Sabtu, 16 Desember 2023

Aku dan Kota Hujan...



Assalamualaikum wr wb...
Mau nulis tentang Bogor lagi. Mumpung udah musim penghujan. Jadi ingatnya sama Kota Hujan. Kota Sejuta Kenangan dan kebanyakan manisnya, hihihi. Ga sengaja lagi buka-buka folder foto, eh ketemu sama foto-foto pas ke sini. Ya walaupun pada kenyataannya cuma bisa nginep 2 hari semalam doang di sini. Karena Tamas cuma bisa ambil cutinya bentaran doang, mengingat waktu itu emang jatah cutinya dihemat-hemat buat keperluan yang lebih penting... tapi entah kenapa hari itu justru berkesan banget. Bogor emang ga pernah salah bagi kami. Hawanya yang gloomy dan banyak pepohonan di sana-sini, membuat betah aja untuk bolak-balik disinggahi. Suasananya ngangenin. Meski sering banget hujan, meski sering banget macet karena angkot, meski sering banget mati air + mati listrik (di asrama), tapi kota ini emang ngangenin.





Sebelum ditembak Tamas pun aku udah cukup lama menyelami kota ini. Kota yang bagi bocah cilik ndeso ini jauh dari orang tua untuk pertama kalinya, hahahaha.... Jadinya terhitungnya cukup berkesan juga kota ini untukku. Ada beberapa moment yang selalu membuatku melekatkan Bogor dengan hujan. Yakni saat aku bersekolah di sana, dan tiap kali mau singgah ke Jakarta untuk keperluan mencari bahan tugas sekolah, pastinya aku akan naik KRL Bogor-Jakarta Kota. 

Aku berangkat pagi-pagi sekali diantar Pak Mariman, penjaga kos yang merangkap ojeg. Aku diturunkan ke stasiun lalu ke Jakarta Kota sendirian atau bareng teman-teman. Bolak-balik beberapa kali. Kadang harus pagi-pagi sekali jadi baru bisa sarapan setelah beli makaroni schotel yang dijajakan di dalam kereta sebelum kereta diberangkatkan. Di Jakarta bisa seharian, nanti kira-kiranya jam 3-4 sore baru pulang ke Bogor lagi. Atau kadang-kadang juga ada keperluan ke Depok UI (misalnya untuk tes atau lainnya) jadi trayeknya lebih dekat karena turun di Pocin (Pondok Cina). Dari situlah aku jadi hapal dengan area stasiun Bogornya yang saat itu area belakangnya dijadikan pasar atau tempat berjualan cindera mata. Aku ingaaaaaat banget, yang paling khas itu payungnya. Karena Bogor terkenal dengan Kota Hujannya kan? Jadi payung adalah salah satu cindera mata yang banyak dijual. 


Tapi foto di atas tetep foto Mbul tahun 2023 ini hehehhe

Kebon Raya Bogor yang indah dengan bunga lotus merah jambunya



Nah, payung-payung inilah yang setelah kuamat-amati beda dengan payung di toko kelontong biasa. Karena beberapa gagangnya ada yang berbentuk gadis kecil cantik dengan pita di rambutnya. Dia pake busana kimono. Lucu sekali. Aku tiap turun dari kereta dan lewat situ pasti melihatnya. Tak jarang akupun beberapa kali membelinya, karena emang bentuknya yang unyu dan warna payungnya sendiri pun cantik. Payung memang selalu tersimpan dalam tas setiap kali aku bepergian karena memang hawanya mendung terus. 

Review Rumah Verde, Bogor

Kepengenanku buat singgah di Kota Hujan, Bogor akhirnya kesampaian juga setelah dijembatani oleh agenda nganter Ibuku diklat selama 2 hari. Beberapa waktu lalu, tepatnya saat hamil Adik, sempet terlintas dalam pikiran bahwa kayaknya enak juga klo babymoon ala-ala. Ya….di tempat yang deket-deket aja sih kayak Bogor, dimana aku dan Tamas punya banyak kenangan indah di sini…

Namun rencana tinggal rencana. Tamas yang emang gawe selama 6 hari kerja, kadang bikin ku ngerasa kesian juga klo sampe minggunya musti jalan agak jauhan, eh Senennya musti kerja lagi. Ya klo ambil jatah cuti, sayang juga sih karena kan kepakenya pas ga yang urgent-urgent banget. Mending cutinya kepake pas aku beneran butuh. Soalnya kakaknya juga keitung masih bayi banget.
 



Aku cardigan merah, dalaman putih, payung pink fuschia...

