Rabu, 18 September 2024

September & Noodle ❤



Assalamualaikum wr wb...
Hallo....hallo...hallo, Shirahoshi Beby Mbul Nita di sini. Apa kabarnya Teman-Teman semua? Semoga selalu dalam keadaan baik ya. Sama kayak cuaca hari ini. Langit terlihat biru, awan putih berarak, dan matahari bersinar bundar, menyeruak diantara sinarnya yang kemilauan seperti jeruk. 





Kamis, 12 September 2024

Kamis, Jumat, dan Sabtu ini memang berbeda. Kamis di kotaku seharian mendung, Jumat hujan, Sabtu hangat. Kamis belum sampai turun hujan sih tapi lumayan berangin. Alhamdulilah Alloh kayak ngedenger doa-doa Mbul selama ini. Kangen hujan. Hujan yang dinanti-nantikan setelah sekian lamanya ga turun....sebab Agustus full dengan matahari. 

Kalau hujan turun, rasanya hati ini senang. Tentram. Pengennya pejamin mata, terus merasakan bunyinya yang indah....tik...tik....tik...Bunyi hujan di atas genting, airnya turun tidak terkira cobalah tengok, dahan dan ranting, pohon di kebun basah semua #keinget lagu masa kecil. Kalau hujan, talang di dak-dak-an atas jadi rame banget. Bunyinya kenceng macam grojogan. Tanaman kayak disiramin langsung dari langit. Kembang sepatu, asoka merah, murbei, kelor, ekor tupai, mawar, jasmin, semuanya basah. Mbul ga perlu capek-capek naik turun tangga buat nyiramin. Alhamdulilah hujan langsung turun di Bulan September yang manis ini. Meski minus dengan suara kodoknya ya, ga seperti di desa yang kalau abis hujan biasanya akan ada suara kodok bersahut-sahutan, menggema dari arah pematang sawah atau saluran air, kung.... kung...kung....tungtot....tungtot....kung...kung...kung.... tungtooowt tungtowwtt, rame banget.






Oiya, kemarin Mbul ga masak banyak. Cuma opor ceker dan telur. Karena pagi lumayan sibuk...Dan siang juga bertambah sibuk. Jadi paginya Mbul udah dibeliin Tamas donat manis, lontong, ongol-ongol, gandasturi dan pisang. Pisangnya manis, jenis pisang mungil yang biasanya disade barengan sama nangka kupasan. Lumayan juga sarapan pake ini jadi masaknya bisa dimundurin sampai jam 9. 

Pagi jam 3 lebih dikit, Mbul udah kebangun buat sholat. Mbul kebangun itu udah otomatis. Biasanya karena diawali dengan pengen pipis. Jadinya mau ga mau musti ke kamar mandi. Mbul memang sebelom bobok mimik putihnya agak banyak. Ga heran pantaran jam 2-3 pasti kebangun. Nah, kalau udah kena air nih, rasanya pengen sekalian wudhu aja. Sayang kalau dilewat. Mbul senang menikmati malam syahdu dan berdoa. Selalu berdoa agar semua yang Mbul sayang diparingi sehat, panjang umur, kelancaran rezeki yang halal. Amin...amin ya Robbal Alamin. 

Abis sholat, Mbul terus ngurus rumah. Ngrapikan kamar, nyapu lantai, bersihkan dapur, cuci piring, umbah-umbah, nglipetin baju, dsb. Biarpun rumah Mbul mungil, tapi Mbul itu happy ngebersiinnya. Itu udah kayak passion aja. Mbul mulai pagi-pagi banget, biar ntar bisa santai gasik. Jam-jam 9-10, akhirnya mata mengantuk. Untung sebelum masak beneran, Mbul udah dikasih sarapan donat.























Donatnya gembil-gembil. Donatnya ada kentangnya. Ga heran namanya jadi donat kentang. Ada taburan gulanya. Mbul dulu pernah praktik bikin donat di pelajaran Tata Boga SMP. Tapi ga pake kentang. Baru tahu kalau donat sekarang ada campuran kentangnya. Donatnya jadi lebih empuk sih. Egak bantet. Mbul paling suka ama donat kayak gini. Simple karena toppingnya cuma gula halus....Hmmm....enaknya maem donat anget-anget. 

