Jumat, 15 Maret 2024

Gurame, Cah Beby Buncis, Capcay...



Assalamualaikum wr wb....
Udah hampir memasuki pertengahan Ramadhan. Sampai ga pernah ngitungin udah puasa hari ke berapa. Tapi kali ini Mbul akan tulis menu bukaan puasa pas Hari Minggu dan Senin semalam ya. Mbul ada beberapa jenis lauk anyar yang pastinya enak banget dan cocok untuk maem semuanya. 





Hari Minggu malam, menunya itu ada gurame, cah beby buncis dan juga capcay sayuran berkuah. Menu kesukaan Tamas banget. Soalnya ada ikan yang kali ini disalut tepung dan dislice kayak nugget. Jadi gampang maemnya. Terus yang paling enak lagi adalah cah beby buncis yang dimasak seperti ala resto. Buncisnya pake yang baby buncis dan rasanya itu krancy karena ada bawang putih cincangnya. Terus ada sedikit kuahnya yang agak kental karena larutan maizena. Porsinya imut banget, tapi malah jadi kemakan banget. Ga ada yang mubazir.

Next, capcay sayuran berkuah kesukaan Tamas. Capcaynya kali ini lumayan lengkap. Walaupun ga ada seafoodnya sih. Tapi pake ayam. Nah, sayurannya itu yang lengkap. Karena ada jamur kancing, pokcoy, sawi, kol, dan wortel. Kuahnya dibikin seger banget. Rasanya light atau ringan jadi bila dimaem itu pas aja ga bikin kekenyangan. Cocok buat pecinta sayuran kayak Mbul.






Untuk menu selanjutnya adalah masakan Mbul hari Senin. Ini sekaligus buat buka jadi Mbul masak agak banyakan. Ga banyak bangat sih tapi ngepasi jumlah anggota keluarga agar bisa dimaem pada saat buka dan sahur. Tapi khusus untuk Kakak dan Adik jam maem kayak biasanya hehe...

Menunya ada sop sederhana, oseng pare, tempe goreng tepung, bakwan dan tahu isi. Tapi bakwan dan tahu isinya beli. Ditumbaske abis pulang dari kantor. Yang lain baru Mbul masak sendiri. Simpelan aja karena ngentekke persediaan sayur di kulkas.























Sopnya kali ini Mbul bikin beningan aja atau ga banyak yang kumasukkan ke dalamnya. Hanya ada wortel, kubis, daun bawang dan seledri. Terakhiran kubikin bawang merah goreng cuma di foto lupa ga kutaburkeun di sopnya, jadi brambang gorengnya masih ada di serogan hehehe. Tapi ini yang bikin enak karena emang iris langsung biar terjaga kerenyahannya dan juga aromanya wangi. 

Oiya, untuk sambel sopnya Mbul pake sambel kecap yang dah diajarkan Ramane kepadaku. Sambel kecapnya itu pake bawang putih yang dicincang halus abis itu ditumis bentar. Terus uleg cabe rawit dan ongseng bentar...Nah, bawang putih cincang dan cebe rawit uleg yang dah diongseng tadi satukan ke dalam lambar, terus kasih kecap. Jadi deh sambel kecap yang cocok buat sayur sop.



















Abis itu ada oseng pare yang enak banget dimaem tempe goreng anget balut tepung beras yang banyak irisan daun bawang dan seledrinya. Horeeee...Mbul dah ditumbaske daun bawang dan seledri ama Ramane jadi kalau mau bikin mendoan basah atau tempe salut tepung kriuk bakalan tempenya tuh wangi karena daun bawangnya itu tadi. Rasanya pun jadi lebih renyah dan juga gurih. 














Untuk dessertnya, akhirnya Ramane ngejuskan buah naga merah nanti ditaruh dalam kan berwarna pink buat seger-segerannya. 
"Sekali-kali mimike jus kan Dek..." 
"He em...he emm..."

Es buahnya prei dulu. Karena jus buah juga seger ternyata.....















Ga kerasa ya, lumayan banyak juga update-an Mbul untuk buka dan sahur ini, hehe. Mbul seneng nulis menu buka dan sahur emang buat jurnal diri sendiri, biar kalau pas bingung mau masak apa Mbul ada range-range-annya, hehe. Mudah-mudahan puasa kita lancar selalu ya. Puasa dengan hati yang bersih, insyaAlloh akan menjadi nilai kebaikan buat kita yang menjalankan...


6 komentar:

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ฅ(^・ω・^ฅ)