Kamis, 20 April 2023

Kucing Bersantai di Sore Hari dan Menu Buka Puasa H-2 Sebelum Hari Raya >_______<"



Assalamualaikum wr wb...

Seperti janjiku tempo lalu, bahwa H-1 sebelum hari raya, aku kan mau cerita-cerita lagi ya. Paling ga buat rekap suasana ketika aku main ke desa, dimana sekarang giliranku akan cerita panjang lebar tentang kunjungan ke rumah masa kecilku atau yang sekarang ditinggali oleh Bapak Ibuku saja, hanya berdua hihihi. Soalnya Mbul kan udah rantau, jadi paling ke sininya cuma pas liburan atau lebaran aja. 




Tapi sebelum sampai ke situ, tentunya aku udah nginap duluan di tempat Uti Thorjo (Mamaknya Tamas, Mamakku juga). Di sana udah mulai persiapan bebikinan kupat tahu, tape ketan hijau, dan juga nyembelih ayam. Kalau tempat Mbul kan adanya entog. Cause Bapak ibu piaranya entog. Jadi paling nanti entognya dirica-rica selain juga tentu saja ada paru sapi di atas meja seperti Lebaran-Lebaran pada tahun-tahun sebelumnya #pukpuk basor yang besok mauk dirica-rica...Basor itu entog lanang...wkwkkw...Dan ini entog lanangnya rada galak ya soalnya suka nyosor kalau pas Embul lagi empanin dalam kandang...walau gemes gitu soalnya pantadnya ebot-ebot. Gegegegeg...

Oiya,...selain entog, di rumah Bapak Ibuku juga ada Mpuss Meow. Tapi sekarang Mpuss Meow (persianya) tinggal 2. Eh persia atau anggora ya aku ga tau cara bedainnya bagaimana hahhaa. Si Boy dan Klawu. Boy udah makin mateng. Sedang si Klawu lagi meteng, ngisi, bunting. Wkwkwk...Ku salah ngira dunk. Ternyata si Klawu ini kucing cewe. Kukira tadinya kucing cowo. Kucing jantan. Taunya kucing cewe. Ya jelas sih kan bodynya lebih kecil dari si Oranye Boy... Dan sekarang dia lagi meteng. Jadi kerjaannya bobok terus di pavingan atau teras dekat sumur. Sesekali dikasih vitamin ma Ibuku yang mantri kewan. Mungkin kucing juga sama kali ya ama manusia, jadi ada rasa ga enaknya juga pas lagi meteng. Jadi kerjaannya cuma boboan aja. Gelengsotan. Glebag sana glebag sini. Kesumugen. Memang cuaca akhir-akhir ini panas. Padahal kemarin di kota sebelum mudik, hujan deres. Tapi di desa cerah terus sepanjang hari. Nah, si kucing suka banget main di area sumur. Walau sumurnya sendiri sudah dikasih jaring-jaring bambu sih, terus di atasnya lagi sudah ditindihin ember jadi insyaAlloh aman...kucing egak bakal loncad. 

Si Boy yang sekarang udah ga boy lagi (harusnya dipanggilnya jadi Men ya...haha canda) juga suka boboan...walau pas diempanin lauk suka gerem-gerem ndesis gitu takut lauknya dimaem sama Klawu hahahhah...Tapi biar gitu keduanya akur loh. Suka boboan berdua di pavingan....paling rewelnya itu pas lagi diempanin aja hahhaha...Lucu ya mereka ini. Puthil terus tapi tetep romantis.... Lalu kucing jawanya kemana Mbul? Kata ibu satu-persatu kucing jawanya dah pada sepuh dan berpulang. Ya, anabulnya tinggal persia itu thok huhu. Tapi ntar insyaAlloh Klawu bakal ada cemeng lagi, ya biasanya kalau anak cemeng itu sekali keluar bisa 4-6 ekor kan, mudah-mudahan sehat-sehat aja ya Meng....:*







































