Senin, 09 Mei 2016

Resep Semur Jengkol Ala Mbul



Assalamualaikum teman-teman :D

Pakabar ni pada? 
Hawa-hawa liburan masi terasa ya ??? 
Makanya Embul juga masi males-malesan ni ngeblognya !! :-p.
Palagi, badan kok rasanya makin berad aja nih gegara kebanyakan kuliner *ampek ngangkat tangan buat ngetik aja susah* (ampuni Baim Ya Alloh..).

Resep semur jengkol ala Gustyanita Pratimbul


Tapi kan tetep aja kaaan, blog ini ga bisa dianggurin begitu adjah..??
Memangnya kamu mau Mbul Alexa Rank menggendut lagie???
*Oke, biarlah ini terjadi pada badanku saja (kibas lengen yang uda segede ayam lehor)*
Mari kita mulai dengan sesuatu yang ringan-ringan saja sebagai pembuka semangat di tanggal-tanggal ke depan yang warnanya item semua *bhaaahahahha...tanggalan gue sebenarnya merah semua lhoh...(ngeselin kan)? 

Mbul mau urun resep makanan yang kadung dibenci beberapa kalangan loh. 
Mungkin karena baunya kali ya....
Tapi ini enak kok. 
Sebenernya kalian-kalian yang ga suka jengkol pada gengsi aja atau beneran ga suka ni?? 
Hayo ngaku? 

Soalnya dulu Mbul antipati sama jengkol karena jujur belom berani ngerasain.
Eh begitu nikah, dan dijejelin...maksudnya dilatih *anjirrr bahasanya* sama Tamas buat nyobain, eh ternyata ketagihan juga (malu aku). 
Jadi tuh pada intinya, sebelum mencoba diriku yang sok-sokan ini males nyicip jengkol lantaran gengsi. Weladalah, setelah berani nyolek dikit, ternyata pemirsaaa....rasanya enak juga !!!!
Hahhaha...mirip daging, Men !! 
Bahkan nih ya...pas survey di pasar tradisional yang ada di deket rumahku, aku kaget beneran dengan harganya yang hampir menyerupai harga daging. 
Sekilonya Rp 35 ribu---gimana enggak mirip sama 1 ekor ayam pedaging ???323 20 Crazy funny sheep emoticons emoji download


Malem banget kami pasar biar dapet stok jengkol yang seger-seger

Nah, berhubung punya pengalaman pahit pas beli lauk jengkol di tukang nasi uduk pinggir jalan (yaitu dicidukin 3 biji jengkol belah dengan harga Rp 5000,-), makanya sekarang aku mau latian ah bikin sendiri. Ya gila aja cuy, tu pedagang ngambil untung berapa ratus persen yak, dengan membuat paketan tiap 3 biji jengkol belah dipatok gocengan??? Hahahhahah... Yang ada kita ibu-ibu jadi kalang kabut juga ngatur pemasukan dompetnya kalo ga pinter-pinter menyiasati.

Yawis, tanpa berlama-lama lagi, akohh mau ngebagi resep semur jengkol coba-cobaku ini siapa tau menginspirasi para mamah muda setanah air *eaaakkk..71f3af85a6d7aecee0a5fce51d3ead9d Cat family emoticons for email cat emoticons cat emoji

Bahan-bahan :

1 kg jengkol
air untuk merebus

3 kali perebusan jengkol biar empuk (foto : Gustyanita Pratiwi)

Bumbu-bumbu semur jengkol (foto : Gustyanita Pratiwi)

Bumbu yang dihaluskan :

5 siung bawang merah
5 siung bawang putih
4 butir kemiri
2-3 buah cabe merah besar
1 sendok makan ketumbar (maap ya Mbul nyari praktisnya aja ni pake yang bubuk)
setengah sendok makan merica (bubuk lagi)
2 sendok teh garam

Bumbu yang tidak dihaluskan :

Serai
Daun salam
Setengah gula merah sisir 
Kecap 
Minyak untuk menumis
Bumbu penyedap rasa (Royco) 

Air

Tahapan Memasak :

nih sebelom digepruk pake ulegan
Setelah digeprek dan ditumis
Wanginya karena serai, daun salam, miri, tumbar
Sajikan selayaknya makan di warteg hahahaii

