Selasa, 09 April 2024

My Lovely Hometown



Assalamualaikum wr wb....
Yeayyyy! Mbul dah nyampe di desa (lagi). Tapi kali ini dalam rangka mudik Lebaran. Mbul dah otw dari Sabtu siang kemarin. Nyampenya Minggu pagi. Alhamdulilah perjalanan lancar. Mbul, Ayah, Kakak dan Adik jalan via darat. Ga ada kemacetan yang berarti, bahkan di Tol Cipali pun mulus. Udah dibuka contraflow, tapi ga sadar. Sadarnya pas ngliat sisi kanan jalan, kendaraan udah pada searah semua hahahha...Jadi kami ga lewat contraflow, tapi di jalur yang sebenernya. 





Kayaknya itu bukaan contraflow di bawah tol MBZ deh (Mohammed bin Zayed), soalnya kan kami lewat atas jadi ga tau bukaan contraflownya sebelah mana. Tau-tau pas km berapa gitu di Tol Cipalinya, kami ngliat jalur sebelah, eh lha kok kendaraan udah searah semua yakni ke Jateng-Jatim hahahhahaha... yang mau ke Jakarta dah ga ada.

Oiya, sebenernya H-1 sebelum mudik, Mbul tuh sempet agak-agak greges gimana gitu. Antara mriyang dan ga mriyang. Ga tau deh tiep mau perjalanan jauh sangking kepikiran perjalanannya kayak apa, pas H-2 nya malah rada mriyang. Badan anget, sampe Mbul akhirnya diuyeg-uyeg Ramane dulu, diminyakin tengkuknya, juga sebadan-badan dipijit-pijit ampe grenjel-grenjel anginnya ilang. Pantad dipencet-pencet wwkwk. Alhamdulilah udah rada entengan sih. Nah, buat meminimalisir biar ga patio kliyengan, maka mudik kami tunda sehari dari Jumat sore menjadi Sabtu siang. Ya, packingnya dari Hari Kamisnya sih, sekalian bersiin rumah hehehe...Mungkin Mbul kecapean kali ya jadinya meriang masuk angiend. Tapi berasa kayak tipes hahaha...Lutju juga ya, udahlah mau puasa diawali dengan mriyang dulu, eh akhir puasa juga diakhri dengan mriyang lagi hahahha. Tapi begitu nyampe di kampung halaman, alhamdulilah malah langsung cembuh...MasyaAlloh Tabaroqalloh. Cuma emang kalau pas siang egak tau kenapa cuaca panas banget. Jadinya mandi tuh kayak ga keitung berapa kali dalam sehari hahahah...sangking Mbul ngerasa siang di desa tuh hot. Jadi ya itulah cebang-cebuwng mulu. Untunglah Mbul dah sangu sabun Shinzui Sakura yang botolan gede, juga Ponds... Mbul jadi berasa kayak Shirahoshi dah ah (づ ̄ ³ ̄)づ






Jadi kami itu berangkat dari Sabtu pagi sekitar jam 10 dari rumah. Tadinya mau jam 7-8, tapi kenyataannya bisa beres jam 10-an hahah. Kami mampir Jakarta dulu karena Ayah mau beli batik. Satu buat dirinya, satu lagi buat Bapak di kampung. Cuma karena gerai batik yang mau kami tuju tutup, maka akhirnya kami alihkan ke gerai yang di Panglima Polim walaupun ternyata yang di situ lebih kecilan dari yang di Tomang Raya. Tapi alhamdulilah Ramane nemu batik yang slim fit dan oke buat hari raya. Emang setiap lebaran Beliau selalu senang beli batik sih baik itu untuk dipake sendiri dan satunya di kasihkan ke Bapak. Jadi kayak udah jadi kebiasaan dari tahun ke tahun.