Beby Mbul Nita waktu aku ke UI, dan foto di jembatannya 








Namun terlepas dari itu semua, rupanya dewi fortuna masih berpihak pada kami. Gimana nggak, beberapa minggu setelah nyemlong pingin babymoonan tapi ga jadi itu, tiba-tiba Ibuku WA mau mampir tempatku. Katanya sih sekalian nengok kakak sebelum diklat ke Baranangsiang, Bogor. Nah, dari moment itulah, kenapa kami ga kepikiran buat staycation barang semalem sembari sebelumnya nganter Ibuku ke sana. Ya, nginepnya di hotel yang cincay-cincay aja lah. Guesshouse juga boleh. Jadi kan tetep ada acara jalan-jalannya #hihhihihi.

Nah, malam sebelum hari-H dimana jadwal pertama Ibuku dinas, aku dan Tamas langsung nyari penginepan yang lokasinya ada di deket-deket tempat diklat. Maklum lah, judulnya kan cuma ngaso karena bawa aku jalan agak jauhan. Jadi asal nemplok kasur empuk, juga ngadem di bawah AC, dan ciblon-ciblon manjah pake water heater, penginepan sederhana pun okeeey. Setelah menimbang-nimbang di traveloka, akhirnya didapetlah Rumah Verde dengan fasilitas Airy Room.
















Singkat cerita, keesokan harinya kami sudah melenggang kangkung menuju Bogor sejak pukul 10.00 pagian karena Ibuku ini mulai registrasi di pembukaan acara sekitar jam 2-an siang. Jadi antisipasi biar ga kemrungsung, dari tempatku agak digasikin aja. Apalagi bawa kakak, tentu persiapan bawa barang-barang ‘segunungnya’ musti cag-ceg-cag-ceg supaya jatohnya well prepared, hihihi. Sebelumnya, Tamas juga uda absen duluan di kantor buat ngaturin anak-anak proyek, terus ijin mau ada acara keluarga terhitung sampe besokannya. Alhamdulilah karena gawe di lingkup kerja sendiri, jadi ya apa-apa kerasa lebih fleksibel. Mbul officially bisa jalan-jalan deh, hihihi…

Nah, selama di perjalanan itu, Alhamdulilah semuanya berjalan lancar. Kakak anteng berada di dalam carseat, di samping Ibuku yang ada di jok kedua. Sedangkan aku nemenin Tamas nyetirin, walau pala rada lieur dan perut anteb bener karena keteken seatbelt. Tapi untung aja cuaca di luar sana sedikit mendung sehingga membuat perjalanan yang cukup jauh berkilo-kilometer ini agak ga kerasa karena ketutup sejuknya mendung di luar sana. Ya sesuai lah dengan ikon kota yang akan kami datangi ini, Bogor = Kota Hujan.












Setelah berkutat dengan tol demi tol yang menghubungkan kota kami dengan Bogor, akhirnya sekitar jam 13.30-an kami tiba di lokasi. Agendanya, ngedrop Ibuku dulu di Baranangsiang, baru abis itu capcus ke penginepan yang semalam udah kami pesan itu. Alhamdulilah sih deket ya sama tempat Ibuku tugas. Jadi klo besok Ibuku dah rampungan, ya kami tinggal jemput aja.

Untuk lokasi Rumah Verde sendiri, dia berada di Jl. Riau No. 39 Bogor, belakang Terminal Bus Baranangsiang, 5 menit ke Botani Square Mal dan 5 menit ke Kebun Raya Bogor. Dia masuknya ke lingkungan perumahan ya. Jadi homey banget. Terus lingkungannya juga ijo, seger, banyak pohon-pohon gede plus disusuri Sungai Ciliwung. Konon, menurut Bahasa Italia, verde sendiri memiliki arti hijau. Jadi pas banget ama deskripsi lingkungan aslinya.

Adapun akses menuju ke sana, yaitu keluar pintu tol Bogor, melalui Jalan Pajajaran, dan akses keluar ke Jalan Otista sebelum Botani Square Mal. Waktu itu dapetnya lumayan terjangkau. Yakni semalam hanya dikenai Rp 230 ribu tanpa sarapan. Ya, ga pa pa juga sih. Toh tujuan kami sebenernya cuma istirahat. Klo nyari makan mah pengennya yang street food-an aja, biar berasa gitu pacaran halalnya hihihi.

Sekitar asyar, akhirnya kami tiba juga di Rumah Verde. Begitu nyampe alamat yang dimaksud, di depan mata uda terpampang nyata gerbang bangunan bertingkat yang memiliki sekitar 20-an kamar ini. Lumayan gede juga. Dan asri banyak bunga-bunga. Setelah gerbang dibuka oleh security, kendaraan kami pun masuk ke halaman, lalu tanpa ba-bi-bu lagi langsung check in yang lantas penjaganya memilihkan kamar di lantai dasar. Jadi biar aku ga kesusahan naik turun tangga, ah pengertian betul sih petugasnya hihi….

