Jumat, 12 Januari 2024

It's Kind of Adorable Moment....




Assalamualaikum wr wb...
Hallo...hallo...hallo....Apa kabarnya? Semoga selalu dalam keadaan baik ya. Kali ini aku mau ngepost tentang kepengenanku kemarin yang ingin menuliskan kota-kota mana yang paling aku suka selama liburan. Jadi memang ada beberapa kota yang feelnya itu dapet banget ketimbang kota lainnya dan itu semacam kayak it's kind of adorable moment untuk dituliskan, hehehe. Entah karena kotanya itu bersih, rapi, kulinerannya enak atau karena dia ada hawa-hawa gunungnya. 





Sebab aku emang suka hawa-hawa gunung hihihi. Bawaannya adem aja. Sejuk. Tapi kali ini aku juga ga cuma hightlight pegunungannya aja, sebab akan ada pantainya juga, karena Tamas emang ajakin aku lewat jalur Pantai Utara Jawa sehingga ada beberapa kota dengan garis pantai yang indah yang sempat kami lewati sebelum menuju ke pegunungannya. Lalu mana sajakah itu? Ini dia listnya...

Kota Kudus

Pertama itu Kudus. Kudus jadi semacam kayak visit back aku ke sini setelah terakhir kalinya singgah waktu SMA dan baru bisa balik lagi kemarin, berempat formasi lengkap sama Tamas, Kakak A, dan Mas Montogh. Nyampe Kudus itu malam. Udah lumayan malam juga malahan. Karena di Demak aja magrib dan sempat sholat di Masjid Demaknya. Nah, karena mau nginap di area setelah Demak yang mana pilihannya antara Kudus atau Rembang, maka udah pasti kami akan lewat Kudus.






Kudus itu sepenglihatanku bersiiiih banget. Rapi. Kotanya tertata. Nyampe sini pas jam-jam belum maem lagi setelah terakhir makan siang di Purwakarta, hihi. Jadi kami carilah secara random apa yang sekiranya itu enak. Apalagi kalau bukan soto Kudus. Soto yang khas dengan penggunaan daging kerbonya disamping ada pula yang pake daging ayam. Nah, soto Kudus yang kami ampirin ini pilihannya di tempat Bu Jatmi yang kedainya itu tetep buka meskipun besokannya Libur Natal. Lumayan rame juga sih di sini. Tapi alhamdulilah space tempat masih tersedia. Kami pilih di bangku agak tengah yang ga banyak orang jadi maemnya lebih nyaman.












































Pesen soto Kudus yang daging kerbo, juga ayam goreng kampung yang pejantan. Rasanya enaaaaaaaak banget. Sotonya seger (daging kerbonya lembut dan berserat, potongannya tebel-tebel). Ayam kampung pejantan gorengnya juga gurih. Oiya sebenernya selain ayam kampung pejantan goreng, ada pula ayam pejantan lainnya dalam piringan yang terdiri dari kepala dan sayap. Itu juga enak sih. Sayangnya, harus meninggalkan Kudus sehabis makan rampung. Jadi ga bisa liat Kudus pas paginya, hehehe....semoga kapan-kapan bisa ke sana lagi...

Kota Rembang

Nextnya adalah Rembang. Meski sempat lewat Pati dan Djuwana, tapi karena ga sempat motret Kota Bandeng itu aku jadi langsung loncat ke Rembang. Rembang pas mau penghabisan, arah Lasem dan Tuban sih yang paling memorable buatku. Yang abis liwat area satu sisi pantai, satu sisinya lagi kayak agak dataran tinggi. Dan sempat lewat pula gerbang menuju Makam Sunan Bonang. Itu juga syahdu banget suasananya. Meski aku cuma mengabadikan moment di depan gerbangnya pas dan gerai pedagang ikan asin di sepanjang jalan di dekatnya, tapi dari situ kayak takjub aja akan suasananya. Satu sisi adem, satu sisinya lagi panas karena area pantai. Tapi pas nyampe sana kebetulan masih pagi, jadi ya masih adem. Semilir angin datang membelai pipi hingga perjalanan terasa adem.




























































