Senin, 01 Januari 2024

Dan Perjalananpun Dimulai....




Assalamualaikum wr wb....
Apa kabar Teman-Teman semua? Semoga selalu dalam keadaan baik ya. Kali ini Mbul akan memulai cerita tentang perjalanan Mbul, Tamas, Kakak A, dan Mas Montogh ke Jawa Timur saat libur Natal dan Tahun baru 2023 kemarin. Jadi nanti akan Mbul tulis beberapa part supaya enak dibaca, paling ga buat kubaca-baca sendiri sih, akan aku simpan kenangannya di sini karena perjalanan kali ini bermula dari spontanitas Tamas yang ajak Mbul jalan dan ga direncanakan sebelumnya hehehe. Yup...Tamas emang gitu orangnya. Awalnya kayak ngebecandain Mbul gitu. Taunya beneran dibawa halan-halan. 





Pas pulang kantor, ngledek Mbul mau jalan mpe Surabaya ga, ntar jalannya lewat Tol Semarang, lanjut pantai utara yang ketemunya tuh Demak, Kudus, Pati, Djuwana (yang terkenal dengan bandengnya), Rembang, Lasem, sampai bablas terus dan ketemu Tuban. Nanti dari Tuban dilanjut Lamongan terus tau-tau nyampe tol Surabaya. Ga dalam rangka apa-apa sih. Cuma pengen jalan santai aja. Eh, beneran ga nih? Kok keliatannya Tamas cuma kayak becandain Mbul. Mbul udah keburu seneng loh. Kalau antusias gitu, nih perut serasa digelitikin wkwkkw. "Siro gelem ora Nduk? Ntar liwatnya sepanjang Tuban itu ketemunya pantai terus. Jalan santai kita, ga ada saklek musti kemana namanya juga backpackeran tanpa tujuan, hahaha....Enjoy." Hmmmm kalau ditanya begitu.... Mbul pastinya mau lah. Tapi pertanyaannya ini beneran apa nda? Mbul kan belum pernah perjalanan darat yang lumayan panjang. Paling seringnya liburan tuh pulang kampung terus. Nah, kalau diajakin liburan cuma berempat gini rasanya Mbul senaaaaaaang banget, ga bisa dijelaskan pake kata-kata. Dan jawabannya ternyata adalah beneran hahahhahaha...#senang. 







Memang sih, berangkatnya itu ga jadi Sabtu sore, karena Mbul belum kelar packing-packing. Lalu malam memang capek betul, akhirnya malah ketiduran. Cuma Minggu Mbul langsung diajak prepare karena pagian kami bismilah berangkat. Eh, serius atuh? Mbul kan jadi kesusuw-susuw mau ngecekin baju-baju yang mau dibawa. Juga barang-barang yang sekiranya dibutuhkan selama perjalanan. Kotak P3K, minyak angin dan minyak tawon, Biore UV Aqua (sun protect), pasta gigi, facial foam, daleman, mukena, handuk, dll. "Jangan lupa bawa teko listrik Dek, siapa tau penginapan yang mau kita inapi ga ada water heaternya." Ow iya yah, ini kan judulnya backpacker-an spontanitas. Atau aslinya nyantai aja kemana kaki ini akan melangkah, hahahha. Jadi karena rentang waktunya agak lama, kemungkinan penginapan yang bakal kami inapi akan bervariasi harganya. Ya, cari yang murah meriah boleh deh, ga musti yang mahal-mahal. Dan siapa tau kalau dapat yang murmer ga ada water heaternya, jadi bawa teko listrik penting juga. Kan mau bikin tutuw hahahha. 

Singkat cerita, Minggu pagi persiapan dah beres. Bawaan tas cuma ada 2 ransel dan 1 tas kain. Juga cemilan dan air mineral botol gede. Termos dan tutuw tetap bawa. Kami akhirnya otewe dari rumah tuh jam-jam 08.00 WIB. Waaaaaaah....tumbenan amat bisa pagian hahahhaha...Biasanya kan kami jarang tangi gasik. Ini mungkin karena kebawa happy mau jalan jauh tanpa rencana dan judulnya santai-santai aja makanya yang ada adalah semangat banget. Bangun pagi betul, ngecekin semua oke, bismilah jalan deh. Ga lupa baca doa bepergian sama-sama biar perjalanan dilancarkan. Bismillahi tawakkaltu 'alallahi la haula wa la quwwata illa billahil 'aliyyil 'adzim. Artinya: Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan (pertolongan) Allah.