Abis dapet kunci kamar, langsung deh kami amatin dulu suasananya bagaimana. Interiornya sih cakep ya. Keliatan masih baru. Lumayan minimalis juga karena memang memanfaatkan fasilitas Airy Room. Tapi, dengan harga segitu mah menurutku udah lumayan banget dengan fasilitas diantaranya :

AC
Water heater (Panas & dingin)
Springbed
Car Parking
Laundry
Meubel (Tempat Tidur, Lemari, dan Meja)
Ruang Makan (No Smoking Area)
CCTV (24 jam)
Wifi (24 jam)
TV, walau di kamarku cuma nyandak siaran radio, TV ga nyangkut, tapi alhamdulilahnya sih bawa dougle jadi bisa streamingan pake google sendiri, heheee
Meeting / Smoking Area di Teras lt 2

Secara over all, menginap di sini yang tujuannya hanya untuk melepas lelah sih oke-oke aja. Kamar nyaman walau memang konsepnya minimalis. Paling klo urusan makan, kamilah yang musti lincah ngiter ke luar pas malem-malem klo ga pingin menu yang modelnya ala-ala mie instan seduh (yang udah tersedia di deket meja ruang tamu, HAHAHA). Ya, paling kayak keluar masuk kompleknya aja yang agak repot karena kan surga street foodnya Bogor yang endeus-endeus adanya di kota. Deket-deket komplek paling banter warung dan abang nasgor tek tek. Jadi urusan makan emang udah pewe nyari di luar. Lagipula keesokan harinya kami juga uda check out lebih awal, karena pingin nyari udara seger di Kebon Raya Bogor. Penasaran klo ke sana pas masi adem-ademnya tu kayak gimana.

“Rumah Verde”
Jl. Riau No. 39 Bogor – Jawa Barat

Cari Kulineran Malam.... 

Setelah puas bubak-bubuk tjantik di Rumah Verde, malamnya perut uda langsung keroncongan minta diisi. Secara, sore cuma makan nasi bekel dari rumah (yang sayurnya berupa oseng kacang panjang campur daging, juga kacang tanah goreng). Ya buat antisipasi aja biar ga ada yang sayup selama rumah kami tinggal 2 hari 1 malam. 

Nah, mumpung hari juga belum terlalu larut, maka diputuskanlah buat cari makan di luar penginepan. Soalnya yang deket-deket situ cuma ada nasi goreng dan model-model warkop indomie. Jadi yah, mending capcus aja ngliat suasana malamnya Bogor yang dah sekian purnama ga aku hirup, hihihi. Maksudku, pengennya kan sekalian pacaran gitu, namanya juga masih muda hihi.













Namun bukan Mbul dan Tamas namanya klo tiap kali cari makan selalu berakhir dengan kata bingung. Uda jalan sampe Taman Topi, bablas stasiun lalu jembatan merah, e…..ga taunya kudu balik arah karena makin ke sana makin sepi keliatannya. Soalnya uda jauh dari pusat kota kan (untung ga nyampe Darmaga yak hahahaha). Ya, selain memang kami tau sih klo pusat kulinerannya Bogor itu lebih ramean di sekitar 3 titik yang dah kusebutkan tadi. Jadi ya uda bisa dipastikan klo bablas terus nyampe Laladon yang ada malah ga nemu-nemu tempat makan yang sreg di hati.

Sayangnya, area-area Taman Topi dkk-nya itu tu bikin bingung soal parkirnya. Ya emang keliatannya sih enak-enak banget ya street foodnya, cuma og ya klo mesti mandeg di pinggir jalan, sementara kita pesen makanan kok ya asa sereum gitu. Jadilah, kami balik arah dan tau-tau malah nyampe area sekitar Taman Kencana, yang walo aku tau rate resto di sekitar situ rada-rada mahal, tapi tetep aja dimampirin. Habis mau gemana lagi. Tamas tu klo uda mentok mau makan apa di Bogor pesti ujung-ujungnya Taman Kencana lagi-Taman Kencana lagi hahaha. Soalnya kami dulu sering nongkrong di Waroeng Taman yang depannya Taman Sempur satu kawasan dengan Taman Kencana itu loh. Yang klo malem bejibun jajanan kaki lima murceu-murceu. Jadi Tamas selalu pengen ajakin aku ke situ. Cuma kali ini aku lagi ga pengen mampir ke Waroeng Taman. Pinginnya test the water ama resto-resto yang ada di sebelahnya. Klo ga ya dimana gitu selain yang uda pernah dicobain.

