Sabtu, 04 Juli 2015

Contoh Menu Buka Puasa dan Sahur Bikinanku

Hallo assalamualaikum teman-temaaaaan....

Kangen ih, uda lama banget ga ngoprek blog, blom blogwalking, juga ngebales komen (sungkem dulu biar dimaafkeun : D). Hiks..... soalnya ada kisah panjang yang baru-baru ini terjadi , yang sebenarnya adalah salah satu hal terpenting dalam sejarah hidupku sebagai seorang wanita, dan mungkin bakal jadi  postingan tersendiri yang 'menguras emosi' sambil menunggu tahapan demi tahapan itu terlewati dengan lancar... (mohon doanya semua...maaf klo masih random gini)

Oya, mumpung Bulan Romadhon tiba, aku juga mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi temen-temen yang menjalankan. Semoga puasanya lancar jaya sampai syawal tiba, amiiiin...

Nah, berhubung lagi ga ada ide (duh ga ada ide kok dipelihara sih? hahhaha..), aku mau posting makanan ajalah. Bukan niat mau ngebatalin kalian yang lagi shaum, cuma pengen berbagi info masakan aja. Kan biasanya sebagai mamah-mamah muda pada bingung bin kelimpungan nih urusan nyiapin menu buka dan sahur? Makanya aku mau urun contoh menu.

Ini dia penampakannya...

 Tapi ya gitu deh, aku cuma bisa masak yang ala kadarnya. hehehhe...maklumlah, ada 'virus' males yang masi susah didepak dari dalam badan ini untuk gerak karena akhir-akhir ini aku capeeeekkk sekali...

Suatu kali, saat lidah ini bosen dengan makanan beli yang ga terjamin kebersihan or nilai gizinya, aku membangkitkan diri buat masak again. Ya again... (ceritanya kayak putri tidur yang abis bangkit dari tidur panjangnya selama ribuan tahun, aku pun hadir kembali ke dapur).

Pertama-tama tentu siapin takjil. Secara biar abis suami pulang, aku bisa dapat kecupan lembut karena hidangan takjilku yang manis seperti yang bikin ini, muehehhehe...

Aku punya resep andalan turun-temurun dari ibu di kampung ni urusan bikin takjil. Yaitu manisan kolang-kaling. Sederhana punya dan pastinya bikin ketagihan. Gampang pula.

Bahan :
Kolang-kaling 1 kg
Pewarna makanan (warna merah) tentu ini yang aman loh...
Air buat merebus
Gula pasir satu bungkus

Cara Bikin :
Cuci bersih kolang-kaling
Kasih beberapa tetes pewarna
Masukin ke panci yang uda berisi air
tambahkan gula, tunggu sampai air menyusut
Habis itu dinginkan dalam kulkas

Selanjutnya bikin sayur. Kalo nasi si ga perlu diceritain lah ya, kan tinggal jeglegin rice cooker hahahha....
Nah, sayurnya aku pilih yang berkuah dulu deh. Magrib-magrib kalo langsung makan berat, yang ada malah susah nelen, wkkwkw... (alibi, padahal bisanya masak masakan yang simpel). Akhirnya aku bikin sop. Namanya waktu itu lagi puasa, aku ga ngeh, kalo merica yang kutuang dalam ulegan agak banyakan. Alhasil jadi pedeusss gila ni sop, hahahhaha... maafkan istlimu ya cayang??

Lauknya aku goreng tahu balut tepung ajalah...capek boookk, kompornya cuman satu masaknya macem-macem hahahha...hemat gas dong mbull ?? (*ngangguk ceped)

Tak lupa bikin sambel bawang biar makin cespleng sop rasa mericanya hahahha

Sebagai dessert, kupas juga mangga indramayu yang uda ranum-ranumnya.. Nikmati selagi bedug magrib tiba.


Menu buka ala chef gembul nita

Lanjut deh biar kelar ni tulisan.
Ya apalagi kalo bukan menu sahur. Buat bangun di jam 3 dini hari, apalagi ada acara tahajudan dulu, maka aku mending masak yang praktis-praktis ajalah. Yang penting unsur 4 sehat 5 sempurnanya bisa terpenuhi ya kan??? Kayak sayur, aku milih oseng kangkung aja. Selain uda nyicil kupas bawang n lombok sebelum tidur, aku juga uda petikin itu daon kangkung. Biar-tinggal sreng-sreng aja ke wajan, hahahahha...pemales abis kamu mbul...

Oya, aku kan lagi perlu nutrisi banyak nih, kemaren tu sempet beli rendang Uda Gembul...(rendang ready to cook gitu di supermarket), ya udah disajikan aja lah... Tapi entah kenapa mungkin karena idung lagi sensi abis, aku malah mual bau rendang, huhuuhuu...

