Minggu, 01 Januari 2023

Today and Yesterday......




Hello 
Tiyup terumpet...tet teteeeeeeet teeteeeeeeeeet!!!

Tapi Mbul mau cerita Sabtu tanggal 31 Desembernya dulu ya. Sebelum Minggu ganti tahun dari 2022 ke 2023. Mbul ikutin agendanya Tamas. Yaitu ke tempat Bude yang di Jakarta Barat buat ngehadirin acara sepitan atau sunatan dari cucunya. Lokasinya ada di daerah Pesing, satu tempat yang Mbul baru datangin sekali dan saat itu pula Mbul langsung catat dalam kepala.




31 Desember 2022

Malam sebelum Sabtu itu, Tamas udah kuwel-kuwel pipi Beby Mbul....eh maksudnya sounding ke Mbul supaya Mbul prepare apa yang mau dibawa. Tulung siapkan : batik-batik, jilbab-jilbab, gaun dan lainnya ya Dek....... Jilbabnya yang simpel aja? Siaaaaaaaap!!! Karena kalau diambil besok takutnya lupa. Ya biar bisa disetrika pagian. Jadi mampir dulu ke rumah. Biar nda kesusuw-susuw akunya. Kan kalau udah  disetrika pake pelicin, gaun Mbul jadi wangi. Ambil pula high heel bertali-tali biar ku tampagh elegan...hahahhah. Becanda...
-_________-".

Mau ke sana jam-jam pagian. Sekalian, pulangnya mau jalan-jalan bentar karena Sabtu alhamdulilah Pak Suami libur.... Padahal biasanya masuk walau cuma sampai siang. Mbul sih manut aja. Apalagi pulangnya Mbul dibawain oleh-oleh banyak banget dari kantor Tamas karena Pak Boss sedang berbaik hati bagi-bagi hokben. Itu sih kata Tamas 

ฅ(^・ω・^ฅ)





Selain ada pula makanan lain yaitu mie goreng tektek dan nasi goreng yang dibeli sendiri. Tak lupa mendoan anget yang bakulnya ngetem di depan minimarket. Ini sih udah Mbul liat sejak kemarin, karena pas abis dari situ idung Mbul yang bujel ini udah mencium aroma wangi mendoan. Ya mendoannya pas digoreng...sreng. Dan Mbul cuma bisa nyeletuk dalam hati bahwa besok ku harus beli. Eh beneran dibeliin ama Tamas. Begitu pula nasi goreng dan mie tektek favorid Mbul. Ahahahh...#eh idung Mbul tadi bujel ya, mirip kucing persia dunk.

wkwkw.

Rasa mie goreng dan nasi gorengnya enak juga loh. Mbul suka mie goreng tek teknya. Modelan mie jawa basah. Bumbunya remesep banget ketambahan ati ampela juga acar timun yang manis. Mbul kapan-kapan pingin bikin acar timun juga aaach... Kayanya kok enak buat campuran apapun... Nyuuuuuum!!! 






Tapi apa mau dikata, rencana tinggal rencana. Karena AC kamar lagi nyut-nyutan because of outdoornya ga bisa dimatiin pake remot, maka dingin AC-nya berasa adem banget (masa dalemnya sampe membeku gitu...sampai jadi ais......wkwkwkk.. rasa-rasa kayak di kutub utara.. Untung aku ga ketemu beruang  hihihi. Dan inilah yang membuat bobokku semakin pules. Bagaikan beiby, aku tenggelam dalam sarung udah gitu dikekepin pake selimut lagi. Itu pun masih berasa dingin. Kaca jendela sampai mengembun. Cuaca ekstrem. Ya, karena Mbul nda isa bobok kalau nda pake sarung. Soalnya itu sarung kesayangan. Tapi selalu dicuci lho ya hahahha... Eh itupun masih taktambahin lagi pake selimut.....jadi pake sarung double selimut #tapi... masih berasa menggigil #AC-nya lagi pilek kali ya? 