Kalau Tamas sukanya lontong. Lontong yang bentuknya ga pokro kayak gini, hihi. Kadang kami terbiasa dengan lontong modelan Jawa Tengah yang panjang dan disebutnya arem-arem. Tapi begitu mukim di sini, akhirnya ketemu lontong yang dibungkusnya mirip sego bucu isi pelas. Cuma yang ini isinya sayur kentang wortel dan ga pedes. Kadang malah nemu yang isinya oncom. Memang beda tempat, beda pula kebiasaannya ya. Termasuk diantaranya makanan. Tapi ga pa pa. Perbedaan itu indah. Ga harus apa-apa itu sama terus iya kan? Bener ga heheheh.
















Malamnya, karena ada bakso Bapak-Bapak yang biasa ngiter pake sepeda motor, maka Tamas ajakin Mbul beli. Alhamdulilah, kayak bisa baca pikiran Mbul, Beliau tau aja Mbul lagi pengen bacow. Makanan berkuah favorit Mbul. Si Bapak Penjual baksonya pun langsung semangat begitu pintu rumah dibuka. Mbul panggil Bapaknya dari jarak rumah Om Tetangga, terus Bapaknya langsung gas ngeng dan mandeg depan rumah Mbul dalam sekejab mata. 

Sementara Tamas ngobrol ama Bapak Baksonya, Mbul menyusul lagi bawa baki dan mangkok. Utuk...utuk...utuk, naq demplon bernama Beby Mbul ini langsung mendekat. Saat itu pula panci bakso dibuka. "Bwahhhh...." Asap mengebul. Panyas.....tapi aromanya menggugah selera. Ada bagian bakso dagingnya, bakso kecil-kecilnya, siomay, tahu, ama pangsit goreng. Oh...i want! Si Bapaknya tampak semangat ngliatin Mbul antusias pilih apa yang Mbul suka. Mbul itu mau bakso dagingnya 2, bakso kecil-kecil, ama pangsit goreng. Pangsitnya Mbul minta dikresekin aja dan agak banyakan, biar awet renyahnya. Ntar kalau pas lagi mau maem baru lah Mbul celup-celup ke dalam kuah baksonya, jadi si pangsit bakal basah-gurih-gurih enyooii gitu lah. Enaaaaaaakk... Kalau tahu Mbul masukin ke mangkok Tamas semua hihi.. Bakso dimaem bareng saos sakcruuwt aja, kecap, ama sambel...Hmmm....nikmatnya di malam yang duinind dan berangin begini.
















Jumat, 13 September 2024 

Jumat lebih gloomy dari Kamis. Sepagian udah gerimis. Titik-titik air meloncat dari langit, bagai ribuan jarum yang meluncur dengan indahnya menggenangi rerumputan dan halaman yang basah. Semakin lama semakin deras, hingga siang hari berasa kayak sore. Mbul ndekem di dalam rumah kayak kucing persia. Menghayati empuknya kasur dan dekapan selimut, juga saluran televisi yang menyala. Lama-kelamaan terbitlah hasrat Mbul buat maem mie rebus. Udah lama ga maem mie rebus. Sekali-kali buleh dunk...

Mbul jalan ke dapur dan mencuci panci bergagang ungu yang selalu menemani hari-hariku tiap kali memasak sesuatu yang berkuah, membersihkannya, menuang air matang dari dalam galon Le Mineral yang dipasang Tamas di atas keramik pengganti dispenser. Mbul nyalakan api kompor dan membuka bungkus Mie Sedaap rasa mie goreng original yang masih tersisa di almari. Mbul pengen pake bumbu uleg tambahan. Jadi pertamanya Mbul rebus sebentar Mie Sedaapnya, habis itu Mbul angkat dan tiriskan. Mbul bikin sambel bawang minimalis aja, lanjut menumisnya sampai wangi, dan memberinya 1 butir telur. Osek-osek bentar hingga matang, tambahkan dengan air. Masukkan bumbu bawaan Mie Sedaapnya, saos sambal dan saos tomat yang aslinya saosnya Chicken Montok tapi Mbul pake aja hahah..., aduk-aduk sampai wangi.





















