Seperti halnya sore itu, habis ngelonin si Kakak dan si Adik boci (bobok ciang), aku pun baru bisa aktivitas yang lain sembari nunggu masak dimulai. Soalnya kan sekarang lagi di rumah Uti, jadi masaknya tetep dikumendani sang Uti atau ibuku wkwkkw. Kalau di rumah sendiri kan Head Chef-nya Tamas suami. Aku sendiri kebagian jadi asistennya yang seksi dan ugha bahenol wkwkkw... #canda... Kalau di sana aku bisa masak di detik-detik akhir menuju magrib, wkwk. Nah, tapi kalau di sini, masaknya udah dimulai sedari sore sebelum asyar. Walaupun masaknya ga werno-werno sih. Kebetulan pula pas hari itu cuma mau nge-sop bakso, goreng tempe gembus berselimut tepung, juga sambel. Lauk lain masih ada tahu bacem dan telor asin yang beli di Warung Asli Kutowinangun, juga terik tahu paru sapi sisa sahur kemarin. Takjilannya ada es kelapa pemberian anggota kelompok taninya ibu, juga wajiknya Warung Asli dan cucur menthul warna-warni. Ada pula melon yang kubeli pas malamnya mau sowan ke situ. Melonnya aku sendiri yang pilih loh. Rasanya manis banget dan berair. Aku dan ibu duet masyak. Sedang Bapak ma Tamas masih sare. Wungu-wungu masakan dah matang deh. Nanti, pas udah beres semuanya baru bisa mainan sama Mpuss. Kebetulan si Kakak dan si Adik juga udah takmandiin jadi udah beres semua, Mbul bisa mainan Mpuss Meow.

Sodara-sodara sendiri ngepasi ke sininya pas Lebaran hari kedua. Tapi Mbak di Bekasi udah perwakilan duluan liwat paketan sambal roa yang datang ke rumah. Soalnya Mbak kan harus Lebaran duluan di tempat suaminya yang orang Jakarta. Kalau Mbul karena searah ama Suami alhamdulilah mudiknya selalu yang lebih awal. 


























































Bicara tentang Mpuss Meow, aku jadi ingat bahwa selain sumur belakang, Boy dan Klawu juga suka ngadem di depan kebun samping dimana di situ ditanam sayur-sayuran. Ada pohon so, belimbing wuluh, kemangi, serai, sirih, dan apotek hidup lainnya. Kalau majuan dikit, ada pohon jeruk nipis di dekat kolam lele. Sedangkan di atas pagar tembok dikasih media tanam kucai, seledri dan daun bawang. Ada juga tanaman sawi sekedar untuk bikin campuran mie atau lainnya. Lumayan kalau lagi pengen nyayur bisa petik dari kebun samping rumah.

Misalnya pas mau bikin sahur berupa mie goreng jawa kayak tadi malam. Beberapa macam sayurnya tinggal petik itu tadi seperti sawi hijau dan seledri juga daun bawang. Kalau mie-nya tetep aku belikan mie ayam telor. Tapi bumbunya aku baru tahu resepnya ibuku agak baru di telingaku....wkwkwk...Kapan-kapan takpraktekin ah. Aku tuliskan resepnya di sini ya.





















Resep Mie Goreng Jawa :
Bahan-Bahan :

Mie ayam telor
Telor ayam
Sawi
Kubis
Daun bawang
Seledri
Suiran ayam
Bawang putih
Kemiri
merica
Sedikit garam
Kecap

Cara Membuat :

Rebus mie cepat saja, angkat tiriskan.
Kasih kecap langsung dan campur sampai merata
Uleg kemiri, bawang putih, merica dan sedikit garam
Kopyok telor ayam
Tumis ulegan bumbu sampai matang dan harum
Masukkan suiran ayam
Masukkan kubis dan sawinya
Masukkan mienya
Masukkan kopyokan telornya
Tunggu sampai menuju matang baru tambahkan seledri dan daun bawang
Sajikan hangat...

Ini dimakan dewasa 4 orang, yaitu aku, Tamas, Bapak juga ibu langsung ludes dalam sekejab. Enak sih mie goreng jawanya hihihi. Kalau A dan J-ku tersayang masih pada bobok nda ikutan sahur wkwkkw..













Oiya...kalau di sini sekarang toplesan kuenya ga sebanyak dulu. Toplesnya juga kini lebih mungil-mungil. Isinya kebanyakan manis-manis walaupun ada kue gurihnya juga. Semua pesan dari konconya ibu buat nglarisin dagangan kuenya. Minumnya sih pake teh gelas aja yang gelas kecil biar praktis. Kadang ada yang pake air mineral gelasan juga. Kalau tempat Tamas Okky Jelly Drink. Kemarin aku ma dia yang beli di Pasar Thorjo, ada rasa jeruk sunkis, blackcurrent, mangga, dan jambu. Udah ga pake sirop-siropan kayak dulu hahhahha....Kalau masa kecilku kan masih zamannya pake sirop ya...ntar pake gelas lagi diantarin satu-satu. Sayah bagian nyucinya kalau tamunya ga entek-entek hihihi. Tapi apapun itu nuansa Lebaran akan selalu terkesan ya. Di tempat kalian sendiri sekarang lagi sibuk persiapan apa niw? 

