Minggu, 04 Agustus 2024

Mbul & Bakwan Nyempluk di Ajibarang



Assalamualaikum wr wb....
Hallo....hallo...hallo.....Shirahoshi Beby Mbul datang lagi. Apa kabarnya Teman-Teman semua? Semoga selalu dalam keadaan baik ya. Mbul itu sempet meriyang kemarin. Biasalah masyuk angin karena kebanyakan aktivitas hihihi. Makanya sebelum budhal ke desa Mbul sempat dipijit dulu biar badan demplon ini segera fit kembali.








Mbul dikerok dari tengkuk, leher, pundak hingga lengan biar mriyangnya ilang. Kalau pantad, itu bagian Tamas yang paling bar-bar *ehem* maksudnya pake penghayatan kalau pas lagi penced-penced titik saraf di pantad Mbul, maksudnya biar geulis enakan gitu #kesempatan opo kesempatan ฅ(^・ω・^ฅ). 

Alhamdulilah badan langsung entengan sih.... en Jumat malamnya bisa langsung go. Padahal malam sebelumnya itu rasa-rasa kayak sakit tipes gitu wkwk. Badan gemreges ga enak banget....Pegel-pegel tapi ya mual-mual ga iso turu. Les-les-an juga. Ama Tamas juga udah diblonyohin minyak tawon sambil tengkuk dipijit-pijit biar suara ga kayak Doraemon lagi, itu udah agak mendingan dan agak entengan ya. Tapi begitu malam tiba, dan pas Mbul lagi tidur, kok ya suami iseng ngemek-ngemek Mbul lagie, jadilah pagienya ya Mbul masuk angin lagi hahahahhaha.... 






Maka sebelum cabcus ke desa, paginya Mbul dipijit dulu pake minyak tawon (((dan juga koin logam))), makanya pada merah-merah semua badan Mbul bekas kerokan koin logam hahahaha... Tapi abis itu udah seger dan enteng lagi sih. Jadinya malam tetep pulkam. Yappps, soalnya Mbul diajak Tamas buat sowan Mbah Uti karena ada acara tanggal 13 Agustus di Purworejo. Jadi sekalian aja Mbul nderek muleh kampung. Kan ntar ada tanggal merah juga di tengah-tengah. Jadi bablas aja lah hahahhaha...

Mbul jalan dari rumah ba'da Isya. Dan Tamas udah memprediksi kalau di Tol Cikampek bakal pethukan sama truk-truk yang baru mau pada jalan kan? Jadilah sepanjang jalan tol Jakarta sampai Karawang macet. Mulusnya itu begitu masuk arah Cipali tuh. Mbul agak-agak nggliyeng dikit sih dan takbawa bubuan aja pake bantal. Mbul diajak mandeg rest area itu di Km 102 Cipali biar perut paling ga keisi. Kalau Kakak dan Adik kan udah maem di rumah. Nah, yang belum maem itu cuma Mbul ama Tamas. Akhirnya melipir bentar cari tempat maem kilat di Warung Tahu Bungseng atau Sumedang. Kami pesan indomie goreng telor kopyok, pop mie rasa ayam, telur asin, susu, teh manis panas, dan air mineral. Terus istirahat bentar dalam mobil (tidur 2 kali) dengan kaca jendela dibuka dikit. Masyaalloh setelan AC-nya kok yang duinind tenan. Mbul udah pake baju anget aja ampe pengen slimutan agie...Tapi alhamdulilah masih dapat bobok sih barang sejam-dua jam kan lumayan ya, hingga pagi begitu matahari terbit, diri ini udah nyampe Pejagan. 





Mbul pop mie ayam










Suasana pagi di daerah Pejagan sangat indah. Udara masih sejuk dan penuh embun karena matahari belum begitu tinggi dengan kabut tipis-tipis melingkupi sekeliling. Area pinggir jalan adalah kali dan pemukiman warga juga persawahan yang mulai menguning karena sudah masuk musim panen. Di belakang, pegunungan biru nampak menyembul indah dengan pohon kelapa yang rapat berbaris rapi sementara atasnya ribuan burung terbang bergerombol seperti angka 3 terbalik. Bunga-bunga kangkung berwarna ungu tumpuk putih mekar dan berayun-ayun dibelai sang angin. Beberapa bagian bukit kapur nampak gundul karena sebagian dikeruk untuk keperluan tertentu. Tamas jadi sempet ngledek diriku terkait hutan dan bukit yang gundul : "Kudune siro pose dengan hutan dan bukit yang gundul, Dek.... kan ntar keinget area mana yang pohon-pohone digunduli." Hmmmmmb....mudah-mudahan hutan dan perbukitan tetep lestari ya. Mengingat gunung itu kan pondasinya bumi, kalau pepohonannya digundulin dan habis buat dikedukin batu kapurnya, nanti tinggal alam aja yang akan memberikan jawaban huhuhu...