Oiya, Mbul juga akan tambahkan dengan sayuran yang sebelumnya sudah dicuci bersih dulu yakni sawi putih, pokcoy, sama kubis. Mbul masukkan mie rebusnya terakhiran agar egak ndlodrog. Mie dimasak cepat saja, habis itu sajikan hangat di dalam mangkok dan kasih garnish tomat.... Hmmm....nom...nom...nom...Sluuurpppppt! Nikmatnya mie rebus bikinan Mbul ini. Mbul agaknya ada bakat jadi Pembuat Mie yang tektiw wkwkwk...canda...

Mbul lalu kupas mangga harum manis yang ada di kulkas. Kali ini Mbul sendiri ya yang kupas. Soalnya Tamas belum pulang kantor. Biasanya kalau Beliau udah pulang, Beliau yang akan kupaskan mangganya. Karena yang paling cakep kupasan mangganya iya dia hahahha...Tapi kupasan Mbul kali ini cakep juga. Mbul itu tipe kupasan mangganya kotak, kalau Tamas ga ada bentuk tapi iya rapi hahahha... Masing-masing punya karakteristik. Punya ciri khas. Biar beda tapi tetap satu jua. Perbedaan itu indah. Saling melengkapi. Ah, mangga harum manis ini menggiurkan betul ya. Dari warnanya saja udah kelihatan manis. Waktu dimaem.....mmmmm....nyes....manis banget. Legit..





Raindrops from the sky....























Sabtu, 14 September 2024

Ah....Sabtu cuacanya baik. Angin berdesir kencang, tapi ga hujan. Pagi hangat, menuju sore baru adem. Hari ini alhamdulilah senang. Mbul bikin bekal cinammoroll, toge tahu kecap, telur rebus, dan pisang. Abis itu ngeblank mau masak apa. Alhamdulilah, Tamas pulang bawain Mbul mie ayam. Ini beli di depan Puskesmas. Namanya Mie Ayam Akang. Kami belum pernah cobain sebelumnya. Pas liwat situ, Tamas keinget Mbul yang suka mie ayam, akhirnya Beliau beliin aja buatku, hihi.

Mie ayamnya ternyata enaaak. Mienya punya tekstur kenyal dan kecil-kecil. Tipe mie ayam yang aku suka. Ada pangsit gorengnya. Topping ayam manisnya, juga cesinnya. Daun bawang ada cuma sedikit. Makanya Tamas minta iriskan lagi sama Beby Mbul, pokoknya diirisinnya cuma sama Mbul #etdaaah boleh-boleh, kalau ama Mbul boleh bermanja-manja hihi. Jadi biar lebih wangi minta diiriske ama Mbul. Untung ada daun bawang sendiri di dalam kulkas. Makanya Mbul iriskan agak banyakan biar makin maknyus mie ayamnya. Sambel, saos, ditaruh di lain tempat, jadi biar diracik sesuai selera. Oiya, ada kuahnya juga. Cuma Mbul ga pake kuah. Mbul tim tidak pake kuah kalau nyedot mie ayam. Hahahhahah....Enaaaaaaaakkk....


























































































Mbul juga tambahkan ceker manis bikinan ndiri. Karena kebetulan Mbul juga ada ceker manis...jadi ngepas banget bisa buat pelengkap mie ayam. Alhamdulilah hari ini senang. Tambah semangat lagi karena besok libur, dan besoknya lagi libur. Horeeee...ada tanggal merah lagi Hari Seninnya. Mbul berasa jadi kayak kucing persia yang terbang-terbang ke atas awan....ah...saking senangnya besok ada libur 2 hari hehehe...Kebayang bisa rebahan di atas kasur empuk, glindang-glinding syantik, kaosan tipis duank, di bawah AC, terus nonton tipi kalau ga gambar komik hihihi. Damai timen uripnya ΰΈ…(^・Ο‰・^ΰΈ…)

Kalau Senin Tamas udah ada rencana ajakin Mbul masak sop daging. Ntar jalan-jalan cari dagingnya ke pasar becek aja. Tapi pulangnya Mbul tuw pengen beli kue-kue gitu. Mbul pengen beli kue mangkok pink, kue potong/kue marmer, bakpao, atau apa gitu ya. Nanti buat temen makan nonton tipi hihihi...



