Awal-awal sebelum masuk Karang Tengah emang sempet atit peyud. Maklum Mbul semalam tuh maem chicken montok yang varian geprek jadi peyud berasa panas. Tamas sendiri maem pake mie rebus telur nyempluk bikinannya sendiri yang ga lupa dimaem pake nasi. Jadi yang maem chicken montok geprek cuma Mbul. Nah kan peyud jadi nyut..nyut...nyuuuut. Nyut-nyutan, hahahha.. Untungnya abis dikasih minyak angin perut dah mendingan sih dan  perjalanan bisa dilanjut lagi dengan kendaraan melenggang mulus karena pagi itu suasana cukup sepi ga ada kemacetan yang berarti. Alhamdulilah ya...Kami pun jadi menikmati banget perjalanan sambil bercandaan dan ga lupa ngelist kira-kira kulineran apa yang mau dinikmati nantinya. 

Memasuki waktu Dzuhur kami udah nyampe daerah Cikopo, Purwakarta. Perut udah mulai berdendang. Minta dikasih haknya. Makan sianglah akhirnya jadi sementara keluar tol dulu setelah Cikampek lalu nyari depot makan dadakan yang sebelumnya belum pernah kami datengin. Namanya Warung Makan Barokah dan di sini tuh spesialisnya adalah kepala ikan manyung. Modelnya adalah ambil sendiri atau prasmanan. Nah, di situ kami pesan kepala ikan manyung, iso, babat, tahu-tempe, serta sayur asem. Lalapannya juga ada tuh. Ada timun sama leunca khas Sunda yang bisa dicocol bareng sambalnya yang pedas uham...Nah, setelah kenyang kami pun berniat pamit untuk melanjutkan perjalanan. Tapi sebelumnya aku juga sempat beli snack cheese stick pedes dulu buat cemilan di jalan. 


















Perjalanan di Tol Cipali sampai Batang lumayan lancar. Begitu pula nyampe Semarangnya. Paling mandeg-mandeg bentar di Rest area buat pipis atau sholat walau pas di Semarangnya rada penuh ya. Nah, setelahnya baru deh sorean kami lanjut lewat dalam kota jadi ga lewat tol lagi. Kami sengaja lewat utara diantaranya ngepasi magrib tuh lewat Demak. Saat ke situ kami mandeg di Alun-Alun Demak yang ternyata rame banget. Apalagi di Masjid Demaknya dimana di situ terdapat Makam Raden Patah dan Sunan Kalijogo. Jadi memang banyak dikunjungi rombongan wisatawan yang hendak berziarah dan datangnya rombongan pake bus-bus. Nah, saat sholat magrib di Masjid Demak emang rame banget, jadi abis sholat kami langsung inisiatif terus karena ngejar Kudus buat makan malam di sana. 

Sesampainya di Kudus, emang udah petang banget. Kira-kiranya udah pukul 8 malam-an. Dan ternyata kotanya bersih banget. Salah satu kota yang Tamas pengen ajakin Mbul kulineran karena Beliau sangat suka soto kudusnya. Mbul sendiri dengan soto emang doyan sih. Tapi ga sedoyan Amas. Cuma berhubung perut udah dalam keadaan ngelih banget, maka ayok deh maem di Kudus aja. 






































Kami pun akhirnya milih warung makan random yaitu Warung Sederhana Soto Ayam Bu Jatmi. Ini terletak di Jl Wachid Hasim No. 43 Kudus. Emang di google termasuk yang banyak direkomendasikan kalau singgah ke Kudus, apalagi menu utamanya itu soto Kudus yang terkenalnya pake daging kerbo. Jadi emang selain soto ayam, favoritnya di sini adalah soto kerbo. Pas banget tuh dingin-dingin nyruput kuahan yang anget-anget. Maka ga pake lama kami langsung pesan soto kerbo, tempe+tahu, kepala ayam jantan dan swiwi juga es teh manis. Ga lupa ayam kampung goreng + nasi juga sambal dan lalapannya. Nyam....semakin malam ternyata semakin rame saja suasana rumah makannya. Rupanya jelang libur Natal begini (lebih tepatnya H-1 sebelum Natal), warung makan ini masih buka. Mungkin dari situlah pengunjung semakin rame, datang silih berganti, baik pengunjung lama maupun pendatang seperti kami yang baru pertama kalinya nyoto di sini. 