Kadang tiap jumat abis nengokin rumah kan kamar ditinggal bentar tuh, MCB-nya dimatiin ama Tamas biar esnya mencair. Eh tapi abis itu AC-nya begitu lagi tiap berapa minggu sekali wkwkwk. AC-nya ngambekan. Untung aja berkat Kakak A ndusel, Mbul sedikit agak anget deh. Karena kakak A emang kalau bobok sukanya begitu, ndusel-ndusel mulu, ngusek-usek, ampe aku mepet tembok hahaha...Dan karena mepet tembok itulah jadinya aku kaget. Soalnya temboknya anyes wkwkkw. Kalau Mas Montogh posisi di tengah-tengah. Aku dan yang lain jadi barikadenya. Eh bangunku jadi kesiangan gegara ini. Tadinya rencana mau ke sana jam 10 pagi eh jadi ketunda abis dzuhur. Nggih sampun sholat dzuhur rumiyin. 








Lalu sebelum berangkat, Mbul sempat ngliat tukang buah yang pisangnya cantik-cantik sekali. Akhirnya ku melipir beli. Tamas sih yang pengen beli. Ia turun dulu dan kemudian menawar pisang ambon yang menuju mateng... Karena kan dia yang lebih jago nawar daripada akooh.. Abis itu Mbul ikut. Kebetulan Kakak A dan Mas Montogh lagi anteng. Jadi Mbul bisa ikut sebentar nyamperin Tamas dan juga Om Buahnya.

Tet tereeed teteeeeeed!!! 

Wah....kuliat di eperan, Om Buahnya gelar berbagai macam pisang mulai dari pisang ambon sampai pisang lemak manis atau pisang mas. Itu loh pisang yang bentuknya imut-imut agak ndut dikit atau chubby. Pisang yang biasa buat snack kondangan. Tapi aku suka sih. Apa aja kalau buah-buahan Mbul mah hayok aja hihi.

"Mangga Neng! Hayuk A, pisangnya yang ini cakep dah...tungguin aja 2 hari, ntar juga mateng?" Suara Om Buahnya langsung mengudara. Ia sedari tadi memegang pisang yang direkomendasikan. Pisang yang paling mulus tapi masih hijau. Those bananas aren't ripe yet. They are still green. But it's okay! Sambil itu pula ia mengebut-ngebutkan kain ke permukaan pisangnya biar cepat laris. 







"Ini aja po piye Dek?" Tamas menunjuk pisang yang dipegang Om Buahnya.

Mbul cuma tenyam-tenyum aja. Terserah. Mbul mah ngikud. Yang penting kalau sesisirnya itu banyak dihabiskan lho ya hihihi. Soalnya kebiasaan, kalau Tamas beli buah kebanyakan, ujung-ujungnya Mbul yang suruh habiskan. Dikira Mbul manuk prendjak apa ya suruh sarapan pisang pagi-pagi hahhaha....

"Ah, pasti Mbul cuma pengen photo aja kan? Maklum Om, dia itu suka foto makanan buat ditulis di blognya." Tamas mempromosikan blog Mbul tanpa diminta. Mbul pun hanya bisa bermatabelo aja, abis itu diguyu Om Buahnya. Hahahah......tau aja. Lalu Mbul tiba-tiba beneran ijin Om Buahnya, apa boleh diphoto apa gag? 

"Aduh mejeng deh saya Neng....Jadi enak....." Kata Om Buah tersenyum sumringah.

???

"Sekalian dipromosiin maksudnya." ralatnya...

Mbul pun senyum-senyum. 

"Biasa...... Buat blog aku dikit Om". 

Kami semua tertawa.

"Owala Yem...Yem...dasar Tiyem! Punten ya Om, si Tiyem emang gitu."

"Ga pa pa A, saya malah seneng nanti bisa mejeng di blognya?"

Akhirnya kami mengambil 1 sisir pisang ambon hijau yang gede dan 1 sisir pisang lemak manis atau pisang Mas.

"Nuhun ya Neng, Aa...ati-ati di jalan!" :) :)










Akhirnya cuzlah ke Jakarta pukul 14.00 WIB, dan alhamdulilah belum kena macet. Coba kalau udah sorean dikit mungkin udah penuh kali ama orang-orang yang mau tahun baruan.

