Jumat, 21 Juli 2023

Review Bebek Bakar Banyumas



Assalamualaikum wr wb...
Hallo...hallo....hallo, Beby Mbul Shirahoshi is baaaaaaack. Kali ini Mbul mau cerita tentang kulineranku dengan Tamas sore tadi sekalian cari bukaan puasa buat Mbul, sementara Tamas ada keperluan membeli keran air di supermarket bangunan. Nah, karena depannya pas ada Bebek Bakar Banyumas, maka sekalian aja kami beli buat dibawa pulang dan dimakan di rumah.





Bebek Bakar Banyumas ini udah buka dari sore. Nanti biasanya sampai malam atau kalau udah habis ya tinggal kukutan. Dan dia habisnya itu cepet kok. Soalnya udah lumayan terkenal, bahkan bolak-balik udah pernah kureview di blog ini, saking aku gemar banget sama bebeknya. Eh, Tamas deng yang pertama kali pengaruhin Mbul agar suka sama bebeknya. 

Dan ternyata setelah takcobain, rasanya enak. Mbul suka deh, huft. Kadang kami makan di tempat, kadang makan buat dibawa pulang. Kayak sekarang. Soalnya lebih pewe makan di rumah sambil nonton tipi hihihi. Kalau di tempat karena pake kursi dan ga ada lesehan jadi kurang pewe. Tenda Bebek Bakar Banyumas ini khas banget ya karena warnanya hijau dengan spanduk bertuliskan Bebek Bakar Banyumas gede-gede. Dia itu patokannya setelah Pabrik Sepatu Panarub dan Kawasan Industri Toray, Pasar Baru. Biasanya kalau kami ada agenda ke Pasar Baru, ya disempatkan mampir ke sini. Tamas yang paling semangat sih kalau urusannya udah mbebek di Bebek Bakar Banyumas.






Bebek Bakar Banyumas dikelola oleh beberapa orang pemuda asal Banyumas dengan konsep warten (warung tenda). Udah cukup lama ada di depan supermarket bangunan yang cukup besar di sini. Bebeknya terkenal montok dan juicy apalagi yang bagian dada, walau bagian paha juga sama-sama montoknya sih. Kalau Tamas dari dulu hingga kini tuh sukanya kepala, apalagi kepala ayam jantan atau bebek jantan. Soalnya gulune lebih panjang. Cause bagian kepala baik bebek dan juga ayam jago juga di sini ada juga lho. Di samping ati dan juga ampela ada juga. Pokoknya kepala dan jeroan suamiku doyan banget. Sedangkan aku suka dada dan juga paha. Aku suka bagian itu karena proses marinasi bumbunya ndilalah pinter. Bumbu dibumbuin sampai meresap, habis itu dibakar manis. 

Model bakarnya masih basah ya jadi enak. Udah gitu sambalnya juga pedes segar karena dibikin pada saat itu juga. Dan aku rasa sambalnya ini jadi ciri khas Bebek Bakar Banyumas itu sendiri. Sambalnya yang bikin orang-orang jadi inget terus. Kalau dulu itu seringnya sambal langsung diguyurin langsung di atas permukaan dada atau paha bebeknya. Tapi karena Mbul ga isa pedes, maka Mbul selalu request, sambal minta tulung diplastikin aja hahahha...Pedes yang masih bisa dinikmati aku suka. Tapi kalau pedes yang menggetarkan bibir dan bikin lidah jadi ga bisa ngerasain si bebeknya itu aku ogah. Yang pedesnya mbingungin ku ga suka. Makanya sambal jangan diguyurin langsung di atas bebeknya. Ntar kalau udah sampai rumah baru ditaruh di mangkok aja biar takarannya pas. 






Bebek Bakar Banyumas memang tampilannya sangat menggiurkan. Porsi yang montok dan daging bebek yang padat sekaligus kulit yang menyelimuti sebagian permukaannya tampak begitu menggugah selera, apalagi setelah dicicip memang rasanya enak banget. Dominan manis gurih khas masakan Jateng yang emang cenderung manis. Dan bagiku pribadi, salah satu kuliner bebek yang enak itu ya nomor satunya adalah Bebek Bakar Banyumas ini, baru abis itu bebek tenda punya Kemal dan Nasi Bebek Khas Madura 99.  Begh....Mbul suka banget. 

Bebek Bakar Banyumas punya cita rasa tersendiri dibanding bebek bakar lain yang pernah Mbul cobain. Selain nilai lebihnya ada pada porsinya yang montok tadi (gede), Bebek Bakar Banyumas juga punya sambal yang seperti aku bilang tadi pedas tapi yang dalam artian segar. Pedasnya itu semriwing segar. Walau emang kudu nyanding air minum biar uham-uhamnya ada penolongnya hahhaha.... 







































Untuk nasi, biasanya kami ga beli sih, karena udah ada di rumah, jadi cuma beli lauknya aja. Nanti dipuluk atau dicawuk pake sambel, lalap timun dan kubis juga keratan daging plus kulit bebeknya, MasyaAlloh enaknya. Sambel sih dikit aja udah kerasa ya, tapi kalau dibarengin ama keratan daging dan kulit bebek juga krancinya timun itu lah yang bikin acara memakan Bebek Bakar Banyumas ini semakin nikmat. 