Rasa sotonya sendiri menurutku seger ya. Dia dicampur bareng nasi di dalam mangkuk kecilnya jadi istilahnya dimaem secara becekan. Kuahnya terasa ringan tapi ebak dan seger. Apalagi soto dihidangkan dalam keadaan panas jadi terasa betul segernya. Nah, isian sotonya sendiri terdiri dari irisan daging kerbo yang empuk, rajangan kubis, tauge, seledri, serta bawang goreng yang ditabur di atasnya. Dimaemnya pake sendok bebek. Bisa pula sambil ngunyah tahu, tempe, atau kerupuk yang ada dalam toples. Mau ditambah kecap ama sambel juga bisa. Atau biar lebih seger lagi tambahkan kucrutan jeruk limo. 



















Kira-kiranya sejam bercengkrama menghabiskan semangkuk soto kerbo, akhirnya kami pun berniat untuk pamit dan melanjutkan perjalanan kembali tapi kali ini udah harus ngerange-range mau nginepnya dimana. Apakah di Kudus atau Rembang sana. Kalau Rembang kan deket pantai dan udah mau deket-deket arah Tubannya. Sedangkan kalau di Kudus masih kejauhan. Jadi setelah menimbang-nimbang enaknya gimana, akhirnya diputuskanlah bablas aja sampai Rembang yuk. Kan besok tinggal dilanjut sampai Tuban yang otomatis mendekat ke arah Surabaya. Tapi sebelum nyampe Rembang, tentunya kami harus lewat Pati dan Djuwana dulu yang terkenal akan Bandengnya. Eh, pas selintasan lewat sini Mbul ga sempet mengabadikan lewat kamera sih, padahal tempatnya cakep banget. Bersih gitu deh. Cuma karena batere kamera belum dices, akhirnya yaudah deh nyampe lah kami di Rembang dan segera menuju ke hotel yang ga kami sangka letaknya ada di depan pom bensin pas. Namanya Hotel Gajah Mada.

Meskipun hotel ini lumayan terjangkau, tapi fasilitas kamarnya luas juga. Terus kamar mandinya juga luas meski shower panasnya ga ada. Tapi ga pa pa lah seenggaknya bisa buat istirahat dengan nyaman karena abis mandi dan handukan ndilalah handuknya wangi banget jadi betah mandi kan akunya hahahha... Oiya, kalau ketemu hotel budget gini, aku emang beli sabun, shampoo, dan odol sendiri sih, biar mandinya lebih keset dan wangi karena sabunnya bisa milih sesuai selera. Kebetulan depannya pas selain pom bensin juga ada minimarket sih, jadi kalau ada apa-apa bisa langsung beli di situ. 
































































































Kebetulan malam itu rasanya lumayan pegal-pegal. Jadi ga kerasa boboknya juga pulas banget. Tau-tau esoknya udah pagi. Segera deh lanjutkan perjalanan karena perjalanan emang masih panjang. Secara tujuan kami kan Jawa Timur, apalagi liwatnya Pantai Utara yang sisihan ama truk-truk tronton. Jadi emang lumayan memacu adrenalin juga sih.

Mbul Jalan-Jalan ke Jawa Timur Lewat Jalur Utara

Nah, rupanya Rembang itu jalurnya cukup panjang ya. Makin ke utara makin sepi dan tak jarang pula meliwati hutan-hutan jati. Hingga sampailah di suatu tempat yang begitu engeh Tamas langsung nyemlong. "Lha itu kan gerbang makam Sunan Bonang Dek? Siro ga foto gerbange? Sono takenteni ning kene yo. Dedek jalan tapi ati-ati akeh truk en kendaraan liwat." Wah dikasih kesempatan mandeg foto tentu aku mau dong. Jadilah aku segera jalan lagi ke arah depan gerbangnya pas yang ternyata di dalamnya itu menjulang tangga yang lumayan tinggi. Aku cuma foto gerbangnya tok buat kenang-kenagan dan ga lupa sentra pedagang ikan asin yang berjajar di sepanjang jalan. Nah, seberangnya pas itu barulah udah berupa pantai. Tapi ga ada pasirnya. Di sana banyak terdapat kapal-kapal dan juga nelayan yang sedang memperbaiki jaringnya. 














