Jumat, 29 Maret 2024

Sore-Sore Mbul Cari Asinan & Es Teller Singkawang....



Assalamualaikum wr wb...
Jumpa lagi dengan Mbul di sini. Apa kabarnya Teman-Teman? Semoga selalu dalam keadaan baik ya. Udah memasuki minggu-minggu terakhir Bulan Ramadhan, masih pada semangat kan? Apa udah pada oleng nyiapin keperluan Lebaran, hihihi. Mbul yakin Teman-Teman masih pada semangat dan Mbul doakan semoga segala sesuatunya berjalan lantjar ya. Mbul masih di sini-sini aja sih. Masih di rumah kami yang di perantauan, belum mudik. Mudiknya mungkin ntar-ntaran aja, dekat-dekat Lebaran atau tergantung ama yang nyetir (baca : Ramane red). Jadi masih semangat ngiter-ngiter sore, kalau masak udah mulai oleng. Hahhaha...Kadang pengen beli masakan jadi aja, masakan mateng. Terus sahur juga pake yang simple aja, biasanya sama kayak buat bukaan tinggal diangetin aja atau ya paling ga nyeplok telor atau apa gitu, bikin mie rebus, sarden, hihihi.






Nah, pada kesempatan kali ini, Mbul akan cerita tentang jalan-jalan sore kemarin yang dikumendani oleh Ramane. Ya ngiter-ngiter deket rumah aja. Belom sempat belanja keperluan Lebaran, ntar deket-deket mau mudik paling hihi. Jadi kegiatan Mbul masih seputar sini-sini aja, yang ringan-ringan aja, soalnya kalau belanja keperluan Lebaran termasuknya hectic. Nah, kalau ngabuburit itu itungannya masih santai. Terutama yang paling Mbul suka itu ya jalan-jalan sore sama Tamas cari takjilan hihihi. 

Dan Mbul akan mulai tulis kegiatan di 2 hari kemarin yaitu nyari takjilan di puasa hari ke-19 dan ke-20. Pertama di puasa hari ke-19 dulu ya, dimana semuanya pada kebluq padahal Mbul dah siap dari jem 15.00 WIB. Abis Mbul kelar mandi en badan wangie, Mbul tengok kamar ealaaaaa malah pada mlungker koyok tembukur wkwkwk....anteng bobok. Ntah knapa bobok di Bulan puasa kenikmatannya lebih haqiqi ya hahah...Yawda, Mbul pun baru bisa cabcus setelah Ramane bangun...dan kami pun bisa beneran jalan pas udah jem 17.00 WIB. Udah deket-deket mau magrib. Soalnya arahnya lumayan jauh. Kami sempatkan dulu mampir ke Es Teller Singkawang karena udah lama banget ga num es nya yang seger itu. 







"Es Teller Singkawang rasanya otentik. Manisnya khas. Tapi warnanya kalau es serutnya dah mencair kok jadi kurang syantik kayak pas es serutnya munjung iya Tamas. Warnanya jadi kena cincaunya dah..." Mbul merasa sayang...Warna jambon es teller Singkawangnya jadi agak dark hahaha. Mbul ga gitu suka warna dark hahahah...Padahal cincau tuh enak. Makanya kalau pas ada cincaunya Mbul lebih seneng langsung minum gluk....gluk...gluk.. Daripada takpotoin hahhah...
"Yowes, Dedek pesen sing ga usah pake cincau aja..." Tamas mulai menyarankan. 
"O bisa gitu ya.....?"
"Yo he em nuw, wes sono Dedek yang mlaku bentar ke depan soale iki kendaraane ga mlaku-mlaku kena maced pertigaan."

