Kamis, 01 Februari 2024

Pagi Ditemani Gerimis, Mbul Memasak Sup dan Tempe Anget ฅ(^・ω・^ฅ)

 

Assalamualaikum wr wb....

Selasa pagi dimulai dengan gerimis di desa. Sekitar pukul 04.50 WIB aku sudah bangun karena Bapak dan Ibu sayup-sayup sedang berbincang di dapur. Ibu sudah mengenakan seragam dinasnya sementara Bapak bersiap mengantarkan sampai pangkalan angkot (colt atau mobil 3/4) karena ibu memang dinas di kabupaten kota.




Aku mengucek mataku sambil mengulet. Pagi di desa lumayan dingin, ditambah mendung tebal menggelayuti langit. Gordin jendela sudah kusibakkan hingga siluet pohon-pohon tinggi nampak berayun karena hembusan angin. Angin Bulan Januari lumayan kencang. Musim hujan ditambah angin, lengkap sudah pagiku yang basah dengan masih mengenakan daster, rasanya semalaman ga sadar tidur udah terkena belaian angin dari kipas. Agak banter baling-balingnya. Maka begitu pagi, menggigil juga rasanya. 

Akupun lanjut bangkit dan menuju ke ruang sholat. Aku subuhan bentar habis itu merapikan selimut-selimut yang ada kecuali selimut yang masih membungkus tubuh Kakak A. Ia meringkuk mendusel ke arahku karena style boboknya kalau pagi emang begitu....Ndusel mencari sumber kehangatan. Wkwkk, anak-anak maupun ayahnya selalu kompak bilang bahwa Mbul itu sumber kehangatan... kalau deket-deket Mbul pasti rasanya anget. Apalagi Mas Montogh, kalau dah takpangku, maka dia akan anteng banget. Sambil mainan sesuatu, tarik-tarik kancing eh tau-tau copot, ckckck. Terus ndusel. Ayahnya yang ngliat itu tentu aja reflek berkata, lha si Adik mah tau aja yang empuk-empuk, huft haha. 





Hari ini Adik masih ada di RS, dengan ditunggui ayahnya karena jam malam adalah bagian ayahnya. Sedangkan aku kebagian siang. Kadang jaga barengan sih kalau Kakaknya bisa dislemurke bentar. Kalau sadar ditinggal, ntar bakal mellow yellow lagi hihi. Jadi, pasti salah satu dari kami musti ada yang temanin dia. Tapi alhamdulilah Selasa, adik udah diperbolehkan pulang. Yeayyyy...udah kangen banget ama adik. Kata Tamas dia udah ketawa-ketiwi lagi kok.. Uda ngekek-ngekek lagi malah, aduh bikin kangen 2 hari ini ga ngelonin dia, huhu. Biasanya kan yang ngelonin dia itu aku, hehehe. Tapi alhamdulilah kata Tamas, adik udah bisa pulang hari ini. Nanti siang lebih tepatnya. Mungkin sekitar pukul 14.00 WIB. Nanti aku akan diantar Bapak pake motor buat menjemputnya. Sambil ngasih celana dan baju ganti, juga termos.

Nah, paginya ibu berangkat jam 05.30 WIB. Bapak yang mengantarkan ibu sebentar pake motor, terus sambung colt. Aku sendiri inisiatif menyiapkan sarapan karena ibu tak sempat masak jadi kasihan Bapak kalau di meja makan belum ada sarapan. Aku masak seadanya aja apa yang ada di kulkas. Memang isi kulkas ibu tuh penuh. Maklum ibuku emang suka nyimpen sayuran banyak banget selain itu makanan-makanan yang ada di toples, sambel-sambel dan lainnya wkwkkw. Kayaknya orang tua emang gitu kali ya hahhaha. Uti aja juga gitu. Lumrahnya suka numpuk sesuatu di kulkas biar kata makanan udah dari jaman kapan tahu, hahahha. Beda ama Mbul yang isi kulkasnya dikit cause aku isi dengan yang sekiranya akan dimasak aja, hmmmb.













Nah, di rak kulkas pada bagian bawah, aku kemudian nemu perintilan sup. Aku memasak itu aja deh. Nanti lauknya tempe. Karena kakak sangat gemar akan tempe. Aku akan buat tempe polosan sama yang pake tepung. Tepungnya pake tepung beras ditambah dengan irisan daun bawang dan juga kucai hasil tanam sendiri. Sedangkan supnya nanti aku tambahkan dengan sedikit daging sapi. Kebetulan ibu udah rebuskan beberapa slice besar daging sapi jadi bisa buat tambahan sayur atau sup. Tinggal dipotong-potong aja. Aku bikin agak banyakan, biar nanti kalau Tamas dan Adik pulang bisa ikutan maem sama-sama.

