Kamis, 15 Agustus 2019

Pusat Buku Bekas di Blok M


Pusat Buku Bekas di Blok M Square...

Hallo !

Aku update blog lagi nih, ga pa pa ya ?

Kali ini aku mau kasih info seputar tempat dimana biasanya aku hunting buku bekas di daerah Jakarta. Info bagus kan buat para pecinta buku. Lumayan buat nambah-nambah referensi. 

Oh ya, tadi aku bilang kenapa pilihnya buku bekas ? Karena harganya jauh lebih murah ketimbang buku baru. Dan aku paling senang berlama-lama nongkrong di toko buku bekas ketimbang di toko buku konven (((booook udah macam bank aja ya toko buku konven, hahaha))). Maksud aku kalau di toko buku konven kan kebanyakan masih diplastik ya, jadi ga leluasa gitu pada saat ngepoin isinya #takut dipelototin sama yang jaga hahahhaha... 



Jadi dari situlah aku merasa lebih betah mampir ke toko buku bekas dengan sensasi buku-buku tua yang menggunung dan beribu macam cerita yang ada di dalamnya. Gimana ya aku bilangnya. Lebih terasa greget gitu lah istilahnya.

Nah, mengenai tempatnya sendiri, aku lebih sering ke daerah Blok M  ketimbang tempat lain (lebih tepatnya Blok M Square, sebelahnya Terminal Blok M).

Pertama, karena lokasinya gampang dikenali yaitu di dalam mallnya langsung-- area basement yang selokasi dengan penjahit dan toko-toko kaset lama. 

Kedua, toko bukunya lebih terstruktur. Karena kan aku pernah ya bela-belain hunting buku nyampe Senen yang menurut info merupakan surganya buku-buku bekas (kayak yang ada di film AADC 1 itu loh), eh ternyata pas aku nyampe sana, loh kok udah ga ada lapaknya (atau aku yang nggak nemu waktu itu, entahlah aku ga tahu). Jadi aku rada kecewa karena pulang-nggak nggak membawa hasil. 

Juga, kalau di tempat lain aku belum nemu yang model tokonya sengrempoyok kayak yang ada di Blok M (ngrempoyok ki bahasa jawane apa ya, oh iya...bergerombol). 

Jadilah referensi utamaku ya tetep Blok M poenya #ahzeg anak gaul Blok M deh gw hahhahaha...

Untuk nama-nama tokonya, aku kasih informasi dalam bentuk pointer aja yes. Biar gampang kebacanya. 

Tapi sebenernya ga semua toko kelihatan nama plangnya sih. Ada 1-2 toko yang aku ga kelihatan namanya, tapi lapaknya ada. Jadi kalau yang kayak gitu, namun sebenernya buku yang dijualnya bagus-bagus, ya paling ntar cuma bingung ngejelasin posisinya ada dimana #mamam deh lau Mboolll. 

Yah, anggap aja posisinya ada di sebelah-sebelahnya toko yang udah ada namanya aja kali ya biar gampang kasih ancer-ancernya. Soalnya kan dia berderet gitu kan ceritanya. Jadi dari ujung ke ujung itu toko bukuuuu semua. Yang di tengah-tengah juga ada sih, tapi menurutku lebih lengkapan yang ada di pinggir-pinggir. Baik yang khusus isinya komik, novel, buku cerita anak/buku ilustrasi, majalah bekas (baik itu majalah wanita, majalah design interior, majalah politik, majalah ekonomi, majalah anak-anak), buku pelajaran, dsb. Lumayan komplit juga pastinya.




Oke aku mulai dulu dari.....jeng jeng jeeeeng ! Toko Buku langgananku Cuy !

1. Dafia Aris Book

Posisinya kalau kata Mas-Mas yang punya gampang aja dikenali, yaitu lantai basement blok M Square, paling ujung, belakang apotek dan toko obat herbal. Di sini alhamdulilah aku dapat apa yang aku cari yaitu sebagian koleksi majalah bobo bundelku yang dikenai harga murah meriah tanjung kimpul padahal bundelnya tebal-tebal aaaaak ku syenang. Maksudnya lebih murah ketimbang yang dijual di lapak-lapak online. 