Rendam jengkol dengan air penuh sampe kulitnya nglotok sendiri. Btw, ini aku baru tau loh setelah dikasi masukan sama Tamas yang ngga kepengen jemari lentik *uhuk* 2536 Obesity cartoon bear emoticons emoji download bear emoticons bear Emoji  maksudnya bentek-bentek mirip ayam punya Mbul kegores piso. Makanya doi ngasi tau cara praktisnya dengan cara direndam.
Rebus jengkol yang sudah dikupas sebanyak 3-4 kali (ganti air). Pokoknya sampe empuk. Angkat
Geprek jengkol dengan ulegan
Tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampe harum
Masukkan daun salam, serai, dan air.
Masukkan jengkol yang sudah digeprek tadi. Aduk-aduk hingga menyatu dengan bumbu
Tambahkan kecap manis, air, dan bumbu penyedap rasa (sesuai selera). Tunggu sampai meresap.
Sajikan hangat.

Bagaimana pemirsa ??? 
Mudah bukan membuatnya???
*btw Mbul sudah cocok belum jadi muridnya Ibu Sisca???"3224 Obesity cartoon bear emoticons emoji download bear emoticons bear Emoji



78 komentar:

  1. nit, ini kamu sendiri yang bikin? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. huum itu aku sendiri yang masak ahihihi

      ( ื▿ ืʃƪ)

      Hapus
  2. Aku pengen makan tapi belum pernah mencicipi jengkol hahahhahah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantabbb ini mas mantaaabbbfff \(´▽`)/

      Hapus
  3. Aiiihh kamyu Pinter masak juga ya. Istri sholehah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang terakhir akuhh aminkan ah,,, ( ´∀`)

      Hapus
  4. enak nih klo siang2 baca yg beginian eheheheh

    BalasHapus
  5. Menu Favorit saya. Dan saya egois biar bau tetep makan. Tp ibu saya ada resep rahasia biar enak. Bumbunya ditambah. Kelapa yang sudah diparut digoreng di kuali tanpa minyak. Sampai warnanya cokelat dan berminyak. Lalu ditumbuk sampai benar-benar berminyak. Dan ini dicampur ke bumbu yang ditumis. masyaAllah nikmatnya. Ini resep zaman kapan gitu. Kayaknya turun temurun dari nenek.Pas masak semur ayam juga dikasih. coba deh, pasti tambah enak

    BalasHapus
    Balasan
    1. -(ˆ▽ˆ)/ Aaaaakk #joged joged
      Langsung kantongin resepnya
      Nuhun din :D

      Hapus
  6. Kalo dibilang gak doyan jengkol, ataupun gengsi, ya gaktau jg. Karna di keluargaku gak ada yg pernah masak jengkol. Jd gatau rasanya. Dan baunya memang dahsyat sih. Eh, bkannya ada caranya jg ya mbak supaya jengkol jd gak bau? *kayaknya yah*

    Mau nyobain tp agak takut dgn baunya jg sih. Wkwk. Kalo pete aku msh doyan, biarpun cuma makan seuprit karna rasanya yg aneh kayak rasa daun rerumputan (kyak prnah nyobain rumput aje-_-) Sambal goring ati pake pete biasanya tuh yang paling enak. Nyammm...

    BalasHapus
    Balasan
    1. (ɔ ˘⌣˘)˘⌣˘ c) kasi tau klo kamu tau tips nya luk

      hahhahaha...
      ah kamu mah jengkol aja takud,

      Hapus
  7. Aiaiai...ndedek mbul doyan jengkol..kl di Sumatera jengkol adiknya di rendang de.. Betul kata si Adin Dila (salam ) pake kelapa sangrai yg digiling hingga berminyak di kasih cabe dan bumbu rendang..kl semur kan manis ya, SM lidah Sumatera kurang terbiasa aja.tp mantap ya, sekilo buat bedua aja de? Ntar ayam MU kliyengan ga brn dekat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. huwaaaaaaaaa, ternyata ada sensasi kelapa parutnya ya, pantasan aja gurih mb wita ahihihi
      akuh kudu praktekin ah kapan hari ntar mah

