Jumat, 07 April 2023

Review Gudeg Cukupan, Batas Kota Yogyakarta




Kabut turun tipis-tipis saat kami meninggalkan tol Bawen dan bergerak menuju Boyolali bablas Klaten untuk selanjutnya bermalam sejenak di Jogja. Ah, mau sahur apa di kota gudeg ini. Tentu yang terlintas dalam kepala adalah gudeg. Menu manis khas Jogja yang berbahan dasar utama nangka atau thewel ini banyak ditemui di kedai-kedai pinggir jalan Jogja maupun yang sudah dalam bentuk resto gede. Namun karena saat itu inginnya praktis saja, maka pilihan kami jatuh pada gudeg pinggir jalan yang bermuara di Gudeg Cukupan Batas Kota Jogjakarta.




Terletak di Jl. Adisucipto, Depan Lippo Plaza, Jogja, gudeg ini beroperasi dari jam 21.00-04.00 WIB. Praktis pas sekali untuk menu sahur saat singgah di Jogja. Tapi kami sendiri tiba di lokasi sekitaran jam 2 pagi, jadi belum terlalu mepet waktu tutup. Beberapa pengunjung keluarga yang merupakan pemudik juga sudah stand by menyantap gudeg masing-masing di atas tikar lesehan yang gelaran tikar lesehan memanjang di depan sebuah toko. Sementara panci-panci besar dan baskom berisi menu gudeg dan pelengkapnya ada di ujung. Gudeg dan beberapa macam kuahnya bahkan selalu tersaji hangat karena panci konsisten ditangkringkan di atas kompor. Ada gudeg nangka semi basahnya, kuah areh (santan kental putih), krecek rambak, telur pindang, ayam bacem termasuk kepala ayam jago favorit kami, sate telur puyuh, uritan, ati dan juga ampela. Ada pula tempe dan bakwan anget. Sementara minumnya bisa pesan versi anget maupun es. Ya, ada teh maupun jeruk peres.

Kami sendiri begitu tiba di sana langsung tag lesehan dulu. Habis itu baru pesen menunya mulai dari punyaku yang barengan dengan si Kecil Adik, nasi dan gudeg manis plus kepala. Sedang Tamas Suami ada pedes-pedesnya karena selain nasi gudeg, Beliau juga ambil krecek rambak, telur pindang, tahu dan kepala. Sedang Kakak tercayang yang bakat nggambarnya nurunin capa yah hihi....maunya yang manis juga yaitu telur pindang dan baceman ayam.Minumnya teh anget, es teh, dan air mineral.

















Tak sampai lama gudeg diracik setelah pesan dengan Bapak Penjualnya. Gudeg manis dalam piring ceper pun diantarkan berikut minumannya. Dari segi porsi, nasinya lumayan imut ya, begitupula gudeg manisnya. Tapi biar begitu pas untuk kami yang memang lambungnya segini. Aku sendiri karena barengan dengan J, maka nasinya kukasihkan J semua. Aku maem lauk dan gudegnya aja, sedang J, nasi maulun lauknya. Kalau Kakak A karena lebih gede dari J maka ia udah bisa maem sendiri, sedangkan Ramane porsian seperti biasa...paling munjung dan menggunung hihi. Apalagi beliau sangat suka kepala ayam jago. Jadi lahap banget dan tiap kali nggudeg pasti yang dicari duluan ada lauk kepala ayam jagonya atau ga. Kalau ada pasti itu yang dipilih. Alhamdulilah nikmat ya, menyantap gudeg di pinggiran jalan dan di pagi buta sebelum subuh, indah juga rasanya...























"Gudeg Cukupan Batas Kota Jogja"
Jl. Laksda Adisucipto, Depan Lippo Plaza Jogjakarta
Buka dari jam 21.00-04.00 WIB 


1 komentar:

Panggil aja aku Mbul. Happy blogging ^___^ Tiada kesan yang lebih bermakna selain kehadiran Teman-Teman/Sahabat Blogger baik yang sengaja atau tak sengaja mampir. Semoga tulisanku bisa menghibur Teman-Teman semua. ฅ(^・ω・^ฅ)