Rabu, 29 Desember 2021

Agenda Mengopor Ayam dan Kenangan Masa Kecil Tentang Malam Tarawih di Desa



Assalamualaikum wr wb....

Hallo semuanya. Shirahoshi Beby Mbul kembali....Siapa yang udah kangen sama masakan Mbul? Kayaknya udah pada sibuk menjelang hari raya ya. Makanya Mbul maklum banget, teman-teman udah pada jarang ngeblog. Atau memang ada kesibukan lain. Mbul sebenernya juga sibuk dan pengen liburan panjang, tapi sebelum itu terjadi, Mbul akan update 1 post lagi karena kemungkinan akan kembali saat malam takbiran nanti atau malah pas hari rayanya. 




Jadi tengah-tengah diantara itu, Mbul mau santai-santai dulu.. Tapi, sebelum hari raya tiba, Mbul udah cepak-cepak opor lho. Karena eh karena Tamasew emang paling hobi sama yang namanya masakan ribet. Tentu saja salah satunya macam opor ayam. Makanan kesukaan kami. Jadi biarpun belum hari raya, Beliau udah ajakin Mbul buat masak opor ayam, ayamnya disembelih langsung di kios ayamnya sambil nunggu bedug magrib tiba di Minggu, 9 April 2023. Ini semua sebagai bentuk 'cup-cup-nya' Mamasew karena Sabtunya beliau mau diajakin Pak Boss dines ke Temanggung jadi Beby Mbul bakal ditinggal ndirian lagie kek biasanya hahaha...Ga sendirian deng, tapi ama A dan J. Jadi biar anteng, Mbulnya dimomong dulu Minggunya diajakin jalan-jalan. Ya, biarpun besokannya udah balik lagie sih... tapi tetep lah ya, Mbul mau juga diajak jalan-jalan. Jalan-jalannya yang deket-deket rumah aja kok hihihi. Sambil cari ayam buat diopor. Ayamnya ayam jantan kampung, jadi big size. Kalau Jumat pas tanggal merahnya ngiter cuma buat cari risol. Risolnya beberapa macem, ada risol mayo, risol bihun, dan lumpia isi bengkuang, bukan isi rebung. Soalnya lagi pengen beli aja, jadi libur bebikinan risol dulu. Terus baliknya baru beli sop buah, raja duren dan capcin (capucino cincau). "Banyak amat es-es-annya Mbem?" Hmmmm....ini nda dimimik sekaligus sih. Tapi buat besokannya karena bisa disimpen di kulkas, hahahhaha...

Nah, aku lanjut lagi cerita tentang agenda Minggu kemarin yaitu kepengenan Tamasew buat ngopor hayam. Maka sekitaran jem 14.30 WIB kami udah rapi-rapi dan siap ngiter cari unggas ayam jago (kampung). Tumben amat kegasiken? Yup, soalnya kami mau masak sore jadi cari cara agar bagaimana caranya supaya jangan sampai kesorean. Nah, menujulah kami ke kios unggas ayam yang dekat sama kali belakang, lalu minta dipotongkan langsung dari ayam hidup yang ada. Tamas ma Kakak A yang turun dan ngliat penyembelihannya. Pilihnya yang gede. Aku sama Mas Montogh ga berani liat soalnya tau sendiri kan Mbul tatud ama darah hahahha. Habis itu sekalian beli ampas kelapa biar bisa kita peres sendiri santennya. Bumbu opornya pake bumbu jadi aja biar cepet, hahhaha...Tapi nanti opornya mau dikasih telor ceplok lagi ama tahu cokelat. Biar ga cuma ayam thok. Ada padanannya. Sayangnya karena tahu cokelatnya kosong, maka kuganti sama tempe.

Keesokan harinya, karena Tamasew udah budhal Temanggung ama Pak Boss, Pak Agus Supri, dan Pak Aan, maka Mbul pun buka puasa sendirian. Kan  Kakak A dan Mas Montogh belom puasa hihihi. Jadi yaweslah apa buleh buat, Senin itu aku lagi pengen bikin mie goreng jawa, mumpung kemarin beli sawi manis dan cesin agak banyakan, jadi yaudah kubikinlah jadi campuran mie goreng jawa. Aku tambahin ama suiran Chicken Montok ama acar timun yang kubikin hari itu juga. Ini belinya barengan sama tempe buat campuran opor sih. Jadi karena ada timun dan wortel, timbullah ide buat kubikin acar aja sebagai pelengkap mie goreng jawa.






Selasa, 11 April 2023, Ramane sampun kondur. Hore bisa tarawihan berdua lagi. Soalnya tarawihan kami emang di rumah, dan berduaan thok, jadi jamnya bisa kapan aja, meski aku senengnya segera dan Tamas biasanya menunda-nunda hingga jam uda menunjukkan pukul 23.00 WIB, dimana aku udah mulai mengantuk hihihi. Ayok dong kalau terawihan jand ditunda tunda hahahhahah....Tapi paling seneng tarawihan berdua ama Tamas di rumah. Karena kan sekalian jagain A dan J.