      Hapus
  8. Aiaiai...ndedek mbul doyan jengkol..kl di Sumatera jengkol adiknya di rendang de.. Betul kata si Adin Dila (salam ) pake kelapa sangrai yg digiling hingga berminyak di kasih cabe dan bumbu rendang..kl semur kan manis ya, SM lidah Sumatera kurang terbiasa aja.tp mantap ya, sekilo buat bedua aja de? Ntar ayam MU kliyengan ga brn dekat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. lidah sumatra lebih ke baladokah mb wita?
      (˘⌣˘ʃƪ)

      ahai iya, bedua ajah ampe mabok jengkol egegegegkk

      Hapus
  9. Waaah waaah.. Udah kebayang enaknyaaaa ituuu. Nita pinter masaak ya ;). Supeer yum kelihatannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hanya ada di indonesia loh mb indah ahihihi

      ( ื▿ ืʃƪ)

      Hapus
  10. Ya Allah, tengah malam baca ginian... Kutandai ya, mbak Nit, ya. Kutandaiii!!!!!

    Mba. Jengkol di sini murah loh per kilo nya :p

    Oh iya, si adek gimana hasil SNMPTN nya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ampunnn darr ampuuunn (`˘⌣˘)-c<´⌣`“)
      alamaakkk, kalo ada pintu ajaib aku belanja di tempatmu ajaaa lah yaak

      alhamdulilah si adek keterima dar di kedokteran uns
      Щ(̾˘̶˘)Щ̾

      Hapus
  11. Jujur...blm pernah nyoba jengkol. Alasannya, katanya jengkol itu sodaraan rasa dan baunya ma pete...dan aku nggak suka pete.. Mahal krn di area jabotabek kali Nit.. Tetanggaku ada yang punya pohonnya. Dia jual 15rb/ kilo nya klo pas musim itu... Lha pie, arep nitip dipaket ke pie? Wkk..wkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyak sodara ipar ama peteh ahihikk

      iya ih mb sulis, aku mau lah klo pulkam ngeborong, permasalahannya tar di kereta ngebauin orang gag yach ahahahha \(´▽`)/ \(´▽`)/ \(´▽`)/

      Hapus
  12. Wuiiih, harga jengkol sama kayak harga ayam? lumayan juga ya (mahalnya) hehe, aku beneran gak suka jengkol, Mbak (eh, belum pernah nyoba siih) :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. ヽ(*´∀`)ノヾ(´^ω^)ノ♪ ayam ajah kalah uwaaaaa
      #ahai

      cobain mb aireni, cobainnn :D

      Hapus
  13. Ahh jengkol tuh saudara iparnya pete kan, Nit. Saya doyan pete kalau dimasukkin ke sayur tapi paling cuma 2 atau 3, enak sih tapi ujung-ujungnya, bau ya :)

    Kalau jengkol belum pernah, belum-belum sudah terintimidasi sama berita-berita itu tuh. Dulu ibu kalau beli jengkol direbus terus dimakan begitu saja pakai parutan kelapa, enak juga kata ibu hihi

    Tapi di resep ini penampakannya sangat menggiurkan ya, seperti semur rempelo ati. Sukses deh Nita sekarang udah pinter masak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. huum, dan anehnya dua duanya aku suka mb anjar, Ya Alloh, aku sukanya yang kek ginian hihii ( ´∀`)

      wah beneran berarti pakai parutan ya mb anjar..pantas ada gurih gurihnya

      iya mirip semur rempelo ati.. aku masi blom ahli ni ngrebus rempelo ati mb anjar...masi belom bisa ngilangin amisnya :D ヽ(´Д`;≡;´Д`)丿

      Hapus
  14. Dulu seneng2 aja makan jengkol. Sejak hamil nyentuh aja ogah, bawaan orok. malah kebalikan sama suami.. sejak dimasakin mama dia malah doyan. haha

    Sarannya tamas sama kaya yang dilakuin mama ku kalo masak jengkol.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ternyata klo hamil ga boleh ya vin ???
      catet ah

      ahahhaha...iyakah??
      emang klo lagi hamil serba yang tadinya ogah malah jadi ketagihan ya, begitupun sebaliknya

      sehat sehat ya bumil (*´▽`*)

      wah tamas ahli juga nih wkwkwk

      Hapus
  15. Kayaknya enak nih. Sayang banget aku nggak suka :( tapi resepnya aku catat buat referensi kalau mau nyiangin pas ada tamu nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, sapa tau bisa buat menu arisan kan uni eheheheh *\(´▽`)/* ξ\(´▽`)/ξ *\(´▽`)/*

