Selasa, 11 April 2023

Pempek Kulit, Lenjer, dan Entog Goreng



Assalamualaikum wr wb....
Dua hari menjelang penghujung Bulan Agustus, malam-malam itu Mbul udah buka sih. Tapi bukanya cuma mimik teh anget. Belum makan nasi, tapi udah ngemil sedikit snack. Nah, karena Tamas masih otw dari ngecek kerjaan yang di Jakarta bareng Mas Ang, maka pulangnya agak-agak ba'da Isya. Surprisingly, pas nyampe rumah Beliau bawakan aku makanan kesukaanku, apalagi kalau bukan pempek. Pempeknya terdiri dari pempek kulit dan lenjer. Terus selain pempek ada pula lauk lainnya yaitu entog goreng.




Oiya, tapi pempeknya beli di deket-deket rumah deng. Kedai pempek yang buka sore sampai malam. Ada pempek ikan sama yang dos. Tapi aku lebih suka pempek ikannya, dan karena bentulnya kecil jadi harganya terjangkau. Per pcs itu Rp 2000. Kalau yang dos Rp 1000. Nah, yang paling kusuka dari sekian pempek itu ya pempek kulit dan lenjernya. Soalnya kalau kulit tuh gurih banget. Bentuknya pipih dan bundar. 

Kalau yang lenjer panjang tapi kecil. Jadi ya itu tadi harganya Rp 2000-an. Ini udah ada tenggirinya loh. Bukan tepung tok. Kapal selem yang isinya telor juga suka sih, tapi emang terfavoritnya itu pempek kulit dan lenjernya.

Terus yang paling aku suka lagi dari kedai pempek ini adalah sambal cukonya yang asem legit pedes nikmat. Dia ada ebi dan juga irisan mentimunnya ya, jadi tuh rasanya kranci-kranci gitu. 










Terus sebelahnya pempek kan ada kedai garage namanya. Itu kalau di sini tuh spesialis unggas bumbu yang nanti digoreng dadakan. Sebenernya aku masih bingung antara itu unggas entog apa burung blibis. Pernah ada yang bilang kalau gerobagan yang sering buka malam itu dagangannya burung blibis. Tapi kayaknya sih itu entog goreng ya karena dagingnya wuled tapi emang asin gurih sih. Dagingnya kecil-kecil tapi padet dan wuled, itu yang jadi ciri khasnya dan dijual di gerobagan dekat kedai pempeknya...








Terus masih ada separuh es kelapa muda yang dibekuin di freezer dan kemudian dicampur bareng es teller Singkawang yang kami beli kemarin, jadi kelihatan jambon seperti yang di foto. Pas banget buat njambal entog goreng padet wuled sama pempek dan cukonya. Mantabbb!!!

Okey sekian update-anku hari ini. See you and bye bye...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ฅ(^・ω・^ฅ)