Setelah nyampe lokasi, lagi-lagi bingung dong mau nyobain apaan. Pingin yang murah meriah kayak pas honeymoonan dulu yaitu nyobain nasgor terasi milik Pak Gendut, e takcariin dari ujung nyampe ujung lapangan kok nda ada ya. Ntah kemana warung tenda dadakannya itu, apakah uda ga mangkal di situ lagi ato emang waktu itu pas ga buka. Huhuhu….yaudah, kami cuz ke resto-resto yang ada di pinggirnya Waroeng Taman aja yang sekiranya masih buka. Ada sate-satean, ada pula nasgor-nasgoran or seafood. Pingin sate, tapi lagi hamil, jadi yaudah deh nasgor-nasgoran aja. Cuma ntar pilih menunya yang selain nasgor aja. Masa uda jauh-jauh nyampe Bogor lagi-lagi nyemilnya nasgor. Kan ga lutju tauk wkkwkw…

Jadi, singkat cerita, melipirlah kami ke resto yang bernama Bang Doel Tota yang menunya banyakan berupa nasgor-nasgoran itu tadi. Cuma sekali lagi, kali ini lagi ga mau makan nasgornya. Pingin nyobain yang lain.

Oh ya, berhubung hari juga uda semakin malam, jadi suasana resto memang uda rada sepian ya walau di beberapa meja masih ada yang kongko-kongko sambil makan. 

Adapun menu yang kami pesan kebanyakan basisnya berupa sayur. Soalnya malem itu lagi moodnya makan sayur. Klo makan protein hewani, jujur aku lagi mandan muleg-muleg. Jadi disiasatinnya pake sayur, syukur-syukur yang ada perintilan lauk hewaninya. Maksudnya kan klo sayur ga semengenyangkan lauk hewani. Apalagi klo per porsinya ternyata big size-big size. Manalah muat kapasitas lambung awak ni….

Jadi pada akhirnya aku pesen cah kangkung seafood, sementara Tamas capcay. Minumnya aku jus wortel, Tamas es jeruk manis. Menu diproses standar 15 menitan lah, abis itu jeng jeng jeeeng…. Ga berapa lama kemudian, piring-piring ceper berwarna oranye dengan gunungan sayur pesenan kami satu per satu mulai hadir di meja. Begitupula dengan minumannya.

Okey, langsung aja ya reviewnya….

Untuk capcay yang dateng pertama kali, bisa kubilang porsinya gede kali. Tau gitu tadi pesen sepiring aja buat berdua wkwk… ya isinya standar capcay kuah nyemek aja sih. Sayurnya ada kubis, wortel, jagung muda alias putren, brokoli, jamur, juga sapo tahu yang lembuuuwt di lidah. Klo sayurannya sih lumayan krunchy ya dengan taburan seafood cem udang, baso ikan, dan cumi yang ada di dalamnya.

Kedua, cah kangkung seafoodku. Ini porsinya juga bikin ku pengen ngulang waktu wkkkk…maksudnya kenapa tadi ga pesen 1 aja ya, soalnya gede banget. Tapi karena dah terlanjur yawdalah apa boleh buat…mau ga mau kudu dihabiskan meski rasanya agak plain ya menurut lidahku. Cuma karena garemnya ga over itulah, maka tingkat kekenyangan yang kurasakan ga semengkuatirkan bayanganku. Ya yang pasti sih alhamdulilahnya jadi masih bisa nuntasin satu gelas gede jus wortelnya.

Yang jelas, saranku sih misal pesen makan di sini, efektifnya emang buat rame-rame. Misal perporsi sayur bisa buat berapa orang, per porsi lauk juga bisa buat berapa orang. Ramean. Klo buat per individu dijamin akan sangat kenyang hihihi….

RM Bang Doel Tota, Bogor
Jl. Ceremai Ujung, Sempur, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16129
Buka : Senin-Minggu 10.00-21.00 WIB

Mbul Jalan-Jalan ke KRB...

Jadi setelah sebelumnya ngerasain nginep di Rumah Verde dan malamnya berwisata kuliner di RM Bang Doel Tota yang masih berada di kawasan Taman Sempur, Taman Kencana, Bogor, keesokan paginya giliran kami ke Kebun Raya Bogor (KRB). Maklumlah, sekolah di Kota Hujan, cuma KRB yang bulak-balik aku sambangin, saking jarangnya waktu itu jalan-jalan. Itupun ikut pas ada kegiatan Omda sekolah yang datangnya of course beramai-ramai karena klo jalan sendiri kan aku pasti nyasar plus ga kuat karena sering mabok ngangkot hahahha…Sekarang giliran udah ama Tamas, klo ke Bogor, ya tetep aja agenda wajibnya ke KRB. Karena emang andalannya cuma itu sih. Bawaannya pengen yang ijo-ijo bin seger-seger. Cari tempat wisata yang banyak pohonnya. 






















Nah, khusus untuk kali ini memang selain ada keperluan nulis untuk blog, dalam hati sih udah niat pengen eksplore KRB-nya lebih. Pinginnya beneran ngematin lebih detail tentang tempat-tempat di KRB yang terbagi menjadi beberapa zona…. 