      Hapus
  16. ya ampun ini menggiurkan banget semur jengkolnya :) aku belum pernah masak sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. mb lid lebih jago deh kayaknya kalo masak (ʃƪ´▽`)

      Hapus
  17. Mbak harga jengkol di tempat mbak beraapaan, kalo di kampung saya mah mahal banget mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. di tempatku kemarin Rp 35 ribuan kang ;D

      Hapus
  18. Mantap banget nih semur jengkol. Ntar nyoba buat ah pake resep yang ada di atas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayukkk dicoba hahahaiii
      bisa buat rantangan juga ni bekal maksi ヽ(´▽`) ノ

      Hapus
  19. Duuuuuhhhh enyaaaak. lebih enak lagi kalo di balado kali yaaa. Pedes-pedes gituuuhhh. Kamu pinter masak amat ciiiiiii. Bolehlah sekali-kali kirimin kerumah aku. Weheheheee

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahaaaiii aku blom bisa dian yang balado, baru bisa yang manis wkwkwkwk
      secara aku lidah jawa ni agak ke manis condongnya

      (`˘⌣˘)-c<´⌣`“)

      Hapus
  20. Adaw kok aneh ya aromanya sampai tercium ke sini, jadi tidak pengen coba nih kalau sedikit mah pengennya banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kudu dipanjer eksos fan mas klo kecium bau jengkolnya mpe situ ekekeekk

      Hapus
  21. wah bikin aper aja mbak ini.. hem semur jengkolkan kesukaan saya bangetdari dshulunmabk.

    BalasHapus
  22. Nit...cobain deh hbs direbus itu dibakar..trus digeprek...mantapop

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuihhhh kudu dicobaaak nih
      makasih nay rekomendasi resepnya agagaggakk
      ( ื▿ ืʃƪ)

      Hapus
  23. salah jam segini mampir kesini nih, itu bikin laper banget nit :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. close tab mas close tab ahihihi
      (`˘⌣˘)-c<´⌣`“)

      Hapus
  24. duh lihat semur jengkol gini aku inget mama nih yang doyan banget jengkol sampai lupa daratan kalaua makan itu.... dan jadi inget mantan nih hahahaha *eh.

    aku pengen suka jengkol, sampai nyoba beberapa kali.. tapi apa daya kalau perut nolak dan ujungnya muntah terus :(
    padahal wanginya semur jengkol tuh enakkkk >.<
    seediiiiiiih bangeeeettttttttt ga bisa makan jengkol sama pete..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ƪ(˘⌣˘)┐ wahh mantanmu antimainstream yak hihi
      doyan jengkol

      enakk kkok han, cobain deh sekali-kali
      berasa daging ;D

      Hapus
    2. duh aku ga pernah tahu kamu bales komenku hehehehhehe.
      ah mantanku............ jadi inget lagi..... pas dia makan jengkol. lol


      duh ga bisa nit, yang ada aku menderita di kamar mandi gara-gara ongkek-ongkek huhuhuhuh sedihnyaa. ga gahul.

      Hapus
  25. kabur beli jengkol duluu

    BalasHapus
  26. Bahahahahaha. Komennya Dara. Kutandai :'D

    Aku mau tandai juga ah. Buat Wulan. Ini dia suka banget pasti. Apalagi bisa bikin sendiri gini. Btw itu cara praktisnya boleh juga. Mas Tamas perhatian deh. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahhahah

      wulan kemana ya cha, kok jarang up date lagiihhh

      Hapus
    2. Hai mbaaaa aku di sini. Huwaaaa kangeeeenn

      Bhahhaa Icha tau banget yg aku sukaa. :D

      Hapus
    3. ayok dong lan up date lagi blognyaaah :D

      Hapus
  27. sampai saat ini belum pernah ngerasain jengkol atau pete :(
    udah ogah duluan karena dengar cerita orang-orang yang bilang bau..

