Selasa, 18 Juli 2023

JJS ฅ(^・ω・^ฅ)




Assalamualaikum wr wb...
Apa kabar Teman-Teman semua? Semoga selalu dalam keadaan baik ya. Aku mau cerita lagi nih. Jadi kemarin Minggu hampir separoh hari ngendon di rumah. Soalnya sekarang rumah udah nyaman jadi malah lebih seneng ngendon di rumah. Bisa puas gegoleran sambil santai-santai, hahahaha. Tamas baru ngajakin jalan pas udah mulai sorean... Udah pada istirahat jadi kelihatan seger dan bersemangat mlampah-mlampahnya.  Tujuan ga gitu jauh sih. Cuma deket-deket rumah aja. Paling-paling ke pusat kulineran. Siapa tau nemu makanan enak kan? Ngrandom aja ceritanya, cause biasanya kami ini suka spontanitas kalau mau makan di luar. Kalau udah dirange-range sebelumnya, biasanya pas udah di luarnya jadinya makan di tempat yang beda dari tujuan awal hehehe. Ya, jalan-jalan sore biar pulangnya juga cepet. 






Tapi sebelum ke pusat kulineran, biasalah...melipir dulu buat beli ayam sogil, chicken montok. Bagi yang ga tau ayam sogil itu apa, dia adalah merek Fried Chicken kesukaannya Mbul, yang kata Tamas ayam gorengnya semontok Mbul. Lha Mbul kayak ayam negeri dunk....ayam lehor, Wkwkwkwk. Cause kata dia Mbul tuh kadang kayak yayam lehor tapi kadang juga kayak Beiby Huey atau bayi bebek besar. Mbul emang suka diledek Tamas sih Huft! Tapi katanya itu ledekan penuh cinta. Nah, di sebelah chicken montok kan ada rujak langganan kami tuh. Rujak yang dah pernah kuceritain di sini. Letaknya di eperannya Indomaret. Kalau lihat tulisan di gerobaknya dah jadi Mitra UMKM Indomaret. Rujaknya lariiiiiis banget. Buka dari pagi sampai kukutan tuh jem 4 sore. Serius, pelanggannya ada aja. Pokoknya antre kalau mau beli rujak di sini. Ampe bangku kayu panjangnya keisi terus sama pelanggan yang antre termasuk kami.







Rujak di sini modelnya bisa dipotong atau diuleg. Bisa juga diserut. Nah, Mbul sendiri lebih suka rujak potong aja yang bumbu kacangnya banjir. Kacangnya masih tekstur kasar. Jadi masih ada butiran kacangnya. Soalnya kalau kelembutan ntar berasa kayak bumbu lotis dunk. Bumbu lotis kan full gula merah. Sedangkan Mbul lebih suka yang cairan gula merahnya kental dikit tapi kacangnya masih ada tekstur. 

Oiya, bumbu ulegan rujaknya ini pun pake pisang batu. Pisang yang masih ijo dan keras itu. Kalian tahu pisang batu kan? Jadi ada keset-keset pisang batunya itu yang akhirnya ngeblend bareng si gula merah, kacang, dan chilipadi. Untuk buahnya sendiri, di sini lumayan lengkap ya. Ada bengkuang (besusu), ubi manis, jambu air, mangga muda, belimbing, kates mengkal, dan lainnya. Kalau mau request misal ga pake buah tertentu boleh, yang penting ngomong aja ama Bapaknya. Terus tingkat kepedesan chilipadinya juga bisa direquest. Tapi kalau Mbul sih level nol aja alias level bayi. Soalnya Mbul ga bisa makan terlalu pedes, Mbul bisanya tuh level bayi hahahhahha...Because of seperti kataku tadi kalau kadang-kadang aku kan kayak bayi tapi Bayi Huey....(You know siapa itu bayi Huey...Beiby Huey...Itu loh bebek besar yang paruhnya manyun banget mintak ditayank wkwk (づ ̄ ³ ̄)づ tapi Mbul sering bacanya Beiby Hui atau beiby Yui hehehhe). Nah, rujak nanti dibuntel pake plastik supaya bumbunya aman. Kalau ditum pake kertas minyak takutnya rembes atau meleleh kan gawat. Jadi emang paling praktis dibuntel aja. 























Oiya, kami juga beli teh manis dan es jeruk cup-cup-an yang ada di dekat chicken montok. Soalnya lapaknya baru, jadi trial dulu pengen tau rasanya. Jarene sih racikan teh dan es jeruk khas Solo. Selain si abangnya juga jualan risol. Tapi kami cuma beli es teh dan es jeruk cup-nya doang sih. Ternyata pas dicobain seger bener. Tehnya biar ada sepet-sepetnya, tapi kok rasanya wasgitel gitu... wangi, sepet, legi, tur kentel. Definisi teh kesukaan Mbul. Kalau es jeruknya Mbul cuma sruput dikit. Ini sih punyanya Tamas. 

Seusai dapat Chicken Montok dan dapat rujaknya, barulah kami jalan lagi. Kemanakah gerangan? Belum tau sebenernya. Tapi tau-tau udah nyampe pusat kulineran, lebih tepatnya di pusat kulineran sorenya. Sambil ngobrol dan canda-canda retjeh ala kami, kami keliling bentar dari depan sampai belakang ternyata ketemu pasar kaget. Kayaknya emang bukanya sore hari gitu. Soalnya ada sebagian yang baru digelar. Macam-macam dagangan ada di situ. Ada sayur, buah, peralatan masak, perkakas, sampai hewan juga ada misal hamster atau kelinci dll. Tapi sebenernya agenda Tamas hari itu adalah mau beli tangki di kota. Cuma emang lewat sini dulu, sembari nyari maem. Karena eh karena Mbul belom maem dari tadi, Pemirsa hahaha. Biasa, biar perut tetep sexy #plaaaak. Jadi begitu tiba jamnya maem, langsunglah kami cap cip cup belalang kuncups...cari tempat maem yang sekiranya nyaman buat disinggahi.