Langsung aja ya. Aku mulai dengan area pertama setelah kendaraan yang kami naiki masuk melalui pintu 2 dan membayar tiket sebesar Rp 30.000,- (karena membawa mobil). Nulisnya dibagi-bagi aja ya, biar gampang bacanya.

Jalan Astrid

Hal pertama yang terlintas dalam pikiran waktu udah sah bayar tiket adalah Jalan Astrid. Karena jalan ini begitu iconic dengan 2 jalan kembar yang tengah-tengahnya dipisahkan oleh barisan pohon astrid dengan bunga berwarna merah dan kuning beserta daun-daunnya yang sangat eksotis. Warnanya merah tua nyaris hitam yang ditanam dalam rangka menyambut kedatangan Ratu Astrid dari Belgia. Nah, warna si bunga tadi yang klo bahasa latinnya disebut sebagai Canna hibrida atau bunga tasbih melambangkan sebagai warna bendera Belgia (merah, kuning, hitam).

Jadi setahun setelah sang ratu dan pasangannya Raja Leopold III berkunjung, si bunga tasbih ini ditanam dalam 29 petak sebagai simbul dari tahun kedatangannya yakni 1929 dengan arah memanjang sekitar 100 meter.










Ga puas berfoto di situ saja, akupun mengajak Pak Suami untuk berhenti sejenak dan mampir ke lapangan hijau maha luas yang ada di depannya. Di sudut yang lain terdengar pula gemericik air dari kolam yang di dalamnya ditanami teratai raksasa dengan nama ilmiah Veronica Amazonica. Sumpaaah cantik banget.

Tugu Teisjmann

Dari Taman Astrid, lanjut ke Tugu Teisjmann yang berada di Taman Teisjmann. Tugu ini terbuat dari batu granit yang didatangkan langsung dari Berlin, Jerman. Lokasinya ada di Taman Teijsmann yang dibangun pada tahun 1884 oleh Dr. Melchior Treub sebagai bentuk penghargaan kepada Johannes Elias Teijsmann atas jasanya menata kembali koleksi tumbuhan di Kebun Raya secara berkelompok berdasarkan suku dan menambah jumlah koleksi secara signifikan dengan dibantu oleh seorang ahli botani bernama Justus Karl Hasskarl. Berdasarkan informasi yang aku dapatkan dari LIPI KRB Bogor, pada jaman Belanda, taman ini dibuat sebagai taman mawar bergaya Perancis dengan mengikuti pola taman formal Eropa yang ditata secara simetris.

Namun, klo yang kuamati sekarang, yang ada hanyalah tugu dengan background kolam teratai merah jambu dan air mancur, sementara taman mawarnya sudah tidak ada.



Mbul, Bogor dan payung pink hehehe



Cafe Kenari

Setelah lumayan lama bercengkrama di Tugu Teisjmann, tiba-tiba perut terasa lapar. Maklum di Rumah Verde kami tidak mendapatkan paket sarapan, jadi mau ga mau musti nyari di luar. Terlebih sebelum masuk KRB juga bingung mau makan dimana karena emang terhitungnya masih pagi banget sih. Sehingga akhirnya diputuskanlah sekalian makan seadanya dulu di sana.

Kendaraan pun melaju ke arah jalan kenari 1 yang berlokasi setelah gerbang utama KRB. Di sana kami bertemu dengan sebuah cafe yang sangat asri karena bernuansa hijau nyaru dengan aneka pepohonan besar yang ada di sekitarnya. Nama cafe tersebut adalah Cafe Kenari. Pas mandeg di depannya, sepertinya Pak Suami tertarik. Kayaknya kok enak juga ya nongkrong sebentaran di sana. Ya sambil ngejus-ngejus atau sarapan apa gitu. Lagian rasa lapar ini juga udah ga bisa terbendung lagi. Jadi cuzlah kami ke sana.




















Sekitar jam 8 pagi, kami naik menuju tangga cafe karena memang bangunannya agak tinggi dan bersebelahan dengan garden shop. Untunglah ada pijakan halusnya sehingga kami bisa mendorong stroller sampai ke atas. Suasananya seperti yang aku bilang tadi, cukup asri dan dikelilingi oleh pepohonan rimbun. Termasuk juga di depannya terdapat pohon yang buahnya mirip asam raksasa. Bener-bener teduh dan nyaman banget sampai-sampai klo terlena di sini, bisa-bisa kami bablas ketiduran deh karena saking silirnya terbuai angin ahahha…

Nyampe di atas, kami memilih gazebo bagian depan. Di samping kami juga udah ada beberapa orang yang ikutan nyarap juga sih. Istilahnya jadi makin meyakinkan kami bahwa makanan di sini kemungkinan enak. 