Ukey deh, akhirnya Mbul pun manut. Sementara kendaraan masih stag dihimpit depan belakangnya, Mbul buka pintu tengah dan jalan ke depan beberapa meter buat beli Es Teller Singkawangnya. Rencananya mau beli buat dibawa pulang diminum di rumah. Memang agak pe er sih kalau lewat jalan sini pas Bulan Puasa, cause ramenya bukan maen. Mbul itu kalau di tempat rame suka ngeblank. Karena Mbul anaknya suka ketenangan #tsaaah. Tapi egak pa pa ding soalnya tadinya Tamas kan emang lagi pengen cari duku karena lagi musim duku kan? Biasanya musim duku tuh barengan ama musim rambutan kan. Cuma kami lebih pilih beli duku walaupun harus mandeg di 2 Abang duku Plembang sekaligus biar dapat yang oke. Kalau rambutan mah di desa juga banyak pohonnya hihi. Di pasar juga uakih.....Itu ntar lah. Nah, sekarang lagi pengennya duku dulu.

































Yang pertama adalah duku di kabupaten. Itu duku kok bentuke besar-besar timen Sayank, tapi pas didekati eeeeh ternyata masih belom terlalu mateng. Masih agak ijo dikit. Ga sekuning Plembang. Pas ditanya Ramane eh bener kata Abang Dukunya itu duku Rangkas, bukan Plembang punya jadinya ya ga sido beli. Kami kan maunya duku Plembang yang manis biar kata ada grade-gradenya juga. Makanya kami bisa nyampe daerah deket Es Teller Singkawang karena di situ emang banyak penjual duku Abang-Abang Pick Up-an. Sebenernya ini lumayan jauh juga dari rumah. Jadi akhirnya ngepasi magrib masih di jalan. Dan arah pulange ga sempat masak. Jadinya beli pecel lele Kemal saja. Kami beli beberapa lauk biar bisa sekalian buat sahur juga. Oiya pas di deket Es Teller Singkawang, Mbul juga sempet jajan batagor buat ngebatalin puasa pas magrib tiba. Selain itu beli donat kesukaannya Kakak dan Mas Montogh, 1 dus isi 6 pcs donat. Donatnya donat kentang. Toppingnya warna-warni. Lucu..

Sesampai rumah, Es Teller Singkawangnya Mbul taruh di mangkuk. Ternyata bener juga, kalau ga pakai cincau warna Es Teller Singkawangnya jadi lebih cakep. Merah jambunya jadi lebih kerasa. Isiannya itu ada alpuket, tape singkong, kelapa muda kerok, agar-agar, kacang merah, rumput laut, kacang hijau, kolang-kaling dan kacang tanah sangrai. Sirop jambonnya sih yang bikin wangi dan legit. Dan itu jadi ciri khas yang bikin banyak orang suka.



































Nah, malam-malam, usai sholat Tarawih, Mbul digandeng Kakak karena di depan ada Oyen. Kakak dan Mbul emang paling antusias kalau udah ada Oyen ngetem. Oyen mulanya lagi boboan di dekat motor, abis itu Mbul inisiatif kasih ayam krispi dan lele eh dia happy bener wkwkwk...Maemnya anteng ga ngeok-ngeok lagi. Terus temannya si kucing jantan satunya yang lebih kuyus lagi datang, sekalian aja takkasih maem juga hahahha... Abis kenyang, Oyen ngulet-ngulet bentar, streching, pindah posisi terus rebahan lagi di bawah pohon bougenville warna fuschia hahahah...


















































Next, ngabuburit puasa hari ke-20. Mbul ama Tamas dah jalan agak sorean. Sekitar jam 16.00 WIB. Walaupun ayah sama Mas Montogh kompakan bubuk dulu sejam sebelumnya ahhaha. Yawdah biar ga kesorean kayak kemarin, maka kami pun cabcus jam 16.00 lebih dikit. 



















































Kali ini untuk seger-segerannya ada asinan buah dan es timun suri merah jambu bikinan Ramane. Kalau takjilannya ada tahu isi, bakwan, tempe, ama ubi goreng. 

