Rabu, 05 April 2023

Review Warung Oleh-Oleh dan Gudeg Kendil B. Djuminten, Yogyakarta




Salah satu pesona Jogja terletak pada kulinernya. Dan kuliner yang khas banget dari kota ini adalah gudeg. Ada 1 nama gudeg yang sudah 3 kali Mbul dan Tamas cobain. Tak lain dan tak bukan adalah Gudeg Yu Djum baik yang di daerah Wijilan maupun yang udah ada resto gedenya. Nah, cuma karena kali ini kami pengennya cari gudeg lain, maka akhirnya kami memilih random ke Gudeg Kendil Bu Djuminten yang berlokasi di Jl Asem Gede 14, Jl Kranggan 69, Jogjakarta. Dia ada di dekat perempatan gitu dengan warna cat hijau tosca (bangunan type Belanda). Terlihat dari daun pintu maupun jendelanya yang gede-gede. 




Tapi, berhubung pas ke sana masih ngepasi puasa (lebih tepatnya seminggu sebelum Hari Raya), maka yang makan di tempat cuma A dan J. Sedangkan aku dan Tamas mbungkus buat dibawa pulang ke rumah Uti. Walaupun buka puasanya Tamas masih tetep ajakin aku cari maem di sini sih. Tapi itu ntar lah gampang, karena sorenya juga masih lama. Gegeggegek. Kayak gimana kekhasan gudegnya Bu Djuminten yang ternyata sudah jualan sejak 1926 ini? Wah pada tahun segitu Ibuku Mbahku aja belum lahir kayaknya haha...Apalagi Mbul. Mbul masih di ada langit sana kali ya hihi...Yuk ikutin terus liputanku ya.

Memasuki rumah makannya, pada dinding bangunan terdapat aksara jawa bertuliskan sugeng rawuh dan matur nuwun, ku terpana karena desain interiornya ngingetin aku sama modelan rumah-rumahnya Simbah Buyut jaman dulu karena memang meja kursinya model tekukan kayak gitu. Dulu kan kalau ada hajatan atau orang mantenan di desa model kursinya kayak gitu, cuma empuk-empuknya warna marun. Tapi ga cuma meja kursinya deng yang membuatku terpana, melainkan dekorasi dan beberapa lukisan vintage yang terpajang di dindingnya. Selain ada lukisan Eiffle, pandawa 5, lukisan orang era jadoel dikaitkan dengan quote-quote pada brand-brand terdahulu, ada pula gambar Bu Djumintennya yang merupakan pemilik usahanya langsung. Mungkin kalau sekarang diturunkan ke generasi berikutnya kali ya. Terus di sisi meja sebelah pinggir berderet kaleng kerupuk uyel, kerupuk uyel, gendar, juga snack kiloan berisi seriping pisang, rempeyek. Kalau di depan stand gudegnya ada mochi dan kentang pedes. Nah, stand gudegnya sendiri terdiri dari gudeg nangka semi basah (belum basah banget sebelum disiram santan areh putih kental), kepala ayam jantan kampung, telur pindang, bacem ayam, dan juga krecek. Berhubung yang maem adalah A dan J, maka kami pesankan yang manis, nda ada pedes-pedesnya sama sekali. Yang penting telur pindangnya agak banyak. Nanti yang dibungkus itu gudeg, areh, serta kepala ayam jantan kampungnya. Rambak ga pake soalnya nda isa pedaz...Dibungkusnya pake besekan dan yang kuah-kuahannya diplastik biar nda tumpah. Jadi sampe rumah Uti pas buat sahur. Rasanya enak kok. Manisnya itu pas. Kalau yang Yu Djum kan legit banget. Nah yang ini ga selegit Yu Djum namun dalam takaran manis yang pas. Palagi dicampur santan arehnya. Aduh...agak basah basah gitu enak sih. Aku suka...yang basah, ga keringan gudegnya hehehe. Tapi aku cobainnya ya pas sahurnya.






































Suasana siang itu lumayan hawt. Jadi emang paling pas nungguin adem sambil ndulang A sama J. Kerja sama antara Ubul dan Amas hihihi. Nanti abis dari sini mau cari batik soalnya. Baru abis itu cari bukaan di Sate Kambing Pak Dakir yang dah pernah direview oleh budayawan Favorit kami Eyang Butet Kertaredjasa. Okey sampai sini dulu review aku ya. Sampai jumpa lagi di post selanjutnya dadaaaaah...



















Warung Oleh-Oleh dan Gudeg Kendil B. Djuminten, Yogyakarta
 Jl Asem Gede 14, Jl Kranggan 69, Jogjakarta

1 komentar:

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ฅ(^・ω・^ฅ)