Nah, singkat kata, setelah dapat batik yang okey, kamipun melanjutkan perjalanan. Karena jam juga udah siang banget. Udah lepas dzuhur. Makanya biar paling ga masuk tolnya ga patio kesorean, maka kamipun cabcus. Kakak sama Adik dah dikenyangin dulu pake ayamnya McD, kentang goreng, sama telor omelet (paket hot), terus di Rest Area mana gitu kami juga belikan dunkin donuts tapi yang putih semua dan di dalamnya ada isian selainya. Ada yang isi selai cokelat, selai stroberi, dan selai srikaya). Ya, antaranya Jakarta-Halim, Cikunir semuanya lancar. Masuk ke Cikampek rada antre, tapi menuju Cipali muluuuuuus.







Udara di luar kebetulan lagi mendung-mendungnya. Tapi mendung tak berarti hujan. Malah jadi adem, dan menuju magrib tuh udah nyampe Cirebon aja. Tadinya kan mau buka puasa di situ tuh (baca : Rest Area Cirebon), cuma karena parkiran penuh akhirnya ga jadi. Kami bablas aja mpe Pejagan, ntar cincailah mau maem dimana. Mungkin sate-satean kali ya, karena Ramane lagi pengen sate agaknya hihi. Dimanapun tempatnya Ramane selalu antusias ajakin Mbul nyate. Terutama sate kambing.

Kalau untuk kuliner sate, Mbul sebenernya suka semua. Baik ayam maupun kambing, Mbul ga ada kecenderungan. Ayam hayuk, kambing juga hayuk. Kalau ayam lebih ringan sedangkan kambing lebih berad. Tapi karena Mbul ada darah rendah jadi maem kambing aman aja. Yang penting masaknya tuh well done. Kalau Ramane mah sukanya yang medium rare haha. Aku? Kalau disodorin medium rare pasti takkasihkan semua ke Ramane huhu  -_______-"












 

Buka Puasa di Kede Sate Kambing Darsono, Pejagan

Benar aja, pas nemu 1 kede sate enak daerah Pejagan, langsung aja Ramane cabcus gandeng diriku supaya mandeg situ aja. Ngisi peyud dulu sekalian buka yang dah ketelatan. Tadi dah mbatalin dikit pake donuts sih. Tapi kalau belum ketemu nasie, Ramane belom berasa maem hahahha #anak petani sedjatie. 

Jadi setelah dapat kede satenya, akhirnya kami mau dine in aja di tempat. Nemunya itu Kede Sate Kambing Darsono. Kenapa jadinya melipir ke sini, karena sejak Beliau ngliat kaki kambing yang digantung-gantung dengan indahnya serta ada Mas-Mas penjaga satenya yang sedang asyik ngipas jadi ya Ramane langsung tertarik melipir. Apalagi kambingnya pake kambing batibul...jadinya empuk banget seperti Embul wkwkw.




















Sate disajikan fresh dengan sambal kecap dan irisan bawang merah serta tomat. Ada yang pure kecap. Ada pula yang dikasih sambal kacang juga. Tekstur daging batibul itu empuk bahkan di selipannya ada potongan hatinya juga selain gajih yang which is itu kesukaan Ramane banget. Nah, tapi berhubung Mbul lagi rada  muleg-muleg malam itu (akibat masih sedikit masuk angin tadi), maka sebagian satenya Mbul taruh di piring Ramane hahaha...peace ya Ramane...Abis itu Ramane langsung pend njiwel pipinya Beb Mbul. Tapi satenya enak. Terutama pecinta sate kambing.

Nah, usai buka puasa yang dah terlanjur kemalaman, kamipun berniat untuk melanjutkan perjalanan. Cuma ternyata liwat jalur alternatif yang tibake adalah daerah Songgom...Wah..wah...mana rada peteng gitu kan dan pinggir-pinggirnya kebon jagung jadi sepi. Lampu jalan kok jarang amat? Ah, bismilah deh...yang penting perjalanan lancar dan nanti ketemunya jalan raya. Bener aja, selang beberapa jam muter-muter, dari arah depan dah muncul lalu lalang kendaraan besar. Artinya kami dah ketemu jalan raya lagi jadi rute selanjutnya insyaAlloh apal. Kalau Songgom tadi baru pertama kalinya lewat, tapi alhamdulilah ga nyasar.












