Rabu, 21 Februari 2024

Things That I Miss About My Small Hometown ฅ(^・ω・^ฅ)




Assalamualaikum wr wb...
Hallo...hallo...hallo...jumpa lagi dengan Shirahoshi Beby Mbul Nita. Apa kabarnya? Semoga selalu dalam keadaan baik ya Teman-Teman. Udah pada kangen hujan belom? Aku udah kangen banget ama hujan. Ga tau kenapa tiba-tiba tuh merindukan hujan. Aroma basah rerumputan dan pohon-pohon yang terkena air hujan rasanya tuh menentramkan djiwa. Udara terasa lembab, dan langit setelahnya jadi kelihatan bersih. Mudah-mudahan musim kemarau segera berakhir. Berganti dengan musim penghujan yang membawa berkah. 






Kali ini Mbul akan menulis tentang "Hal-Hal yang Membuatku Selalu Kangen dengan Kampung Halamanku, Rumah Masa Kecilku dan juga sekitarnya, termasuk dalam hal ini adalah makanan ringan dan tempat-tempat menarik yang membuatku selalu ingin mengunjunginya lagi, tapi kali ini pengennya sama Tamas, Kakak A dan Mas Montok. Kalau dulu kan waktu masih kecil seringnya diajakin Bapak Ibu piknik tipis-tipis waktu libur sekolah. Nah, kalau sekarang pengennya jalan-jalan yang agak niat gitu, maksudnya yang rada lama, hahahha... walau belum tahu kapan sih, haha. Kalau waktu masih kecil kan pikniknya masih jaman susah. Kami pergi boncengan naik motor alfa jadulnya Bapak, lalu ada peningkatan dikit jadi Mobil Carrie dari yang merah sampe abu-abu. Dan aku sering nggliyeng tuh pulangnya karena aroma pengharum mobil hahhaha. Nah, sekarang kalau ingat beberapa tempat itu rasa-rasanya pengen deh kapan-kapan mengunjungi lagi. 

Tapi sebelum menyebutkan tempatnya, aku juga pengen urutkan dari hal-hal sederhana lainnya dulu yang berkaitan dengan makanan. Apa sajakah itu? Yuk, baca sampai habis ya...






Masakan Ibuku di Rumah Masa Kecilku

Karena aku tumbuh dalam lingkungan keluarga yang sederhana, dengan orang tua pegawai negeri kala itu, maka untuk makan sehari-hari emang ibuku masak. Masakannya masakan rumahan. Jadi dari sinilah aku ikutan suka masak juga kayak ibuku. Semata-mata karena ingin masakin keluarga. Walau kalau weekend ga memungkiri juga kadang beli sih kalau pas lagi repot. 

Nah, ngomongin soal masakan ibuku, ada beberapa menu yang kalau aku pulang, biasanya ibu selalu memasakkannya buatku. Ibu tuh udah ngerti banget kalau aku doyan ama yang namanya tumis kembang turi. Kembang turinya yang warna putih ya, bukan yang warna merah. Nanti lauk pendampingnya adalah paru goreng tepung. Parunya dibikin menul-menul empuk ga sekeras yang biasa dijual di RM Padang yang lebih menyerupai keripik. Jadi emang parunya agak tebel gitu nanti dibumbu marinasi bentar lalu diselimutin pake tepung beras. Itu buatku rasanya udah enak banget. Selalu kangen deh kalau pas dimasakin itu, hehehhe..














Ada lagi tumis kulit melinjo yang kadang dicampur ama kecambah, daun so, atau tahu coklat. Itu juga sedep banget. Kulit melinjo supaya tidak keras, maka sebelum ditumis direbus bentar dalam air mendidih. Abis itu ditiriskan dan diongseng pake bumbu dasar tumisan. Terus aku juga suka banget ama mie goreng jawa bikinan Ibuku. Biasanya ibu pake indomie aja. Bukan mie telor. Tapi bumbunya pake bumbu uleg sendiri. Bawang merah, bawang putih, kemiri, dan sedikit merica butiran. Nanti ditambahin cesin hasil dari kebun sendiri dan kalau ada topping suiran ayam atau daging sapi, maka itu akan lebih enak lagi.

Menu rumahan lainnya yang kusuka adalah sop. Sopnya aku selalu pengen yang bening atau ga pake tetelan sandung lamur. Banyakin sayuran aja, semisal wortel, kubis, kentang, daun bawang, seledri, dan lainnya. Sop bikinan ibuku tuh seger banget, meski kayaknya bumbu dasarnya beda ama sop bikinanku hahahha... Maksudnya cara mengolah bawangnya. Kalau sop ala ibuku bawang putihnya diuleg bareng merica butiran dan garam baru dicemplungkan ke kuah sop. Kalau sop ala aku kutumis dulu bawang merah dan bawang putihnya, baru setelah itu kucampur merica butiran dan garam, uleg sampai halus. Kadang juga ga kuuleg tapi kuiris-iris aja biar aromatiknya keluar. Lalu lauk pendampingnya biasanya pake tempe goreng polosan. Tapi kadang-kadang pake lauk lain juga sih, misal telor asin. Telor asin kalau bagian kuningnya masir itu paling nikmat deh.





























