Senin, 20 November 2023

Mbul Jalan-Jalan ke Kota Semarang (Part 1) ฅ(^・ω・^ฅ)



Assalamualaikum wr wb....
Hallo...hallo...hallo...Jumpa lagi dengan Beby Mbul Shirahoshi di sini. Apa kabarnya? Semoga selalu dalam keadaan baik ya. Ehem....Mbul lagi di Semarang nih, Teman-Teman. Jadi kali ini Mbul mau mengucapkan selamat pagi dari Semarang. Semarang hawanya adem juga kalau pagi. Enak deh, soalnya semalam ujan. 





Kenapa Mbul bisa ada di Semarang. Karena Mbul nderek Ramane tindak Semarang, hehehe. Selasa abis balik dari desa dan tiba di rumah, eh mendadak Ramane bertanya padaku, " Siro arep melu ora Nduk?" Waaaaakkk...melu kemana? Ada deh, ujar Ramane berteka-teki, tapi sepertinya kali ini tujuan kotanya agak jauh nih. Padahal baru aja nyampe rumah, tapi Mbul udah ditanyain mau ikud ke luar kota lagi apa nda? Ya jelas mau laaaaah. Emang mau kemana? Ke Semarang. Jadi akhirnya berangkatlah kami Hari Kamis malam usai magrib menuju ke Semarang. 

Melipir Maem ke Sop Tiga Saudara, Bekasi

Perjalanan kayak biasanya dari Jakarta menuju Bekasi tuh macet. Jadinya karena kami belum maem, Ramane mengajak diriku untuk melipir dulu ke Sop Tiga Saudara yang ada di Grand Wis, Bekasi. Itu sekitaran jam 21.30 WIB, tapi kedainya masih buka lho. Ramane sering mampir ke sini kalau abis dari Bekasi. Ama Pak Is atau Mas Firman. Makanya Beliau paling antusias kalau suruh tunjukin Mbul sop Tiga Saudara yang paling enak ya adanya di sini.  Cause yang kuahnya lebih creammy tuh yang di Grand Wis ini. Tapi kedainya sekarang ada yang beda lho dari tahun lalu. Soalnya sekarang udah dipasang atap kayak pujasera, kan jejer-jejer tuh ama kedai makanan lainnya. Kalau dulu kan warung tendaan. 

Nah, pas pesen ke Mas-Masnya, Ramane ngajarin diriku bahwa pilih daging atau jeroannya itu bisa ambil sendiri lho. Soalnya udah dimasukkan ke dalam wadah. Potongannya gede-gede pula. Ada wadah khusus daging, ada pula wadah khusus buat jeroan (babat, iso, kikil, dll). Aku sendiri mau campur aja ah, ada iso dan juga babatnya. Ada pula dagingnya. Nanti spesialnya dia adalah pake mentega Samin dan juga kuah yang creammy sehingga rasanya tuh gurih. Bisa juga dipadu dengan sambal, acar timun dan wortel, atau kecap manis. Nah, untuk minumannya, kami pesen 1 es campur juga di kedai sebelah. Es campurnya ada es serutnya lho. Itu disiram sirop jambon dan kental manis. Terus di baliknya ada alpukat, kolang-kaling, cincau dan juga tape. Hmmmm....rasanya manis...




















Nah, selesai makan, perjalanan pun dilanjut kembali. Ini udah mulai mulus waktu dah memasuki Cikampek dan tol selanjutnya yang mau ke batang lanjut Semarang. Sempat beberapa kali mandeg di Rest Area buat tidur. Ya, biar selama perjalanan ga ngantuk jadi lebih baik istirahat. Sekitar jam 3 pagi udah nyampe Rest Area daerah Batang. Di sini Mbul pipis bentar. Terus abis itu lanjut lagi sampai akhirnya memasuki Kota Semarang tuh sekitaran pagi ya jam-jam 6 pagi. Jadi kami memutuskan buat sarapan. 