Kendaraan kami pun terus melaju di jalanan yang mulus. Masih tetap beriringan dengan truk-truk yang melintas membawa berbagai macam muatan. Mulai dari pasir (wedi), besi, semen, dll. Tapi emang ga sepadat di tol sebelumnya. Kali ini udah tinggal sedikit jadinya jalanan lancar aja. Oiya, ngomongin soal truk-truk di jalan, Mbul jadi ingat tontonan hiburan di youtube. Mbul sering becandaan ama Tamas kalau kebetulan pas lagi ada di tol dan sisihan ama truk-truk. Mbul bilang, ini jangan-jangan yang nyetir truk di sebelah kita Bang Bolang nih, hihiihi. Maklum, Mbul ituw kalau liat channelnya Bang Badru Capslock sukanya ngulang-ulang nonton yang narasumbernya Bang Bolang doang wkwkkw. Soalnya ceritanya seru, kayak keinget jaman masih anak-anak dulu sering disetelin siaran radio yang ceritanya serasa kayak didongengin gitu. Kalau ga, channel horrornya Malam Mencekam atau biasa disingkat MM yang narasumbernya Bang John (sopir truk gandeng) dengan kernet si Jibul pas melintasi Alas Roban. Itu juga bikin merinduiiiiiiing hahhaha... Ya, soalnya Mbul dan Tamas kalau pas ngrandom nonton di youtube kadang kehabisan ide mau nonton apa akhirnya nonton Bang Badru Capslock aja yang narsumnya Bang Bolang. Kalau MM pas narsumnya Bang Jhon dengan kernet si Jibul hahahha....yang pas di Alas Roban thok.






Tamas indomie kopyok telor



Sarapan Lontong Sayur, Nasi Gudeg Telor Pindang, Bubur Ayam, dan Bakwan Nyempluk di Ajibarang

Kira-kiranya pukul 8 pagi, sampailah kami ke daerah Ajibarang. Di sana baru memutuskan untuk sarapan sambil cap cip cup belalang kuncup karena memang sebelumnya ga tau tempat sarapan pagi yang enak ada di mana. Sambil liat kanan kiri, tetiba Tamas melihat ada deretan Bapak gerobak yang dagangannya beda-beda. Ada lontong sayur, gudeg, dan juga bubur ayam. Langsunglah Beliau ajakin Mbul nyarap di situ aja. Biar perut juga ga kempes-kempes amat kan soalnya sebelumnya Mbul sempat muntah 2 kali karena perut mual-mual macyuk angiend hahahha.. 















Kami kemudian meminggirkan kendaraan dan memilih bangku lesehan di depan Bapak penjual bubur ayamnya. Sampingnya sih ada gudeg dan lontong sayur. Sebab di sini menu sarapannya beda-beda. Ramane lontong sayur,  Adik bubur ayam, sedangkan Mbul dan Kakak A kompakan nasi, gudeg manis dan telor pindang. Ada lagi tambahan bakwan nyempluk yang baru dientas dari penggorengan. Bakwannya bentuknya lucu deh, bulet nyempluk gitu kayak pipinya admin dan dia ini isinya wortel, kecambah, daun bawang, wortel, serta kubis. Enak...maem bakwan nyempluk anget-anget pagi-pagi. Mimiknya teh anget yang dituang dari dalam cerek.









Usai sarapan di trotoar depan pertokoan yang masih tutup, kami pun melanjutkan perjalanan lagi. Melewati Banyumas, Jembatan Bumiayu, Sumpyuh, Wangon, Gombong, Karanganyar, sampai Kebumen kota. Nah, pas lewat Kebumen kota, itulah mata ini terasa dibuat semakin melek. Soalnya jadi berasa kangen ama wilayah-wilayah yang sering dilewati semasa kecil dulu. Deket Tugu Lawet, Rita Pasaraya, Alun-Alun, Masjid Agung, dan area pertokoan juga kawasan tempat-tempat kaki lima yang enak. Abis itu ya jalan lagi bablas Kutowinangun, Bedegolan, Jembatan Gentan, dan Prembun yang terkenal dengan besusu atau bengkoang putih bersihnya hihihi....






