Rabu, 08 Juni 2016

Resep Kering Tempe Ala Mbul



Ga tau apa cuma perasaanku aja apa engga, rasa tempe di kota (baca : tempat tinggalku sekarang ) dengan pas di kampung kok beda ya? Apa rasa kedelenya apa gimana? Beneran deh bikin bingung. Alhasil, kalo mau ngolah tempe goreng biasa tuh berasa mubazir. Seringnya jauh dari kata enak. Kurang ngeresep--padahal sama-sama udah dipenyet-penyetin ke bumbu bawang garemnya. Ya udah,daripada ribet, mending dibikin kering tempe aja ya kan? Masi bisa ketolong ama manisnya gula. 

Kering Tempe Praktis Bikinan Gustyanita Pratimbul :D


Nah, kali ini Mbul mau sosoan menjadi chef. Ceritanya mau kasi tips kering tempe ala gue. Masi pada kuat kan puasanya? Aku percaya, pembaca di sini ga bakal tergoda hanya gegara liat foto kan?? Ahahahhah... Singkat kata, kaya gini step-stepnya :

Bahan :

1 papan tempe (yang uda jadi)
cabe besar atau cabe keriting, kalo ga ada cabe rawit pun boleh lah
bawang merah (takarannya sesuaikan aja)
bawang putih
gula merah
kacang tanah
Garam
minyak untuk menggoreng

Iris papan tempe dengan ukuran yang sama
Ga instagramable ya? pencahayaan lagi ga oke ni
Paling enak kalo ditambahin kacang tanah

Langkah-langkah :

Potong tipis-tipis (kecil-kecil) 1 papan tempe tersebut dengan ukuran yang sama.
Goreng kacang tanah
Iris bawang merah, bawang putih, dan cabe. Tumis ke dalam minyak panas. 
Taburi garam secukupnya. Aduk hingga harum.
Masukkan gula merah iris. Aduk hingga rata.
Masukkan irisan tempe. Aduk hingga nyampur dengan bumbunya.
Terakhir, masukkan kacang tanah goreng sebagai pelengkapnya.
Oh, iya karena aku suka manis, mangkanya aku banyakin takaran gulanya di sini ya pemirsa. Tapi itu sesuai selera aja.  



Goreng irisan tempe
Goreng kacang tanah
Iris bawang merah dan bawang putih
Tumis irisan bawang merah, bawang, putih,  dan cabe
Masukkan irisan tempe dan kacang tanahnya
Aduk-aduk hingga rata

Kering ini sangat cocok dipadu padan dengan nasi kuning, telor dadar iris, perkedel, kering kentang, urap, mie goreng, bahkan semur jengkol kek yang di tukang nasi uduk gitu lah.

Oiya, intip juga menu yang pernah kubuat di sini :
Resep Nasi Kuning Ala Mbul
Resep Perkedel Kentang Ala Mbul
Resep Semur Jengkol Ala Mbul

Bagaimana pemirsa? Mudah bukan membuatnya ???? Kepikiran bikin apa buat ntar buka? Bole bagi di kotak komen ya.....

64 komentar:

  1. mbak nit ih Ya Allah, jam segini lagi nge postnya. :')
    Aku mau main kerumah mbak nit aja ya selama bulan puasa, biar dimasakin terus-terusan. :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanggung dib, kalo ngepostnya sore uda dirempongin masak ahahahha
      maaf ya, aku tau kalian muslimah mature (ciyeh), jadi pasti tahan godaan kalo cuma liat foto

      hihi bekasi tangerang, cuzz ahahahha

      Hapus
  2. Aku juga suka buat eginian dirumah mbak

    BalasHapus
  3. Tante Mbul..aku sukanya cabenya diulek..hihi..

    Tapi aku ngga setuju,, kate siape kering tempe itu tahan lama? Beuh..aku bikin setoples taperwer tuh ya, sehari habis. Dicemilin juga sih..:(

    Mestinya bikinnya yg pedes ya..wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah beda model bumbu kitah ahihi
      tante mbul ga jago nguleg mb rin : D
      *anaknya kurang strong kalo disuruh uleg-menguleg wkwkw

      haaahaa, iya yak, ga awetnya karena dicemilin

      kalo pedes ntar susah nerjemahin rasanya ni lidah :D

      Hapus
  4. Resepnya mudah banget mb. Simple. Apalagi buat anak kos... oh ya tempe kering kan bsa awet berhari-hari klo disimpan di aah tertutup rapat...ini mah bisa buat penghematan ala anak kos hihihi :D

    Love this :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya rin, anak kos banget lah ini
      asal di kosnya disediakan dapur, langsung action hihi
      :D

      Hapus
  5. Enaknya bawang merah bawah putihnya diulek apa diirisin sih nit?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku lebih ke diiris mb dew
      #alesan males nyuci leyeh ahahahhaha

