Sabtu, 23 September 2023

Favorit ฅ(^・ω・^ฅ)



Assalamualaikum wr wb....
Siapa yang tiyap malem sering didawuhi masak fresh from the kitchen,  masakan anyar beda dari masakan pagi dan siang? Hihihi. Jawabannya udah pasti Beby Mbul. Karena eh karena Mbul itu sering didawuhi Ramane begitu. Kondur kantor, njuk pengen dicepakin masakan yang masak jam itu juga, sehingga bisa dibilang Mbul kek sematjam restoran kali ya hahahha... #restorannya Tamas, Kakak, dan Adik.




Bisa pesen menu apa aja ntar sat set sat set aku masakin di dapur terus hidangkan dalam keadaan hot alias hangat. Tapi begitulah keseharianku. Alhamdulilah, biar kata agak kesusuw-susuw, tapi kalau hasil masakan Mbul dialem, rasanya tuh aku jadi pend terbang-terbang..

Seperti halnya tadi malam, dimana suami kondur kantor sekitar pukul 17.30 WIB. Beliau kemudian ndawuhi aku : "Nduk, masak asem-asem tambahin kacang sing banjir kayake manteb." O owww.... Ingat aja dia masih ada bahan-bahan sayur asem yang masih ngendon dalam kulkas. Tapi sebagai anak sholeha, ga lama kemudian, Mbul pun berkata okey. Setelah membereskan kerjaan, kukabulkan juga request-an suami yang dalam hal ini ingin dibikinkan sayur asem-asem bikinan Mbul sebab sayur asem-asem bikinan Mbul adalah favoritnya. Ngendikane sayur yang paling enak dimasak oleh Mbul ya sayur asem soalnya segar sih...#tapi yang masagh nda acem loh ya, soalnya saia udah mandi jadinya wangi tinggal diusek-usek sadja pipi tembemnya....hihihi...(wangi sabun Giv) ฅ(^・ω・^ฅ)(。・ω・。)







Nah, dari situlah Mbul pun langsung gercep menyiapkan segala sesuatunya walaupun perintilan sayur asemnya dibeli ga dalam bentuk paketan ya, tapi siji-siji. Jadi labu siamnya beli sendiri, jagung manisnya beli sendiri, begitu pula wortel dan kacang tanahnya. Ga yang udah paketan sayur asem dalam bentuk plastikan, karena kan biasanya ada tuh yang paketan sayur asem plastikan, kayak paketan sayur sop itu loh... soalnya ntar kalau gitu dapetnya dikit-dikit. Kalau beli satuan kan bisa pilih yang gede dan manis......kayak yang lagie masak ini...eh #plaaak.

Oiya, kali ini asem-asemnya ga pake daun so, soalnya ga beli. Padahal mah kalau di desa tinggal bruwun atau ramban ya, nah di sini tuh kalau beli di kedai sayur ndilalahnya so-nya itu dah  wuled. Dan Mbul ga gitu suka tekstur so yang wuled. Susah dikunyahnya sih. Kalau bruwun di kebun desanya Tamas kan bisa puas pilih yang pucuk-pucuknya jadi masih pada lembut gitu dan gampang dikunyah. Jadi fixed ya, kali ini asem-asemnya nda takpakekan so. Nanti deh kalau nginap di desa lagi, Mbul mau puas-puasin bruwun en masak so yang bagian pucuk-pucuknya.







Diantara perintilan sayur asem, Mbul paling suka sama jagung manis dan waluh jipangnya atau orang bilang labu siem. Kalau Ramane selalu request yang full kacang tanah, soalnya bagi Beliau sayur asem tanpa kacang tanah kayak ada sesuatu yang miss....Jadi pasti kalau Mbul hendak membuat asem-asem, pasti Mbul selalu diingatkan Ramane bahwa kacang tanahnya jangan dilupakan #siaaaaaaapppp...

Untuk waluh jipang, kadang-kadang dia ini bisa diganti dengan pepaya mengkal atau kates muda. Gandul sing taksih nem atau ijo, hehehe. Tadinya aku ga tau. Eh, pas di rantauan sini asem-asem bisa dipakein kates mengkal, aku pun langsung mencobanya. Dan ternyata rasanya cocok juga tuh. Teksturnya sama kenyut-kenyutnya kayak waluh jipang pas direbus kan. Jadinya mantab. Ini tuh yang bikin asem-asem terasa khas ya. Selain daripada cita rasanya yang ada asem-asem pedes manisnya. 