Menu di Cafe Kenari sendiri sebenarnya modelan nasgor tek-tek dkk itu loh. Ya nasgor, mie goreng, kwetiaw, bihun, nasi ayam, dll. Sedangkan minumannya, ada aneka jus, es teh, dan es jeruk. Kami pesan mie goreng spesial yang isinya mie goreng, telor ceplok, acar, dan kerupuk. Minumnya jus mangga dan es jeruk.

Pas pesenannya dimasak, keciumnya wangi banget. Dan pas uda mateng, disodorin dan dipengan-pengenin Pak Suami buat ngicip, ternyata rasanya wuenakkkkk……...

Jalan Kenari

Setelah kenyang, kami pun lanjut perjalanan ke area KRB yang bernama Jalan Kenari. Jalan Kenari sendiri dibagi menjadi 2, yaitu Jalan Kenari 1 yang dimulai dari gerbang utama KRB sampai ujung jalan dekat belakang Istana Kepresidenan Bogor serta Jalan Kenari 2 yang terletak di sebelah timur Sungai Ciliwing. Pada waktu itu kami memilih untuk melintasi Jalan Kenari 1 yang searah dengan Danau Gunting.

Kenapa dinamakan Jalan Kenari ? Karena jalan ini pada bagian kanan kirinya ditanami pohon kenari (Canarium indicum L). Pohonnya benar-benar kokoh dan rimbun sehingga cocok untuk ngadem.

Di jalannya sendiri, sering aku jumpai orang-orang yang berolahraga lari, sekedar jalan santai, atau foto-foto. Tapi ga perlu kuatir lelah karena beberapa ratus meter selalu tersedia bangku untuk duduk di pinggir-pinggirnya.

Danau Gunting

Satu hal yang menjadikan rasa penasaranku akan KRB adalah keberadaan Danau Gunting dan Makam Belanda Kuno. Pertama, Danau Gunting dulu deh ya. Danau ini terletak di Jalan Kenari 1 dan memiliki ciri khas berupa air yang menghijau karena terdapat lumut yang menyebar di dalamnya.

Kenapa dinamai Danau Gunting? Karena jika dilihat dari atas, danau ini memiliki bentuk seperti gunting. Suasana di sekitarnya pun sangat rimbun karena dikelilingi oleh pepohonan besar. Ada pula species teratai langka seperti Nymphaea alba, Rubra, dan Victoria amazonica yang menghias sisi danau dimana pada tengah-tengahnya terdapat pulau.

 














Selain itu, di sini juga terdapat kawanan burung pemangsa ikan yang sering bergerombol menambah keindahan suasana. Burung tersebut bernama burung Raja Udang Meninting (Alcedo meninting) yang memiliki warna biru metalik dan sering beraktivitas di sore hingga pagi hari. Ada pula species burung Kowak Malam Abu yang banyak bertengger di pepohonan dan tak jarang juga sering berputar-putar di sekitar danau. Burung ini mengingatkanku pada burung gagak yang memang masih satu spesies dengannya dan memiliki suara khas berbunyi : “kowak kowak kowak !”

Prasasti Reinwardt

Kita tinggalkan sejenak Danau Gunting, dan lanjut ke Tugu Reinwardt yang berada tak jauh dari situ. Reinwardt, yang bernama lengkap Caspar Georg Karl Reinwardt ini merupakan ilmuwan botani dan kimia berkebangsaan Jerman yang pindah ke Belanda, yang kemudian diangkat menjadi Menteri Bidang Pertanian, Seni, dan Ilmu Pengetahuan di daerah Jawa dan sekitarnya.

Beliau memiliki ketertarikan untuk meneliti berbagai tanaman yang dapat digunakan untuk bahan obat-obatan dan memutuskan untuk mengumpulkan seluruh tanaman tersebut di kebun botani (Kebun Raya Bogor). Beliau juga pernah menjadi direktur pertama Kebun Raya Bogor dari tahun 1817-1822 dan mengumpulkan koleksi tanaman hidup hingga mencapai 900 dari berbagai tempat di Hindia Belanda.















Di sini aku sempat mengabadikan foto yang belakangnya terhubung langsung dengan aliran sungai dengan himpunan teratai pink di muka halaman Istana Kepresidenan.

Makam Belanda Kuno

Bertolak dari Tugu Reindwart, kamipun melanjutkan penjelajahan ke Makam Belanda Kuno. Area masuk area makam Belanda kuno di Kebun Raya Bogor dikelilingi oleh rumpun bambu yang menjadikannya cukup mencekap dan lumayan tersembunyi.

Komplek pemakaman tua ini ternyata udah jauh ada sebelum KRB berdiri lho. Padahal KRB sendiri dibangunnya pada tahun 1817. Pantas aja suasananya cukup singub *klo kata orang jawa mah*…(baca : mencekam) sebab di area masuknya saja sudah dirimbuni oleh pepohonan besar dan juga rumpun bambu. Tapi kerennya lagi, area ini sangat terjaga kebersihannya loh, sebab yang aku liat dari kejauhan, ternyata makam ini sedang dibersihkan oleh petugas kebersihan.

















