Sabtu, 22 April 2023

Review Puri Artha Hotel, Yogyakarta



Jogjakarta selalu menjadi tempat yang istimewa di hati karena suasananya yang ngangengin. Meski kampung halamanku bisa dibilang cukup dekat dengan Jogja, tapi karena keterbatasan waktu dan tempat, maka dolan ke Jogja itu jarang. Lebih-lebih waktu itu aku udah keburu sekolah di Bumi Pasundan, jadi mau ke Jogja juga jarang. 




Atau ga usah ke Jogja deh, wong ke kota-kota lain di Jawa Tengah saja jarang. Dulu sempat nemenin Saudara ke sini beli biola dan sesampainya di rumah aku coba njajal mainin biolanya tapi baru bisanya cuma lagu yang gampil-gampil doang 😂 Kami naik prameks dan selanjutnya disambung becak, baik berangkat ke toko alat musiknya maupun arah pulangnya yang diantarkan langsung ke Stasiun Tugu. Atau pas masih sekolah dan belum lulus ya liburanku ikut sedulur ke Candi Prambanan naik prameks sambung bus. Nah, selebihnya baru bisa libur (yang beneran libur karena pake acara nginap segala, ya sekarang-sekarang ini). Itupun karena digandeng sama waktu mudik. Soalnya searah kan? 

Cuma kemaren ke Jogjanya belum woro-woro dulu ke Mbah Kakung dan Utinya. Jadi biar bisa jenak gitu cari batiknya. Cause kalau lebaran kan Tamas emang terbiasa beli batik untuk dirinya kerja dan juga untuk Bapakku. Kalau Bapak Dlg karena mpun seda 2 tahun lalu jadi agenda belanja batiknya sekarang hanya untuk Tamas dan Bapak Prb. Jadi biar di Jogjanya lama, maka kami ga ngabarin dulu ke orang rumah. Supaya ga bolak-balik ditanyain udah sampai mana wkwkwk... 





Dan, pada kesempatan kemarin, karena udah sampai Jogjanya itu pagi buta sekitaran jam 2, akhirnya langsung menujulah kami ke hotel yang udah  dipesan Tamas sebelum sahur di Gudeg Cukupan Batas Kota Jogjakarta. Kami nginapnya di Puri Artha. Sebuah Hotel bernuansa jawa klasik atau bahkan ada perpaduan antara Jawa dan Bali-nya, soalnya di beberapa spot terdapat ornamen khas Bali juga. Tapi yang jelas, lumayan sering juga ya Mbul dipilihin Tamas nginap di hotel yang ada nuansa Jawa Klasiknya gitu karena kebetulan kami emang suka suasana yang kayak gini sih. Kayak ada pengalaman tersendirinya gitu deh. Selain memang hotelnya apik dan juga asri.

Berlokasi di Jl Cendrawasih No. 36 Jogjakarta, Puri Artha Hotel membelah jalan kecil dimana bangunan utama hotelnya itu hadap-hadapan. Jadi ada 1 sisi yang memang dikhususkan untuk kamar-kamarnya. Ada 1 sisi lagi untuk gedung semacam hall yang belakangnya terdapat kolam renang. Kami sendiri begitu jam 2 pagi langsung menuju area parkiran yang memang kala itu sepi banget. Maklum, belum masuk masa liburan, jadi suasana masih lengang. Meski beberapa mobil juga sudah terparkir di sana. Ga banyak sih. Hanya ada 2. Beruntung Pak Satpam yang semula terlelap di posnya segera bangun dan mengarahkan kami menuju lobinya.







Lobi hotel adalah seberangnya pos satpam dan gedung yang menjadi hall tadi. Membuka pintu kaca langsung disambut ornamen-ornamen bernuansa Bali dan Jawa Klasik hingga kemudian kami diberikan kunci di kamar nomor 200-an yang letaknya di sisi pojok sebelah kiri dan ada di lantai 2. Untuk menuju ke sana harus melalui serangkaian ruang tengah yang banyak terdapat pajangan kuno dan gamelan. Lalu restoran dan taman serta kolam ikan. Baru setelahnya ketemu tangga yang mengantarkan kami pada kamar-kamar dengan ornamen tokoh-tokoh pewayangan di depan pintunya yang masih menggunakan kunci manual. Lalu di teras kamarnya terdapat meja kursi kayu klasik yang nuansanya itu njawani sekali hihi.