Lokasi kondangan tempat Budenya Tamas itu daerah Pesing, Jakarta Barat. Agak masuk-masuk ke dalam gang dan pasar. Pasarnya kayak semacam pasar besar gitu, jadi kelihatan rame banget. Mana di eperannya banyak bakul nangka lagi. Penuh dan jalanan sempit tempat orang lalu-lalang. Alhamdulilah sampe sih. Meskipun Kakak A dan Mas Montogh sempet bobok juga di jalan. 









Ke tempat sepitan ga gitu lama sih, yang penting say hay bentar sowan sedulur. Pulangnya kami sempet dibontotin kue-kue lagi seperti kue lapis, bugis ketan, wajik ketan, semur jengkol dan semur daging. Alhamdulilah ^____^

Usai dari tempat sunatan cucunya Bude, Mbul ga serta merta langsung dibawa pulang. Kendaraan melenggang kangkung masih di sekitaran situ terus masuk komplek dan pusat kuliner. "Eh kita mau kemana?" Hmmm....ternyata Mbul mau diajakin ke Ayam Goreng Suharti daerah Puri. Tadinya mau ke Nasi Uduk Kebon Kacang tuh. Tapi cancel. Soalnya udah keduluan nyampe di Ayam Goreng Suharti. Ngliat plangnya aja Mbul langsung maoook Darling! Soalnya akutuh udah kangen sama ayam goreng kremesnya Suharti.



















Review Ayam Goreng Suharti Cabang Puri

Yeayyyy! Review ayam goreng Suharti setelah sekian lamanya. Kalau dulu Cabang Tanah Abang, sekarang yang Cabang Puri. Kalau di kampung ada lagi yang Cabang Kutoarjo. Aduh! Kalau ayam goreng Suharti Mbul mah suka semua. Mbul suka kremesannya. 

Okay, sekarang Mbul bakalan cerita tentang ke Ayam Goreng Suhartinya dulu ya. Kami sampai sana kira-kiranya pas udah sore, dan hari tiba-tiba udah mendung aja dong. Baru juga sampai parkiran ujan langsung derasnya sampai baju nyaris kebasahan. Untunglah sesampai dalem, langsung anget dan suasana lampu menampakkan area resto yang begitu homey





Ayam Goreng Suharti yang ini kelihatan njawani banget ya. Lahannya luas, kapasitas restonya juga gede. Begitu masuk, hmmmm...langsung terasa kayak di era-era jaman rumiyin. Kayak vibe keraton. Di beberapa sudut ada cermin klasik, patung ayam, dan jambangan bunga. Juga akuarium dengan ikan-ikan berbeda. Ada yang isi ikan gabus, goldfish, dan juga ikan yang tak kutahu apa namanya. Ada pula stand kerupuk dan oleh-oleh khas. Rapi sih penataannya.

Terus begitu tag kursi, kami langsung pilih menu : nasi, ayam goreng kampung kremes separuh, gudeg telur pindang, ati ampela goreng, sayur lodeh, tempe goreng anget, es jahe, es teh manis, es batu, es susu. Menu diproses lumayan cepet karena ga sampai 10 menit Mas-Mas pramusajinya dah datang ngantarin minumannya dulu. Baru abis itu makanan beratnya.

































Mbul review satu-satu dulu ya. Pertama adalah ayam goreng kremesnya. Ini ayam kampung joper. Jowo Super. Pilihnya yang separuh karena kalau yang utuhan takut nda habis. Dan yang separuh pun menurut Mbul udah gede juga. Dan ternyata minta dibungkus deng. Kremesannya berlimpah. Rasanya gemesin. Karena jadinya pengen ngunyah terus. Mbul bilang sih ayamnya ini dagingnya super empuk karena ditarik aja udah langsung lepas hahhaha. Dagingnya enak, gurih, asin dan luarnya itu kuning emas. Cakep deh. Tantabbb!

Kalau ati ampelanya beli yang sepasang aja. Bukan yang porsi piringan gede. Karena lagi-lagi takut nda abis. Jadi ya isinya itu pas buat kapasitas perut walaupun ujung-ujungnya minta dibungkus juga sih...Oiya, ati ampelanya ini juga ada kremesannya loh...sama kayak kremesannya ayam gorengnya.




