Mbul pas pipinya belum nyempluk kek sekarang

Aku sekarang (Tahun 2024), dan kini pipinya dah nyempluk hihi












Tahu Kupat Pak Marto Dwirjo, Pasar Wetan (Pasar Kelopo) Prembun

Jem-jem makan siang (kayaknya jem 12.20 WIB-an deh), kami dah nyampe Pasar Wetan Prembun sebelum Ndadap Tulak dan Kabekelan. Jadi karena Tamas sampun ngelih maka makan sianglah kami di tahu kupat favoritnya di Prembun yaitu Tahu Kupat Pasar Wetan. Ini tuh nama aslinya Tahu Kupat Pak Marto Dwirjo, cuma Ramane sering bilangnya tahu kupat pasar wetan Prembun (nanti review detailnya aku tulis di postingan terpisah), sekarang aku sertakan di post ini biar tau urut-urutan ceritanya Mbul Agustusan di desa. 

Ya, singkatnya di sini tuh pesen tahu kupatnya yang ternyata lumayan berbeda dengan tahu kupat di desanya Tamas. Kalau yang ini pakenya kecambah, kubis serta tahu putih yang digoreng bentar dengan potongan kecil-kecil. Abis itu kuah juruhnya ada sedikit tumbukan kacangnya, jadi agak ngacang gitu hihihi. Tapi rasanya enak sih, dikucrutin sambel dikit tambah mantab lagi. Ya kami makan kira-kiranya setengah jam lah. Abis itu lanjut lagi perjalanan ke tempat Mbah Uti.





















Sampai tempat mbah Uti itu udah mau asyar. Mbah Uti langsung menyambut kami dengan hangat. Dikeluarkanlah sesisir pisang longok hasil panen dari kebun Mbak kami yang semuanya sudah kuning merata. Pisangnya gemuk-gemuk (padahal pisang longok yang biasa buat kenduri itu biasanya kecil-kecil), tapi kali ini gemuk-gemuk ukuran sedang. Sore itu suasana desa juga adem banget. Angin musim kemarau justru ademnya seperti kita memasang AC padahal ga, hahhaha... Apalagi air di kamar mandi, anyesnya kayak air es. Tapi di tengah hawa adem yang mencubiti kulit jangatku, ada hidangan sederhana yang bikin tentram kalbu, apalagi kalau bukan sambal terasi, bening gambas, dan tempe bacem manis yang tersimpan di bawah tudung saji. Telur ayam kampung bacemnya ada di omprengan (panci kecil) yang ditangkringkan di atas kompor. Ini juga sedap walau kuahnya agak dikit, tapi dimakan bareng menu lauk dan sayur bening sambel terasi mantab juga.




















Menikmati Semilir Angin sambil Makan Siang di Dekat Sungai Bogowonto

Esok Minggunya, kami ada agenda mengantarkan Mbah Uti ke Purworejo. Acara pagi mruput sampai menjelang dzuhur. Abis acara selesai, kami ga langsung pulang karena Ramane mengajak kami makan dulu di pinggir Sungai Bogowonto karena di sana ada tempat makan baru. Namanya Satria Bogowonto. Memang sih posisinya itu masuk-masuk ke pedesaan dan bahkan kebun bambu yang jarang ada rumah. Sempat pula kami melintasi jembatan kecil yang depannya pesarean. Tapi abis itu ada belokan dan terus ke arah pinggir nyampe Satria Bogowonto yang memiliki pemandangan menghadap Kali Bogowonto. Meskipun pada saat itu kalinya sat dikarenakan musim kemarau, tapi alhamdulilah melipir sejenak ke sini rasanya syahdu juga. Ramane sih yang asal nyari dan kebetulan pengen ngajak kami ikut ngrasain menu-menunya juga. Yodah kami mah manut aja sebab suasananya juga mendukung kan.




























































Kami pesan tempat di area pinggir yang menghadap pas view kalinya. Sebenarnya di bawah ada undakan juga yang mengarah ke kebun kangkung, suring, dan juga daun ketela pohon. Habis itu banyak batu-batu kali dengan sisa aliran sungai yang terlihat bening mengalir. Seorang Bapak terlihat menyeser ikan di bawah terik mentari. Sementara di sisi pinggirnya lagi (agak ke atas) barulah hutan bambu. 

