Rabu, 01 Maret 2023

Still in Early March....



Tadi malem itu Malam Nisfu Sya'ban. Pulang dari kantor, Tamas langsung bilang assalamualaikum dan Mbul pun menyambutnya dengan salim. "Hayo wes magriban durung? Habis itu baca yasin 3 kali ya Dek. Iki malam nisfu Sya'ban?" He em...Mbul baru ngeh. Saatnya keh-keh-ke donga ben ndang berkah dan dikabulkan segala harapan dan doa-doa baik. Amiiinn... Begitu pintu ditutup, tangan ini langsung digenggamkan sekantung kresek berisi es kelapa muda dan bebek tenda (tentunya dengan ditambah sate ati ampela dan lele goreng) untuk makan malam nanti.




Hwaaa...uda tinggal beberapa minggu lagi puasa kan. Aku udah beli sirop dunk. Sirop cap bangau yang rasa pisang ambon warna merah jambu, yang biasa buat sireman es palu butung itu lho gegegekkk...#ketawa ala Mbul #ketawa ala Mpuss miong...

"Hmmm...yaudah, Mbul taksiap-siap dulu. Magriban riyen."

"Ukey.."

Habis ibadah magrib, Tamas langsung nyontohin aku buat buka Quran dan membacakan Surat Yasin sebanyak 3 kali dengan suara nyaring. Aku pun mengikutinya dan setelahnya kamipun merasa ngelih. Kebetulan baju-baju udah taklipetin, tinggal nunggu disetrika aja. Tadi nasi juga udah takceklekin jadi begitu selesai ngaji, nasi udah mateng. Lauk pauk aku taruh di atas piring yang masih dialasi dengan kertas minyak. Aroma bebek goreng pun mengudara, membangkitkan selera, sementara lele gorengnya penuh dengan kremesan tepung....Ah...Suka...suka..

"Nduk, ambilkan nasie nuw...angin-anginke sek biar maemnya nda kepanasan."

"Injih sekedap....." Gegegegek. 

Dengan pantat ebot-ebot yang kupunya, segera kumenuju dapur untuk mengambilkan nasi yang baru saja mateng hingga aromanya wangi sekali. Beras pulen ini. Kebetulan aku masaknya ngepasi magrib, jadinya pas dah pada pulang, nasi udah dalam keadaan baru. Udah matjam gadis kerang kan aku yang tiyep hari tanakin nasi #dongeng majalah kelinci Bobo

"Ayok.....keneo Cah Ayu, maem bareng-bareng duduk sini, ampun nglempiti ae... Kancani Nduk!" Ujarnya sambil meng-awe-awe diriku yang sedang bersimpuh memberesi sisa lipatan baju untuk segera kuangkut ke dalam almari.

"Kene lho....ben bebeke tetep anget...."

"Mbull beresin ini bentar..."

Klutak-klutik-klutak-klutik akhirnya maem dulu sebelum kemudian beli susu.






Tapi abis itu dikabarin bentar lagi Tamas berangkat dines lagi ama Pak Bos, Om Dar, Om Rus, dan Pak Agus Supri, karena besok mau ada kerjaan di sekitar Semarang. Jyah.....Shirahoshi Beb Mbul pun hendak manyun...tapi kemudian dicup-cup-in dulu soalnya atanya cuma sehari, siang juga udah balik lagie Adek Nita #elus-elus rambutnya Mbul. Nggih sampun...Beby Mbul kan anaknya manutan wkwkwk...

Nah, begitu jem 22.00 WIB. Pak Boss en Pak Agus Supri udah jemput Tamas sementara Om Rus en Om Dar dah nunggu di gudang, akhirnya Mbul pun  bertiga lagie sambil nungguin Kakak dan Mas Montogh bobok....wkwkwk... Mana depan belom ada pagernya lagi. Aduh. Pintu langsung aku kunci hihihi...Ngapain ya biar ga sepi-sepi amat. Mau nonton channel Horror RJL5 atau Lentera malam jelas egak berani kalau ga ada Tamas. Ntar ga bisa ngumpet di balik punggungnya lagi kalau pas jumpscarenya keluar wkwkkw. Yaudah semalaman itu aku panjer aja lampu-lampu biar suasana padang dan aku pun nonton yang lutju-lutju aja. Kayak kartun Kelinci Bing, lanjut masak-masak, lanjut pemandangan. Soalnya kalau pas lagi ditinggal dines luar itu aku jadi susah bobok wkwkkw...Jadilah manjer tipi biar ada temennya hahahah...






