    BalasHapus
  28. Mbul, kamu beli Jengkol malam malam di mana? nanti aku samperin dan nitip sekilo dimasakin buat Tamasku, ehheee, aku belum pernah masak Jengkol, makanpun belum,,,tapi suamiku doyan banget,

    BalasHapus
    Balasan
    1. belik di pasar baru mb astin ;D

      wahaaaiii ayuk suami mb dimasakin :D

      (*´▽`*)

      Hapus
  29. Detail banget mba fotonya mulai dari jengkol mentah sampai udah mateng dan udah di hidangkan dengan nasi :) sipp dahhh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dong mas, biar gampang keindeks gugle *tetepp narget visitor hahaha

      Hapus
  30. aku jadi pengen cicipin jengkolmuu nit :D di jawa timur jarang orang masak jengkol

    BalasHapus
  31. Setujuuu mbaa. Jengkol kalo digigit rasanya kayak daging ya. Kenyal lembut gitu. UWuuwwuwuwuw lapeerr parah habis baca postingan ini.

    Harga jengkol sekilo juga hampir nyamain harga daging ya mba. Hahahaa.
    Di sini jengkol seribu dapat 8 biji mba. Kalo sekilo 45 ribu. Bisa beli perkilo, bisa beli perbiji.

    Yawlaaah ini napa aku jadi kayak jualan jengkol gini sih di komen :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. laaaaaaaaaaaaaaan karungin jengkol sumatera buat akoooh

      jualan jengkol bisa jadi juragan berarti yak ahihihii

      Hapus
  32. Saya belum pernah makan jengkol Mbak. Kata orang sih ueeenak banget. Entah kenapa saya ngga pernah mau nyoba. Orang bilang ini namanya ati maung (Hati Harimau), rasanya sedap banget, bikin nambah nasi katanya. Iya ya Mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ati maung, lucu ya mb lev istilahnya ahahahha

      Hapus
  33. hahaha, utk jengkol aku nyerah Nit ;p.. ga bisa ketelan... sumpah mnding disuruh makan pete aja deh :D.. kalo pete aku suka banget, pdhl kan sama2 bau ya ;p.. jengkol ini aja yg ga suka2 ampe skr :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. pete akuh juga syuka loh mb fanny (ya Alloh kok aku suka yang ginian mua yak hihihill)

      Hapus
  34. alhamdullilah nemu resep ala jengkol kesukaan hubbi. Hmmm katanya serasa makan ati ayam,beneran gak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihii iya mayan mirip mb christ ^_______^

      Hapus
  35. Aku belum pernah makan jengkol, emang rasanya mirip ya dengan pete?
    Dibuat semur jengkol kelihatannya enak banget tuh, dimakan dengn nasi anget :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda rasa sih mb, cuma baunya yang sebelas duabelas ahihihi

      Hapus
  36. Wa'alaikum salam Nita. Kabar baek nih gua, tapi sekarang udah ga berasa lagi hawa liburannya (ya iyalah Bay, orang Nita postingannya awal bulan, gua baru comment di akhir bulan hehe. I'm sorry for being late :p). Jangankan ngangkat tangan untuk ngetik Nit, gua ngelirik laptop aja berat banget nih mata haha.

    Hm, resep kali ini adalah semur jengkol.
    ...
    ...
    Oke, gua mesti jujur, gua emang gengsi untuk makan jengkol, selain karena dari kecil ga pernah dihidangkan aneka jengkol, kesakralan baunya lebih dulu nempel di otak ketimbang membayar rasa penasaran untuk berani nyoba. Bener, gua ga pernah nyoba semur jengkol. Mungkin kalo udah nyoba, indera pengecap gua akan ngasih opini berbeda. Tapi kalo pete gua pernah coba ngerasain beberapa, kalo lagi makan nasi goreng pete :p

    Rasanya mirip daging? Harganya pun hampir menyerupai harga daging?
    Well, pengalaman buruk lo dengan tukang nasi uduk di pinggir jalan ternyata mengobarkan semangat untuk akhirnya ngolah jengkol sendiri ya. Luar biasa. Dan olahannya pun sukses lo tuangin di blog. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhahah iya bay, gue malah mulai males nulisnya pas bulan ini hahahhaha
      siap siap mager juga gue

      hahhahha iya, gengsi emang pas pertama disodorin
      tapi akhirnya kalo gue kejadiannya luluh juga ama tu jengkol wkwkwkw

      iya harganya bombaastis bay, palagi jelang ramadhan ;D

      Hapus
  37. Eh BTW pohon jengkol itu gimana ya :D hehe, kok buahnya bisa enak gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu aku juga pnasaran blom pernah liat pohonnya ^_^

      Hapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...