"Maemannya mau apa Dek?" 
"Mmmm...apa ya.."
"Gimana kalau sop kaki Kambing Pondok Tuang aja, Dek?." 
"Mbul ngikut aja dah, manut."
"Bener lho Dek.....ntar aku taktumbas soto aja po...." Ayah mulai ngledek
"Uh ugah selain soto laaah..."
"Jarene meluw?"
"Yo tapi selain soto ah, huft."
"Yowes sop kaki kambing Pondok Tuang aja ya."
"He em." Mbul angguk-angguk. 
"Tumben Mbul anteng?" 
"Hmmmm.....Penting Mbul dah dapat gorengan tauk juga asinan makanya anteng wkwkkw. 
"Biasane Mbul kan koyok terwelu gitu, suka nguk...nguk...wkwkwk."
"Ah urak dun....Mbul kan anak manis, Mbul anteng."

"Eh tapi Dek, Sop Kambing tar cuma buat bukaan aja ya" Ayah tetiba merasa antara jadi dan ga jadi ngajakin beli sop kambing. Itu pas kendaraan dah diparkirkan di depan halaman minimarket yang emang seberangnya Pondok Tuang. 
"Opo karedok aja Dek?" Ayah balik nanyain yang belum sempad Mbul jawab dah langsung dirinya memutuskan. 
"Dah karedok aja ya...praktis cepet bikinne." Kebetulan bapak karedoknya emang ada di eperan minimarketnya. Jadi ga perlu nyebrang jalan yang rame kayak wartendnya Pondok Tuang. Yawdadeh..Mbul juga suka karedok sih. Soalnya lebih based ke sayur-sayuran. Enak gitu di weteng aku hahaha...



Mbul menggambar jalan-jalan sorenya Mbul & Ayah 

Hibiscus merah yang ini dah kembang 

Hujan membuat basah kebunku

Hibiscus (kembang sepatu yang pink)

Manis ya....

kelopaknya cantik...

Salah satu kembangan yang cepet banget mekar

Bougenvilleku yang di atas dah mulai kembang juga

Yen...yen...yen....Oyeeeeeeeeen ฅ(^・ω・^ฅ)

Menu bukaan kita kali ini mayan komplit : Karedok, asinan, tahu isi, tempe, ubi, bakwan, es timun suri bikinan Ayah

Alhamdulilah....

Tahu isinya memanggil manggil diriku....nyum nyum

Asinan buahnya Mbul suka hacem manis segar

Like the beautiful orchid

Besok kalau pas Mbul pulang ke desa mau ah belajar nanam anggrek sama ibuku hihi

Mana yang paling Mbul suka? Cuba tebag?

Asinannya slurputable aneeth...

Paling suka nenas ama salaknya...

Kuahnya seger banget

Es timun surinya tjantik ya

asinan buah, es timun suri, karedok

karedoknya ada terung gelatiknya (yang kecil imut), kol, kacang panjang, timun, toge

Bumbu kacangnya kental, Mbul suka sih

Paling suka nyeplus cucumber, seger

Terung gelatiknya juga enak

Karedok yang fresh

Tahu isinya masih hot....

