Jumat, 10 Juni 2016

Resep Manisan Kolang-Kaling untuk Berbuka Puasa



Suka heran ga sih kenapa kolang-kaling datengnya pas Ramadhan aja?
*Eh apa cuma aku doang yang kurang perhatian ama lapak kolang-kaling?
Hahaha 

Tapi seriusan, kadang kok ya nemunya pas puasa (even jatohnya di beda-beda bulan kan?)
Yaudah lupakan tentang asal muasal kolang-kaling.
Sekarang mari yuk Mbul giring kalian buat mantengin resep manisan kolang-kaling warisan keluarga. 
#semoga tidak bosan
#edisi Ramadan rajin masak-masak ey
#lebih tepatnya jadiin Tamas kelinci percobaan hahaha


Tara !!! Ini manisan kolang-kaling bikinanku

Resep Manisan Kolang-Kaling 

Bahan-bahan

1 kg kolang-kaling (usahakan pilih yang bagus). Kan sering tuh ada yang keras banget, ada pula yang lembek, nah kita pilih yang tengah-tengahnya.
Air untuk merebus
pewarna makanan warna merah (biar menarik)
gula pasir (kira-kira setengah bungkus deh)
tambahin essence sirup pisang (biar tambah harum)

Rebus dalam larutan gula pasir
Masak sampai air menyusut dan kolang-kaling berubah warna
Nyimpennya pake lock and lock
kalo uda dingin simpan di kulkas ya
bisa buat campuran kolak (resep terpisah)

Tahapan Memasak

Bersihkan kolang-kaling di bawah air yang mengalir
Setelah bersih campurkan pewarna makanan sedikit aja. Aduk sampe warna merata
Rebus ke dalam air yang sudah dicampur gula pasir
Tunggu sampai mendidih dan air surut serta kolang-kaling berubah warna
Kalau mau tambahin essence sirup pisang (biar harum)
Setelah matang dinginkan sejenak. Lalu bisa taruh ke dalam kulkas untuk dimakan dingin.
Gampang banget kaannn. Ini bisa dicemilin gitu loh. Buat buka puasa juga okeh :-D

64 komentar:

  1. Hahahha thanks resep nya mba nita, ini kesukaan saya dari kecil. Dulu waktu SD suka ada yang jual diplastikin kecil-kecil terus makannya pake tusukan lidi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi iya mb wuri, sate kolang kaling ya dibilangnya ^____^

      Hapus
  2. Pake sirup Kurnia juga, sama kita... tossss ! :D. Kalo ga Ramadhan, ngeliat kolang kaling kok ga bersemangat gitu yak. Hahaha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. haseggghh toast kak mol
      iya sirup kurnia aslik medan punya mang harum :D

      Hapus
  3. Kolaknya warnanya merah, jadi kepengen. Hehe

    BalasHapus
  4. Banyak cin di pasar walau ga bulan puasa kok. Hehehehe.
    Trus resep kolaknya mana nih? *kaya mo bikin aja*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya ahaaa
      Brarti suka kliwat pas mlipir ke pasar (di bulan biasa)

      Hapus
  5. Btw, timezone blogmu ini gmt+ berapa say kok udah siang banget. Pdhal disini baru mau fajar loh. Diotak atik atuh supaya realtime gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Alloh iyaakkk >______<"
      Tadinya gmt pacifik hahhahah
      Barusan uda kuganti mbak, makaci dah diingetin ^_^

      Hapus
  6. Kalau ngeliat resepnya kayaknya gampang gitu bikinnya. Pas coba bikin sendiri jadinya malah mager. Huhuhu. Btw aku belum pernah nyoba sirup kurnia, Mbak Nit. Pernahnya sirup Marjan doang :(((

    BalasHapus
  7. Pas banget semalem aku baru bikin kolang kaling ini. Kalo di kampung orang-orang suka rebusnya pakai fanta biar merah, aku pernah dikasi tau. Kalo tanteku pake pewarna makanan. Aku nyobain karena ngga ada keduanya, tak pakein sirup pisang ambon. Lumayan dapet merahnya juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sehati kita mb dew
      :D
      iya ada yang pake fanta
      tapi aku ga bole minum soft drink soalnya jadi pilih pewarna makanan plus campurin sirup pisang ambon dikit :D

      Hapus
  8. Waaaaa boleh di cobaaaaaa nihhh... Glek hlekk duhhhh pas siang panas gini bw kok dpt kolang kaling hehehehe

    BalasHapus
  9. waduh siang bolong gini lihat kolang-kaling jadi gimana gitu haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. persiapan ni buat yang mentok mau masak apa hehehe

      Hapus
    2. haha masalahnya di kosan dengan segala keterbatasan, mending beli aja deh

      Hapus
  10. aku bikinnya ga diwarnain. males banget yak :D

    BalasHapus
  11. Ini ada yang jual di pasar takjil deket rumahku, jualnya ditusukin kaya sate gitu x))

    BalasHapus
  12. Akuuuu suka ini dan mertuaku selalu nyetok kolang-kaling. Kalo maen ke sana nyarinya selalu ini wkwk karna selalu ada tiap bulan, nggak selalu pas Ramadhan aja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhhh antabb dong mb nining :D
      dan ternyata ada ya di luar bulan ramadhan?