Oh iya, Bebek Bakar Banyumas ini bisa ditemui di Jl. Moch Toha, No. 72, Tangerang. Patokannya depan Mitra 10 dan Setelah Pabrik Sepatu Panarub dan Pasar Baru. Bukanya sore hari. Ya, kalau tutupnya sih tergantung udah habisnya aja jam berapa, tapi umumnya sih jam 22.00 WIB juga udah abis.



























Sebagai penutupnya, kami juga udah sigarkan semangka merah yang beli ngiter-ngiter Sabtu sore kemarin dan dapat bakul semangka yang Bapak Penjualnya gelar semangkanya di pinggir jalan. Walau semangkanya imut (ada yang bulat dan ada yang lonjong dengan isian merah banget). 

Daaaaan...alhamdulilahnya mungkin kami memang sedang rejeki, tiap kali beli semangka ndilalahnya hampir selalu dapat yang manis, renyah dan juga berair.. Biasanya kami minta dipilihkan langsung ama Bapak penjualnya sekiranya yang manis itu yang mana. Jadi pas diketuk-ketuk itu kayak ada cirinya. Atau diliat dari ujung tangkainya itu apakah mlungker, udah alum atau gimana. Jadi pas dibuka di rumah alhamdulilah manis dan segar... Oiya, hampir kelupaan, untuk pete yang ada dalam foto, itu kami penghabisan aja pete oleh-oleh pulang kampung kemarin, hihihi. Kami satuin aja biar jadi konco lalap dan juga sambelnya. Petenya klethuk-klethuk, manis, maknyus bikin nagih...hohoho..



2 komentar:

  1. Selaluuuuu tiap kali mampir sini, aku kemlecer 🤣🤣🤣. Anggab ajalah menikmati dan bayangin rasanya lewat foto nit 😄.

    Bebek memang selalu juaraaaa 😍😍. Apalagi kalo pinter masaknya. Ga bau, dan empuk. Krn kalo ga jago seringnya keras kan. Bau prengus ya aku masih suka sih, tapi kalo udah alot, males 😅

    Naaah bener nit, walo aku suka pedes, tapi ga mau kalo sampe bikin ga ngerasain yg lainnya lagi . Cuma pedes thok. Opo enaknyaa 🤣. Mending makan cabe sekalian 😅

    Untung di sini kuliner bebek ada banyak, jadi aku bisa milih2. Kalo pengen bebek yg gede, udah tau jual di mana. Kalo pengen yg juara sambelnya ada juga. Bebek Madura pun untungnya Deket rumah ada , enak tapi ciliiiik dagingnya 🤣🤣.

    Kemarin aku sempet beli nasi goreng bebek di campak putih. Enaaak ternyataaa. Ya ampuun daging bebeknya di Suir, dan crunchy gitu. 😍. Mau nagih tapj inget kolesterol hahahah. Jadi sesekali ajalah belinya.

    BalasHapus
  2. Pernah liwat ramawangun (deket tempatnya Mba Fanny yang jaktim kan ya), emang aku belum nemu kulineran yang pas, apa aku yang ga tau tempatnya ya hahaha...Kalau jaksel justru aku blum begitu tau kecuali yang deket deket barito, blok m, gitu...tapi yang kaki limaan. Paksu yang lebih apal en sering ngajak kulineran diriku yang katrok ini hahahha...dulu aja pas ngendon di jekarda agak lama aku ga tau mana mana. Soalnya polos en lugu. Maem cuma di warteg atau warung nasi samping kos aja hahhahahah...ampe diriku dibilang bocah cilik katrok hahhahah...ga gaul ga ngerti kulineran jakarta. Jadinya yang selalu ngajakin diriku kulineran ya beliau. Kalau yang cafe cafe aku ga gitu masuk menunya hahahah...

    kalau bebek aku suka yang udah ga bau bebek. Jadinya marinasi kudu okey...dan udah cabutin bulu bulunya hihi..nasi bebek madura aku suka banget. Salah seorang temen pernah ngrekomendasiin suruh nyobain bebek madura bebek sinjay, katanya sih enak, dan bumbunya medok. Aku belum pernah nyobain sih. Kalau nasi bebek warung sederhana yang aku cocok itu nasi bebek madura 99, itu bumbunya dah paling pas di lidahku

    Tapi pak su ada 1 tempat makan bebek yang doi selalu bawa aku ke situ dulu soalnya kebetulan kenal ama bapak yang punya, namanya Bebek Chick...ini yang bikin penasaran itu menu asem-asem bebeknya..seger banget. Ada modelan garang asem tapi ya pakenya bukan ayam melainkan bebek..dan itu seger pol...

    BalasHapus

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ฅ(^・ω・^ฅ)