Perjalanan di Rembang masih lumayan panjang. Pokoknya makin ke utara itu makin sepi. Dan papasannya selalu ama truk-truk gede. Terus pinggirnya pantai mulu. Bagus sih. Cuma emang cuaca lagi hot. Nah, tapi ternyata ga lama kemudian di depan itu ada pondok pesantren Mbah Yai Maimoen Zubair yaitu Pondok Pesantren Al Anwar 1-2-3. Pantas aja di jalan banyak kami temui beberapa santri yang sedang jalan kaki dengan busana muslim, peci serta sarungnya. Wah Kota Santri je iki hihihi.   pantes suasananya adem tenan. Tapi perut udah terasa lapar. Makanya pas bablas terus ke area lasem, dan liwat rumah makan dengan area parkir lumayan luas, ga pake lama kami langsung mandeg. Dadakan aja ini sebenernya. Kami mandeg di Rumah Makan Ndeso Prasmanan H. Sofyan. Memang ada menu utama di bannernya itu bakso tetelan, soto kikil dan tetelan. Tapi ternyata setelah masuk ke area depan ada masakan rumahan yang baru matang. Ini sih berasa kami adalah musafir yang ketemu oase. Yup, kalau nemu masakan rumahan gini bawaannya nafsu. Makannya bisa nikmat sih. Soalnya emang tipe masakan rumahan adalah kegemaran Mbul. Apalagi yang baru mateng, masih anget, waduh nikmat tenan. Nah, jadi begitu masuk rumah makannya, penjualnya itu ternyata ramah banget. Di meja makan udah ada lauk pauk dalam piring juga sayur kuah dalam panci-panci yang masih keliatan panas. Lauk pauknya itu ada ayam goreng, tempe dele, bandeng goreng, ikan kembung, tahu goreng, telor dadar, ikan kuah kuning, ikan goreng, terung balado, juga sambel. Untuk sayur kuahnya ada bening dan asem-asem. Asem-asemnya agak lucu deh sebab di dalamnya ada semacam kayak kacang koronya gitu. Terus ada daun lembayungnya juga selain ada labu dan   tomat cerinya segala. Kalau beningnya ada labu, wortel dan bayem. Tipikal bening yang gurih asin. Jadi ga kayak bening jawa tengah yang dominan manis. Yang ini gurih. Minumnya sendiri kami pesan es teh manis dan kunyit asem yang ada dalam kulkas. Sebenernya selain kunyit asrm ada pula sinom, tapi yang kuambil cuma kunyit asem. Soalnya aku suka minum jamu-jamuan kayak gini. Aduh seger tenan bukan. Kami pesan beberapa macam menu lauk dan sayur dan ketika membayar semuanya ga sampai Rp 50 ribu. Wah bener-bener terjangkau dan bikin happy hehhehe...




























Usai makan siang, perjalanan kembali dilanjut karena Rembang itu emang panjang. Udahannya kami lewat Lasem baru ga lama kemudian udah kelihatan Gerbang Selamat Jalan Rembang karena akan memasuki provinsi baru yaitu Jawa Timur. Yeay! Akhirnya sampai Jawa Timur juga dengan awalan itu Tuban yabg sepanjang pinggirannya berupa pantai. Tapi cantik deh soalnya penataannya juga indah. Ga nyangka Tuban secantik itu. Walau tentunya kami ga bisa lama-lama sih di sini karena perjalanan harus terus dilanjut hingga lewat lamongan, gresik dan pintu masuk menuju Tol Surabaya. Kira-kira seperti apa keseruan Mbul di Surabaya nanti. Nantikan post aku selanjutnya ya...see you and bye bye...