Singkat cerita, karena Mbul juga udah antug banget (keblug juga ya Mbul niw, matjam bayi besar aja hahah), akhirnya menuju pagi Ramane membangunkan diriku. "Dek...Dek...Dek ...bangun Dek. Noh liat, langitnya warna pink. Biasane siro seneng motreti langit." Uwaaah....Mbul pun masih riyep-riyepin mata, begitu mata belo ini terbuka waaaaaaah...Subhanalloh indahnya warna langitnya pink~ungu~biru dongker~oranye dari sinar matahari yang mulai merangkak naik perlahan-lahan.

Ke Torjo Dulu

Hari pertama tiba di desa, kami nginap dulu di tempat Uti. Nanti sehari kemudian baru ke tempat Bapak Ibu. Abis itu balik lagi ke tempat Uti nyiapin menu-menu Lebaran. Nah, di tempat Uti ini sampainya pagi. Kitarannya jam 7 pagian lah. Tapi matahari bersinar hangat. Cuma pas tiba di muka halamannya tuh, mata ini langsung tertuju ke pohon rambutan tinggi samping rumah Mbah Uti. Wow rambutannya lagi berbuah lebat. Mana warnanya merah banget lagi. Ah, cakep banget. Kata Tamas sih, dulu di belakang rumah ada juga pohon lainnya, tapi yang itu dahannya lebih pendek jadi gampang dilandak. Sayangnya ama Alm Kakung pohonnya ditebang, jadi yang tersisa tinggal yang tinggi ini aja. Sebagian malah buahnya pada jatuh ke atas atap wkwk. Tapi kami ga ngempet rambutan dulu sih, karena mau istirahat dulu sekalian bersih-bersih badan yang dah lengket semua di perjalanan yang memakan waktu belasan jam. 













Ke Pasar Prepegan Kutoarjo

Bila pulkam, ga lengkap rasanya kalau Mbul belum diketeng Ramane haland-haland ke Pasar Kutoarjo. Siang abis kelar boci (bobok ciang), Mbul dibawa kesana sekalian ngadem di AC kendaraan hihihi.. Nah, Minggu itu masuknya dah mulai Prepegan jadilah pasarnya rame. Tadinya kan Ramane mau cari rebung atau bung bendet tuh, cuma karena ga ada, maka akhirnya ga jadi. Kami malah ngeliat clorot kue khas Kutoarjo kesukaan Ramane, pete dan juga jajan kiloan makaroni + lanthing. Yaudah beli itu aja. Untuk clorot seganthetan kena Rp 15 ribu. Bentuknya panjang, cokelat dan diunter-unter daun kelapa. Rasanya kenyal dan juga legit. Kayak jenang. Cara maemnya gimana? Gampang aja kok, tinggal dilepas unter-unter daun kelapanya lalu dimaem kayak kalau kita maem sosis. Mau beli galundeng ga jadi. Jadinya clorot aja. Ga lupa Ramane tertarik beli alu dan juga lumpang dari kayu karena nanti  pas balik ke rumah kami yang di rantauan doi punya cita-cita mau ngajarin Beb Mbul bikin sambel pecel hasil nutuw sendiri hihi. "Iki ngesuk nggo ngajarin Dek Mbul gawe sambel pecel ki wkwkkw." Waduh Mbul yang jadi kelinci percobaan nutuwnya dah hahaha.











Di Pasar Kutuarjo bagian atas juga nemu bakul kolang-kaling dan juga buah langka bernama kepel. Sebenernya di rumah Om aku ada nih pohon kepel. Dan kemarin ibu diteri karena di kebonnya sedang panen kepel ama duku. Tapi karena belom ngetan, makanya belum sempat rasan kepelnya. Kepel tuh buah ndeso kesukaanku banget. Kata Mas Heru Gundul yang ada di Jejak Si Gundul, kan ini disebute Buah Putri Keraton juga) karena aromanya yang wangi. Dan bila sedang berbuah pada bagian batang bawahnya itu akan nggombyok-nggombyok ndompol gitu kepelnya. Tapi akhirnya Tamas ngajakin Mbul beli kepel beneran keesokan harinya pas mau ke rumah Bapak Ibu. Tapi belinya di Pasar Baledono Purworejo depan Jodo Swalayan Purworejo.