Total makam yang ada di sini berjumlah 42 makam. 38 diantaranya memiliki identitas, sementara sisanya tak bertuan. Bentuk arsitektur nisannya pun bervariasi. Terkesan klasik dan begitu nyeni. Ada yang menyerupai tugu, kotak, berbentuk seperti atap rumah, dan ada pula yang memiliki relief bergambar. Mayoritas yang dikuburkan di sini adalah keluarga dekat Gubernur Jenderal Hindia Belanda yang berkuasa saat itu.

Istana Kepresidenan

Sebenernya kami ga masuk langsung ke Istana Kepresidenannya. Melainkan hanya mengintip dari sela-sela gerbang yang ditutup rapat dan dijaga ketat paspampres dari arah jalanan menuju Makam Belanda Kuno. Untung saja di situ sudah ada papan informasinya. Jadi ga perlu masukpun, seenggaknya uda dapat sebagian ilmu pengetahuan yang mana bangunannya didirikan pada 1745 oleh Gubernur Jenderal Gustaaf Baron van Imhoff. Mulanya bangunan tersebut difungsikan sebagai tempat peristirahatan gubernur jenderal di Jakarta. Barulah pada tahun 1870 diresmikan sebagai kediaman Gubernur Jenderal Belanda yang dinamakan Buitenzorg atau Sanc Souci yang berarti “Tanpa Kekhawatiran”.

Penghuni terakhir Istana Buitenzorg bernama Gubernur Jenderal Tjarda van Starkenborg Stachourwer yang terpaksa harus menyerahkan istana ini kepada Jenderal Imamura saat pendudukan Jepang. Sementara pada tahun 1950, Istana Kepresidenan Bogor mulai dipakai oleh pemerintah Indonesia.









Taman Meksiko

Pas kemaren itu, kami sebenarnya ga mampir ke Taman Meksikonya. Lokasi persis dari Taman Meksiko ini adalah dari gerbang utama masuk ke pertigaan jalan Suryakencana dan jalan Juanda, lalu habis itu silakan berbelok ke arah kanan.

Sekedar informasi yang kuhimpun dari LIPI KRB Bogor, Taman Meksiko ini memiliki koleksi tanaman iklim kering yang mencapai lebih dari 100 species. Misalnya saja agave, yucca, kaktus dan tumbuhan sukulen lain yang mayoritas berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan, termasuk Meksiko.

Griya Anggrek

Griya Anggrek juga menjadi destinasi menarik di KRB. Selain dimanjakan oleh warna-warni lebih dari 500 jenis koleksi anggrek yang ada, kami juga disuguhkan oleh beragam ilmu pengetahuan mulai dari fakta tentang anggrek, panorama anggrek nusantara, the art of deceptionnya, orchid issue culture, penjelasan mengenai struktur anggrek dan pollynationnya, nama-nama orchidologistnya, sampai head of botanical gardennya dari tahun-ke tahun. Informasi tersebut terpajang di ruang bagian tengah sebelum bangku kayu beserta satu pot anggrek putih yang ada di tengah-tengahnya, juga satu spot tersendiri yang menjadi pusat oleh-oleh dan souvenir. Sementara itu di sisi kanan maupun kirinya, membentang rumah kaca dengan pertunjukan anggrek dari beragam species maupun warna.





































Ruang kaca di sebelah kiri disebut sebagai Tropical Forest yang dijadikan sebagai tempat perlindungan bagi anggrek alam hasil hutan dataran rendah Indonesia yang berjumlah lebih dari 500 jenis. Di sana juga terdapat lahan yang dikhususkan untuk mempelajari dan mengembangkan anggrek.

Beberapa contoh koleksi anggrek yang ada diantaranya Schoenorchis micrantha, salah satu koleksi anggrek alam terkecil di KRB, Dendrobium kordesii yang bermekaran di akhir Bulan September, Ophrys insectifera sang penyamar ulung yang tampilannya menyerupai serangga, Gramatophyllum stapeliflorum yang merupakan anggrek hitam asli Papua, Phal bellina asli Kalimantan, dsb.

Sementara itu ruang kaca di sebelah kanan merupakan tempat prngembangan anggrek hibrid, yaitu hasil persilangan antara dua jenis anggrek yang berbeda. Indukan biasanya diambil dari jenis anggrek unggulan supaya menghasilkan keturunan yang bervariasi plus bentuk yang unik dan menarik.

Keunggulan dari anggrek hibrid sendiri adalah memiliki tampilan yang lebih menarik ketimbang induknya serta kemudahan dalam hal perawatan. Dia juga harus terdaftar di lembaga yang ditunjuk untuk pendaftaran semua jenis anggrek hibrid di dunia yaitu Royal Horticultural Society.