      Hapus
  6. Menu praktis yang selalu jadi favorit saya dan anak saya... KERING TEMPE. :)

    BalasHapus
  7. Jadi kepikiran punya tempe dikulkas yes bikin ini ah hahaha makasi mba nit kasi ide buat buka nanti :)))

    BalasHapus
  8. dek, kayaknya lebih asik bagi resepnya pake video... *halah, gak ngaruh juga buat gue yg emang dodol masak*

    BalasHapus
    Balasan
    1. *pinginnya gitu mb ri
      #trus ngevlog

      tapi peralatan rekamnya kurang mumpuni kameraku ahahahha

      Hapus
  9. Kering tempe nih bisa ngabisin nasi sebakul lho Nit, apalagi nasinya hangat dan minumnya teh manis pula :)

    Ibu saya hampir tiap hari beli tempe dan diolah berbagai macam masakan termasuk salah satunya kering tempe gini. Jadi kering tempe bukan hal baru atau jarang bagi kami, dan tetap disuka :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi iya mb anjar
      kalo di jateng kita menyebutnya kering
      nah pas pindah ke tangerang, orang nyebutnya orek
      wah masakan ibunda mb pasti jawara :D

      Hapus
  10. tambah teri tambah maknyus nih.. favoritku.. gk ada lauk lain gk masalah, yg penting ada ini :D
    aku save resepnya ya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah bener banget, tambah teri hihi
      Makasi ya nisa ^_^

      Hapus
  11. Bahahahhaa. Komennya Dibah. :'D

    Wah, Mbak Nita sama kayak Mamaku. Suka manis dan kalau buat kering tempe gini, gulanya dibanyakin. Btw lucu ya namanya kering tempe. Aku baru tau. Kalau di sini biasanya nyebutnya sambal goreng tempe. Sama aja sih sebenarnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dibah is in da hoz hihihi

      Iya cha maklum orang jwa suka yang manis
      Haaa aku baru tau sambel goreng tempe hihi

      Hapus
  12. Aahhh.. untung bacanya malam.. wkwk..

    BalasHapus
  13. Dah lama gak makan kering tempe, kirim JNE kesini bisa nggak mbak?

    pas sekali ibu bikin kering tempe jadinya malah banyak, pernah dulu 3 hari makannya kering tempe mulu. Tapi praktis sih kering tempe, awet jadinya kalau sahur gak ada lauk bisa pake kering tempe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ongkirnya mahal ki ><
      Iya bisa buat stok pas ga ada lauk

      Hapus
  14. biasanya kalau beda gitu emang dari bahan utamanya nit, tempenya.
    setiap tahan kan unsur haranya beda, nah kedelainya mungking berpengaruh.. terus faktor pas ngolah pembuatan ke tempenya.

    waaah kedoyanan ku banget ini nit, bisa dicemilin juga soalnya garing dan kriuk..
    pakai nasi anget ga kalah enak. nyam nyam!
    duh...... nit....
    lama-lama aku singgah ke kamu aja ini sih minta makan.
    derita anak kosan bingung mau makan apa huhuhu.
    biar hemat juga hahahahahahah *plak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah iya ya, wa ahli gizi dah bilang gini, aku mah hiya hiya wae atuh ahhahah

      Iya aku juga sukanya yang ampe kriuk kriuk terkaramelisasi gitu han
      Ahahhah sini sini

      Hapus
  15. kasian ya tempenya udah diiris-iris terus digoreng eh dimakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lengkap ya penderitaan si tempe hihi

      Hapus
  16. Menu itu favorit kakak cowok aku dia paling demen kalau makan sama orek tempe kering hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya wid, klo di jabar disebutnya orek

      Hapus
  17. Gile tutorialnya detail sekali Hehe
    Kali2 mah bikin videonya dong..

    BalasHapus
  18. Mungkin tempe di kota udah ada campuran2nya mba Nit, beda sama kayak di Desa. Kayak pengawet, perasa, dll
    Yawloh, Bulan puasa kok malah suudzon.

    Yess !!
    Keputusan yang tepat BW di blognya mba Nit waktu udah buka gini.
    Mmmmmmmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahha azka suujon
      Ya Alloh nlogku sejahat itukah
      Wkwkw

      Hapus
  19. Iya, di sidoarjo juga jarang yg enak.. jangankan enak, gak mateng udah dijual, malah kadang udah gembus kayak udah lama disimpen gitu..