Pagi menjelang, hujan mulai turun tipis-tipis. Kira-kira sekitar jam 7.30 WIB hujan udah turun, usai Bapak Pengangkut Sampai datang. Sebelumnya aku udah bangun buat subuhan lanjut jemur ke atas. Jadi karena hari hujan, terpaksalah aku ke atas lagi buat ambil jemurannya karena sebelumnya udah aku cantelin di antara lubang kawat pembatas balkon. Eh, begitu kakiku yang bertelanjang kaki ini memijakkan anak tangga yang bacaaaah, spontan kulihat kembang wijaya kusumanya Tamas udah mulai mekar. Wah...kembangnya bagus. Kemarin masih kuncuwp padahal. Sekarang udah mekar.... sebelumnya kukira kenapa harus wijaya kusuma sih Tamaaaaas....Mbul kan cari mawar. Mbul cari yang bunganya itu warna-warni. Salah satunya mawar. Cuma kalau mawar, di musim penghujan begini katanya agak jarang ada yang kembang. Jadi tar tunggu dah ga ujan lagi. Begitu kata bakul tanaman hiasnya. Akhirnya Tamas berhasil dipoyoki Mas-Mas Bakul Tanamannya supaya beli wijaya kusuma. Dan Beliau okey...Angkut. Wkwkwkkw....pikirku daunnya wijaya kusuma itu kan mirip daun buah naga. Tapi ternyata setelah kembang cakep juga. Aku kasih taulah lewat WA bahwa wijaya kusumanya udah kembang. Nah, udah bisa ditebak dong kalau beliau bangga, sebab ga sampai 3 hari langsung mekar. Sambil itu pula beliau ngledek diriku apa kembang sepatunya Adinda Beb Mbul udah mekar...Hwahahahhaha....Kok dereng ya...Kuliat sih masih kuncup aja tuw. Kapan mekarnya. InsyaAlloh besok kalau ada matahari. Yang bunga sepatu kemarin. Tapi aku juga punya kembang satu lagi deng. Yaitu sakura-sakuraan yang berwarna pink. Selain ada pula terang bulan yang agak keunguan dan cemara (walaupun masih mungil). 

Setelah pembicaraan di wa kututup, aku pun turun karena akan memasak. Di bawah tangga, kulihat seekor kucing abu mengeong gelengsotan  di atas lantai. Waduh...Mpussnya pun mendekati betisku. Minta dielus. Iya, nanti dikasih makan. Tapi aku masak dulu. Ada ikan lele sedikit sih....sisa bebek tenda tadi malam. Ntar ya..... Kutinggalkan kucing itu di depan, dan pintu kututup kembali.

Hari ini menunya simpel aja. Yang gampang dibikin. Ada soto ayam, mie goreng jawa, apem, dan  tempe goreng. Mie goreng jawanya sebenernya cuma pingin habiskan kangkung di kulkas. Ya karena ga ada sawi, jadi aku pakenya kangkung dan kubis. Lalu mienya aku pakein mie telor atau mie keriting, kubikin pake bumbu dari sambel si bebek tenda tadi malam. Ga sangka, ga takpakein kecap enak juga. Mienya agak pedes tapi sedep. Cocok dimaem pas hari hujan. 














Aku juga masih ada buah tembikai dan apel hijau. Jadi lumayan juga menu hari ini. Alhamdulilah....



3 komentar:

  1. Asyiik Tamasnya mbk Mbul baik bangeet ngingetin bojone buat yasinan,memang malam nifsyu syaban itu lebih khusu aja yaa,banyakin doa"nya moga terkabulkan amiin..
    Mie gorengnya simpel Yo mbk...tempe tepung yg kriuk,dan sayur..wis komplit lah..
    Karena Tamasnya mbk Mbul lagi tugas,terpaksa bertiga lagi bareng krucil..peluk"an bertiga aja😁untung ga lama "tugas luar kotanya..jadi bisa barengan lagi..ehemmm..

    BalasHapus
  2. I have never tried the yellow watermelon...saw them last year, but didn't buy them. Does it tastes the same the red one?

    BalasHapus
  3. I never knew watermelon came in yellow but I'd love to try it. The cat is adorable. Have a great weekend.

    BalasHapus