Senin, 16 Oktober 2023

Tempe Benguk




Assalamualaikum wr wb...
Sore-sore, Mbul dibelikan tempe benguk yang  lantas ditaruh di atas tampah bersamaan dengan tempe dele. Tempe benguk? Hmmm....apaan tuh Mbul. Tempe yang bukan dari kedele biasa. Tempe benguk ini dibungkus dengan daun jati dan isinya itu kacang koro benguk fermentasi jadi kacangnya lebih besar-besar dan juga pipih. Bila digoreng rasanya lebih gurih. Tempe dibeli bersamaan dengan setengah kg bawang merah, dan buah pepaya djinggo pemberian tetangga, jadi sekalian aja satuin dalam 1 tampah (tempat buat menampi beras).







Nah, tempe benguknya buat apa. Tentunya buat lauk. Aku sempat membikinnya buat pelengkap oseng kulit melinjo + rebus pokcoy + layur cabe ijo. Oseng melinjonya aku tambahin dengan cambah kedele dan daun so enom biar terasa enak. Kalau pokcoy rebus ya direbus gitu aja. Nah, untuk layur cabe ijonya ini juga sedep banget dan bikin nambah nasi, walau pas di desa ini mumpung ga diawasin Tamas jadi aku bisa maem tanpa nasi hahahhaha...Biasanya kalau ada Tamas kan Mbul selalu diliatin maemnya mbok yao pake nasi tow Dek, biar tuh lambung nda nyut-nyutan. E tapi karena selama di desa Mbul lagi ada pola makan tertentu makanya aku maemnya lagi meminimalisir karbo, atau beberapa hari sekali no karbo hahahha...

Terakhiran maem nasi sebelum Tamas di Mekkah kemaren waktu diajakin kulineran di Warung Girli awal Mei hihi. Sebelum mampir nge es teller di kedai es waktu nungguin Tamas selesai Jumatan... Udah lumayan lama juga ternyata.  Ternyata aku konsisten pemirsa. Ga dalam rangka apa-apa sih. Cuma pengen diet low karbo aja, dari semula yang cuma nemenin ibu yang emang ga dahar nasi, eh malah diriku keterusan. Bonusnya ya perut kempes, biar kata bagian badan yang lain tetep denplon sih. Hahaha....










Terus selain oseng melinjo, aku juga pernah pula padankan tempe benguk sama pare dan juga perkedel kentang. Semuanya aku bikin sendiri termasuk perkedelnya dari tahapan awal sampai akhir. Walaupun bikinnya sedikit tapi rasanya nikmat, dan semuanya suka, hihihi.

Kalau oseng pare, aku emang ga pake lama masaknya. Jadi warnanya tuh masih ijo cantik. Terus ga pake ku remes-remes garam dulu, karena emang Bapak Ibu itu garam cuma boleh dahar dikit. Jadi Mbul menyesuaikan. Oseng pare ini ternyata sedep juga lo dimaem bareng tempe benguk dan juga perkedel. 




















































Keberadaan tempe benguk ini lumayan jadi alternatif selain tempe bungkus daun yang kayak biasanya. Enak lho...dicemilin begitu aja juga seperti yang kubilang tadi enak. Malah Miong Boy (kucing jantan yang dah sering kuceritain di marih) tiap kali liburan di desa, juga doyan pas diempanin pake ini wkwkwk. Dia lucu deh...pernah sore-sore bikin kaget aja, soalnya dah stand by ndekem di setapakan depan bawah pohon kelapa. Abis takpanggil dan takkasih tempe benguk langsung...ngaong...ngaong... nrintil menghambur ke betis Mbul ndusel. Mau juga dia hahahha...


















Okey, segitu aja tulisan Mbul kali ini. See you and bye bye...





2 komentar:

  1. oh iyaa dari tekstur mnya pas disebelahin ama tempe biasa, kliatan kacangnya gede2 ya nit..

    baru denger loh tempe benguk ini... kayaknya sih di jkt g ada... atau mungkn ada tp krn aku belanja selalu pake jastiper, jd dia ga pernah beli tempe yg ini hahahahaha.

    penasaran tau rasanya... aku tuh sukaaa bgt tempe. mau diapain aja suka.. apalagi kalo bikin tempe penyet pake sambel kencur.

    naah kita sama kalo ngolah pare, ga diremas pakai garam. aku aja kdg makan mentah pake sambel terasi... memang doyan sih yg pait2 begitu, sama kayak daun pepaya di rebus trus makan deh ama sambel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Fanny, ini jadi opsi lauk yang bisa didahar (bahasa kromo inggilnya dimakan) ibuku yang emang baru pemulihan pasca operasi. Jadi karena kebetulan ndilalah aku yang ada di desa (padahal sebelumnya niatnya liburan kan nungguin suami pulang dari Mekah), ga taunya Ibuku malah ada agenda operasi. Jadi akhirnya sekalian aku yang ngrawat deh pemulihannya...hihi...sekalian latian jadi Suzter Beby Mbul Nita 😂

      kalau disambel pake kencur aku juga suka banget mba....mantab apalagi ada kemanginya

      iya, aku suka pare yang dioseng cepet aja biar tetep syantik hijau gitu...ga kelodongen

      ฅ(^・ω・^ฅ)(-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩___-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩)

      (。・ω・。)

      Hapus

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ฅ(^・ω・^ฅ)