Suasana Alun-Alun dan Makanannya

Kalau lewat Alun-Alun itu aku selalu keinget ama salah satu makanan gerobakan yang cukup legendaris kala itu. Apalagi kalau bukan bakwan kawi. Sebenernya dulu itu khasnya si bakwan kawi ini adalah karena dia sering ngetem depan SMP dan SMA. Kalau SMP emang bakwan kawinya baru aja datang jadi kayak sesuatu yang baru gitu loh. Maksudnya waktu aku udah kelas 3 baru dia ada, ujug-ujug ngetem aja deket Bapak penjual pisang molen yang pisangnya pake pisang ambon. Jadi kayak pertama kalinya ngicip itu malah pas udah mau lulusan. 

Lain dengan pas SMA yang ternyata bakwan kawinya udah ada sejak lama. Cuma yang di SMA ini abangnya keliling, jadi pas bel pulang sekolah justru ngetem sehingga langsung dibeli kakak-kakak kelas terutama yang cowok dan hobi panjat pager. Kalau yang di SMP kan ngetem terus di dekat Bapak penjual molen. Cuma emang si bakwan kawi ini gerobak khasnya itu warnanya hijau. Pas angkatannya Tamas juga udah ada lho. Berarti udah lebih senior daripada aku. Soalnya aku SMA, kan Tamas udah kerja hahahah.......Bakwan kawi itu paling enak dimakan pas masih panas. Bakwannya itu kayak pangsit, tapi bentuknya bulet, ntar dia digunting gitu sebelum dicampurkan ke dalam kuah. Nah, kuahnya ini nanti dikasih saos encer. Enak banget tapi aku lebih suka ga kerendem banget sih biar bakwannya masih ada teksturnya dan ga terlalu kebejek-bejek gitu akibat kerendem kuah.





Menyempatkan Diri Mampir ke Bakso & Mie Ayam Pak Jenggot ฅ(^・ω・^ฅ)

Ini sih udah terkenal banget saat Mbul masih kecil dulu. Dan sempet nyobain juga ke sini ama Tamas baik maem di tempat maupun bungkus bawa pulang. Baksonya seger dan berasa banget daging sapinya. Mie ayamnya juga enak dan nagihin. Mie yang tipe lurus dan agak pipih tapi enak kok. Biasanya aku kalau mie ayam di rantau suka yang mienya kecil, tapi tumben ama mienya mie ayam bakso jenggot yang lurus, pipih, dan besar ini aku suka. Enak pokoknya..













Cari Buah-Buahan di Pasar Kutoarjo atau ke Petaninya Langsung

Sebagai pecinta buah durian, aku dan Tamas selalu ga melewatkan moment untuk mencari buah durian di Pasar Kutoarjo. Kami udah ada langganan Mbah-Mbah yang jual di eperan pasarnya dan Beliau udah apal sama kami jadi biasanya dikasih harga murah. Atau dibonusin durian 1 glundung lagi. Abis Tamas kalau beli durian itu banyak bangat wkwkwk. Terus ada pula sayuran yang khas banget dijumpai di Pasar Kutoarjo apalagi kalau bukan kubis yang kulit luarnya masih kelihatan hijau banget. Biasanya kan umumnya itu hijau dominan putih. Nah kalau di Torjo hijaunya itu hijau cantik. Jadi tuh seger, makanya kami sering beli selain juga serenceng pete plus juga tempe.

Terus kami juga suka cari jambu air maupun jambu biji untuk oleh-oleh saat balik lagi ke kota. Biasanya kami beli langsung sekandi itu dapat murah lho kalau di pasar sore. Jambu air yang biasanya ada di pasar sore. Kalau jambu biji kami datangin langsung dari kebun petaninya. Adanya di Ndadap Tulak maju terus udah mau ke Mbonjok Lor. Itu pernah, kami pas mau pulang ke rantau dan bawa yang nyetirin Om Nanang Tetangganya Tamas yang ada di samping rumah, kan ceritanya pengen beli jambu biji gitu buat dibagi-bagi ama arek-arek kantor atau tetangga. Nah, waktu itu kami mau beli tapi ga tau belinya di mana. Info dari ibu sih daerah Ndadap Tulak ke Mbonjok. Nyebrang rel gitu. Nah, begitu liwat patokan yang dimaksud, sampailah kami ke pertanian atau ladang jambu biji yang kelihatannya sedang panen raya. Atas rekomendasi dari ibuku yang punya kelompok tani binaan petani jambu biji, maka lebih baik beli langsung ke petaninya, pasti dapat jambu yang bagus-bagus dan harganya murah. Maka kami nyobain tuh. Yang turun duluan sih Om Nanang. Dengan perawakannya yang gede dan si Om emang paling pede masalah tanya-tanya gitu. Aku dan Tamas jaga di kendaraan aja, soalnya mastiin apa boleh beli pa nda. Pas Om Nanang balik nyamperin lagi, eh katanya boleh. Yang ditanyain ngira Om Nanang ini polisi yang lagi menyamar. Kayak reserse gitu hahahah....Lha ya gemana ga dikira polisi bagian reserse, ya, perawakannya aja udah mirip-mirip, kan beliau itu gede dan rambutnya kriwil, plus wajahnya mayan garang bin sangar jadi dikira anggota reserse hahaha.. terus katanya boleh eh malah kami akhirnya beli jambunya sekandi dong wkkwkw..Belinya sekarung. Buat dibagi-bagi ama temen-temen kantor dan tetangga di rantau.






