Nah, sore di hari pertama ada di desa, Mbul di tempat Mbah Uti dulu. Menjelang jam buka puasa, kami menyempatkan mampir beli es kelapa muda langganannya Tamas dan Fried Chicken kesukaan Kakak dan Adik. Fried Chicken ini unik kalau kata Tamas. Sebab bukanya itu saklek jam 5 sore. Udah mepet bedug magrib baru gelar dagangan. Kalau umumnya kan orang jualan menu bukaan atau takjil dimulai jam 3 sore ya, nah ini lain. Yang ini jam 5 baru buka. Luar biasa percaya rejeki itu ada aja datangnya dari Alloh. Jadi buka jam 5 pun ga khawatir kehilangan pelanggan sebab percaya rizkinya dah dijamin sama Alloh. 














































Kami sendiri paling suka beli fried chicken bagian kepala ama ceker. Di situ kremesannya lebih terasa gurih. Cocok banget dipadu padan ama oseng kacang panjang dan mimiknya es kelapa muda original. Seger....

Keesokan Harinya Baru Otw ke Rumah Bapak Ibu (Rumah Masa Kecil Mbul di Desa)

Hari Senin sore jadwalnya ke rumah Bapak Ibuku di daerah kulon #asyik-asyik. Jam setengah 2 siang dari tempat Mbah Uti mau ke Purworejo dulu sekalian ngadem di kendaraan. Ga taunya bablas mpe jauh.   Tibalah di Pasar Baledono dan ketemu kepel. Tamas akhirnya belikan Mbul rambutan ama kepel buat dibawa ke tempat Bapak Ibu. Arah baliknya mampir ke Snack Kiloan karena mau belikan Bapak Ibu jajan Lebaran sekerdus. Dapat beberapa macam seperti cheese stick bawang, kue sagu keju, kue jahe, kue yang ada warna warninya, dan kacang mete.






































































Mbul juga mampir beli fried chicken dan gembus buat dimaem rame-rame, menul-menu anget enak deh. Menu maem bukanya di 2 hari menjelang Lebaran itu ada krecek telur puyuh, gulai nangka muda (gori ala ndeso tapi enak), ayam goreng basah, fried chicken, sambal terasi, telur asin, dan peyek dele. Nyam....nyam...

Nah, malam seusai tarawih Mbul baru natain buah-buahan kayak rambutan ama kepel. Kepelnya manis. Dalamnya oranye. Bijinya besar-besar, tapi yaitu manis dan wangi. Buah kesukaan Mbul banget. Ini kalau di kota belum tentu nemu. Tapi di desa lagi musim hehehe...  
































Kalau agenda pagi ini mulai persiapkan menu utama Lebaran. Bapak ibu ada masak rendang daging sapi yang pengerjaannya dikumendani oleh Bapak hahha...Bapak sama Tamas sama-sama pinter masak juga. Mbul juga sih, tapi masih harus banyak belajar dari mereka hihi. Rendang daging sapi dipakein bumbu ulegan sendiri nanti ditambahin telur rebus...Kasih sambel dan kerupuk udang jadi deh hidangan Lebaran yang mantab...
















My Father yang bikin rendang daging sapi untuk Lebaran nanti ditambah telur rebus

Akhir kata, Aku mau mengucapkan Selamat Hari Lebaran, Minal Aidzin Wal Faidzin buat Teman-Teman blog Aku semua, mohon maaf lahir dan batin ฅ(^・ω・^ฅ)ヾ(❀╹◡╹)ノ゙(www.gembulnita.blogspot.com)




~Mbul Kecil~

14 komentar:

  1. Oalaaah mudik juga toh nit. Asiiiiik bangeeet 😍😍😍. Kadang kangen ama meriahnya mudik di solo.

    Sate batibul itu memang ga ada yang ngalahin ya kalo daerah Jateng. Semua enaaaaak, krn potongannya gede2, ga ada yg prengus dan empuuuuk. Aku selalu suka kalo mampir di kota2 kayak tegal, pamulang, satenya enak2 bangetttt.

