Jumat, 02 Agustus 2024

Bento Kelinci 🩷



Assalamualaikum wr wb....
Hallo....hallo...hallo...Jumpa lagi dengan Shirahoshi Beby Mbul Nita di sini. Apa kabarnya Teman-Teman? Semoga selalu dalam keadaan baik ya. Kali ini Mbul akan cerita tentang menu masakanku dalam beberapa hari terakhir, meskipun ada 1 nyempil ater-ater kenduri dari rumahnya Pak Boss. Tapi Mbul ceritakan menu masakanku dulu ya di awal-awal terutama yang buat bekel.





Teranyarnya, baru aja tadi pagi (Sabtu, 24 Agustus 2024), pagi-pagi banget kiranya jam 4 pagi, Mbul udah bangun. Soalnya semalam, sebelom bobok, Kakak A ndusel gitu ke arah Mbul, katanya besok pengen dibikinin bekel kelinci (biasanya dia kalau bobok emang suka gitu, ndusel-ndusel ke arah tertentu, hihihi, katanya Mbul itu empuk anget ahhaha, kalau Adik yang ndusel ke arah Mbul baru diledek ama Tamas, udahannya Tamas deh yang pend nemplok ama Mbul hahahha...Iya iya semuanya bakal dapat belaian tatih tayank seorang Beby Mbul Nita satu-satu {}). 

Balik ke request-an si A. Katanya tadi dia pengen dibikinin bekel kelinci. Mbul udah bisa pastikan bahwa kelinci yang dimaksud adalah Kelinci My Melody yang kupingnya pink unyu itu, temen kartunnya Hello Kitty, Kodok Keropi, Pompompurin, Chinamoroll, Pochacco, Kuromi, dsb...(lha kok apal amat gw ya hihi). Iya dan kami berdua paling senang ama Kelincinya. Soalnya lutju....







Dan dikarenakan hari ini jadwalnya adalah menu sederhana berupa ikan + sayur sawi + buah, maka Mbul pun uda sedari semalam niat mau masakin apa. Mbul bangun pagi-pagi buat bikinkeun ikan kembung balut tepung beras dengan sawi putih plus sawi hijau (cesin), ditumis cepet aja ga pedes sama sekali. Aromaticnya pake bawang bombai. Nanti dikasih garam sedikit dan saos tiram. Mbul juga tambahin lagi dengan nugget ayam dan telor dadar gulung biar paling ga ada lauk kesukaannya. 

Untuk dessert, Mbul sertakan pula puding mangga. Sedangkan buahnya masih ada kates yang Tamas beli di eperan Pasar Ciracas kemarin, dipotong kecil-kecil aja biar gampang maemnya. Sebenernya di Ciracas beli melon juga tapi ga disertakan dalam bekal. Melonnya dimaem di rumah. Melon yang mungil cilik tapi manis....berair, segerrr...  























Nah, khusus nasinya Mbul bentuk jadi kelinci dengan bagian kuping berwarna pink. Itu Mbul pakaikan air dari buah naga hehe...Terus matanya pake potongan kecil dari kurma, sedang hidungnya pake telur dadar yang takcuwil cuwiliiiik aja hehehhe....Awalnya kan Mbul taruh di piring dulu tuh, dan ternyata pipi kelincinya kenjembluken atau terlampau njembluk aka gembil #lha kok kayak yang bikin ya, hahahhaha. Akhirnya taktenet-tenet lagi aja biar ngepres ama kotak makannya yang emang memanjang.

Untuk kotak makannya, Mbul beli di yooyee dengan varian warna pink dan fuschia. Belinya langsung di official storenya yooyee aja, satu yang ukuran panjangnya 23 cm, satunya lagi yang ukuran panjangnya 18 cm. Anti tumpah kalau misal pas dimasukin masakan berkuah. Kalau tas bekalnya beli samaan dengan tas punggungnya yang sama-sama kelinci juga hihihi...Belinya di Opiobags....Lumayan seru juga nih nyusun-nyusun kotak bekel kek gini. 














Oiya pas dikasi nasi bentuk kelinci gini, A seneng banget....Soalnya bentuknya lutju kan jadi menarik buat dimakan. Katanya besok mau lagi. Iya boleh....Abis itu Mbul dikasih bonus kecup deh, sayang pipi kanan sayang pipi kiri, ampe pipinya Mbul basah hahahahha... (づ ̄ ³ ̄)づ ฅ(^・ω・^ฅ) Alhamdulilah bahagia ternyata sesederhana itu. 

Dan sekarang tiyep pagi Mbul ada kesibukan baru selain sorenya berobah kostum lagi jadi Miss Teacher Manis dan Tantiknya si A *plaaakkk, maksudnya kasih les privat sendiri di rumah hahhahah... biarpun Mbul kudu sabar ngajarinnya.... Karena A emang doyannya ngajak bermain....hahhahah, tapi alhamdulilah A lebih senang diajarin Mbul langsung gini. Abis itu lanjut Mbul ngajarin ngaji juga. Dari A lanjut ke adik....... Begitu terus setiap hari, MasyaAlloh Tabaroqalloh :* 




























Okey, itu tadi masakan teranyarnya Mbul, pagi-pagi banget gladak-gluduk kayak kelinci hahahah. Sengaja dimasak lumayan pagi sebab abis ngantarkan ke sekulah, Tamas mau langsung ke Kebon Jeruk dulu mau medical check up jadi semuanya Mbul bagunin pagie-pagie biar ga ada yang telad hahaha.....

