Senin, 07 Desember 2015

Jenis-Jenis Soto Nusantara



Indonesia itu kaya ya...

Selain sate, soto pun bisa segambreng-gambreng jenisnya.


Ada :

Soto Banjar
Soto Kudus
Soto Betawi
Soto Padang
Soto Lamongan
Soto Tangkar
Soto Medan
Soto Madura
Soto Makassar (coto)
Soto Bandung
Juga Soto Bogor


Soto Kudus (doc.pribadi)



Gak kerasa, lama-lama blog ini ketumpuk postingan tentang aneka jajanan. Lalu aku jadi pengen nempelin iklan...tapi ga ada yang mau banyar *tjurhat...

Sebenarnya, makanan berkuah yang satu ini adalah kesukaan suami. Aku ga gitu ekstrem yang gimana gitu kalo ngudap soto. Karena menurutku, soto ini ya makanan rumahan biasa. Soalnya ibu dulu suka bikinin aku waktu masih kecil, daaaaaaaaaaaaaannn bikinan beliau jauh lebih nikmeh dari lapak soto manapun. Sensasi bumbu kacang tumbuknya itu loh yang ga pernah aku temui di kedai-kedai soto lainnya. Aaaakk jadi kanget soto bikinan ibu #JanganCumaDikangeninAjaMbul #LatihanJugaDongMasaknya #BiarDisayangSuami

Well, untuk sementara edisi makanan kali ini memang bukan hasil jerih payah tanganku (yang bentek-bentek mirip pisang ambon), tapi hasil investigasi beberapa rumah makan soto yang sempat aku sambangi beberapa bulan lalu...Ya....itung-itung jadi tester dulu buat nemu formula yang tepat dalam hal membuat soto.



Soto Mie Bogor

Ngomong-ngomong tentang soto yang terakhir disebut, di Tangerang (lama-lama bisa diangkat jadi Duta Wisata Tangerang ni, dari kemaren promoin Tangerang mulu...hikhihik *ngarep), ada satu tempat yang menyajikan soto bogor baik varian mie maupun daging. 

Meski sempit, warung yang berada di kitaran ruko wilayah Regency ini saban hari dikerubungi pembeli. Kayak ada maneki neko (itu loh boneka kucing yang biasa dipajang di toko kokoh-kokoh) untuk menarik perhatian pengunjung. Yah, meski yang punya orang lokal sih, tapi teteup warung tersebut antrenya bukan maen.

Risol oh risol kenapa kau tenggelam gitu nak..(doc.pribadi)

Mienya banyak juga yes? (doc.pribadi)


Kebetulan aku dan Tamas waktu itu pesan soto mie-nya. Yah, meski dibilang standar layaknya soto mie pada umumnya, tapi karena perut lagi keroncongan, jadi tetep sikat aja.

Dari segi isian : lengkap. Kobis ada, irisan tomat ada, bawang goreng melimpah, seledri oke, dan yang paling penting tentu saja mienya...juga ada. Risolnya juga kagak nahan !!!!

Dari segi kuah : Seger. Mungkin bikin kaldunya pake perasaan kali ya sehingga rasanya bener-bener bikin ‘glegek-glegek’ pengen nambah dan nambah lagi.

Dari segi tampilan warung : Alangkah lebih indahnya kalau kebersihan lebih ditingkatkan. Tatanan meja kursi juga sebaiknya diperhatikan mengingat antrean yang panjang setiap harinya.




Soto Tangkar

Jaman bujang, Tamas termasuk orang yang demen wisata kuliner ekstrem. Makanya doi seneng banget kalo disuruh promoin makanan mana aja yang enak bin sedep. Pokoknya promo-promonya ngalahin staff marketing kedai nya sendiri sehingga gampang banget aku dipengaruhi untuk nyobain. Daaan....salah satu yang berhasil menghasutku adalah keberadaan Soto Tangkar. 

Ini yang namanya soto tangkar...Tolong abaikan sop buahnya (((TOLONG!!!))) (doc.pribadi)


Dari segi isian : Hmmm....kok merasa kalo ini mirip soto daging ya. Hihihi. Kerat demi kerat daging bisa dibilang bisa dihitung dengan jari. Meski begitu irisan kobis, tomat segar, remahan emping dan bawang gorengnya tetep bisa memanjakan lidah.

Dari segi kuah : Dominasi santan kentalnya membuat gurih kuah. Selain itu warnanya yang cenderung kental membuat lidah ga bisa boong untuk menolaknya.