    Aku lho gak bisa bikin tempe orek pake gula merah, selalu gagal.. lebih enak kalo pake kecap manis.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya knapa ya mer, semacam kek kurang ahli kayaknya bikinnya
      Huhu

      Wah jadi ada aliran kecap dan aliran gula jawa berarti

      Hapus
  20. onde mande...
    bangun sahur ini buka tulisan isinya resep makanan :)
    *ajegile, bikin laper. hehehe
    untung ga pas buka blog ini jam 12 siang, bisa gawat nih

    btw, udah empat resep ya?
    kumpulin mbak biar jadi buku, kan keren awalnya di blog jadi buku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tabahkan hati ya mas
      Hahaaha

      Iya selanjutnya masi ada resep resep lainnya mas irul, tetep stay tune ya ahahahhaha

      Hapus
  21. ooo bikin kering tempe itu pake gula merah ya..???
    kok aku mikirnya pake kecap ya >_<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo aku iya mb
      Soalnya lebih manis hihi

      Hapus
  22. wahh, sebagai anak kost-kostan yang kadang malas ribet dengan urusan masak memasak sepertinya saya harus mencoba resep ini :)
    dulu waktu masih kuliah, teman sekost sering banget dibikinin ini sama mamanya, kadang tempe kering kadang juga ikan lure (ikan kecil-kecil) kering :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikan lure....ah kok aku ngebayanginnya enak banget ya mb ciyus hihi

      Hapus
  23. tempeee keriiing :D waaaks :D menu favoritku banget ini Mbak :D

    BalasHapus
  24. joooozzzgandooosss tuh neng, kering tempenya ..
    ane gak kerasa ngemil ngegadho kering mpe setoples .. mantaaabbz !

    makin piawai masak niy neng Justy ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jozgandos mantab jaya...bisa aj ni mb ledy
      Aku blom seekspert dikau mb dalam hal mengoprek dapur ^_^

      Hapus
  25. saya juga sukaaaa tempe kacang kering begini :)

    BalasHapus
  26. iyaaaa, tempe itu suka beda2 rasanya Nit :D.. untungnya sih tempe yg dijual di pasar deket rumahku masih enak :D.. dulu pas msh di aceh, tiap mama beli tempe, aku paling seneng nyiumin baunya yg masih mentah itu.. apalagi kalo dibukus daun.. trs kdg suka iseng nyoel2in diicip ;p. enak juga tempet mentah ;p

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah berarti ga kejadian di tempatku aja ya mb fanny
      iya baunya tempe tu sangit tapi enak, e masa sih ampe dicemilin mentah ahahahhah

      Hapus
  27. Wah... Sepertinya merasakan hal yang sama... Dulu di Malang rasanya tiada hari tanpa tempe, tp di Surabaya nih jadi rada berkurang karena tempenya nggak seenak di Malang... Jadi kalo masak tempe nggak bisa yang cuman digoreng aja, kudu diakal biar ada rasa lain selain tempenya... Dan salah satunya kering tempe kacang ini... Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sehati kita, iya yak>?? apa ngaruh di iklim tiap daerah kali ya...apa tanahnya gitu hihi

      iya kalo pas digoreng rasanya gitu gitu doang, biasanya aku jadiin kering

      Hapus
  28. Kering tempe ini cocoknya buat lauk nasi kuning. Tapi bisa juga ditaruh toples, kalo pas belum sempet masak, makan nasi putih aja dengan kering tempe juga sudah nikmat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pasnya ama nasi kuning en makanan tumpengan hihi
      *kepikiran bikin lengkap

      Hapus
  29. Masih kuat kok Nit puasanya, alhamdulillah. Bener, masih kuat kok (terus diulang-ulang biar beneran kuat, padahal mah begitu lihat penampakan kering tempe di atas, langsung tergoda :p)

    Kering tempe ini gua suka Nit, suka :D

    Iya, tempe rasanya beda-beda. Duh, itu foto kacang tanah yang digoreng bener-bener minta banget dicomotin atu atu haha.
    "Kering ini sangat cocok dipadu padan dengan nasi kuning, telor dadar iris, perkedel, kering kentang..." ah iya, kering tempe ini cocok banget dipadu padankan sama nasi kuning dan telor dadar iris. Jadi inget dulu jajanan pas SMA, ada nasi kuning dijual lengkap sama kering tempe dan telor dadar iris :D belom lagi kalo kering tempenya disajikan masih anget... nyam... mantep.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulilah Bay kalo masih kuat puasanya uhahahhaha
      Mbul racun

      iya tergantung daerah deh kayaknya ya, apa lidah gue yang cocok ama tempe daerah jateng huhu

      cobain bay, dipadu padan ama itu semua, dijamin berasa kek nostalgia masa kecil, ultah tumpengan wakakak

      Hapus
  30. Klo buat tempe kering itu cpe nya di giling apa gx y mbax?

    BalasHapus
  31. Klo buat tempe kering itu cpe nya di giling apa gx y mbax?

    BalasHapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...