Teman-Teman selamat menikmati hari libur 2 hari ya. Semoga hari Teman-Teman semua selalu menyenangkan. See you and bye bye....

 

 

6 komentar:

  1. Donat kentang begitu aku juga seneeeeng banget. Krn lebih lembut biasanya. Pake topping gula halus, dan perfect deh.

    Bakso malangnya duuuh menggoda nit. Di daerah rumahku makanan yg lewat pake motor gini banyak, tapiii coba beberapa kali ga ada yg enak. Beda pas msh tinggi di Bintaro, Grogol Ama Karawaci, duh itu jajanan yg lewat enak2 bangetttt.

    Ntr Dec kan mau ke batu, aku mau puasin makan bakso malang πŸ˜„

    Aku ngupas mangga dan potongin kotak begitu ga bisa deh. Ujungnya di iris gede2, trus biji di kerokotin 🀣🀣🀣🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak Mbak Fanny, donat kentang tabur gula halus...ama yang bulet utuh isinya sele stroberi Mbul juga suka...kalau digigit meleleh sele stoberinya..enaaak...Ama atu lagi deng yang rasa oreo, kretes kretes manis...🍩🍑🍧🍰

      Baru tau Mbak Fanny pernah tinggal di Bintaro, Grogol ama Karawaci...Kalau si Bapaknya ini ngiternya di jam abis magrib...selalu antusias mampir karena kebetulan baksonya enak. Seger anget, palagi dimaem pas lagi ujan...anget di badan....

      Mbul juga suka ngemut biji atau pelok mangga..terutama kalau daging mangganya masih nempel tebel...hmmm..puas banget ngemutinnya πŸ₯­

      ΰΈ…(^・Ο‰・^ΰΈ…)

      Hapus
  2. Wah sama mbul, disini juga tumben Minggu ini sudah 2x hujan, hari Selasa sama Kamis, kalo Jumat sudah mendung cuma ngga jadi hujan.

    Kalo lihat pisang Lampung sama donat itu kok aku ingatnya malah rebo wekasan.πŸ˜…

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas, ternyata udah masuk Musim Penghujan ya, alhamdulilah. Tempat Mbul juga udah beberapa kali mendung dan hujan🌧☔. Rasanya udara sejuk banget dari bulan sebelumnya yang panas banget...
      (´・ο½ͺ・`)

      O Mbul baru engeh itu namanya pisang lampung...takkirain pisang yang nama ilmiahnya Musa acuminata karena hampir sama bentuknya.. Beda di ujungnya doang Jadi inget Lampung kalau dari pelajaran geografi yang Mbul pelajari di sekolah adalah salah satu provinsi penghasil pisang paling baik di Indonesia. jadi belajar geografi sekaligus biologi bab buah buahan deh

      😊

      Hapus
    2. Kayaknya belum sih, soalnya sudah lima hari sejak itu ngga pernah hujan lagi.πŸ˜‚

      Iya, kalo di tempat ku namanya pisang Lampung, padahal nanam nya di Cikande, sama seperti pisang Ambon biarpun tanamannya di Lampung πŸ˜…

      Hapus
    3. Memang cuaca akhir-akhir ini kadang panas kadang hujan mas, mudah mudahan sih ga yang panas banget...soalne udah pengen ujan hahahaha 🌧

      iya juga ya...biarpun nanamnya di beda kota, tapi tetep namanya itu πŸ˜‚

      Hapus

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ΰΈ…(^・Ο‰・^ΰΈ…)