Lauknya, suami bikin sambel tempe yang sebenarnya bumbunya salah, wakakakkaak... Masa sambel tempe pakek tomat si yang?? (geleng-geleng kepala). Tapi tetep dihabisin juga dengan semangat anti mubazir....
Tambah satu lagi deh, yaitu nugget. Biar ga kesannya makan sambel n sayur doang.

Terakhir sertakan pula buah sebagai pelengkap makan sahurmu.


Menu sahurnya mamennn...






107 komentar:

  1. paling gampang bikin tumis sih, tinggal cemplung doang XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. diaduk aduk sebentar jadi deh.

      Hapus
    2. mb sari : betul skali, xixixiix
      mas djangkaru : kayaknya uda mahir niw
      kang asep : klo takarannya pas kayaknya enakk

      Hapus
    3. Aku juga bikinnya yg sederhana mbakk. Apalagi baru pindahan belum lengkap alat masaknya. Tumis kangkung jadi andalan hahah

      Hapus
    4. Hunting alat masak yuk cusss

      Hapus
  2. Kemana aja nih mba 2 bulan ga nonggol" :D
    untung resepnya ga terlalu menggoda jadi ga bikin ngiler hahaha :D

    selamat menunaikan ibadah :)

    BalasHapus
  3. Selamat yah... Pantasan aja kaga nongol-nongol hampir sebulan lamanya.
    Menunya boleh juga, sederhana dan mudah di buat.

    Selamat nge-blog lagi ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih, lama-lama kagok juga mau nulis lagi...terlalu banyak ide tapi susah diungkap..nunggu waktu yg tepat :)

      Hapus
  4. Astagfirulloh mbaa, makanannya bikin ngiler aja *puasapuasa* :D haha :D :D
    salam kenal yaa mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahha...buat ngetes kuat ga imannya hehhe
      salam kenal balik mb :)

      Hapus
  5. Sederhana tapi terlihat romantis. Itu baru empat sehat, mana gak terlihat susunya.haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada si susunya tapi lum difoto hahaha

      Hapus
  6. buka puasa masih lama ya..? lihat makanan itu jd pengen cepet bedug maghrib hihi

    BalasHapus
  7. Mbak.. itu maksud dr paragraf pertamanya mbak bentar lg punya debay yaaa :D iya kan mbaaa :) iya kan...
    amin..

    Aaaaaa siang2 mampir kesini. Bikin ngiler ae kolang kalingnya mba. :D

    BalasHapus
  8. Yaa, makanannya bikin ngiler aja deh mba, tutupin tutupin *tutupin bagaimana orang itu foto, dasae bego* hehe :D :D

    BalasHapus
  9. Aduh2 gusty... Keknya lu wanita paling disayang suami deh. Pinter bener masaknya. Gue jadi pengen. :D

    Pengen nyobain masakan maksdnya.. "D

    BalasHapus
    Balasan
    1. lekas cari tulang rusukmu ru hahahha

      Hapus
  10. Halo mbak, tepatnya di siang bolong ini aku berkunjung dan liat postingan ini. Pas foto terlihat, aku langsung scroll down lagi. Bisi lapar. Heu.
    Btw, bagilah makanannya ke...aku. WKWK. :D

    BalasHapus
  11. Ini ceritanya admin nya lagi kawin muda, dan masih asik-asiknya bulan madu ya ? sahur pakai kangkung, waduh siangnya bisa tidur terus tu ? :)

    BalasHapus
  12. Komplit banget bukanya. Aku kesitu yaaa heheee

    BalasHapus
  13. Wah, ternyata pintar Mbak pintar masak, ya.

    BalasHapus
  14. fiuh untung baca ini pas malem2 jadi gak ngiler liat poto nya :D

    BalasHapus
  15. kami juga suka bikin manisan kolang kaling, tapi seringnya dipakein sirup aja bukan pewarna mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo sirup aku ga sukanya manisnya gula buatan mb

      Hapus
  16. Seger banget tuh masakannnya mba! Jadi ngiler

    BalasHapus
  17. Balasan
    1. bole aja, yg penting jangan lupa bayar di kasir, wkkk

      Hapus
  18. kalo baca post ini siang hari gini, bawaanya jadi laper

    BalasHapus
  19. wah... mantap2 chef menunya. sehat pula...
    jadi pingin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ni mencoba idup swehat hehehehe

      Hapus
  20. prepare bahan2 masakan pas malam sblm tidur wajar kok mba.. justru mnrtku itu bgs lah... bkn pemalas ;p eifisiensi waktukan? ;) Pembantuku jg srg aku suruh gitu, jd pas sahur dia udh enak tinggal masak ato manasin aja...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mb fanny..kayak gitu biar praktis...hihihiii