Next, gudeg telur pindang. Gudegnya terdiri dari beberapa macam masakan, yaitu gudeg nangka manis, krecek rambak pedas, tahu, dan telur pindang. Ini juga enak banget loh. Mbul suka gudegnya karena kesat. Dia juga punya daging nangka atau gori yang dimasak sampai empuk jadi gampang dikunyah. Krecek rambaknya kenyal dan ada rawit utuhannya juga. Sedang telur pindangnya rasanya kayak baceman. Jadi manis. Kombinasi manis dan pedes sih, walaupun banyakan manisnya. Namanya saja gudeg hihihi. I love gudeg pake banget!

Kalau yang lebih sedep lagi adalah sayur lodehnya. Sayur lodehnya khas masakan ndeso tapi enaaaaak banget. Ku suka nuansa semangitnya. Kayak ada sedep-sedepnya gitu deh. Kuahnya santen gurih pedas manteb dengan isian terung, daun so, tahu, irisan cabai, dan lainnya. Manteb!










Untuk tempe goreng angetnya sendiri modelan yang tempe dibungkus daun pisang itu loh. Enak itu tinggal digaris-garis, dicelup bumbu lalu digoreng...hmmmm....atasnya taburin kremesan. Dan pelengkapanya tak lupa ceplusan rawit ijo. Enak banget pokoknya.

Untuk minumannya, yang punya Mbul sih es jahenya. Ini juga seger banget. Sensasi manis pedesnya kayak jamu racikan ndiri...bukan jahe sachetan. Jadi beneran kerasa enaknya. Uniknya lagi karena dia dipakein es ya, jadi ga kayak biasanya yang biasa diteguk dalam keadaan hangat.









Oh iya, sempet pula ku ketinggalan tas...jadi Mbul balik lagi biarpun udah nyampe tol...hohoho...Alhamdulilah masih rejeki. Tasnya disimpen Mas Pramusajinya di loker...Ayam Goreng Suharti the best deh servisnya

"Ayam Goreng Suharti Puri Kembangan"
Jl. Pesanggrahan No.15a, RT.2/RW.7, Kembangan Sel., Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11610

Happy New Year ^_^

Malam tahun baruan pun menjelang. Tapi Mbul dah sampai kamar. Jadi siap-siap salin baju santai, bersih-bersih badan...piyamaan satin #eh.....abis itu kebluuuuq saja Pemirsa. Ga nungguin jam dinding, ga liatin tipi soalnya tipinya ga ada signyal, auk ama set top boxnya hihi... langsung mapan aja... wkwkkw... Padahal masih jem 20.00 WIB....masih sore kata anak muda jaman sekarang.... Akhirnya merem-merem imut aja sayanyah 😂🤣 Uh...pagian baru deh bangun daaaaaaan langsung cuci muka, sikat gigi, mandi bin ngumbahi tancep-tancep beras ke rice cooker, masagh...goreng telor dadar, goreng tongkol pindang, bikin mie rebus dikit. Ketjupin si Kakak :* ketjupin si Adik :* Siapin sarapan buat keluarga.....Udah deh sarapan...hihihi...







Shirahoshi Beby Mbul pun mengucapkan itadakimashu dan say dadaaaa dulu. Blog break dulu. Off sementara....nanti kalau sudah ada waktu menulis lebih legaan insyaAlloh akan berkunjung silaturahmi ke blog teman-teman atau membalas komen ^_________^

ヾ(´︶`♡)ノᕦʕ •ᴥ•ʔᕤฅ(^・ω・^ฅ)

Bye... 





18 komentar:

  1. Aku GK kebayang mbk Mbul rajin dan teliti banget pasangin foto"makanan di blog nya,aku gak serajin mbk Mbul buat edit foto😁,aku malem tahun baruan tidur aja mbk ,gak kumpul"ato ngerayain malem thn baruan,karena matae wes ra Kuwat🥱...mbk Mbul kayaknya suka banget buah paya yah...itu mie gorengnya enak banget kelihatannya,saya penyuka segala jenis mie..mi ayam..mie goreng Tek Tek..mie ketiaw,dan mie"lainnya,apalagi yg agak nyemek dan pedes😋

    BalasHapus
  2. Selamat tahun baharu 2023
    Semoga dipermudah segala urusan mendatang

    BalasHapus
  3. Feliz 2023, amiga Mbul. Gracias siempre por tu buen ánimo y festín de comidas...