Kebetulan pas makan ini minta dibungkus sehingga aku tidak bisa mereview keadaan warungnya.




Soto Kudus

Pertama kalinya makan Soto Kudus ya di tempat asalnya sana...Kudus. Lebih tepatnya saat aku mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah zaman masih SMA silam...Beuh jadul sekali yah sayah.

Tapi tenang, di sekitar tempat tinggal kami juga ada dink yang menyajikan soto dengan aksen rasa jeruk purut ini. Dan inilah penilaianku tentangnya.


Nasi ditambah bawang goreng itu sesuatu (doc.pribadi)

Warungnya sederhana (doc.pribadi)


Dari segi isian : Yang ngebedain dari soto-soto lainnya terutama adalah cambah dan juga bihunnya. 

Dari segi kuah : Cukup seger. Karena modelnya beningan. Udah gitu, perasan jeruknya membuat lidah tak berhenti berkecap (eh...ini mah ga sopan ya kalo kata Orang Jawa).

Yeay !!! Sekian reportase kuliner kali ini. Pas banget kan ama jam makan siang. Kalo kalian suka soto jenis apa? Bolehlah dibagi di kotak komen...


Blogwalkingnya dirapel nanti ya teman-teman...lagi menjaga mata biar ga minus karena kebanyakan nonton leptop. 


60 komentar:

  1. soto Pekalongan donk Nit..ahayy...(duta wisata Pekalongan dateng)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahhahah....jadi penasaran aku in, isinya apa tuh soto pekalongan?

      Hapus
  2. mak nita, pas banget dikau membahas soto siang-siang yang dingin ini (di sini lagi hujan), dikau berhasil membuatku menelan ludah karena tiba-tiba jadi pengen makan soto :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihii racun ya mb buat musim penghujan begini ;D

      Hapus
  3. Looh..kalo memang pas makan soto tangkarnya di bungkus, terus itu di mankok makanan untuk siapa dong?hehe tapi bukan soto tangkarnya sih yang bikin ngiler tapi sop buahnya #ups :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu mangkok aku mb hahahha, cakep kand?
      sop buah...tu kan pasti yang jadi perhatian sob buahnya hihihi

      Hapus
  4. Wah wahhh suka banget kalo sma soto ayam mbak. apalagi semacam soto kudus itu yang bening kuahnya. jadi makin lahap maemnya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bening dan segerrr, seseger hatikuww

      Hapus
  5. glegek *nelen ludah. hemm enak banget ki kalo makan soto.
    dari deretan soto diatas belum semuanya aku coba.. aaakkkhhh pingin makan semua soto.
    sayang kebumen kayaknya gak punya soto yang ciri khas, jadi gak masuk daftar.
    ehh coba mba nit masak soto kayak soto ibu mba nit ntar jadikan soto khas kebumen. kan belum pernah ditemuin itu yang sama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya yakk *langsng terlintas ide bisnis..
      tapi bikin kaldune susah di..

      Hapus
    2. udah bisnis aja mba nit, ajak aku jadi partner. hahaaa.
      belajar pasti bisa. hehee..

      Hapus
  6. kalo favoritku soto bogor mbak! Yaallah itu enak banget..
    Apalagi kalo pakek ekstra risol.. NYAM!!

    BalasHapus
  7. soto mie Bogor baru tahu kayaknya mbak, liatnya segar deh..

    * saya suka soto karena segar dan bikin keringetan, gobyos kata orang Jawa... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaah toast yuk mb...soto membuat nafsu maem bertambah hihi

      Hapus
  8. Weee banyak juga jenis menu sotonya..ya...mbak....saya g bisa ngebayangin ..gimana seandai nya ngadepin langsung itu menu pasti....langsung saya santap

    BalasHapus
  9. bikin gw ngiler j, nih kalo sotonya bukan cuma gambar udah gw telen

    BalasHapus
  10. Kalo saya suka soto yg kuahnya bening atau lumayan bening lah. Kayak soto Solo atau soto Lamongan. Trus kalo yg unik tuh Sroto Sokaraja. Pake sambel kacang trus ditaburi krupuk warna-warni, trus daun bawangnya mentah. Jadi pedes seger gitu. Hemm... Emang soto itu makanan enakkk :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa sroto yg di pewete itu enyaaaaknya sadizzz y mb...jadi kangen, ada juga yg isinya ditambah gethuk