      Hapus
  13. dulu mama slalu bikin ini tiap deket lebaran... dan kita adik kakak sering rebutan request warna kolang kalingnya ;p. adikku suka yg merah, aku yg hijau :D.. jdnya kadang mama bikin 2 warna :D.. ihh jd kangen pgn kumpul ama mama -__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. i yang ijo juga cantik ya hihi
      iya kalo di kampung halamanku, ibu sukanya malah bikinin yang ijo

      samaaa kangen keluarga euy jadinya :D

      Hapus
  14. waah, samma dong resep kita :D

    BalasHapus
  15. wish..tips asyik nih... biar kolak lebih cerah..dan hikin semangat..buka..he2..

    simpel baget...tapi ga pernah kepokiran...

    BalasHapus
  16. Wah kolang kalingnya gede2 ya.. Di rumahku kok kecil2 ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iyakah mb? pengaruh musim juga kali ya?

      Hapus
  17. Biasanya aku lihat yang transparan tanpa pewarna, berhubung nenekku jualan takjil, sesekali aku juga sering bantu motongin kolang-kaling ini *duh buka masih lama ya? XD
    Boleh dong Mbak mampir dan komentar disini

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalo yang transparan suka aku masukin di kolek :D

      Hapus
  18. kayaknya gak juga sih, bulan-bulan lain sering nemunya juga kok

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah aku yang kudet berarti hehehhehe

      Hapus
  19. Siang-siang begini, disodorin manisan kolang kaling, kan jadi gimana gitu ya.
    Perut langsung nyanyi nih, hehe

    BalasHapus
  20. Aku gak suka kolang kaling.. keras liat gimana gitu, males ngunyahnya, haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaahhh kamu mah
      hahhahah
      cari yang lembek lembek aja kalo gitu :D

      Hapus
  21. Seger lihatnya mbak, apalagi lihatnya pas jam segini. Jam nanggung-nanggungnya puasa. Mana warna merahnya menggoda banget :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. setting jamnya pas menuju magrib aja ki kalo ke postingan ini :D

      Hapus
  22. kolang kaling emang kayaknya datang pas bulan ramadhan tok mba. nang kene juga iya mba kalo bulan biasa susah nyari kolang kaling.
    aiihh jam segini liat beginian..
    gampang juga resep sama cara bikinya, kalo buat cmpuran kolak lebih mantaapp.

    BalasHapus
    Balasan
    1. loh iya juga toh di,
      iya ya, solanya pas bulan biasa suka ga ketok gitu dagange sebelah ndi hehehhe

      Hapus
  23. Kolang kaling teh Cengkaleng tea? Ooohh I get it now :)

    BalasHapus
  24. Seger nit. Lebih sehat mbuat sendiri memang, karena pewarna n gulanya jelas. Klo mbeli jadi, syerem klo dikasih pewarna tekstil. Aku blm pernah e...klo ada kolang-kaling..kok finishingnya tak campur dawet thok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mb, lebih jelas gulanya gula apa hihi
      wah kolang kaling campur dawet? daerah mana kui mbak?

      Hapus
  25. emang deh, mbak nita nih juaranya kalo soal masak memasak.
    kalo mamahku bikin manisan kolang-kaling biasnaya pake sirup. jadi direbus gitu sekalian sama kolang-kalingnya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya, pake sirup bisa. kalo pake sirup merahnya nempel juga kah?

      Hapus
    2. Iya sama aja, bahkan rasanya jadi bisa variasi mbak nit :D

      Hapus
    3. Kapan kapan cobain ah klo gitu ^_^

      Hapus
  26. Sama nih. Kolang - kaling selalu idaman kalau pas bulan Ramadhan :) Terlebih kalau dicampur kolak ama degan, mmhhhhppt...buset yawh malah ngomongin makanan jam segini T,T

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi
      siapin ide masaknya ntar berarti :D

      Hapus
  27. Bener mba Nit, kolang-kaling cuma ada waktu bulan puasa dan waktu ada orang kawinan ajah. :(
    Fungsinya udah kayak kue ulang taun mba Nit, berasa aneh aja kalo makan kue ultah disaat nggak ada yang lagi ultah.
    Begitu juga kolang-kaling, berasa aneh aja makan kolang-kaling waktu nggak bulan puasa + orang kawinan. :D

    Waaaa semoga dapet calon istri yang jago masak kayak mba Nit. Ululululu~

    BalasHapus
    Balasan
    1. bhahhahaha, kayaknya ada juga di bulan lain ka, cuma ga semencolok pas ramadhan

      hahhahahaii
      uda ada kan calonnya??

      Hapus
  28. Huahaha, ini pst yang benar-benar menjaring trafik. Keren, soalnya isinya informatif.

    Tapi rata-rata kolang-kaling diwarnain merah. Pernah sih liat yang hijau, cuma jarang. Kurang variasi atau gimana ya? Coba dong, Mbak, bikin kolang-kaling warna biru gitu. Ehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahaha serem ga sih rob kalo biru, berasa kayak makan tinta

      Hapus
  29. segeer banget yaaah..tapi aku harus hati2 ama gula nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mb, akupun sebenernya kudu ngurangin gula hihihi

      Hapus
  30. Aku belum pernah bikin manisan kolang-kaling sendiri, biasanya mama yang buat. Kolang-kaling katanya bagus untuk tulang yah, tapi entah kenapa semua anakku kok nggak suka makan kolang-kaling, padahal enaaak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah aku malah baru tau hihihi
      iya sih mb li, kadang ngunyahnya agak peer..maklum kayaknya uda menuju faktor U akuh gegeggkk

      Hapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...