Di Rembang penghabisan ini, paling seneng juga pas ketemu tempat makan buat sarapan secara ngrandom. Menunya masakan rumahan. Tapi enak banget. Tipe makanan yang cocok di lidahku. Ada tempe dele, ayam sayap goreng, bandeng goreng, ikan kembung goreng, perkedel, dadar telur, ikan bumbu kuning, tahu, orek tempe, dan telur balado. Ada juga sayur kuahannya yaitu bening bayem dan asem-asem. Asem-asemnya yang agak beda dari biasanya. Soalnya pake daun lembayung dan juga kacang koro. Tapi seger sih. 



















Kota Tuban

Di Tuban itu udah siang. Dan ya, bangun tidur buka mata, badan demplon ini langsung dioyag-oyag Tamas. "Dek....Dek...bangun Dek, jangan kebluq ae.......tuh ada pantai. Kita dah sampai Tuban lho...." Wow langsunglah kubuka mata dan kukucek-kucek dikit karena antara kayak di alam mimpi, tapi begitu kutepuk pipi gembilku ini, ternyata beneran ini udah sampai Tuban. Udah di Jawa Timur aku. Senaaaaang. Dan di sebelah kiri jalan udah terhampar pedestrian dengan penataan lampu-lampu jalan yang cantik. Hmmmm....bagus banget, tapi karena siang jadi panas. Sebenarnya pengen mimik kelapa muda di situ tapi diputuskan bablas terus biar cepet sampai Surabaya.















Kota Surabaya

Setelah melalui perjalanan yang panjang akhirnya nyampe Surabaya. Yang bikin kangen itu nasi goreng mawutnya yang depan Arcadia. Nasi goreng tek-tek jejeran ama bapak pedagang pick up nasi kucing, tapi ini enaaaak banget. Waktu itu emang lagi pengen nasi goreng mawut. Dan karena lagi mager cari yang agak jauh akhirnya nyebrang hotel aja jalan kaki, terus duduk di atas tiker yang dah disiapkan pedagangnya. Terus kami maem deh di situ. Liatin bus-bus yang lalu lalang di depan jalan raya, hehehe...
































































Selain nasi goreng mawut, aku juga seneng ama Nasi Pecel di tempat Boeyatin. Ini penjualnya ramah banget dan seneng pas nasi pecelnya mau aku tulis di blog. Pecelnya itu ada kembang turinya, toge, timun, kangkung, bayem,  kemangi, dan kacang panjang. Sambal kacangnya bisa pesen pedes atau ga pedes. Lauknya juga aneka ragam. Ada paru goreng, dadar jagung, tempe goreng, rempeyek, tahu isi, baceman, telor ceplok, dendeng, sate telur puyuh, sate usus, sate kikil, juga yang paling aku suka adalah telor asin yang kuningnya masiiiiir banget. Suka deh pokoknya.

























Kota mBatu + Pujon

Di mBatu itu paling seneng pas pethuk pedagang apel dan buah-buahan lainnya di pinggiran jalan. Suasana mBatunya jadi kerasa. Lebih adem dari Malang yang nyanyaassss hehehe... Tapi kami beli buah apelnya yang pertama kali itu justru di Pujon. Abis dapat penginepan yang sepiiiiii banget tapi gede dan viewnya indah, akhirnya sore sebelum maem kami beli apel dulu karena mau atret putar arah hahahha #alasan yang sangat random. 

Beli apelnya yang udah ada semu merahnya jadi asem manis seger. Beda ama yang apel manalagi dan hijau thok yang rasanya pure manis. Tapi justru aku suka yang apel hijau semu merah ini. Seger kayak jambu apel hehhehe.. Selain buah-buahan dan sayur-sayuran, ada juga tanaman hias. Tanaman hiasnya cakep-cakep banget dengan bunga-bunga khas pegunungan diantaranya bunga bakung merah, selain mawar yang aku suka apapun warnanya hehehe...









































Nah, kalau pas di Pujon penginepannya, paling seneng tuh pas pagi hari, setelah bangun bobok dan subuhan abis itu kan aku mandi dan keliling penginapan. Yang lain masih pada istirahat, Mbul start duluan jalan kaki sambil olahraga. Menikmati embun pagi yang masih berleleran diantara dedaunan dan bunga-bunga. Juga rerumputan yang basah sisa hujan semalam. Bunga dandelion tampak indah digoyang angin pagi...bunga bakung merah (ketemu lagi), dan bunga warna-warni lainnya yang tak kuketahui apa namanya.
