Aku masak klutak-klutik di dapur. Sementara di sebelahku, ada Bapak sedang mengadon kopi. Bapak emang biasa bikin kopi sendiri. Kopi yang pas mantab, dan ampasnya selalu ada di dasar gelas ga pernah mampyur sampai ke atas. Kopi yang semasa esde dulu sering aku sruput dikit-dikit tiap kali lewat ke dapur hahahah...dan itu Bapak perbolehkan. Abis itu Bapak kebekin lagi isi gelasnya dengan seduhan air termos. Rasanya tetep sama enaknya. Manisnya pas, ga pahit sama sekali. Dan mereknya selalu sama dari tahun ke tahun, Kopi Kapal Api. Nanti dialasin lambar dan juga ditutup pake tutupan gelas. Kalau Tamas ga ngopi, begitu pula aku. Cuma ada nostalgia dikit aja ama cerita masa kecil tatkala aku sering iseng nyruput kopinya Bapak dan ama Bapak diperbolehkan, cuma abis itu Bapak bilang kalau anak kecil ngga boleh ngopi. Itu minuman khusus buat Bapak-Bapak wkwkwk. Bapakku emang suka bercanda atau guyon hehehe. Tentunya Bapak ga ngebolehin karena ga baik buat lambung dan perutku yang sering kembung.


























Btw, aku suka banget masak di dapur rumah masa kecilku ini. Kayak peralatan masaknya bisa suggest masakannya jadi berasa lebih enak wkwkwk. Dapur biru yang kitchen set kayunya dibikinin sama murid STM-nya Bapak karena Bapak emang ngajar bagian itu. Nah, keramik mejanya baru warna biru muda. Tempat buat menaruh talenan, dan sebagian bumbu-bumbu, atau minyak sayur dan cantelan wajan, panci, sutil, dsb. Bagian untuk menaruh gas stovenya agak kependekan buatku yang jauh lebih tinggi dari ibuku wkwkwk. Jadi lumayan pegel juga waktu aku masak sayur karena sambil berdiri dan pake celemek berpita.

Masak sayur sup dengan agak tergesa tapi ternyata rasanya enak. Pas Bapak dahar itu, kata Bapak : "Supnya enak kok Nduk. Pinter koe le masak." Huhu...jadi terharu. Aku emang pake bumbu aromatik beberapa tahapan. Bawang putih cincang biar keluar wanginya. Selain itu ada bawang merah+bawang putih yang udah ditumis bentar, sedikit merica dan garam diuleg sampai lembut. Habis itu baru dimasukkan ke dalam kuah supnya yang udah dimasukkan bawang putih cincang berikut minyaknya sekalian. Tunggu sampai beberapa saat, baru masukkan potongan daging sapi dan perintilan sup lainnya seperti wortel, kentang, kubis, daun bawang, seledri, dan tomat. Tapi usahakan yang keras dulu ya yang dimasukin. Yaitu wortel dan kentangnya. Abis itu baru yang ga terlalu keras dan cepat matangnya seperti kubis, daun bawang, seledri, dan tomat. Setelah sup matang, aku taburkan bawang merah goreng lagi biar tambah sedep. Ini aku goreng langsung ya bukan bawang goreng kemasan. Jadi emang tungkul ngonceki bawang merah dulu, ngirisin sampai tipis hingga menggorengnya hingga berubah warna jadi keemasan. Pastinya lebih renyah kayak gini sih...













Lauknya adalah tempe goreng. Tempenya kuiris tipis dan kugaris-garis dulu permukaannya biar bumbunya meresap sampai ke dalam. Bumbunya itu pake bawang putih, garam dan air aja udah deh dicelup-celupin itu tempenya sambil dibolak-balik. Dijamin gurih. Nanti digoreng pas minyaknya dah panas sampai kuning keemasan. Kalau mau kutambahin tepung, aku pake tepung beras dan maizena. Karena ndilalah persediaan tepung ibuku tuh minimalis banget wkwkwk. Tepung beras tinggal separuh, maizena sebungkus kecil. Aku pake adonan satu-satu aja. Satu pake tepung beras tok kasih daun bawang dan kucai. Satunya lagi adonan tepung maizena. Pas mateng renyah semua. Alhamdulilah pada suka. 