    Abrazo de corazón!!

    BalasHapus
  4. met taun baru mba mbul, moga taun ini banyak rejekinya, dan tambah yg baik-baik aja :)

    malem sebelum taun baru mbak mbul malah dateng ke kondangan yaa, terus setelah pulang langsung tepar di tempat tidur.. tapi yang penting tetep sama kluarga :)

    itu bapak penjual buahnya cengingisn ngapain mbak, pasti seeng dia bisa mejeng disini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Happy nyu year juga khanif, selamat tahun baru moga di tahun kelinci air ini kita makin banyak rejeki, nikmat sehat, dan semua yang baik-baik...amiiiin...Indonesia jauh dari bencana alam...amin ya Rob ^___^

      iya nif, kondangan sepitan ponakan heheheh...pulangnya masih dibontotin kue kue en lauk alhamdulilah ga kena macet

      iya tepar nif, begitu jam 8 malem aja si Mbul udah ngantuk...mata udah terhipnotis ama hawa hawa bantal wkkwkwkw

      bapak penjualnya seneng nif masuk blog aku hihihi

      Hapus
    2. mendadak jadi artis pak penjualnya mbak mbul :D

      Hapus
    3. hahhahaha...iya nif, alhamdulilah dia mau aja nif, soalnya tiap mau foto buat keperluan blog aku selalu ijin dulu sama penjualnya hihi

      Hapus
  5. selamat tahun baru mbak bul, semoga kesehatan n rezeki yang berkah selalu meliputi keluarganya. :D. semangat trus ngeblognya mbak bul

    BalasHapus
  6. Kesusu, jadi ingat Wiro Sableng.. pertama tau kata kesusu dari buku Wiro Sableng..wkwkwk

    Mendoan, belum pernah makan mendoan saya. Katanya itu tempe yang digoreng setengah mateng khas dari Banyumas?

    Ayam goreng Suharti, pernah makan sekali cuma udah lupa rasanya soalnya udah lama banget mungkin waktu masih jaman kerajaan.. wkwkwk

    Krecek rambak itu apaan sih? Bingung lihat fotonya soalnya banyak banget dan ngga tau yang mana .hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk....aku malah belum pernah baca cerita silat wirosableng mas her...tapi kalau nonton yang di tipi itu dulu njinggleng pas siang siang di ar ci ti ai dan selalu kaget tiap lagu soundtracknya wiro sableng diputar wkwkwkkw

      he em mas, tempenya digoreng basah jadi tepungnya ga patio kering...terus ada irisan daun bawangnya juga buat sedep sedep dimakannya pake sambal kecap atau ceplusan rawit ijo

      ayam goreng suharti bukannya deket rumahe mas herman ya di jakarta barat wkwkkwkw..enak ini..ayamnya kremesan
      krecek rambak yang persegi warna merah...yangbdari krupuk kulit dipedes mas sebelahan ama gudegnya...masih dalam satu piring yang sama wkwkkwk

      kemana aja mas herman, lama ga nongol, sama kayak mas agus nih pada lama ga update cerpen , ayo semangat nulis lagi hehehheh

      Hapus
    2. Dulu saya punya buku Wiro Sableng komplit dari seri pertama sampai seri terakhir gara-gara dipinjam banyak yang ngga balik. Kalau sinetronnya cuma nonton beberapa kali karena ngga hobi nonton sinetron lebih senang nonton film lepas..hihihi

      Waduh pakai daun bawang ngga jadi dah nyobain tempe mendoan eh kalau daun bawangnya diganti pakai daun seledri ada ngga ya jual?