Sarapan Nasi Ayam Bu Pini Semarang

Mau sarapan dimana? Yang ringan-ringan aja. Biar perut ga kaget. Nah, karena Ramane lebih cag ceg urusan perkulineran enak, makanya Beliau langsung ajakin Mbul buat ngelist tempat makan yang sekiranya tuh enak. Setelah menimbang-nimbang menu yang paling pas dan ringan buat sarapan, maka diputuskanlah buat mamam nasi ayam khas Semarang. Kami bergerak ke daerah yang kalau pagi tuh banyak banget kedai khusus buat sarapan. Salah satunya adalah Nasi Ayam Bu Pini. 







































Wow begitu liat kedainya, Mbul langsung antusias bin semangat. Gimana ga. Kalau kedai makanan lauknya dijejer-jejer gitu tuh rasanya seneng aja buat foto-fotonya #jujuramat haha. Nasi Ayam, tapi lauknya ga cuma ayam. Karena khasnya itu adalah ada labu siemnya juga atau jangan waluh jipang pedes. Isiannya itu terdiri dari nasi, ayam suir duduhan bumbu kuning (mirip opor sih menurutku), jangan atau sayur labu siem (waluh jipang), telor pindang manis, dan semur tahu. Nanti kalau mau lauk lainnya itu bisa pake sate telur puyuh, sate usus, sate ati ampela, atau sate jantung ayam yang tersedia di piringan yang ada di atas meja. Atau kalau mau nambah kuah juga bisa. Itu disediakan juga dan ditaruh di mangkok sebelahnya sate-satean. 

Untuk lauk lainnya, ada pula martabak, lumpia, tahu dan tempe bacem, gorengan, mendoan, telor asin, dll. Di sini juga ada berbagai jenis unjukan atau minuman, misal teh manis panas, teh tawar, es teh manis, es jeruk, wedang jeruk anget, kopi, juga berbagai minuman homemade yang ditaruh di kulkas. Misalnya susu kedelai, yogurt, wedang alang-alang, dll. Nah, aku akhirnya nyobain wedang alang-alang ini nih. Rasanya manis menyegarkan dan warnanya pun bening. 














Untuk harganya sendiri terbilang murah sih. Untuk semua yang kami santap ini totalnya cuma Rp 59 ribu aja. Nah, depannya Nasi Ayam Bu Pini ini sebenernya ada bakulan sarapan lainnya yang pas jam itu gorengannya baru dientas. Kelihatannya kok enak timen Sayaaaank. Ramane tau sih kalau aku ingin foto, tapi aku malu hihi. Abis itu aku diledek, "Tuh Dek, sebelahnya lagi Bakul Jajan Pasar Bu Nana, arep tumbas urak...ben fotone lengkap. Ben foto makanane ning bloge Dedek tambah uakih wkwkkw..." (((sebenernya dia ngledek, huft...haha))). Hmm...ya pengen sih tapi Mbul maluw jew. Ya udah lain kali aja lah hahahahhaha...Akhirnya kami pun memutuskan untuk melanjutlan perjalanan karena Ramane ada keperluan dulu jam 8 dan habis itu baru free. Makanya bisa jalan-jalan.

Legit dan Segarnya Es Gempol Pleret Depan Taman Gajah Mungkur Semarang

Tapi, dikarenakan reservasi di penginapannya baru bisa jam 13.00 WIB, sementara waktu itu masih pagi banget, akhirnya kami memilih ngiter-ngiter Semarang Kota dulu. Ga taunya pas lewat Kecamatan Gajah Mungkur dan melewati taman, eh kami ketemu Es Gempol Pleret yang warnanya jambon unyu kesukaanku. Ini beda ama es gempol pleret yang pernah aku review dulu sih. Kalau yang ini adanya di eperan depan Taman. Nah itu tuh suasananya rindang banget karena banyak pepohonan di depan rumah berarsitektur Belanda. Aku ga tau rumahnya masih kosong pa nda, tapi yang jelas area tamannya adem.































Setelah pesan beberapa mangkok es gempol pleret, kami ngadem sejenak di situ ya sembari nungguin waktu jam 1 siang itu kan biar bisa rebahan di penginapan. Ya, lumayan asyik juga sih. Soalnya es gempol pleretnya ini legit dan segar. Warna jambon dan putih ditambah gula halus dan santan encer...disruput seger tenan. Harganya pun murah meriah karena per porsi hanya Rp 7 ribu saja.























Habis itu hari bergerak semakin siang, dan waktunya Ramane tindak Jumatan. Kami melipir ke Masjid yang ada di sekitar Pasar Johar. Suasananya lumayan ramai karena berada di pusat pertokoan gitu deh. Kebanyakan toko baju grosiran, seragam, tas-tas kain, kerajinan tangan dan lainnya. Memang penuh aktivitas keramaian di pasar. Tapi asyik sih. Karena aku jadi bisa melihat Kota Semarang dengan lebih dekat lagi dan rasanya seneng banget....












