..Walau badan tetep demplonn dan montogh sih #eh. Ya, gimana dong Mbul kan emang pecinta sayuran #udah matjam kelinci aja ya hahhahaha. Dan jus sayurannya ini berisi sayuran sawi yang diblender. Aku  pesen yang tanpa gula hingga lagi-lagi diledek Ibuku dan Tamas. "Owalah Nduk-Nduk ditelasaken ya jus sayurane." Hahhahah. Inggih Ibukkk...Inggih Tamas. Walau endingnya minta bantuin Tamas juga sih buat bantu ngabisin jus sayuranku karena Beby Mbul udah tuwuk  hahahhaha

Kalau mie goreng spesialnya ini juga unik banget. Penyajiannya kayak pake plating tapi bentukannya wajan imut. Isinya berupa mie nyemek, telor dadar iris, acar, potongan timun dan timun juga irisan daun bawang. Rasanya enaaak. Bumbunya medok tapi enak. Nyemek-nyemek nikmat gitu. Manis gurihnya terasa bener. Aku suka sih sama tekstur mienya.





Secara keseluruhan, i love all of the dishes, dan pastinya kalau lewat Secang Pucang, bakalan visit back lagie ke Lombok Sawah Resto ini.


"Lombok Sawah Resto"
Alamat : Jalan Alternatif Secang-Pucang Km 1 No. 8, Secang, Magelang, Jawa
 Tengah
Jam buka : Setiap hari-22.00 WIB


4 komentar:

  1. Assallammualaikum, selamat sore jelang malam. Waah? Restonya apik pisan mbak nit berasa seperti berada di rumah sendiri + pemandangane apik pisan + menu ne weenak weenak .kalau aq menu favorit mie goreng Jawa koyok nek gambar kuwi lho mbak nit .

    BalasHapus
  2. Mbul,
    Kak Amie asyik perhatikan daun atas ikan itu... daun kemangi atau daun cemangi atau daun selasih?

    BalasHapus
  3. Qué hermoso lugar que espero hayas disfrutado, amiga Mbul... Ese pescado con albahaca es soñado... se me hace agua la boca.

    Abrazo hasta vos.

    BalasHapus
  4. Catat dulu, pas denger ada menu pari, aku langsung mau cobain 😄😄. Ikan pari itu udah kayak kuliner khas kalo buat orang Tapanuli nit. Di kampungku banyak menu yg memakai ikan pari, tapi biasanya di gulai.enaak banget memang. Makanya aku penyuka pari dari dulu, tapi di sini susah cari ikannya dan kalopun ada mahal.

    Jadi kalo kesana, aku mau puas2in mangut pari 😄

    BalasHapus