Eh, ngomongin soal tarawih, aku kok jadi keinget tarawih jaman kecilku ya. Waktu aku masih awal-awal SD dimana aku dan Kakak ikut ibu sama Bapak tarawih di Mushola. Nah, itu banyak kenangan lucunya yang membuat aku jadi senyum-sendiri sendiri ketika mengingatnya. Diantaranya kami yang perempuan berangkat dari rumah tuh udah sekalian pake mukena bagian atas. Tapi bawahya masih pake bawahan biasa. Atau bagian bawahnya dah dipake tapi saat jalan ya harus dicincing biar ga kangsrah tanah. Nanti sajadahnya disampirkan di pundak. Walaupun setapakan desa petengnya minta ampun, tapi karena ramean ya ga kerasa takut. Walaupun depan rumah kami ada pekarangan panjang yang dipenuhi pohon kelapa, pohon pisang, dan juga bambu yang rungkut-rungkut itu. Rumah tetangga ada sih. Tapi itu baru ada di beberapa meter kemudian sampai kemudian nyabrang jalan kecil dan sampailah kami di depan mushola. 

















Sampai di mushola, kami cari tempat di teras rumahnya Mbah Khaji (pemilik mushola) yang samping-sampingan ama musholanya pas. Soalnya musholanya itu penuh. Apalagi pas awal-awal. Itu penuh nuh nuh sampai eperan belakang juga keisi. Shaf depan diisi oleh para pinisepuh. Tengah-tengah diisi ikatan remajanya. Dan yang paling belakang baru anak kecilnya. Nah, di teras rumah Mbah Khaji itu yang masih sepi. Walau agak temaram sih karena lampunya ga dinyalain. Tapi terasnya jembar. Maklum rumahnya juga termasuk yang lumayan apik di desaku. Bahkan ada kipas anginnya segala di langit-langit selain ada pula lampu kristal di ruang tamu. Kebetulan terasnya itu bisa buat sholat andaikata teras mushola udah sesek. Walaupun ya ga ada karpetnya jadi agak adem karena langsung bersentuhan dengan lantai. 






























Depan rumah mbah Khaji itu ada kali kecil tempat biasa angsanya Mbah Congkok Desa pulang kandang. Bunyinya bakal rame banget....ngaaak...ngaaak...ngaaakk baris ebot-ebot pantadnya hihi. Mereka akan melewati tanaman kembang sepatu tumpuk yang depannya terdapat jendela rumah Mbah Congkok Desa yang biasa ada pembagian gulai kambing tiap menuju bulan sya'ban. Maklum cuma Mbah congkok desa yang ada piaraan kambing, selain juga angsa dan juga merpati. Kebayang kan betapa ramenya halaman rumah Mbah Congkok atau yang lebih dikenal dengan panggilan Mbah Mitro ini.

Nah, karena jendelanya ini gordennya transparan, maka pemandangan televisi yang biasa disetel pada jam-jam 19.00 WIB itu kelihatan dari teras rumah Mbah Khaji. Aku yang kala itu senang nonton serial mandarin yang biasa diputar di Indosiar jadi ikutan ga sengaja nonton juga. Walau setengah jam juga udah rampung sih. Malah kebanyakan iklannya, huft. Haha. Salah satu serial mandarin favoritku itu Meteor Garden ama Mars yang ada Barbie Hsu-nya. Tentunya sebelum tarawih serial itu dimulainya...dan diri ini jadi ikutan nonton dong hahahaha...Sambil nyocokin pula di Tabloid Gaul sinopsisnya untuk episode kali ini tuh kayak apa, hihi. Maklum dulu ada yang namanya Tabloid gaul yang biasa ngulas tentang sinopsis drama mandarin. Padahal waktu itu aku masih bayik...Masih bocil deng... Tapi nontonnya sebelum tarawih ya, yaitu pas kultum usai sholat isya hahahhah...Ya, sembari nyatatin poin-poun kultumnya Mbah Kaum sih buat ngisi jurnal Buku Ramadhan hahhaha...

