Kota Jombang

Waktu ke Njombang dan mampir sebentar karena Tamas Sholat Jumat rumiyen, akhirnya setelahnya kami mampir ke nasi kikil khasnya Njombang. Mampirnya ke Nasi kikil Mak Temu yang warungnya legendaris banget. Hanya ada satu menu di situ. Nasi lodeh kikil yaitu perpaduan antara lodeh nangka atau thewel/gori dengan kikil dan tetelan lainnya. Enak, kayak masakan ibuk wkwkkw.....Terus di situ juga keinget ama 1 kacang yang diplastik yang semula takkirain kacang mete. Ternyata pas tanya langsung itu namanya dawung. Kacang dawung goreng. Sungguh terdengar baru bagiku, hehehe..


Kota Madiun

Di Madiun itu sore. Kakak A pengen beli kelinci My Melody temannya Hello Kitty dan Kodok Keropi hahahha. Akhirnya beli di Toko Lulus pas ga jadi nge es di Depot Es Segar Madiun karena Depot Esnya tutup (maklum udah jam 5 sore). Nah, abis dapat Boneka Kelinci My Melody, kami sempet mandeg dulu di sini beberapa saat. Ngelih, akhirnya mandeg Sate Kambing Wong Madiun Pak Sumo. Pesen sate kambing dan gulenya. Lumayan enak juga buat tombo ngelih.




























 

Madiun kotanya cantik. Tertata banget lampu kotanya. Bahkan di sepanjang jalan banyak pohon bunga crepe myrtle. Itu pas lagi kembang-kembangnya jadi semakin membuat indah pemandangan. Kalau di Magelang kan terkenalnya pohon bunga tabebuya ya yang kayak sakura...nah yang di sini crepe myrtle.





























Kota Magetan

Magetan di hati. Itu yang terjadi pas abis pamitan dari penginapan sederhana yang kami inapi dan bablas menuju Karanganyar tapi liwatnya lereng Gunung Lawu yang indaaaaaaaaaah banget. Lewat pagi-pagi pas masih kabut. Kadang kabutnya tipis, kadang tebel. Terus jalanannya itu naik, abis itu turunaaaaaaan terus. Mobil kayak menggelinding aja kata Tamas ahahhahah..."AC-ne pateni Sayang, jendelone bukak..." Gitu kata Tamas biar mesin kendaraan pas nanjak tetep on the right track. Kalau liat spot menarik, tetiba kami random mandeg bentar, terus ngeliat sejenak. Naik sedikit ke pematang ladang kubis, terus foto. Ah, senang lihat ladang sayur dengan kemiringan tanah tertentu. Hijau, subur, dan gembur-gembur. MasyaAlloh indah yang ga terdefinisikan dengan kata-kata.



































Kami lalu lanjut lagi ke jalanan dengan sisi kanan tebing atau hutan lereng lawu, lalu sisi kiri jurang menganga dalam. Di pinggir tebingnya banyak sekali kembangan berkelopak mungil wana merah jambu. Lucu sekali. Cantik. Beberapa kembang terompet menunduk malu-malu dan bergoyang tatkala angin datang. Kumbang gunung saling bersahutan bagai orkestra. Hati rasanya damai. 