    Dah lama ih ga makan peyek dele. Aku juga sukaaa ini. susah carinya kalo di sini kan 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Fanny...asyik banget walau pas menuju mau mudik malah agak cenad cenud saking hecticnya ampe ngeblank yang mau dibawa apa aja hahahha (。•́ωก̀。).。oO

      akhirnya ada yang ketinggalan hahahhaha
      (-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩___-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩)ฅ(^・ω・^ฅ)

      oiya mba fanny kalau mudik pasti ke tempat suaminya mba yang di Solo ya, kalau ke Medan emang mahal hahhahahahah...
      ⊂(● ̄(エ) ̄●)⊃

      iya mba aku mah manut kalau diajakin nyate hihi...apalagi pecinta sate kambing batibul hahahha
      (。・ω・。)

      iya mba fanny di tempat ibuku ada nih setoples peyek dele buat pacitan lebaran ditaruh di meja tamu

      Hapus
  2. wow so many dishes that i do not know;D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kathy kalau di tempat Mbul, bapak bikin rendang ama ibuk...terus kue kue-annya yang baru kue khas Lebaran...Paling suka mbul tuh ama kacang kacangan, misal kacang mede atau koro mix...kacang bawang juga soalnya gurih...kalau kuenya Mbul suka kastangel ama sagu keju atau semprit yang warna putih dan berasa banget telurnya
      ヾ(❀╹◡╹)ノ゙ฅ(^・ω・^ฅ)

      Hapus
  3. Bom dia e uma excelente terça-feira minha querida amiga. Gostei de todas as fotos.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Sahabat Luiz. kurang lebihnya seperti ini keseruan Lebaran di Desanya Mbul (kampung halaman atau rumah masa kecilku) 🦭

      Hapus
  4. I'd love to try this food, especially the fruits.

    Kisses

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Joanna...untuk buah yang Mbul perlihatkan di atas namanya kepel...kalau kata wikipedia disebutnya buah putri keraton...rasanya manis legit dan aromanya wangi...sedang yang kukitnya merah agak berambut itu namanya rambutan...tapi merahnya ga dimakan ya, daging buah di dalamnya putih, sedikit lengket dan berair...manis segar rasanya. Khas buah negara tropis
      (。・ω・。)

      Hapus
  5. ...home is always a special place! Happy Eid, Mbul.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Tom....kalau ke desa berasa ayem...tentrem gemah ripah loh jinawi heheheh...tapi ntar balik lagi di perantauan kalau dah habis liburannya ฅ(^・ω・^ฅ)

      Hapus
  6. Alguna vez conoceré tu bella tierra, probaré esas delicias que preparas von tanta dedicación y jugaré con tus magníficos adorables gatos, amiga Mbul...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Sahabat Carlos, terima kasih untuk komentarnya yang selalu terasa hangat terutama pada kucing kucing yang Mbul foto di atas hehehe...Di rumah kami, kucing kucing mendapatkan tempat ternyaman dengan arena bermain kebun sayur dan bunga....🐱

      Hapus
  7. Alhamdulillah sampai di kampung halaman dengan selamat bahkan lancar ya mbul.

    Minal aidzin wal Faidzin mohon maaf lahir dan batin ya mbul.🙏🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilah iya Mas...mas mudik ga nih? Hehe...apa tetep stay di Cikande? Salam untuk mbak sarilah dan keluarganya Mas
      ฅ(^・ω・^ฅ)

      sami sami mas, mohon maaf lahir batin juga apabila selama blogwalking, Mbul ada salah kata 😊🙏

      Hapus

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ฅ(^・ω・^ฅ)