Oiya, aku juga bikin telor dadar. Aku pakai telor bebek karena selain telor ayam, di kulkas ibu selalu ada telor bebek dan entog yang ambil langsung dari petarangan (habis itu dicuci bersih). Nah, tapi kali ini yang kubikin dadar adalah telor bebeknya. Aku pake irisan bawang merah agak banyakan supaya rasanya gurih. Ga lupa pake garam dan sedikit penyedap rasa. Aku bikin bulat bundar tapi abis itu aku lempit jadi dadarnya agak nyempluk. Nanti biar bisa dimaem bareng-bareng dan dipotong-potong. 




Nah, pas aku nguleg sambel, Bapak ngeliat aku agak kesusahan karena cobeknya kecil wkwkkw. Cobek yang besar masih kugunakan buat menaruh bumbu tempe. Jadi Bapak akhirnya bantu mengulegkan sambelnya yang kubikin dari beberapa buah cabe dan bawang putih. Tak lupa sedikit garam. Nanti kalau ada yang mau supnya sedikit lebih pedas bisa pake sambelnya...Kalau ga ya ga pake sambel. Itu opsional aja. Sambel sup mecingnya pake sambal bawang atau sambal kecap. Biasanya kalau tempatku kayak gitu. 

Oiya, di meja makan juga masih ada wajik hijau dan buah-buahan acara kemarin. Wajik punya filosofi memperlengket/mempererat/menambah erat hubungan. Jadi selalu ada wajik diantara berbagai macam kue lainnya. Sebagian udah dikulkas, sebagian lagi di luar kulkas. Ada pisang mas, jeruk sunkis, dan apel merah. Ada juga jadah atau ketan. Tapi itu ga sempat kefoto. Biasanya kami makan setelah kami panggang sebentar hingga permukaannya ada kesan smokeynya. Ada juga kue kue kering yang kayaknya bakal kemakan pas Lebaran besok deh hihi. Kue-kuenya kelihatan enak-enak banget.









Sepagian sampai jam 9-10 an udara mendung terus. Tapi Bapak tetap mencuci dengan mesin cuci. Aku ditanya apa ada pakaian kotor, biar sekalian dicucikan dan besok kalau mau pulang, semua pakaian udah wangi. Akhirnya aku nitip 1 helai batik kain biar besok kalau ada matahari batiknya udah kering. 

Bapak sempat menanyakan kapan aku ke RS buat jemput Tamas dan Adik. Aku bilang ntar tunggu info dari Tamas. Bapak pun okey, dan Beliau bilang mau beli pakan kucing dulu nanti kalau udah mau ke RS bilang aja. Bapak siap mengantarkan pake motor kapan saja. Bapak emang dari dulu paling eman ama putrinya ini hehehhe. Nanti liwatnya irigasi yang sekarang jadi jalan setapakan di pinggiran sawah. Wah indah juga pemandangan di sekitar situ. Jadi ingat waktu kecil aku suka ciblon di irigasi bagian kali pinggirnya hahahha...






Siang, aku langsung ganti jilbab dan baju pink kembang-kembang, niatnya mau njajal bentar tapi pas Bapak lewat, Bapak bilang udah bagusan pake itu aja, yaudah aku pake itu buat jemput Tamas dan Adik di RS. Ya kali-kali pake celana kan nanti dibonceng Bapak dengan cara melangkah cause pake motor. Ga usah nyimpluk, karena kangelan hehehe. Kami motoran bertiga. Kakak di depan, Bapak lalu aku. Abis itu ke sana karena alhamdulilah pas naik motor bareng Bapak liwat sawah itu cuaca ga hujan. Jadi ga perlu pake mantol kayak kemarin, hehe. Alhamdulilah sesampai RS, Adik dah dibolehkan pulang dan anaknya makin ngangenin aja hihihi. Kamipun istirahat sejenak di rumah dan makan sup sama-sama, alhamdulilah katanya supku seger.

Arah Pulang ke Kota, Tertahan di Warung Tenda Karena Hujan Deras....

Setelah semuanya pulih, tiba saatnya kami pulang ke kota. Hujan mengguyur sepanjang rute pulang terutama daerah Sumpyuh Banyumas. Pas banget dengan jam makan. Dan kami memutuskan untuk mandeg dulu di Warung Tenda Sedap Malam yang menunya itu Lamongan (ayam, lele, bebek, tempe, dan sambelan) yang dikelola anak-anak muda Sumpyuh. Sebenernya pas ke sini itu awalnya belom terlalu deres. Eh, begitu masuk ke area dalem, langsung deh ujan bunyi bresss...dereeeeees banget. 

















