Selasa, 28 Desember 2021

Pecel Kuntum Kembang Pisang



Hallo Assalamualaikum wr wb....

Jumpa lagi dengan Beby Mbul di sini Teman-Teman. Apa kabarnya? Semoga selalu dalam keadaan baik ya. Kali ini Mbul mau cerita-cerita lagi tentang menu masakanku usai Lebaran. Karena kami tiba pada Hari Sabtu sebelum libur tanggal merah yang bertepatan dengan Hari Buruh Nasional, maka bawaannya berasa tepar aja. Nda sanggup masak yang berat-berat. Soalnya kena macet di tol. 




Dan yang nyetir selama berbelas-belas jam adalah Tamas. Coba Mbul disuruh les nyetir obing ya, jadi bisa gantian ama Tamas kalau pas bepergian jauh wkwkwkkw... Dan karena masih agak jetlag itulah, maka begitu sampai rumah, Mbul disuruh Tamas masak yang simpel-simpel aja. Kebetulan aku udah dibelikan kuntum kembang pisang yang pada kesempatan kali ini akan kujadikan menu utama pecel, di samping nanti akan ada kangkung rebus dan irisan mentimun. Sebab di depan kantornya Ramane, ada Bapak-Bapak penjual sayur yang mangkal di situ dan kebetulan hari itu jualan kuntum kembang pisang, makanya begitu liat itu langsung deh terlintas buat dibikin pecel aja. Kemarin kan kami dibawain Mamak bumbu pecel yang agak banyakan, nanti tinggal seduh aja pake air termos jangan yang suam-suam kuku. Nanti sayurannya bisa variasi. Nah, kebetulan saat itu adanya kuntum kembang pisang dan kangkung, jadi yaudah pakenya itu aja. Ga lupa irisan mentimun dan nanti akan ada kerupuk udang kecil-kecil lagi yang akan aku goreng. 

Untuk kuntum bunga pisangnya direbusnya sampai empuk ya. Tungguin aja sampai mbulak-mbulai airnya, ntar begitu umeb, bisa dicek pake garpu apakah udah empuk atau belum. Nanti setelah empuk diangkat supaya ga patio bacaaaah, dan abis itu dirajang biar maemnya gampang. Untuk sayur satunya aku pake kangkung rebus aja soalnya kangkung dapatnya gampang, ga sesukar sayuram lainnya apalagi kalau huntingnya di hari-hari usai Lebaran. Terus nanti aku tambahin mentimun aja biar ada sedikit kranci-krancinya begitu diblend bareng sambal pecelnya yang legit, kental dan juga sedikit pedes.

Aku suka banget sih sama pecel. Mungkin kalau ditanya antara gado-gado, karedok, ketoprak atau pecel. Pasti urutan kesukaanku itu pecel, ketoprak, karedok baru gado-gado. Lho kok ketoprak sekarang suka Mbul. He em...abis aku dapat ketoprak yang rasanya enak sih walau aku kalau beli ketoprak justru request yang nda pake ketupat (ketupatnya aku taroh di piring Tamas cemuwah wkwkkwkw...#iseng ya aku). Aku mam bihunnya aja yang diblend bareng telor dadar nyempluk, tahu, dan mentimun.






Btw, selama ditinggal mudik kemarin, ternyata mangga di halaman depan rumah udah mulai pentiil loh. Beberapa udah mulai membesar juga. Padahal sebelumnya belum pernah berbuah selama aku ada di sini hihi. Jadi penasaran pengen ngicipin mangga seger gini. Walau aku ga tau jenis mangganya mangga apa, soalnya bentuknya itu bukan kayak mangga biasa. Agak sedikit mirip apel, jadi aku pikir apakah itu mangga apel?

Lalu di halaman juga udah ditanami bunga matahari yang pada siang itu udah mekar di belakang bunga pukul sembilan (krokot tumpuk dan juga kembang kertas merah jambu mauoun oranye). Bunga matahari cantik deh ngingetin aku sama Kartun Hamtaro yang punya temen berwarna kelabu atau grey dan namanya Gembul wkkwkwkw. Tapi kalau yang mirip sama Mbul tentu yang hamster cewenya dunk si Ribbon #canda.

















Sebenernya aku juga lagi ngidam Harry Potter. Untuk genep-genep isi rak perpustakaanku. Makanya dari kemarin aku lagi antusias cari Harry Potter second tapi ori ya. Aku cari di beberapa toko buku berbeda dan alhamdulilah dapat 6 series. Sorcerrer Stone, Chamber of Secret, Goblet of Fire, Half of Blood Prince, Order Of the Pheonix, dan Deathly Hallows. Walaupun kurang yang series 3 tapi itu kapan-kapan bisa lah dicari. Yang penting begitu kemarin nemu yang ori tapi harganya asyik, segera aku tag. Ga tau kenapa aku lagi pengen baca buku fantasi tapi yang cerita petualangan dan tokohnya anak-anak. Jadi langsung kebayang pengen cari Harry Potter hihihi. Terus pas proses nyarinya juga bikin seru. Apalagi begitu nemu yang preloved tapi harganya asyik....aduh udah pasti kayak digelitikin rasa perutku. Buku emang selalu begitu. Bikin aku semangat mengumpulkannya ^____^ 




























see you again
^____^





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ฅ(^・ω・^ฅ)