Okey, tungguin postinganku selanjutnya di penginapan yang aku inapin juga tempat-tempat mana aja di Semarang yang udah aku kunjungi ya. See you and bye bye...(Oleh Mbul Kecil, www.gembulnita.blogspot.com)






22 komentar:

  1. Balasan
    1. Iya Angie, kulineran Semarang ternyata enak-enak muaaa...huhuw...

      (´・ェ・`)(*・ω・ノノ゙☆゚゚

      Hapus
  2. Eh SOP tiga saudara itu juga fav kuuui. Walopun ga tau sih mereka saljng sodara atau beda2 owner. Tp langganan Raka yg di Pulomas nit. Udh dari zaman dia SMU 😄. Creamy jug tuh. Manteeep memang. Kalo udh pengen SOP kambing larinya kesitu deh

    Es Gempol Pleret ini akh penasaran dr dulu. Sering lewat Semarang, tapi ga pernah cobain . Abisnya selalu buru2 kalo kesana. Nginep palingan cuma bentar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. O di Pulomas itu Jakarta Timur ya dekat tempat Mba fanny di Ramawangun...iya mba aku suka sop 3 saudara yang creammy....mungkin karena mentega samin kali ya yang bikin maknyus...aku suka kalau pas mam sop nya ditambahin acar ama emping yang banyak...xixixiix...terus kecap juga...sambel ga pake...

      Hapus
  3. jangan lupa lumpia semarang sama mochi gemini y mbul

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah beli lunpia...tapi kalau mochi gemini ga mandeg huhu

      Hapus
  4. Riquísimo se ve todo, pero me faltaron los gatos, Mbul.
    Abrazos!!

    BalasHapus
  5. Betah dengan panasnya semarang mbul? Hehehhee
    Kalau dibandingkan dengan jakarta dan sekitarnya, makan di semarang terbilang murah meriah :D

    Di dekat es gempol ada penjual es campur durian juga. Di sana kalau siang ramai. Banyak makanan berjualan di sana. :D
    Kuah yang disiram ke nasi ayam itu kuah opor. Namanya emang nasi ayam, tapi lauknya yang dijual beraneka macam. Itu jadi hal yang biasa di semarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas malem ujan, siang panas...pagi masih mendung xixixiixi...jadi amaaan hahahahah...yang penting sunblockan terus

      eh....kemaren tuh aku sempet mau nyobain es dawet durian atau es teller duriannya loh...tapi udah kenyang abis minum es gempol pleret akhirnya belom jadi nge es dawet durian atau es campur durian..padahal ngliat es dawet durian ada tape ketan hijaunya aku sebenernya kepengen, kalau es campur durian itu ada alpukatnya yang deket lunpia gang lombok ya mas ? 😃

      Hapus
  6. Balasan
    1. Ga jauh kok mas wawan, cuma beberapa ratus kilometer aja hahahhahahhahaha

      Hapus
  7. mbak mbul mampir ke kota favoritku nih ?, dah jalan kemana aja mbak ?, ke lawang sewu mbak wisata misitis :D, aku pengen banget kesana tapi gada waktu :D.. meski terkenal dengan panasnya tapi semarang cukup adem di hati buatku hihhi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus ya Nif ternyata Semarang...aku suka kontur tanahnya yang kota dan yang nanjak nanjak kayak perbukitan gitu...tata kotanya cantik deh...huhu...

      adaaaa...di part ke dua aku ke Lawang Sewu, tapi di oengumuman loketnya udah ada pemberitahuan gede, ga boleh buat konten mistis trutama buat para vlogger vlogger itu...karena lawang sewu cagar budaya yang harus dijaga, sekarang jadi bagian dadi PT KAI loh...udah cantik dan terawat...

      ntar masih ada beberapa tempat lagi di Semarang yang aku kunjungin...😊

      Hapus
  8. enaknya kalau hobi jalan-jalan seperti ini, bisa icip-icip makanan sana sini, apalagi ada es gempol cuma 7.000 saja, wkwkwkw. jangan jauh2 mbak nanti lupa pulang, hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kulinernya enak-enak lho...
      jalan yang jauh jangan lupa pulang....itu kayak judul film wkwkkw

      Hapus
  9. Balasan
    1. pastinya dunk wak...yuk kunjungin Semarang juga, Mbul bantu promokan wisata Indonesia yaitu Semarang....ibukota Jawa tengah hehehhe

      Hapus
  10. Enak semua makanannya...bila berwisata harus cobain makanan local...es campur, wedang alang², es gembol pleret bikin panasaran..enak dicicipi di waktu panas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak es gempol pleret ni kesukaan Mbul
      ฅ(^・ω・^ฅ)

      Hapus

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ฅ(^・ω・^ฅ)