Alhamdulilahnya di Warung Tenda Sedap Malam Sumpyuh ini menunya enak. Saat kemarin fokus ngurus Adik di RS kami kan sempat puasa tuh, ga maem berat beberapa kali, saking fokusnya ke si Adik, nah baru kali inilah nyobain pecel lele lagi hehe. Ga pa pa kan, sekali-kali. Ga sering-sering kok. Ini karena pas ngelih aja dan kebetulan liwat situ. Lagipula menunya juga enak. Kami pesen lele, ayam kampung dan bebek goreng, pete serta tempe. Tak lupa sambal dan lalapannya. Nyammmm....masih dalam keadaan hot, gurih menul-menul terutama bagian bebeknya hihi. Nah, saat itu pula hujan langsung dereeeeees banget. Lama pula. Makanya kami sempet agak lamaan duduk di situ hehehe...Eh ini hujan kapan berhentinya ya? Awet sekali hihi. Paling pas emang kekepan selimut terus bobok sih kalau ujan-ujan gini. Tapi perjalanan masih panjang. Paling bisanya merem-merem dikit di kendaraan. Itupun nunggu agak redaan dulu karena ga mau pada flu lagi hihi. Tapi karena ditunggu-tunggu hujan masih tak juga reda, akhirnya mau ga mau kami musti jalan ke arah kendaraan kan soalnya kalau ga jalan lagi takutnya kemalaman. Sementara besok udah mulai hari kerja. Alhamdulilah akhirnya dipayungin dan dianterin sampai buka pintu kendaraan sekalian diatretin, ya walaupun jadi sedikit agak basah sih, hehe.









Perjalanan mulus dan aku sempat kecapean hingga pules bobok dan baru kebangun pas nyampe Pejagan (yang pinggirannya ada deretan bakul bawang merah khas Brebes dan telor asinnya). Itu di satu titik tertentu ndilalah kok truk-truk pada mandeg. Itu agak lama sih bahkan beberapa truk akhirnya memutuskan untuk putar balik dan liwat jalur lain. Pas agak jalan walau thimik-thimik banget, barulah ada info dari beberapa sopir truk yang sempat ngecek keluar. Ternyata ada kecelakaan di depan sana antara bus dan juga engkel. Mau putar balik pastinya lama. Mau jalan terus juga lama. Tapi seenggaknya ga selama kalau puter balik. 

Tak lama kemudian dari arah jalan satunya muncul satu persatu penumpang entah dari kendaraan yang mana bawa tas jalan kaki. Wah apa itu penumpang dari bus yang kecelakaan itu ya. Soalnya penumpangnya banyak banget. Nah, pas majuan dikit lagi, bener aja Bus yang dimaksud sampai nabrak pohon dan engkelnya pun lebih chaos lagi. Bagian depan ampe ringsek parah huhu. 









Tapi ternyata kecelakaan di jalan yang kami lihat pada hari itu ga cuma yang di daerah Pejagan. Karena pas dah masuk di tol, ada lagi kecelakaan lain yaitu truk tunggal yang terguling. Terus ada lagi pas udah memasuki Jakarta. Mungkin karena musim penghujan kali ya, jadi jarak pandang itu jadi terbatas. Tapi alhamdulilah sih kami ga mengalaminya. Kami cuma lihat aja dari kejauahan itupun rasanya udah ngeri banget sembari dalam hati selalu memohon perlindungan dari Alloh Swt agar selamat sampai tujuan. Ga pa pa mandeg-mandeg beberapa kali di Rest Area buat bobok jika ngantuk, yang penting pas nyetirnya itu fresh. Meski sampai di rumah jadinya agak telad dari perkiraan. Yang semula kupikir nyampai jam 6 pagi eh ternyata nyampe jam 9 pagi lebih dikit. Apalagi kalau bukan karena ndut-ndutannya di jalan Jakarta hehehe. 














Tapi akhirnya kami nyampe rumah juga dengan info dari Pak Satpam bahwa air sedang mati jadi nanti akan ada mobil tangki yang ngedrop air bersih untuk keperluan sehari-hari. Hmmm...baiklah, yang penting badan bisa segera dibawa rebahan aja, karena udah pegel-pegel banget hahahah. Itu masih lumayan karena ga ada bonus mati lampunya segala hahhaha. Kalau sampai mati lampu, aduh tambah kecut Beby Mbul mbem ini huft. Oiya, air akan nyala lagi di jam-jam sore jadi yang masih ada akan dihemat-hemat hihi. Ga lupa libur masak untuk sementara waktu karena kali ini kami dibonusin maem chicken montok dulu, hore...hehehe...