Nah, lelah juga ya setelah seharian berkeliling ke Kebun Raya. Jadi abis seharian muter-muter, lepas dzuhur perut langsung keroncongan. So, mari kita makan siang dulu di Pia Apple Pie sembari hunting oleh-oleh roti unyil Venus.


30 komentar:

  1. Ah jadi nyesek lihat foto kebun raya yang demikian indah dan cerah, soalnya hari Sabtu kemarin saya dan teman-teman SMA ke Bogor menghadiri pernikahan anaknya teman SMA. Rencananya bagus, pulang kondangan ga langsung pulang ke Sukabumi, tapi akan singgah dulu ke Kebon Raya.

    Sampai Kebun Raya, sekitar jam 15.00, baru beberapa langkah masuk kebun raya, hujan turun lebat... Akhirnya hanya duduk-duduk di tempat berteduh sampai jam 17.00. Langsung pulang... Sedih banget deh Mbak.

    Salam,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sayang sekali hujan ya Pak, padahal kalau ga turun hujan lebat bisa ke banyak tempat bagus di dalam. Saya udah hapal tapi ga pernah bosan sama Kebon Raya Bogor, malah selalu kangen pengen ke sini...teringat dulu makan es krim banana split untuk pertama kalinya di sini..Terus kasih makan rusa pake wortel 🦌😊

      Hapus
  2. Balasan
    1. Terima kasih Wak, semoga Wak suatu hari nanti bisa berkesempatan mampir ke sini 😊

      Hapus
  3. Maravillosas fotos de lotos, flores y estanques... mucha paz espiritual... y tus comidas que siempre se ven deliciosas...
    Abrazo hasta vos, amiga Mbul.

    BalasHapus
    Balasan
    1. This Lotus stands tall with centered blooms who's tips a vibrant pink. This is beautiful for a pond :)

      I like something yummy that well known in Bogor such as Roti Unyil Venus 😊

      Hapus
  4. Damai aja lihat warna hijau disana sini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sejuk pemandangan dan membuat hati terasa nyaman 😊

      Hapus
  5. samalah. di tempat saya iaitu negeri Kelantan, Malaysia sedang mengalami musim monsun timur laut yg mengakibatkan hujan lebat n banjir..

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh apa harus sedia speed boat ya Abah Kie? Kalau tempat Mbul alhamdulilah ga banjir sih, cuma tempat tetangga sebelah yang banjir sampai sedada bahkan sekepala..Moga moga tahun ini ga banjir deh...amin

      Hapus
  6. Wow! Rumah ini macam istana raja dalam buku cerita!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan istana Raja Uncle, itu istana kepresidenan 😁

      Hapus
  7. ...thanks for taking me along on this tour of the botanical gardens. The flowers and gardens are a delight on this dark morning. Take care and be well.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Tom 😊
      senang jika apa yang Mbul post bisa membuat pembaca suka dan turut menikmati keindahan Botanical Garden dengan beraneka ragam tanaman dan tumbuh-tumbuhan..πŸŒ³πŸŒΏπŸŒ±πŸƒ

      Hapus
  8. The botanical garden is very pretty and the flowers add their beauty to the place. Thanks for showing us and have a wonderful weekend.

    BalasHapus
    Balasan
    1. You're welcome Bill...

      looking at the pond with pink lotus can make me feel peacefull 😊

      Hapus
  9. The botanical garden is beautiful.
    I especially love the orchids.

    Have a great weekend, Mbul Kecil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Kak, Mbul juga suka anggrek...Mbul selalu terpesona dengan keindahan anggrek

      Senang juga Mbul dipanggil Mbul Kecil, ternyata bahagiaku saat ngeblog cuma seseserhana ituw hehehe...(´✪Ο‰✪`)♡
      ΰΈ…(^・Ο‰・^ΰΈ…)

      Hapus
  10. Bogor semengesankan itu ya mbul, untungnya semesta mendukung lewat perantara ibu, jadi bisa jalan-jalan sekalian nostalgia sama TamasπŸ˜„

    BalasHapus
  11. Saya belum pernah ke Bogor
    wah keren banget
    bisa jalan-jalan plus kulineran pula
    saya ingin banget ke istana bogor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo Mas kapan kapan ajak keluarganya singgah ke Bogor 😊

      Hapus
  12. Bogor memang ngangenin banget. Kalau dari Sukabumi tinggal naik kereta dan langsung sampe dong ke Bogor. Hawanya seger banget, ya, Kota Hujan ini, bikin betah lama-lama menjelajah di sini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aku pernahnya kalau ke Sukabumi baru ke Ujung Genteng doang, liat pantai 😊

      Hapus

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ΰΈ…(^・Ο‰・^ΰΈ…)