Enak diceplus bareng lombok ijo

Tahu goreng yang memanggil-manggil diriku

Sore-sore bikin es timun suri : kerjaan Ramane 😋

Ngabiskeun sisa timun suri di kulkas

Mbul pengen kembangan yang ditanem itu hihi

Indahnya suasana sore menghadap persawahan



I wear my favourit hijab with soft color

Ini dia favorit akuuu




Kucing ini tidak demen nge-graorrr, dia termasuknya anak manis 

Merem-merem

Kalau abis dinasihatin Ramane, berlindungnya ama Mbul hahahha














"Tumben ayah mau sayur-sayuran. Ceritane Ayah lagi diet pow, hihi?" Mbul iseng menowel pipi ayah dari belakang abis itu tangan ini malah diletakkan di pundaknya.
#suruh pijit-pijit (*・ω・ノノ゙☆゚゚
"Iyo lah Dek...Tadi kan aku dah olah raga juga bounce dance pake music, Mbul kudune ngikut neng mburiku, kita dance bareng wkwkwk". 
"Aduuuuh Ayah mah ga usah diet, segitu udah pas, udah ideal...udah proporsional. Ayah kan tinggi. Udah segitu pas bangad kalau kata Mbul. Malah Mbul aja kali ya yang musti gembesin pipi ama paha hahahh? Mbul kan nda gitu tinggi. Tinggi Mbul cuma setinggi Avril Lavigne waktu nyanyi lagu I'm With You wkwkw." 
"Ojo Mbul...Mbul itu bahenol *uhuk* maksudnya udah pas segitu...padet berisi, sekel. Enak disawange. Sing penting kita berdua rajin olahraga aja Mbul. Tiap hari... Ntar karedoke tetep dimaem mbi nasi loh ya. Mesakke lambungmu..." #Ow Ayah mang segitu ketatnya kalau suruh liatin Mbul maem biar ga skip nasie ahhahah...

Padahal biasanya karedok kan dimaem tanpa nasi (-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩___-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩)(づ ̄ ³ ̄)づ














Tapi terlepas dari itu karedoknya enak loh. Beli di Gado-Gado Salwa yang juga jual karedok sama ketoprak. Karedoknya sendiri berisi sayuran kacang panjang, terung gelatik, timun, kol, dan toge. Seger banget aroma kencur dan sambal kacang yang kental. Tak lupa dimaem bareng kerupuk udang. 

Demikianlah kerandoman Mbul hari kemarin. Nextnya dah mulai ga konsen nih bentar lagi persiapan menuju Lebaran hihihi. Mbul belum ada gambaran mau pake apa aja. Paling Mbul pake jilbab koleksinya Mbul aja. Yang tercomfortable sih segiempat laser cut yang Mbul sering pake di foto itu hihi. Okey, kayak gitu dulu update-an Mbul kali ini. Semoga hari ini menyenangkan. See you and dadaaah...

~Mbul Kecil~



28 komentar:

  1. Ohhh!! The cat is cute!!!! Have a nice week

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kucingnya imut
      ヾ(❀╹◡╹)ノ゙

      Hapus
  2. Teringat Oyen wak yang sudah tiada

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi turut sedih Wak

      (-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩___-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩)

      Hapus
  3. Boa tarde de segunda-feira. Um início de mês de abril com muita paz, saúde e novas realizações de grandes projetos. Vontade de provar um pouquinho de cada, dessas delícias.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Sahabat Luiz
      (*・ω・ノノ゙☆゚゚

      Hapus
  4. Macam tertarik untuk cuba esteller singkawang bagaimana rasanya

    BalasHapus
  5. Uwhh

    Langsung lapar lihat foto-fotonya Mbak Mbul

    Cute cattt

    BalasHapus
  6. ...Mbul, I love the flowers and the rice fields! Take care and be well this week.

    BalasHapus
  7. Balasan
    1. Makasi uda berkunjung ke blog Mbul ヾ(^-^)ノ

      Hapus
  8. Balasan
    1. Mbul juga suka donut terutama yang toping pink ama yang isinya selai stroberi 🍓🥯

      Hapus
  9. Selamat membuat persiapan lebaran ya, Mbul.
    Terasa kesegaran menikmati Es Teller semasa berbuka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak segar kak...aslinya dari kota singkawang ini es 🍧

      Hapus
  10. Di tempat mbul ternyata lagi musim duku juga ya. Disini juga banjir duku, hampir tiap orang di jalan jualan duku, harganya juga murah 7500 sekilo, berarti sepertinya dulu Rangkas ya mbul, kalo Palembang pasti mahal 15 ribu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilah Mbul dapat yang manis Mas Agus 😊

      Hapus

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ฅ(^・ω・^ฅ)