Selain itu, segala macam komik series dan cabutan, buku anak yang banyak ilustrasinya, fiksi, lima sekawan, bukunya Enid Blyton, komik Nina, Asterix Obelix, Tintin, Beni n Mice Cartoon, novel misterinya R.L. Stine macam Ghoosebumps dan Fear Street juga lumayan lengkap di sini. 


















Yang pasti Mas-Mas penjaganya ramah dan helpfull banget kalau dimintain tulung suruh cek-in judul buku yang kita mau. 

Terus kalau beli banyakan, diskonnya juga gede. Jadilah udah kesekian kali aku bolak-balik ke toko buku ini.

2. Daffa Book Store

Toko yang satu ini lokasinya berada di depan Dafia Aris Book. Yang aku lihat sih dia punya stok bundel majalah lawas yang agak banyakan ya. Ya semacam Majalah Hai, Anita Cemerlang, Kawanku, Tempo, dll. 

Donal Bebek yang versi tahun lama juga banyak. Tapi kalau Bobo jadoel udah susah kata yang punya. 






3. Sebelahnya Dafia Book Store (Lupa Ga Ngliat Plang Tokonya)

Tapi yang aku liat koleksi buku anaknya lumayan banyak. Terus ada sedikit komik lokal lawas macam Ko Ping Ho, buku tentang Nyi Roro Kidul, pewayangan, dan terbitan balai pustaka lama yang biasa kujumpai di perpustakaan sekolah (sumpah aku kangen banget sama yang namanya buku-buku khas perpustakaan--itu loh yang covernya kayak buku tulis terus ada gambar ilustrasinya juga pakai tinta hitam).







4. Izam Book Store

Yang ini sederetan ama Dafia Aris Book Store dan toko buku yang udah aku sebutin di point nomor 3. 

Di sini yang aku lihat sih banyakan komiknya ya (baik yang series maupun cabutan). Fiksi dan nonfiksi juga ada sih. Tapi lebih kelihatan banyakan komiknya.



5. Nakula Book Store

Kalau yang satu ini, kelihatannya ruameeeee terus sama rombongan pak bapak dan buk ibuk beserta anaknya yang lagi cari-cari buku-buku pelajaran. Kayaknya sih buku pelajarannya emang lengkap ya. Selain kalau selintasan liat raknya juga penuh dengan komik, fiksi, serta inceranku novelnya R.L Stine yaitu Fear Street. Sayangnya series Fear Streat yang aku cari lagi kosong, walaupun stok judul lainnya agak banyak juga.



6. Belakangnya Nakula Book Store (yang jaga bapak-bapak berlogat Batak, lupa ga ngeliat nama tokonya)

Tapi di sini aku malah bernostalgia sama majalah wanita lawas yang sekarang udah langka keberadaannya. Misalnya Majalah Femina tahun 80-90 an, juga Majalah Kartini tahun 80-90-an. 

Lumayan, nemu beberapa yang dulu pernah kubaca jaman masih Esde. Terus jadinya aku beli deh buat baca ulang salah satu cerbung yang paling membekas dalam ingatan. Dan alhamdulilah nemu 1. Yeaaay !






7. Griple Vhie Boersa 

Yang ini cuma ngamatin selintasan sih. Ga keburu masuk. Tapi kayaknya lumayan lengkap juga buku-bukunya. Terutama yang nonfiksi dan semacam ensiklopedia dan biografi.


8. Jaya Book Store

Yang terakhir ini aku dapat Donal Bebek yang tahun 90-an dong. Harganya perbiji Rp 5 ribu saja. Beli banyakan ga dapat diskon lagi sih. 

Agak beda ama Dafia yang walau udah murah tapi pas beli banyakan tetep dikasi bonus lagi huehe... 