Soalnya sayur asem tuh ternyata ada yang dominan asin, ada pula yang dominan manis ya. Nah, karena Mbul orang jawa, maka asem-asemnya Mbul ini dominan manis. Walaupun pedes dan gurihnya juga tetep ada. Tapi dominannya itu emang rasa manisnya. Kalau yang asin itu biasanya icip-icip pas mampir ke warung nasi gitu, utamanya warnas yang di daerah sini ya. Beda ama taste asem-asem yang dominan manis dari kampung Mbul. Kalau Tamas sih, mau manis kek atau asin kek, yang terpenting yang masak itu tangannya Mbul ฅ(^・ω・^ฅ)

Selain memasak sayur asem, Mbul juga bikinkeun telor dadar dan gorengkeun teri nasi sebagai pelengkapnya. Sebenernya kalau sayur asem itu lebih pas pake ikan asin yang rada gedean dari teri sih, soalnya kalau teri tuh dimaem ama nasi anget aja udah enak. Nda sah mawi pake sayur kuahan. Tapi karena ikan asin rada gedeannya aku blom tumbas, jadi sementara pake teri nasi yang kecil-kecil ga pa pa deh hahahha...














Terus, alhamdulilah pas Ramane kondur, Mbul dibawakan es kelapa muda dan salak 2 kg Rp 10 ribu. Es kelapa mudanya aku bikin 2 versi. Yaitu yang ga pake tambahan apa-apa sama yang takkasih sirop pisang ambon. Sluuuuurpt aneeeth....soalnya daging degannya itu putih dan lembut, sedangkan air kelapa mudanya seger membasahi tenggorokan....

Oiya, Mbul tambahin bonus masakanku yang kemarinnya lagi (tapi masih dalam minggu ini) yaitu mie kuah seafood yang proses masaknya udah ada di bawahnya post ini. 




























Nah, itulah sekelumit update masakan Mbul tadi malam dan kemarin Senin. See you on next post ya...Dadaaah...



14 komentar:

  1. Selamat menjamu selera
    Ketok ea uenak banget

    BalasHapus
  2. Jadi ikutan laper Mbak. Itu tinggal kasih nasi anget, sambel sama kerupuk, kayaknya kalo saya bisa abis satu ricecooker deh nasinya :D

    BalasHapus
  3. Sayur asam, telur dadar ditambah tempe goreng. Makanan favorit saya banget tuh apalagi ada sambalnya, satu panci bisa habis saya makan sendiri tuh sayur asam..wkwkwk

    Lho memang kalau di jawa sayur asam ngga ada pepaya muda atau mengkalnya ya?

    Sayur asam ditimpali teri medan juga enak tuh, teri medannya dicampur sama potongan cabe dan kacang tanah.

    Es kelapa selalu setia menemani, jadi pengen..wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak mas herman....kapan hari pernah cobain pake kates mengkal rasanya pas gitu sama kayak waluh jipang cuma teksturnya lebih empuk

      Hapus
  4. entah kenapa jadi pengen baso aci hehe

    BalasHapus
  5. Wah wah... sayur asem diksh jagung ya kedoyananku itu Mbul.
    BTW lam knl buat Mbul.
    Blognya seru juga ya... pengen tak follow ah... biar tau informasi kuliner 😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhaha....iya mas wawan...cobain masak mas, ntar diupload di blog juga biar mbul ada temannya hahahha

      Hapus
  6. Aku tuh suka sayur asem, tapi Bbrp kali gagal aja masaknya 🤣. Jadi males mau masak lagi. Kalo kepengen ya lebih milih beli nit.

    Cuma Krn dari dulu terbiasa Ama sayur asem Sunda yg asem gurih pedes, jadi memang LBH suka yg begitu 😄. Mama pun kalo masak sayur asem yg asem gurih pedes. Jarang yg manis. Aku tau sih ada yg modelan manis juga. Kayaknya keluarga Raka kalo bikin model yg manis 😅. Mungkin Krn mereka solo sih yaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau aku sayur asem jawa mba yang cenderung manis hihi 😜

      Hapus