Kota Karanganyar

Tiba di Karanganyar udah siang. Tapi suasana masih adem karena mendung tebal menyelimuti langit. Di pinggir-pinggir jalan udah berjajar penjaja stroberi asli pegunungan yang ditata cantik munjung dan ranum... Aku sempat beli 1 cup kecil sekalian ijin memfotonya. Ah, senangnya diperbolehkan. Di jalan jadi bisa nyemilin sambil kaca jendela dibuka semua karena AC dimatikan (akan lebih aman dibeginikan pas dalam kondisi jalanan menanjak atau pegunungan). Jadi selama di situ biarpun ga panjer AC tapi angin gunung berhembus menyejukkan.
























































Kota Surakarta

Di Surakarta itu yang paling gemes adalah pas ketemu kucing gembul bulunya cantik di nDalem Kartowikoro. Ah, kucingnya tau-tau masuk nDalemnya, pas jam itu kebetulan langsung ujan deras bres...dan kemudian pintu gerbang ditutup. Elus-elus bentar lalu masuk ke dalam. Ngeliat nuansa ndalemnya etnik sekali. Semua serba Solo bikin aku terkesima. Cantik banget dengan penataan pajangan dan furnitur yang dihiasi batik segar warna merah. 






























































Meski malem ga bisa kemana-mana karena ujan deres, tapi esoknya bisa mampir beli batik di Pasar Klewer terus  maem gudeg ceker... Kuliner Solo emang enak-enak dan banyak banget. Sampe bingung mau maem dimana, tapi dari awal Tamas udah ngelist mau nggudeg ceker meski bukan di tempat range-range-an awal. Tapi di sini juga enak kok (dengan porsian gudeg dan kepala ayam jantan yang bikin tercengang, gede sangad ahahhah). Jadi InsyaAlloh dibawa sampai sore cukup karena di sini lumayan ngenyangin. 






































Abis itu kami udah harus arah-arah balik lewatnya  Mboyolali dan Ungaran. Sedari Solo tembus Mboyolali itu masih mendung. Liwat ikon susu khas Mboyolali dan perpustakaannya yang ada patung kereta kencananya langit semakin mendung. Begitu nyampe Ungaran langsung bresssssh...Ujan deres banget. Kaca jendela ampe ga keliatan. Tapi alhamdulilah perjalanan lancar, sambil becanda dan tetep bawa santai malah masih pengen mandeg ngeduren, hihi...ini sih kepengenan suami yang suka durian begitupula aku hehehe.... Karena kami pecinta durian. Tapi ga ketemu durian yang sebesar di Karanganyar kemarin terutama sehabis dari Tawangmangu. Perkiraaanku ntar gampang lah cari di sekitar arah pulang. Kalau keluar tol dan cari durian lagi bisa-bisa ga sampe-sampe mendekati rumah. Sementara tanggal merah tersisa tinggal 1 doang. Tanggal 1 Januari 2024 hahhahaha....

Alhamdulilah abis itu ketemu Tol Banyumanik dan menuju Batang terus tolnya dah ga sebasah tadi. Udah reda. Udah cerah lagi. Sempet mandeg pipis di Rest Area mana gitu (aku lupa) dan Tamas kasih pop mie yang abis diseduh biar perut anget. Dan kami lanjut jalan lagi. Kakak A dan Mas Montogh bubuk. Mbul dan Tamas lek-lek-an...sambil nyanyi bareng pake lagu Sportify yang dipanjer terus biar ga ngantug. Sesekali denger podcastnya Cak Nun juga, pokoknya istilahnya biar ga ngantuk di jalan hehehe...

Ada kalanya Mbul juga ketiduran walau awalnya ga maksud...Tadinya pengen tetep ngancani suami nyetir biar ga antug...eh kadang kepala ini teglak tegluk ndiri... abis reflek bobok (karena bobok di perjalanan tuh enak banget ya istilahnya), tapi sering juga reflek kebangun sendiri terus kaget. Kebayang aku yang nyetir maksudnya. Kan kalau nyetir tau-tau ngantuk bisa gawat. Akhirnya bismilah ngancani Suami nyetir lagi. Takpijitin juga gitoke (leher mburi biar Beliau ga pegel). Takminyakin pake Medicated Oil, pokoke taksayang-sayang tenan lah ahahha. Santai aja kami jalan, yang penting kalau antug tuh bobok aja, mlipir di Rest Area. Bobok sejam-dua jam, penting nyampe rumah selamet.