      Iya sama-sama Jakarta barat tapi daerah Puri Kembangan lumayan jauh dari rumah saya kalau jalan kaki bisa pingsan di tengah jalan.. wkwkwk

      Lagi sibuk ngurusin negara jadi lupa sama ngeblog.. wkwkwk

      Hapus
    3. aku juga dulu sih egak mudeng sinetron mas her, cuma ikut ikutan temen nontonnya bareng bareng sama tetangga, karena yang punya tipi itu pasti tiap minggu ya didatengin anak anak kecil nonton bareng gitu hahahhahah...maklum hidup di desa

      aku cuma apalnya itu lagu ostnya wiro sableng yang awalannya itu bikin semangat en ngerap wkwkkwkwkkw

      kalau pakai seledri mah bisa aja mas her...tapi bikin dan goreng sendiri hahhaha

      nah itu dia daerah puri kembangan, deket ma bebek kaleyo...tapi yang ini ayam suhartinya bagus sih restonya

      hahahhah...bisa aja nih mas her nglawaknya..kalau jalan kaki sih bikin sehat mas her, contohnya si embul karena sering jalan kaki maka langsing ehhhhh mangsudnya olahraga saya...olahraga yang murah meriah jalan kaki wkwkkwkw

      nah, bentar lagi dimutasi ke pulau seribu dan ketemu Umy deh hihi...ni dah takbantu promosi cerpennya mas wkkwkwk

      Hapus
  7. Tidak kenyang ke atau makan tidak berat di rumah cucu yang sunat?

    BalasHapus
  8. Di kamar saya tak ada AC
    Untung musim hujan, jadi suasana kamar terasa dingin. Tidur tambah mulus eh pulas
    Saya juga suka photo photo, kadang dikira orang gile, dikit dikit kok photo
    Karena mereka tak tahu jika pekerjaan saya tukang nulis online.

    Tempe mendoannya mantap
    Selamat tahun baru

    BalasHapus
  9. Ayam Suharti ini padahal ada Deket rumahku di Rawamangun 😄, tapi aku jarang makan di sana, Krn ga cocok Ama sambelnya yg ga pedes nit . Maklum lah, lidahku sukanya yg pedes kuadrat 🤣.

    Kalipun beli ayamnya di sana, sambelnya aku pake sambel lain.

    Tapi salfok Ama sayur lodeh yam aku biasanya ga suka lodeh, tapi yg ini kliatan enak sih. 👍 Dari kuah nya apalagi kamu bilang kayak ada semangit2nya 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sukae yang sambel manis mba fanny ヾ(❀╹◡╹)ノ゙

      kalau pedesnya buat slemet slemet aja hihi

      iya lodehnya gurih ada sedikit semangit, sedeo deh...santennya gurih banget...

      Hapus
  10. Wah mbul habis kondangan di daerah Pesing nih. Namanya kok aneh ya, apa dulu banyak orang kencing sembarangan jadinya daerahnya bau Pesing ya.😂

    Disini kalo jualan pisang ataupun pepaya kebanyakan masih hijau kulitnya, ntar besok atau dua hari baru matang buahnya.😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang tau juga mas Agus daerahnya itu dulunya bagaimana...tapi deket daerah Kebon Jeruk 🍊
      e tapi barusan Mbul liat di nat geograpic id tentang sejarah Pesing, Jakarta...

      Pesing adalah sebuah pasar tradisional yang terletak di Kedoya Utara, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Di sekitar sini banyak rumah penduduk yang umumnya dihuni oleh orang Betawi.

      Menurut cerita sesepuh daerah tersebut dari buku 212 Asal-usul Djakarta Tempo Doeloe karya Zaenuddin HM, kawasan Pesing dulunya merupakan tempat berkumpulnya pedagang yang datang dari berbagai pelosok Batavia. Mereka datang membawa barang dagangan berupa sayur-mayur, buah-buahan, rempah-rempah dan bumbu dapur dengan pedati atau gerobak yang ditarik kuda. Nah, kuda-kuda pengangkut sayuran itu sering pipis di jalan sehingga menimbulkan bau pesing yang sangat kuad. Dari situlah orang-orang menyebut tempat itu sebagai Pasar Pesing atau Pesing aja.

      Orang-orang juga menyebutnya sebagai Pasar Pesing Koneng. Karena dulunya di situ ada pintu perlintasan kereta api. Nah, waktu kereta apinya lewat, penjaga pintu perlintasan selalu membunyikan lonceng yang bunyinya kloneng, kloneng, kloneng. Kata kloneng itu disingkat warga jadi koneng dan akhirnya menjadi sebutan Pasar Pesing Koneng. Begituuuuw Masss....

      Ow iya, kalau buah-buahannya emang masih hijau. Nanti diimbuh di rumah matang ndiri
      ฅ(^・ω・^ฅ)

      Hapus