12 komentar:

  1. wah mba mbul jalan-jalan terus nih, kenapa ga mampir ke jepara mbak pas sampai di kudus, kan mayan deket dari arah situ, ke makam sunan muria di atas gunung, tar mba mbul pasti cape nak tangganya 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, biar seger dan dapat pengalaman melihat kota-kota yang jauh Nif, udah lama banget pengen liat kota kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur aku 😊 Oiya Kudus, Demak dan Rembang kan dekat Jepara ya. Kudus ternyata kotanya resik banget. Seger hawanya. Pemdanya kayaknya aware sama tata kotanya deh, terus kulinerannya enak-enak. Soto Kudus seger. Sama satu lagi yang kuhapal dari Kudus itu jenang Mubarok hehehe...kalau ke Makam Sunan Muria kayaknya asyik juga ya rutenya atas nggunung ☺

      Hapus
  2. Food looks GREAT! Happy New Year :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Angie ā¸…(^・Ī‰・^ā¸…)

      Hapus
  3. Paling enak dan berkesan nemu depot makan sederhana yang ada masakan rumahannya di sekitar Lasem en Rembang, menunya masih anget dan komplit, apalagi tempe delenya. Favorit banget. Warnanya cantik gurih. tapi soto kudusnya juga kelihatan seger ding....😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoyoiii..kesukaan tayank suami tercintow hehehew

      (ãĨ ̄ ³ ̄)ãĨ

      Hapus
  4. Asik ya Mbak perjalanan panjang...pasti senang selama perjalanan.
    Aduh itu koq ada sayur asem dan leunca segala sih Mbak? Kalau makan ini saya badan saya jadi fresh deh Mbak...

    Selamat dan lancar selama dalam perjalanan ya Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah Bapak penggemar sayur asem juga? Suamiku juga suka banget sayur asem bikinanku pak, kalau beli yang di tempat makan dia malah ga cocok hahahha...Yang abiskan sayur asem ini jadinya aku deh...leunca itu semriwing ya Pak, lalapan Khasnya urang sunda dan sukabumi juga termasuk di dalamnya yaitu Bapak 😁

      Alhamdulilah lancar Pak ^^

      Hapus
  5. Seneng sekali jalan² walaupun spontanitas..Cikampek ada di sini ya...langsung ingat sama lagu 'Cikampek Tasik Malaya, hatiku sakit bila kau tak setia'...😀..saya sudah sampei di Surabaya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cikampek selalu liwat atuh Kak...kan itu gerbang menuju tol cipali yang panjang banget hahahhahah....

      iya kak baru 2 kali aku ke Surabaya, pertama pas dinas liputan dulu naik ontong abung ke pabrik Samsung eh maksud Mbul montor mabur, nah kali ini baru bisa bareng keluarga kecilku ini kak perjalanan darat, makanya aku happy banget

      ā¸…(^・Ī‰・^ā¸…)ā¸…(=āļ á†Ŋāļ =ā¸…)

      Hapus
  6. Duuuuh kangeeen makan soto kudus 🤤🤤❤️ . Dulu Deket kantor ada yg jual, dan enak, tp ntah kenapa kena satpol PP dan ga boleh lagi jualan situ. Pindahnya ga tau di mana. Padahal dia yg terenak utk soto kudusnya.

    Aku sekali ke Kudus, tapi ga nginep. Pulang hari trus balik solo. Nyobain soto Kudus juga, yg katanya tempat terkenal, tapi sayangnya ga cocok. LBH enak yg di JKT 😅. Tapi mungkin aku salah pilih tempat. Kalo ke Kudus lagi mau coba makan di tempat lain.

    Seruuu kalk road trip itu ya nit. Paling suka sih, naik KA atau mobil sama asyiknya ❤️



    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Fanny, road trip gini seru banget...kapan kapan kalau ada libur panjang lagi pengen road trip lagi di kota kota yang belum pernah disinggahi, kulineran itu yang paling aku suka hahahha

      (。・Ī‰・。)

      Di kudus sotonya seger banget, padahal maem pas malam Natal alhamdulilah kedainya buka ga libur...dan rasanya ngangenin...(´✪Ī‰✪`)♡

      Hapus

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ā¸…(^・Ī‰・^ā¸…)