Setelah puas mengabadikan Kali Bogowonto dari dekat, Mbulpun naik undakan lagi, karena ternyata menu yang kami pesan sudah diantarkan ke meja. Ada gurame saus asam manis, udang goreng saos mayones, cah taoge, mie goreng spesial, tempe goreng, es teh manis, serta yakult stroberi. Lumayan juga walau porsiannya gede sehingga pada akhirnya ada yang dibungkus dibawa pulang hehe.. Nanti review detail Satria Bogowonto aku tulis di post terpisah di label kuliner.




Banyak rumah bangunan Belanda juga

Patung kereta kencana yang ditarik kuda ikon Kota Purworejo

Kalau yang ini dah rada baru, tapi kira-kiranya ya aku udah rantau di kota hotel ini dah ada

Hotel yang udah berdiri sejak Mbul masih kecil, jadi tiyep kami lewat di sini, selalu ada candaan apa ini hotelnya Bapak hahahah...tentu saja jawabnya ga, cuma nama aja yang mirip heheh



Usai makan siang, kami memutuskan untuk pulang ke rumah. Jalanan Purworejo siang itu lumayan dibakar srengenge atau hot banget. Maklum sedang ada pengecoran jalan di beberapa ruasnya sehingga harus antri dengan jalan di sisi satunya supaya bisa gantian ga ngenain yang sedang dicor. Memang Purworejo dan Kutoarjo lagi banyak perbaikan jalan, tapi sudut-sudut kotanya ga banyak berubah. Kalau ga moment Lebaran atau libur panjang ya agak sepi. Ramenya itu ya daerah kota saja atau area Alun-Alun dan Pasar yang dekat dengan pusatnya. 




Foto terbaru Mbul, Mei-Juni-Juli 2024, Mbul dah nyemplukan lagi, mulai padat berisi aliaas montogh #plaaak




Okey, segini aja dulu postingan Bulan Agustus dari Mbul. Walau ini cerita behind the scene waktu persiapan ngurusin Tindak Mekkahnya Tamas dan Mbah Uti ndilalah dalam setiap perjalanannya sempat ketemu kulineran enak, disertai juga ama foto Mbul terbaru, yaitu Mei-Juni-Juli 2024 waktu pipi Mbul udah tambah semakin nyempluk aja kayak bakwan di Ajibarangnya hahahha...Maksudnya pas 2023 itu Mbul sempet kuyusan, tapi Mei-Juni-Juli 2024 badan ga sekuyus tahun 2023, dan udah agak padat berisi dan pipi udah mulai menggembil lagi, nyempluk menul-menul kayak bakwan di Ajibarang hahhaha...

8 komentar:

  1. The food looks exotic and delicious!

    BalasHapus
  2. Memang cantik sungguh bakwan yang nyempluk kayak adminnya itu.

    BalasHapus
  3. Halo dari Belanda. Kadang-kadang sulit untuk menerjemahkan kata-kata karena blog Anda terkunci, tidak bisakah Anda mematikannya dan hanya mengunci fotonya saja. Gr, (pengikut) Tine dan saya sangat menyukai semua foto Anda dan saya senang bahwa Anda menjadi lebih baik.

    BalasHapus
  4. Thank you for sharing such a lovely image :)

    BalasHapus
  5. Itu bakwannya memang betul, nyempluk nyempuk, hehe...

    BalasHapus
  6. Masya Allah Mbuuuullll...Makan enak banyak menu menggelora jiwa raga. Apakah muat perutnya? Wkwkwkwkw :D Mie rebus telur masuk, GoodDay masuk, bakwan masuk, lontong sayuur ada, buryam juga ready ahahaha. AKu suka makan mie rebus kudu lemes mie nya, pakai bakso, sawi dan kalau ada cabai rawit orens hihihi. Bakwannya dibentuk ya? Maksudku itu adonannya ditaruh di cetakan dulu kan jadi bagus gitu :D

    BalasHapus

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ฅ(^・ω・^ฅ)