      Hapus
  21. Yang penting ibadahnya kan, hahaha... Met puasa , mbak

    BalasHapus
  22. bikin ngiler aja nih.... hehehhe

    BalasHapus
  23. Aku sukaaa manisan kolang kaling, tp gk suka bikinnya... :D kirimin doong... Hahay

    BalasHapus
    Balasan
    1. sini kak noe berguru sama aku,, lahhh pede baget akunyah wkwkw

      Hapus
  24. Oh, jadi alasan Mbak Nita gak nongol nongol itu karena sibuk masak segitu banyaknya ya Mbak? Iya? Minta satu dong, Mbak. Buat sahur :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1 biji kolang kaling kan cha...?? wkwk

      Hapus
  25. Suka banget sama manisan kolang kaling, apalagi kalau lebaran, pasti bikin manisan ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mb...aku sukanya klo disajikan dingin gituw :)

      Hapus
  26. Waaah kayaknya enak tuh... hehehe :)

    BalasHapus
  27. Jadi pingin ke pasar, beli kolang kaling.. :)

    BalasHapus
  28. wah boleh ni dicobaaaa.. slurrrpppp

    BalasHapus
  29. aku udah siap gelas nih buat minta kolang kaling buatan Nita :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sini mb lid...keburu abis tar xixiixx

      Hapus
  30. Aku seringnya beli, nggak bikin makanan sama takjil sendiri :D

    BalasHapus
  31. Wah jadi menu pilihan nanti heiieiehiheee

    BalasHapus
  32. kolangkalingnya mba aku suka banget setiap buka puasa aku harus ada ada kolangkaling :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ni mb ipah...serasa blom lengkap klo belom bikin ntuw :)

      Hapus
  33. Mbak Nita, kemarin aku buka puasa pake kolang-kaling warna merah itu, dikasih tetangga :D jangan-jangan itu yang bikin mbak Nita :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo rasanya manis berarti bikinanku, klo engga brarti bukan feb hihihiii

      Hapus
  34. Mbak Nita baru nulis lagi? :p

    Huwahahaha. Gue baca ini siang-siang, lapeeeerrrrr. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baru bangun dari hibernasi niw

      Hapus
    2. Hahaha, kehilangan beberapa pembaca blog nih. :(

      Hapus
  35. Kalo itu sih udah termasuk jago bagi diriku yang tak bisa apa apa :'D

    Btw itu mangga ya? duhhhh salah waktu banget nih baca postingan ini :(

    BalasHapus
  36. buat makan tengah malem cocok juga neh...sambil begadang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasi klo uda terindpirasi...ceileee pede bgt aku, hahaaaag

      Hapus
  37. kolang kalingnya mantap banget mba,, jadi pengen nih buat nanti buka puasa

    BalasHapus
  38. Abis sahur makan kangkung dijamin langsung tidur pulesss. Hehehe.

    BalasHapus
  39. itu kolang kaling apa batu cincin hehehehhehe

    BalasHapus
  40. gue salah nih baca pagi-pagi, kangkungnya bikin laper :|

    BalasHapus
  41. kalo ibu gue sih dlu kolang kaling yg merah itu ditusukin dibilah lidi seolah olah kaya trus dimakan deh, dan rasa tentunya manis manis kenyal gitu.

    kalo buat sahur kalogue pribadi sih lebih enjoy makan ikan kering soalnya enak diperut, soalnya kalo sahur males makan macem macem

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya juga sih, lebaran pengen mam yg simple2 aja y

      Hapus
  42. kolang kalingnya jadi kayak manisan ya

    lebaran kemarin saudaraku buat yang kayak gitu
    tapi manis banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih ra, manis banget rasanyaa, banjir gula hrhhehe

      Hapus
  43. wuaaah sama mbak. aku juga baru nongol nih hhe. baru nongol lagi di blognya mba'e. gara2 laptop rusak males ngeblog n males blog walking jadinya :-( jadi rasanya luar biasa bnget hbis selesai service n bisa aktif ngeblog lagi hhe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya de,,, aku juga uda lama ga maen, tar klo uda agak sela aku mampir ya k blog mu

      Hapus
  44. Kalau buka puasa semangat tapi kalau sahur suka nggak semangat karena ngantukkk *hoammm*

    BalasHapus
  45. Minta maaf lahir batin kalau ada salah kata kaka'.....

    BalasHapus
  46. enak sekali...bikin aku laperrrr

    BalasHapus
  47. kalo gue sih biasanya cuman pake es teh manis ama gorengan.. :D mohon maaf lahir batin mbak nita.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama samavya mat, gorengan juga endesss

      Hapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...