Kamar yang kami pilih ternyata yang ada bathroomnya segala. Sengaja Tamas pilihin begitu karena tau Beby Mbul suka berendem. Begitu pula Beliau. Makanya nambah Rp 50 ribu lagi dari Rp 250 ribu jadi Rp 300 ribu. Walaupun kesannya agak jadul, tapi ntah kenapa aku suka ama vibesnya. Kerasa kentel jawanya deh, suwer. Ranjang kebetulan yang kecil tapi 2 biji. Nah, senengnya lagi adalah kan modelan bawahnya ternyata empuk juga, maka biar kerasanya agak jembar untuk 4 orang, akhirnya diturunkanlah 1 ranjang atas buat taruh di tengah. Jadi kelihatannya ada 3 bed, walau yang 1 nya itu bagian bawahnya sebenernya dan ditaruh di pojokan pinggir mepet tembok. Bagian atasnya baru taruh di tengah. Jadi Ramane ranjange agak tinggi. Adik, Kakak, dan Mbul jejeran di 2 ranjang yang lebih pendek yang ditaruh di tengah dan mepet tembok. Tapi karena itunya empuk maka rasanya asyik sekali karena boboknya ga bakal empet-empetan. Terutama karena si Kakak dan si Adik kalau bobok di dekatku itu begitu merem langsung suka ndusel-ndusel ya hahhahah...Sedangkan Ramane karena lelah nyetir langsung tepar dalam itungan detik wkwkkw. Tapi sebelum beneran bobok, aku sengaja pakpung dulu sih soalnya kan abis perjalanan jauh lengket, jadi kalau dah pakpung ya badan enak aja karena dalam keadaan wangi jadi nyaman dibawa merem.






















































































Oh ya, berhubung kami ke sini pada saat puasa kemarin, maka pagi ga ada sarapan. Ya, soalnya sudah sahur juga di Gudeg Cukupan Batas Kota Jogjakarta kan. Jadi pas bangun itu, yang pertama kali buka mata tentu saja Ubul. Fyuh...bener ni anak 2, si Kakak dan si Adik udah serampangan empet-empetan ama posisi Mbul saat tiduran hahhaha. Sedangkan Ramane merdeka di pinggiran hahhaha. Tapi berhubung si Kakak, si Adik, dan Ramane masih merem, akhirnya Mbul inisiatip mandi pagi dulu habis itu jalan ke luar halaman buat eksplore hotelnya. Lumayan kan buat tambah-tambah tulisan di blog. Ya sembari jogging-jogging kecil deh biar badan tetep singsyet...etettetettet.

Dan memang sepi betul sih ini hotel. Hanya ada kami dan 1 rombongan cowok-cowok lagi di bawah yang kayaknya sedang ada agenda foto prewed gitu ke kliennya. Jadi aku numpang permisi pas lewat sambil terus jalan dan mengabadikan setiap sudut hotel yang menarik ini. Aku jalan melewati deret kamar yang di bawah, yang sama-sama bernuansa serba wayang, juga ke area tengah yang banyak ditanami pepohonan dan tanaman hias. Ada pohon jeruk Bali dan bunga-bungaan yang tak kutahu apa namanya. Bahkan ada kolam ikan arwananya segala di dekat mushola dan taman belakang dimana di sana banyak terdapat lukisan khas Bali. 








































Berjalan lagi di area depan, kembali melintasi ruangan yang dipenuhi benda-benda antik seperti meja kursi klasik, piano, lukisan serta diorama. Ada juga mesin ketik antik yang dilapisi kaca di samping lukisan dan pajangan lainnya. Sementara di bagian lobby terdapat jam kuno lagi yang menampilkan perbedaan waktu di beberapa negara. Dan aku baru ngeh kalau di depan ada semacam ukir-ukiran yang menambah klasik suasana. 

Malah, pada sisi sebelah kiri, terdapat kolam ikan dimana penataan tamannya cantik sekali. Ada beberapa bunga anggrek yang mekar di sana diantara pancuran ikan yang memanthurkan air ke dasar kolam hingga menimbulkan bunyi yang  bergemericik. 1 buah baliho yang nyembul sedikit di dekat pagernya membuatku lumayan surprise karena ternyata hotelnya ini dekat banget sama salah satu butiknya desainer kondang Igun. Wah... cuma jalan beberapa meter udah ada butiknya Igun, hihi...































































Ya, lumayan berkesan juga sih nginap di hotel ini. Karena harganya terjangkau dan nuansanya pun aku suka. Kapan-kapan kalau ke Jogja lagi untuk jangka waktu yang agak lamaan misal beberapa hari kayaknya berasa hemat deh kalau nginap di sini. Hihihi...

1 komentar:

  1. Tosss , aku pun suka nuansa Jawa klasik gini untuk hotel. Mungkin Krn rumahku sendiri di design kayu jati, dan kesannya Jawa juga. Banyak keluargaku yg juga pengusaha furniture kayu jati. Jadi kalo udah liat design kayu begini, apalagi tema Jawa, berasa homey

    Dan ini memang kliatan kayak rumah ya nit ❤️. Biasanya ada beberapa orang yg ga suka tipe begini Krn spooky. Tapi buatku asal ga remang2 masih oke sih 😄

    BalasHapus

Panggil aja aku Mbul. Happy blogging ^___^ Tiada kesan yang lebih bermakna selain kehadiran Teman-Teman/Sahabat Blogger baik yang sengaja atau tak sengaja mampir. Semoga tulisanku bisa menghibur Teman-Teman semua. āļ…(^・ω・^āļ…)