Terus aku suka pandangin sajadah yang teman-teman sepantaranku bawa, bahkan sajadah punya kakak dan juga ibuku. Ada yang bahannya anget, ada pula yang bahannya licin, tipis, dan juga alus. Kalau punya Mbul anget, tapi kadang bawa yang tipis dan licin juga deng. Warnanya macam-macam. Punyaku warna merah, punya ibu ijo, punya kakakku pink semi kelabu. Biasanya bulu-bulu bahannya aku usek-usek dan aku latian buat tulis-tulis sesuatu. Kan bisa membuat pola garis tertentu sesuai usapan jari ya. Atau ngitungin jumlah rakaat berapa tiap mau bangkit sholat tarawih. Nah, kalau udah menuju rampung dan akhirnya selesai sholat witir...kan Pak Kyai lagi doa panjang tuh, maka Mbul kecil malah melipir menuju ke keset hahhaha. Mainan keset akutuw. Soalnya kesetnya mushola itu terbuat dari kain perca yang dijahit rapi dibentuk bunga. Kain percanya warna-warni, aku suka liatin satu-satu dan cari bahan kain perca mana yang sekiranya masih bagus, sekedar iseng aja. Nanti kalau Mbah Kaum udah selesai doa, maka akupun langsung balik ke sajadah dan lipat-lipat mukena sambil salim-salim. Baru setelah itu, Bapak bakal njedul dan liwat teras buat ngajakin kami pulang. Tapi kadang ibu nyuruh aku dan kakak Tadarusan di mushola dulu deng yang selalu kutunggu-tunggu jaburannya. Jaburan itu snack yang dibikin warga untuk makanan kecil peserta tadarus. Dianterinnya pas kelar terawih. Setiap rumah dapat jatah. Misal pisang rebus, arem-arem, mata roda, tahu isi, bakwan, timus, kopyor, dll. Nanti pake piringan dan disandingkan bareng cerek yang berisi teh manis anget buat dituang ke gelas-gelas belimbing milik takmir mushola.

Wahahahha, aku jadi keinget kenangan tentang mushola di desaku deh...hihi..Tempat yang bikin kangen saat Hari Raya karena setelah sholat ied, selalu ada tuker-tukeran nasi kuning dan lauk pauknya antar warga. Ah, apa tradisi ini masih berlangsung ya, sepertinya sih masih, soalnya ibu masih sering bikin. Umumnya itu kardusan nasi kuning, tapi ada pula yang nasi putih sih. Nanti lauk pauknya itu ada krecek telur puyuh, ayam paha, mie goreng, bihun, kering tempe, telur pindang, abon, telor dadar suwir, urap, krupuk udang, dan lainnya. 


















Okay, balik ke cerita Selasa, 12 April 2023, dimana saat kondur, ternyata Ramane sekalian bawa bingkisan lebaran dari kantor. Beberapa diantaranya adalah Wafer Richeese yang Pink Lava ama Permen Yupi. Wah kesukaan Kakak A dan Mas Montogh semua nih. Kalau biskuit kalengan Mbul itu cenderung suka ama Monde. Dan sore itu Mbul udah hidangkan opor, tumis kates mengkal, teri medan, dan dadar nyempluk. Ga lupa pula kuiriskan semangka kuning karena hari ini tidak ada es.

Wah, udah panjang aja ya ceritaku kali ini. Kiranya kusudahi dulu sekarang, dan mohon maaf lahir batin karena ketidaksempurnaanku sebagai manusia...Selamat ber-apa aja deh buat teman-teman semuanya. Semoga hari kalian menyenangkan...

Dadaaah ^___^

7 komentar:

  1. Pagi-pagi berkunjung kemari, duh disuguhi berbagai hidangan dari mulai minuman es, buah, mie goreng sampe opor ayam....
    Tentang opor ayam...nah ini saya suka banget. Apalagi kalo pas hari raya opornya dipadu dengan ketupat...dahsyat itu mah Mbak... :)

    Selamat tetap puasa Mbak, selamat siap sambut Hari Raya Iedul Fitri.

    Salam,

    BalasHapus
  2. The chicken looks very juicy! I have never had yellow watermelon...need to try some this summer.

    BalasHapus
  3. opor enak rasanya
    tp cukup mie yang tampil itu sj saya makan

    BalasHapus
  4. Duh, kalo main ke tempatmu kayaknya bakal kenyang terus nih, Mbul.. hihi disuguhin banyak makanan

    BalasHapus
  5. Sama kita nit, ga bisa banget liat hewan disembelih. Makanya aku ga pernah mau liat kurban. Cukup sekali, langsung trauma 🤣🤣.

    Mending terima beres ajalah kalo beli dedagingan.

    Tarawih zaman kecil dulu memang bikin kangen ih. Aku jadi inget dulu selalu diajak papa tarawih ke mesjid. Pas msh ad tujuannya bisa ketemu Ama temen2. Pas udah SMP dan SMU, kadang2 pAke acara supaya bisa liat cowo yang disuka wkwkwkwjwk. Tapi selalu aku tunggu momen itu. Kadang kalo diinget jadi mellow banget :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenernya akublebih seneng tarawih di rumah mba fan...wkwkk...pas masih kecil karena diopyak opyak ibuku aja makanya berangkat mushola..tapi kalau di rumah ga tau kenapa lebih seneng...apalagi sekarang paling nyaman justru tarawih di rumah aku 🤭

      Hapus
  6. Awal puasa
    dimana mana penuh, entah itu musholla atau masjid
    tapi makin kesininya, tinggal lima shof
    asek sekali tu, soangnya dipotong
    Kalau saya pulkam, sering dimasakin soang sama ortu
    opor ayam, dikampung saya terkenal bange dengan menu opor ayam
    ah jadi ingat era masih di kampung

    BalasHapus

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ฅ(^・ω・^ฅ)