Sabtu, 04 November 2023

ฅ(^・ω・^ฅ)




Assalamualaikum wr wb...
Hallo...hallo...hallo....Jumpa lagi dengan Shirahoshi Beby Mbul Nita di sini? Apa kabarnya Teman-Teman? Semoga selalu dalam keadaan baik ya. Mbul itu dari kemarin lagi semangat beberes rumah. Mbul mulai dari dapur karena dapur adalah tempat favorit Mbul. Ya buat masak gitu. Walaupun masakan Mbul masih taraf belajar, tapi bagi seorang cewek, dapur itu adalah bagian terpentingnya rumah, ya selain tentu saja ada kamar juga sih yang  paling Mbul suka soalnya itu tempat buat istirahat. Tempat buat Mbul kebluq~bisa menikmati bantal, guling serta kasur kesayangan hehehe... 




Mbul itu emang suka beberes rumah. Karena aku sehari-hari memang di rumah. Ngopeni rumah. Aku melakukakannya setiap hari mulai dari abis sholat subuh trus mata panjer terus nyampe ya malem, sebelum bubuk. Sebenernya tuh kemarin aku ada kepengenan buat nglabur sedikit dinding dapur yang agak terkena minyak. Tapi Ramane belum sempat karena belum ke toko bangunan lagi. Nah, berhubung bagian nglaburnya belum jadi, maka akhirnya aku cuma baru bisa tata ulang posisi rak di atas meja dapurnya. Biar dapat suasana baru dan makin betah memasaknya hehehhe...

Ngomongin soal masakan, Mbul ada rekap masakan apa ya untuk hari ini? Ada beberapa menu kelan atau sayur yang aku bikin untuk pendamping nasi. 1 lagi snack buat camilan. Lagi-lagi aku bikin kue tradisional, kweku atau kue tok...






Untuk kelan, Mbul bikin tumis cumi asin dan bening bayem. Kalau lauk bisa goreng telor atau telor dadar. Tapi yang baru kefoto cuma itu. Maklum lah Mbul sesiangan kan masak sendiri (sekalian kuabadikan buat post blog) jadi seadanya kayak gini. Oiya, Mbul itu sehari-harinya mengerjakan apa-apanya sendiri ama Tamas (kalau pas beliau libur). Jadi semua-mua yang kami kerjakan di rumah mungil ini ya kami sendiri. Makanya semampunya aja. Tapi biarpun begitu malah ku ngerasa lebih nyaman dan semangat, sih hehehhe.. Bukankah kebersihan sebagian dari iman, itu yang biasa Ramane nasihatkan padaku.

Oiya, Mbul menumis cumi asin tuh gegaranya Hari Minggu kemarin tak sengaja mampir pasar basah dan mau beli keperluan untuk bikin kweku dulu kan. Nah, karena di salah satu kedainya hampir semua ada, maksudnya antara sayur-mayur, lauk, juga bahan-bahan kue ada, maka yaudah Mbul sekalian aja beli beiby cumi dan bayem. Untuk bahan kweku, Mbul beli tepung ketan, kacang hijau, gula halus, dan pasta merah. Santan juga beli sih. Sementara untuk tumis beiby cumi, ya pengennya ada cabe dan tomatnya. Kadang-kadang dalam sehari itu memang mau ga mau harus masak beberapa jenis lauk atau sayur. Tapi ga pa pa kok, Mbul itu senang masakin soalnya, Mbul emang seneng beraktivitas hehehe... 

























Untuk tumis beiby cumi, aku pakein lagi dengan tomat dan cabe gede. Tomatnya masih keras jadi pas ditumis tetep cantik ga mbonyot hehhehe...Trus tambahin cabe ijonya yang banyak biar makin sedep lagi. Oiya, masalah percumian ini Mbul itu suka yang bener-bener bersih gitu. Malah seringnya kulitnya yang agak berlendir itu Mbul cuci bersih sampai bener-bener keset, juga daleman cuminya aku alirin air.... biar bersih gitu pas diiris model cincin. Nah, biar ga patio asin banget (atau asinnya pas), maka biasanya aku rendam dulu beberapa menit pake air yang abis umeb gitu. Abis itu dicuci lagi sampai beneran bersih, baru kucampur pake bumbu tumisan. Jangan lupa tambahin sejumput garam, kaldu sapi bubuk (masako), gula jawa, dan kecap. Biar makin sedep lagi.

Mbul juga tetep masakin bening bayem  biar lengkap gitu. Sebenernya aku kelupaan ama satu hal lho. Kupikir aku masih punya 1 tongkol jagung manis, ga taunya uda abis, dan ku belum beli lagi. Yawda, ga pa pa, bening pake wortel ama bayem aja juga udah seger.






