      Hapus
  11. Soto banjar katanya enak, belum nyoba. Baru nyoba soto betawi, soto buatan ibu sendiri, soto surabaya, soto kudus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masakan ibu memang pancen top ya ziz :)

      Hapus
  12. MAntaps mbak :D
    ini adalah salah satu makanan favoritku .. Heheheh

    BalasHapus
  13. Yaelah, kalo sampe aku ngidam pingin soto-soto itu, kamu harus tanggung jawab lho. :D

    BalasHapus
  14. naksir soto tangkar mbk nit..
    bungkus satu yak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bole mb inda, pembayaran di kasir ya...gegegek

      Hapus
  15. Kangen soto bandung, lama banget nggak ada yang traktir, hehehee

    Aku juga kepikiran bikin macam2 soto, tapi dengan cerita yang berbeda, Nita :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soto bandung letak kekhasannya dimana mb hidayah..aku kok jadi ikut pnasaran hihihik

      Hapus
  16. Semoga ada tempat makan yang endorse ya, Mbak. Ya minimal mah makan gratis 2 porsi sama suami. :p

    Gue sejauh ini kurang suka sama soto mie. Sukanya rasa soto mie di indomi wkwk. :D
    Soto lamongan dan kudus emang juaraaaaaa! Gue sukaaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya yogg...blum ada yang sponsprin nih hahahahha..
      Padahal gaya marketing eyke cukup membetot perhatian khalayak, jiehhh...bahasa guee
      Soto lamongan yang ada ayam suwirnya itu ya yog?

      Hapus
  17. astagfirullah aku salah buka blog....
    asli jadi lapar kak gara gara salah buka :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ma ma maafkan posyingan ini ya, bhahahhaha

      Hapus
  18. Diantara semua soto yang di coba, paling suka soto betawi sama soto ayam (kayanya asli madura). Duh jadi laper malem2 bahas beginian :(

    BalasHapus
  19. baru beberapa jenis aja yang sudah dinikmati,
    dari semua jenisnya tetap menarik

    BalasHapus
  20. Settt.. disuruh jangan fokus ke yang pink saya kok malah ngiler sama sop buahnya.. haha..

    BalasHapus
  21. kalau saya suka soto tangkar, sedep banget, soto madura, soto pekalongan, dan soto kudus.. apalagi soto priangan (bandung).. semua soto buat saya aja ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. soto tangkar kerasa banget gurih santannya ya teh :)

      Hapus
  22. Walah, hujan-hujan gini liat sesotoan. Ngiler. (*,*)

    BalasHapus
  23. kagak nyangka deh, kamu doyan makan juga ya.... dan ternyata banyak banget jenis soto di Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. dalam artian kemaruk yeaah mb ria hahahaha

      Hapus
  24. Soto itu selain kuahnya harus lezat yang penting daging ayamjuga harus banyak. kalo banyakan kerupuk bukan soto ayam namanya tapi soto kerupuk :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo aku cenderung suka kulit ayamnya mas..apalagi yang digoreng duluan, jadi kriuk kriuk dikit :)

      Hapus
  25. Aku pernah mba bikin soto tapi soto bening gitu nggak tahu nama sotonya dari mana entah dari bandung, kudus atau dll hahahaha

    BalasHapus
  26. dan aku sukaaaa bangeeet smeua jenis sotoooo hehehehe :)...mau dong itu dikirim ke siniiii :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ongkirnya sabaraha mb indah klo mpe nuyork? hahahii

      Hapus
  27. Hahaa itu hestegnya :'D Jangan cuma dikangenin aja mba. HAHAHAAA

    Wah Tamasnya mba Nita suka promoin makanan gitu ya mba, suka wisata kuliner ekstrem. Kayak Bondan wkwkwk
    Soto Kudusnya. Nggak kukuu :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahhah iyak lan..blom tergerak untuk coba bikin, rumit...

      soto kudur sebenarnya biasa aja sih lan klo makannya ga di tempat asalnya...

      Hapus
  28. yang favorit tetep soto lamongan, koyanya itulohh guriihh.. ditambah jeruk nipis dan sambel cabe seger bangettt.. nah laper kan pagi2 gini bahas soto haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. secara orang jatim ya kan?
      klo aku lebih suka stroto sokaraja sih yu...ada esence kacangnya ya kalo ga salah..

      Hapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...