Pengen ke Rita Pasaraya, Benteng Van der Wijk, atau Jatijajar

Ngomongin Rita Pasaraya, selalu bikin ku pengen ke sana lagi deh. Tapi kali ini sama Tamas. Aku tuh tiap libur sekolah dulu pikniknya itu ya cuma dibawa Bapak Ibu ke Rita Pasaraya. Itu udah senengnya bukan main. Khas rasa seneng anak kecil dari desa kluthuk yang di kotanya cuma ada satu-satunya supermarket. Beli tas dan sepatu baru, juga buku tulis sidu atau kiki se-pack sambil pilih-pilih yang covernya lucu hahahah. Itu udah seneng banget. Suka yang gambar buah-buahan jadi kartun, warna-warni, dan yang lucu-lucu. Begitu pula peralatan sekolah lainnya. Kayak tas, tempat pinsil, pulpen, pinsil (yang dalamnya ada anak pinsilnya bisa dilepas-lepas), rautan, sampe penghapus yang aromanya tuh wangi gitu. Terus safari ke bagian supermarketnya itu serasa gumun sekali karena emang hanya itu satu-satunya supermarket yang ada di kampung halamanku kala itu. Liat jajaran makanan, snack, buah-buahan disusun rapi alamak senang banget hati ini hehhehe...

Terus ngomongin Benteng Van der Wijk... ini juga aku pengen datangin lagi nih. Dulu terakhir ke sini pas aku masih SD dan kayaknya bangunannya belum seapik dan seterawat sekarang. Jadi rasanya pengen ke sini lagi, terutama karena aku suka sesuatu hal kayak design bangunan Eropa gitu deh. Bikin pengen tahu historynya lebih mendalam...Sama satu lagi tempat yang cukup memorable di Gombong, yaitu Jatijajar. Akutuh ke sini juga terakhir waktu masih kecil banget. Keinget naik ke atas mau jatijajarnya musti naik tangga tinggi banget. Terus waktu itu kami piknik bawa maem sendiri. Lauknya tahu warna oranye anehnya malan gitu tok udah nikmate pol. Tapi ditambah beli pecel juga deng. Wah pengen ke sini lagi sama Tamas tapi hahhaha..












Jalan-Jalan Ngrandom ke daerah Wadaslintang atau Waduk, kalau ga Wonosobo

Pengen gitu jalan-jalan tanpa rencana tapi biasanya malah justru kerasa asyik dan santainya. Menjelajah desa, melihat pemandangan alam dan sekitarnya. Apalagi yang tempatnya di kaki gunung atau lereng-lereng, perkebunan teh tambi, dll, bikin happy deh.. Sebenernya Bumen itu terkenal akan pantainya, tapi ga tau kenapa kalau ke sini malah pengen ke daerah yang lebih sejuk, bukit ataupun nggunung gitu hahahha...(Mbul Kecil, www.gembulnita.blogspot.com)




6 komentar:

  1. What are those light pinkish fruits in English? I had them when I was still a kid...these days I don't see them anymore. Love your garden!

    BalasHapus
  2. Menu yang super
    saya suka kulit melinjo plus tempe
    lama saya tak mudik
    jadi kangen masakan emak

    BalasHapus
  3. Volví de mi viaje a Japón, Mbul amiga, y es un placer volver a leerte y aprender de tus recetas y sabores, y disfrutar tus imágenes y paisajes... y de esos maravillosos seres felinos que tan bien fotografías...
    Abrazo hasta allá.

    BalasHapus
  4. ...it sounds like you had a nice childhood!

    BalasHapus
  5. Bakwan Kawi nya menggoda amaaaat. Aku JD inget bakso malang 🤣. Ntah kenapa yaaa kalo gorengan disiram kuah gitu memang enaaak sih nit. Jadi kriuk dan gurih gorengannya ttp berasa walo ga crunchy. Tapi malah enak kaan. Makanya kalo pesen bakso malang, aku pasti minta banyakin gorengan 😍😅🤣. Yg direbus Raka tuh biasanya.

    Buah2an kalo enak dan seger gitu, aku pasti kalap deh. Sayang di pasar sini yg buahnya enak ya cuma buah lokal. Kalo udh kayak anggur, apel, beli di supermarket impor atau toko buah impor 😄.

    BalasHapus

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ฅ(^・ω・^ฅ)