Untuk kweku, Mbul bikin agak sorean karena prosesnya lumayan bertahap. Mbul itu tadinya mau bikin kweku ini Sabtu atau Minggu kemarin. Ga taunya aku lupa beli kentang. Kentang itu kan kalau di kweku buat tambahan adonan kulitnya. Jadi biar pulen dan empuk gitu selain agar rasanya legit dicampurkan juga sama tepung ketan gula halus, santan, sedikit garam dan vanili. Nah, itu nanti akan menghasilkan kulit yang pulen gitu deh.

Untuk isian kwekunya, Mbul pake kacang hijau kupas aja yang udah ada di kede sayuran. Itu ga pake seluruhnya sih, pake separuh aja biar separuhnya lagi bisa buat bikin kapan-kapan. Terus untuk pewarna makanannya kan aku punya pasta merah ya. Nah, aku tuh pas awal-awal baru kasih sedikit jadi waktu diuleni itu warnanya masih pink hahahah...Barulah setelah sadar sebagian pas matengnya warna pink, aku baleni lagi adonan yang tersisa dengan kutambah pasta merahnya jadi merahnya itu jadi cantik kayak yang di foto. Fyuh...alhamdulilah jadi juga sih, meski alas daun pisangnya dah menuju   jadi coklat kayak bungkus kue lompong, tapi ga pa pa deh...seenggaknya kwekunya tetep cantik dan manis. Alhamdulilah, seharian Mbul bisa bebikinan lagi di dapurku yang mungil. Ya, itupun udah bikin Mbul happy karena bisa mempraktekkan resep-resep yang sebelumnya kadang kupikir susah, tapi setelah kucobain ternyata gampang juga. Tau ga sebelum aku bikin kweku ini sebelumnya aku bikin apa? Aku sempet bikin bubur sumsum loh hahahaha....pagi-pagi sengaja menuju ke atas buat petik daun pandan untuk campuran adonan bubur sumsum dan juruh atau kincanya. Ya, walau bikin bubur sumsumnya masih harus ngulangin lagi sampai berhasil (terutama dari segi bentuk, tapi seenggaknya untuk masalah rasa tetep enak), hihihi.

































Okey, kiranya segitu aja dulu update-anku kali ini. See you and dadaaaah...
 

14 komentar:

  1. Those kueh look really tasty. Had lots of them a kid...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Angie, Mbul bikin sendiri lho ini

      ฅ(^・ω・^ฅ)(*・ω・ノノ゙☆゚゚

      Hapus
  2. Menu cumi wah mantap sekali
    saban hari saya beli cumi, tapi dijual kembali hehe
    kue nya mantap tu, khas kebumen, wah jadi ingat jaman dulu

    BalasHapus
  3. Enak semua ini kayaknya Mbak Mbulll

    Aku baru pertama kali deh liat makanan merah ini
    Ini khas daerah sana ya Mbak?

    Di Padang enggak adaaa

    BalasHapus
  4. Finally mampir lagi ke sini huhuhu

    Kangennn
    UDah lama aku ngga ngeblog

    BalasHapus
  5. Rajin masak lagi buat kuih angku. Rasa akak tidak pernah makan.

    BalasHapus
  6. kuih warna merah jambu itu nampak sangat cantik. Pasti sedap dimakan nanti! Yummy.....

    BalasHapus
  7. Balasan
    1. Kue ku ada uncle, saya pernah coba di Melaka. Ini termasuk kue peranakan. Cuma bedanya di Melaka warnanya hijau. Kalo di sini merah

      Hapus
  8. pasti kalau mampir kesini ngeliatin foto makanan yang bikin laper,,
    hem...
    malam2 gini mana ada yang jual sayur sop :(

    BalasHapus
  9. Menarik bangat.. tiada di Malaysia :D

    BalasHapus
  10. Aku bingung pas baca beberapa komen , yg ga ada di Malaysia kue ku maksudnya? Padahal aku liat banyak malah di jual 😅😅. Di Melaka aja aku makan ini di toko kue peranakan. Tapi ya itu bedanya kalo di sana warna hijau, isiannya ttp kacang kok.

    Sumpah selama ini aku pikir bikin tuh kue susah niiit 🤣🤣🤣. Tapi mungkin gampang buatmu, susah di aku 😅😂😂. Apalagi kalo disuruh bikin adonan Kalis, ya Allah, sampe skr blm bisa Kalis aku ngaduk adonan. Makanya kalo disuruh bikin kue, apalagi yg pake ngadon, aku males 🤣🤣. Mubazir yg ada heheheh

    BalasHapus

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ฅ(^・ω・^ฅ)