Terus, satu sih yang selalu aku kangenin kalau pas lagi ada di desa gini...tak lain dan tak bukan adalah AC di rumah. Soalnya di sini boboknya ga pake AC...AC-nya alami semua hahhahah... Dan sekarang mati lampu pula, sekecamatan dari kemarin ganti-gantian antara desaku dan desanya Tamas. Jadi alhamdulilah kayak sauna...bisa makin langsing dan singset perut ini wkwkkw..












































































Okey, kusudahi dulu updateanku kali ini ya. Kupat kecemplung santen. Menawi kathah lepat, Mbul sakkeluarga nyuwun ngapunten. Sampai jumpa lagi di post hari Lebaran dan setelahnya. See You and Dadaaah....


13 komentar:

  1. Alhamdulillah, sudah hampir 13 tahun, saya masih aktif menulis.
    wah itu kucingnya mirip banget dengan kucing kepunyaan saya. Warna bulunya sama
    wah itu menu tahu bacep, kesukaan saya banget
    saat berbuka puasa ,saya sering berburu tahu bacem

    BalasHapus
  2. Such a sweet kitty! I miss salted duck eggs!!

    BalasHapus
  3. Semesta pun ikut berbahagia merayakan hari kemenangan, ini terbukti dari ekspresi sang kucing di atas 😁🙏🏽🙏🏽

    Selamat merayakan hari Raya Idul Fitri mbak Nita dan keluarga 🙏🏽

    Kiranya di hari yang Fitri ini pintu maaf dibukakan bagi segenap mahluk Tuhan di bumi🙏🏽🙏🏽🤝🤝

    BalasHapus
  4. ...pretty kitties, yummy food and gorgeous orchids. Thanks.

    BalasHapus
  5. Beautiful looking cats and lots of delicious foods. Thanks for sharing and have a wonderful day.

    BalasHapus
  6. Esta entrada me enterneció, Mbul, amo los gatos, a todos por igual, a los míos y a todos los que encuentro por mi barrio o por donde se que vaya, no hago distinción, y ahora también amo a Klawu y a Boy... preciosos gatos, seres poéticos, en mi opinión... ya como decía Leonardo da Vinci "aún el gato más ínfimo es una obra maestra"
    Y además tus delicias de siempre, esos fideos fritos, huevos duros (mis preferidos) y ese melón...
    Cuida de Boy y Klawu por favor.
    Abrazo agradecido amiga hasta vos!!

    BalasHapus
  7. Love the cute kitty, yummy food and beautiful orchids.

    Selamat Hari Raya!

    BalasHapus
  8. Maaf lama ga buka blog dan baru mampir. Selamat mbak, masih aktif menulis, semoga saya istiqamah menulis seperti itu juga.

    Saya kok ngilernya lihat masakan mie nya, jadi pengen buru buru ke dapur untuk masak mie hahaha.

    Selamat merayakan idul fitri, mohon maaf lahir batin

    BalasHapus
  9. jadi kucing enak yah mbak bobo seharian ga masalah, ga mikirin kerja, ga mikirin sekolah, ga mikirin apa2, lama-lama pengen jadi kucing deh ah :D, gw udah berapa tahun ya ngeblog tapi masih semangat kok, gw emang suka ngeblog dari dulu, jadi sampai gw masih idup blog gw pun akan hidup hehehe :D

    oiya maap lahir batin ya mbak mbul kalo ada salah kata pas komentar, met hari raya idul fitri :)

    BalasHapus
  10. Kucingnya lucu sekalii 😍😍😍

    Enak banget jadi kucing, SOP hidupnya cuma tidur, makan, main hahahhaa

    BalasHapus
  11. Kalo yg di atas kucing anggora nit. Bedainnya, kucing Persia itu hidungnya pesek. Melesek ke dalam. Tapi kalo anggora mancung. Yg di atas hidungnya mancung soalnya 😁.

    Cakeeep ih. Lucu bangettt, warnanya aku juga sukaaa. Penasaran kalo di kenalin ke kucing2ku bakal akrab atau ngereog Yaa 😄

    BalasHapus
  12. kucingnya menggemaskan sekaliii

    BalasHapus