 











Ternyata kami putuskan ke Rois Raos aja. Kebetulan sore itu ga gitu rame, jadi agak pewe makannya. Kami pilih area lesehan di lantai atas dimana yang makan cuma kami aja. Kami pesen soto spesial roisraos, kecombrang, teri jengkol, jamur krispi dan cah kangkung. Minumnya es teh manis dan milk dengan flavour pandan. Lumayan enak juga sih. Sotonya aku cuma sruput dikit ada wangi kapulaganya. Dan dagingnya diiris mungil-mungil. Ada kentangnya juga. Terus jamur krispinya ada mayones serta saosnya. Untuk kecombrang, ini pedes banget ternyata...Pesenan Tamas sih, kalau Mbul icip dikit trus bibir ini langsung uham-uham dan nyruput cucuw malah jadinya lidah ga karuan..jadi agak merah seperti abis dicium chilipadi, jadi mau ga mau lidah kudu adaptasi lagi. Buat netralisir pedesnya, akhirnya Mbul ambil jamur krispi aja. Kalau teri jengkolnya sih enak banget. Walau jengkolnya dislice tipis-tipis tapi ternyata keset dan enak. Dia karena dicampur ama teri jengki jadinya pas gitu buat mamam nasi panas.

Oiya, karena di depan Rois Raos ini ada bakul buah, dan pas lagi ada salak 2 kg Rp 15 ribu, akhirnya melipirlah kami buat beli. 









Nah, usai dari sini, barulah kami ke Cimone karena buat beli tangki. "Tangkinya sik paling gede ya, biar bisa buat ngumpetin Embul yang tembem ini." Wetetettetetetetet. Kok iso ngunuw Tamas? "Iyo lah Embule diumpetin aja biar anteng hahahhahah, kan muat tuh kalau masuk ke dalem tangki." Beliau mah becandaan wae, hihi. Tapi beneran akhirnya kami beli tangki yang gede. Abis itu balik lah karena emang hari udah petang. Dan besok udah Hari Senin aja kan. Senin biasanya lebih sibuk. Jadi ga boleh malam-malam. 

Nah, tapi sesampai rumah, tiba-tiba naq tembem bernama Beby Mbul ini ngelih lagi. "Ealah Mbul Mbul....siro isih pingin nggiling?" He em. Mbul pengen tahu pong. Tadi liat di yutub ada yang review tahu pong Mbah Tini di Jogja og ya Mbul jadi pengen wkwkkwwk...Ya tapi kalau ke Jogja atuh kejauhan, akhirnya pesen lah via ojeg tahu pong. Tahunya datang pas jam-jam setengah 9 malem bersamaan dengan Abang Ojek yang ngantarin ke rumah. Wah asyik nih, tahu pong anget ditambah chilipadi hijaunya. Nyum..Nyum......























Hari Senin pun Tibalah....

Saatnya cobain rujaknya. Karena rujak yang kemarin dah Mbul dinginkan di kulkas. Yeay...pas dituang ke dalam mangkok bumbunya langsung banjir, tapi kacangnya masih bentuk dan melimpah. Terus buahnya juga seger banget karena jadinya dingin kan kena udara kulkas. Rasanya nano-nano, manis, asem, pedes, enak deh..




















Oiya, sebelum penutupan, Mbul mau cobain sepatu yang kubeli di Jogja waktu lebaran kemarin. Ini beli pas ada bazaar Matahari gitu di lantai bawah. Kebetulan dapat pas ada diskon gede-gedean, sepatu yang aku taksir soalnya kelihatan manis gitu. Harganya cuma Rp 199 ribu aja. Warnanya mengkilat. Cocok buat acara resmi maupun santai. Bisa ditrap-in talinya atau pun ga. Keduanya sama-sama manisnya sih. Yang penting nyaman dipakainya ^_____^


9 komentar:

  1. Ya Allah Mbul, ngiler banget liat rujaknya, padahal ini masih pagi.. wkwkwk
    Paling enak makan rujak petis itu siang-siang panas, biar tambah hot makan pedesnya sambal rujak, tapi jadi plus segar dari buah-buahan yang dicampur, mantap sepertinya

    BalasHapus
  2. Mbul, I hope that you are having a yummy week.

    BalasHapus
  3. Amboi macam-macam makanan dibeli dan dicuba.
    Kasut baru warna hitam. Suka kalau ada tali.

    BalasHapus
  4. Enaknya, rojak, ayam montok dan tauhu.
    Wah... beli kasut baru ya, Mbul. :)

    BalasHapus
  5. Sepatunya nyaman dipakai, suka desainnya
    Rujaknya pengen
    Ayam montoknya adalah favorit Mbul...

    BalasHapus
  6. pedas berkuah ehmmmmm bikin merem merem

    BalasHapus
  7. Uniknya bumbu rojak guna bumbu uleg pisang batu.

    BalasHapus
  8. Tampan? Romantis? Cantik? Hahahahaa!

    BalasHapus

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ฅ(^・ω・^ฅ)