Tepat pukul 00.00 WIB awal pergantian tahun 2023 ke 2024 kami tahun baruan di tol Jakarta. Pada jam itu, langit Jakarta tampak bercahaya dengan kembang api yang menyala, bergantian dari satu titik gedung satu ke titik gedung lainnya, memecah malam......















"Nduk...bangun...tahun baru ki lho, liat langite kui.."

Mbul pun bangun diopyak opyak Tamas, tapi mata masih riyep-riyep, hehehe...Begitu buka mata....He em...bener lho...udah pada gemebyar kembang apinya di langit Jakarta. Bener-bener antimainstream, kami tahun baruan di tol...hehehe








10 komentar:

  1. Mba Mbul Gambarnya seger-seger apalagi pas bagian buahh strawberrynya ..akkk enak beud pandangnya.
    aku menemukan buah strawberry segede itu ketika di Megetan ketika di Sarangan jawa timur, Liat foto2 yang Mb Mbul Upload jadi rindu ke sna lagi. huhuhuh

    BalasHapus
  2. ...that sure is a big glass of milk! I slept through the New Year, I needed my beauty rest.

    BalasHapus
  3. Wah ada statue of liberty di Kota Madiun!

    BalasHapus
  4. Nampak kaki ayam goreng di situ!

    BalasHapus
  5. Boa tarde de sábado. Férias maravilhosas. Parabéns por suas lindas fotos e dividir conosco.

    BalasHapus
  6. Kota Kudus dan Rembang aku belum pernah kesana mbk...Jawa tengah itu pan ya...kota Kudus itu yang ada pabrik rokok kretek Kudus itu bukan ya hehehe...entah masih ada gak pabriknya,kayak pernah denger gitu, makanan khas soto Kudus akuoun sering denger aja,tapi belom pernah nyobain sama sekali,ternyata dari daging kerbau ya...pasti seger kalo liat isinya,banyak dan kuahnya berlimpah.
    Kota Batu malang aku udah pernah, dingin banget ya di sana,apalagi malam hari, kotanya tertata rapi dan banyak buah "juga di salah satu tempat wisata apa gitu pokoke daerah batu,..aku dulu pernah ke salah satu tempat wisatanya namanya udah lupa,udah kelamaan,jaman anakku masih kecil😁,..wah jakany"mbk Mbul lumayan jauh dan banyak juga tempat "cantik yang di singgahi,belom lagi kulineran ya yang sedep"👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba Heni...kudus terkenal sebagai Kota Kretek😁
      Dulu SMA kelas 2 tuh aku dikirim lomba karya Ilmiah Remaja tingkat provinsi tempatnya di Universitas Muria Kudus. Balik ke sini lagi kemarin pas mau liburan hihi...Jadi keinget lagi kota kudus dan sotonya...Kotanya sejuk...kukinerannya mantab. Soto kerbo enak juga mba, dagingnya dimasak hingga empuk dan potongannya tebel...seger...

      iya mbak kalau di Mbatu ini aku sukanya karena kota apel jadi aku paling ngga ke wisata petik apelnya itu soalnya dari kecil pengeeen banget liat pohon apel langsung...biarpun bukan apel washington yang merah tapi apel hijau mbatu juga enak...hihi 😊

      Hapus
  7. Asik banget nih Mbak jalan-jalan nya.
    Dari beberapa kota yang Mbak sebutkan diatas, hanya Madiun dan Magetan yang sempat saya singgahi. Itupun hanya lewat saja waktu kemarin saya ke Ponorogo.
    Sajian makanan yang Mbak sajikan disini, sangat mengundang selera. Saya suka soto Kudus, dulu waktu di Bekasi sering membeli. Di Sukabumi belum sempat saya cari dimana ada pedagangnya.
    Senang membaca posting Mbak yang selalu lengkap dengan foto-foto.

    Salam,

    BalasHapus

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ฅ(^・ω・^ฅ)