Nah, kalau masakan semalam baru deh tuh agak-agak riweuh. Karena Adik lagi agak-agak pengen nemplok terus ama Mbul jadinya A pengen juga. Ya emang kalau satu pend nemplok, satunya lagi juga ga mau kalah. Selalu Mbul jadi rebutan hahhahaha....Sabar...sabar. Namanya juga kedua-duanya kesayangan Mbul semua. Dan Mbulnya cuma satu ga bisa dibelah kayak Amoeba jadi semua-mua dapat tatih tayank Mbul, termasuk nanti juga Bapaknya #hahahahha. Yawda Mbul baru bisa masaknya tuh waktu semuanya udah pada anteng. Mbul masak kelar magrib sebelum Tamas kondur kantor. Masaknya ada apa aja? 2 macam tumisan soalnya sayang kalau ga dimasak-masak bisa keskip mulu hahahha. 
































Pertama ada tumis daun kates dimana tanah liatnya Tamas sangu dan ngeduk sendiri dari desa. Lebih tepatnya detik-detik otw balik ke rumah kami yang di perantauan ini, Beliau melipir ke pinggiran kali belakang rumah abis itu ngeduk lempung sekresek buat piranti numis daun kates. Sebab kalau di kota kan tanah liat longko ya. Kalau pun ada namanya ampo dan dijual gitu hahaha...lha kalau di desa tinggal ngeduk sekresek gratis. Jadi sangu aja deh sebelum balik ke rumah kayak sekarang. 

Alhamdulilah begitu direbus pake tanah liat gini, daun katesnya ga ada pahit sama sekali (tapi tanah liatnya yang bersih ya), Udah dicuci beberapa kali dan ga ada batu atau kerikilnya. Itu direbus sampai mendidih. Baru abis itu dimasukkan daun katesnya. Setelah kira-kira beberapa menit, matikan api, angkat si daun katesnya, cuci sampe bersiiiiiih banget pake air mengalir sampai ga ada tanah-tanah yang menempel, habis itu barulah dirajang-rajang dan ditumis pake bumbu tumisan. Jadi deh....






















Udah gitu lanjut ngongseng kangkung. Soalnya kan kangkungnya cuma seiket dan daun katesnya juga abis dimasak jadinya sedikit, jadilah pas gitu ga terlampau kebanyakan juga hahaha....Kalau lauknya baru deh pake ikan kembung balut tepung beras. Ikan kembung keranjangan gitu, nanti dipuntes bagian kepalanya, dan dicuwik bagian item-itemnya, abis itu dicuci bersih. Baru dicelup-celup ke adonan tepung beras. Renyah deh...cocok buat lauk tumis daun kates dan tumis kangkung.























Itu tadi masakan semalam, kalau sebelumnya, Mbul sempet bebikinan bakso, cuma kali ini baksonya ga sebanyak sebelumnya. Masak pake panci kecil aja. Resepnya masih sama kayak pas bikin bakso sebelumnya. Dah lumayan hapal juga ama step-step bikinnya Mbultuw hahaha...Bakso ini paling suka kalau Mbul maem bareng kecap yang banyak, cuka sakcrut aja, sambel, udah. Saos ga pake. Terus di kulkas juga ada kulit pangsit, jadi kalau mau kek berasa maem bakso Malang tinggal bikin aja pangsit pake daleman adonan aci kayak pangsit-pangsit yang ada di batagor itu loh. Nanti, kulitnya dipincuk dulu biar kayak kembang. Renyah juga maem bakso ada pangsitnya.























Kemarennya lagi baru deh ada slametan di tempat Pak Boss. Tapi berhubung peserta kendurennya bapak-bapak semua, jadi cuma Tamas yang ke sana. A takkelonin begitupula si Adik biar keesokan harinya ga krainan atau kawanen. Nah, pas jam 21.00 WIB kendurennya datang ternyata berupa tumpeng mini tapi bukan nasi kuning, melainkan pakenya nasi putih gitu. Lauknya ada telur bulet balado, dadar jagung, orek, buncis, ayam bakar, sambel, dan puding. Kata Tamas buat Embul aja, biar Mbulnya makin seksi en gembil bin montok....eettttdahhhh Tamas merayuku...hahahah... Tapi Beliau dah dahar tadi di acara kendurennya, jadi tumpengnya katanya emang buat Mbul. 




Kalau yang pake wadah maem ada tulisan Tutu-nya ini tumpah tumpah, makanya Mbul beli lagi wadah maem yang ada penyangga karetnya di atas




Okey, segitu aja dulu update-an Mbul kali ini. See you and dadaaah...




10 komentar:

  1. Nampakenarik kelincinya
    Pasti lezat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Wak Mbul lagi belajar bikin bento bekal yang lucu-lucu
      ฅ(^・ω・^ฅ)

      Hapus
  2. All looks really yummy. Thanks for sharing.

    Kisses

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Joanna...
      ヾ(❀╹◡╹)ノ゙(´✪ω✪`)♡

      Hapus
  3. Balasan
    1. Makasih Uncle, mata kelincinya Mbul bikin dari kurma 🤭

      Hapus
  4. Nasinya merah pake air buah naga, jd pas nasi udh mateng dipercikin airnya nit? Atau pas masak dirice cooker pake air buah naga? Kalo dipercikin ga basah jadinya nasi yaa?
    .
    Menarik tp, pantes aja si kakak suka yaaa. Anak2 memang semangat kalo makan bento yg lucu2 beginii😄. Aku nyerah sih kalo disuruh bikin bento. Yg penting si adik bawa bekal aja 😅.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin 2 macam nasi mba fanny. 1 Nasi putih, satunya lagi masak pake rice cooker pake air yang buat masaknya dari airnya buah naga hehehe...Iya mbak lagi semangat bikin. Kalau pas lagi riweuh, baru aku kasih bekalnya roti ama snack lainnya...mimiknya sangu juga dari rumah ฅ(^・ω・^ฅ)

      Hapus

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ฅ(^・ω・^ฅ)