Tapi lumayan lah, aku jadi bisa nostalgia masa kecil karena di tempat lain, Donal Bebeknya udah tahun-tahun anyar yang which is aku ga gitu tertarik #monmaklum anak 90-an kayak saya susah muvon dari jamannya huahaa...


Nah, sementara segitu dulu penjelajahanku tentang buku bekas di Blok M Square. Sebenernya toko buku lainnya juga masih ada. Namun yang paling sering aku lewatin (baik cuma yang sekedar liat-liat ataupun deal beli ya baru segitu). 

Ntar deh lain kali kalau nemu lagi aku tambahin. Gustyanita Pratiwi dari www.gembulnita.blogspot.com

35 komentar:

  1. Di Cirebon kayaknya sedikit yang jual buku bekas. Nggak sampe lima jari malah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padahal kita kita pun sebener suka kan ya buku bekas, ori, asal masi bisa dibaca, sebenernya bagus sih

      Betul apa betul hehe

      Hapus
  2. waktu jaman kuliah, aku juga rajin banget ke toko buku bekas di blok m square nit. dulu sih nyari buku2 kuliah yang bajakan.. hahaha.. soale kalo yang asli kan harganya mahal bingiiitt beratus-ratus ribu.. ealah, di blok m square cuma 25rb. hahaha

    tapi skrg apa masih ada nit toko buku bekasnya? udah lama bangeet gak kesana aku..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih dong ti, buku pelajaran ada banyak tuh kemaren rombongan orang tua nyari pas tahun masuk ajaran baru hihihi

      Hapus
    2. eh, nit.. ternyata toko buku yang di senen itu pindah ke pasar kenari. tapi kabarnya masih sepi pengunjung krn belum banyak yang tau. (just info, kali aja mau kesana .. hihi)

      Hapus
    3. Asyiik thengkyu ti, takkantongin dulu alamatnya oasarkenari hahaahahi

      Hapus
  3. Perasaan ini isinya kebanyakan buku2 novel, cerita fiksi dan majalah2 jadul, apa kagak ada yang jual buku nikah bekas.. ? barangkali lebih murah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buku tentang pernikahan? Pastinya ada mas, klo mau telaten nyari, minimal minta tolong dicariin judulnya ama yang punya
      Masa kan segunung buku gitu ga ada tema nikahan ahhahaha
      Yakin ada kalau niat nyari mah kata saya

      Hapus
  4. di tempat tinggalku nggak ada toko buku bekas yg lengkap hiks,...lihat gambar diatas jadi ingat majalah2 dulu waktu kecil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalau dulu kebetulan masih menjamur kan usaha rental bacaaan yang isinya komk, novel, majalah...sekarang usaha jenis ini ausah huhu
      Tapi kalau deket kampus biasanya masih ada mas buat sarana hiburan mahasiswa oecinta komik dan bukj jadul
      Klo toko juga kebanyakan yang area deket kampus atawa sekolah sekolah sih yang aku lihat selintasan

      Hapus
  5. Wah masih banyak ya buku-buku bekas, asyik bisa nostalgia lagi zaman dulu, asal buku-bukunya nggak berdebu ya. Aku dulu suka baca Bobo, Nina, Femina, Kartini, Gadis, Anita dll, banyaaak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau majalah wanita mb li suka yang mana?
      Aku pas AD aja demen tuh mb li, baca femina dan kartini yang notabene buat umur perempuan matang ahhahaha
      Trus ga sengaja nemu rubrik oh mama ohnpapa juga dong yaaaa kan hahahahha

      Hapus
  6. Wahhh buku bukunya banyak banget yaaaa, dan beraneka ragam jenis buku yang disajikan juga... Jadi pengen borongg haha.. Kalo udah ada lokasi seperti ini mah biasanya langsung cuss dan list buku buku yang mau diangkut :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mas, langsung hasrat belanja membabi buta hahahha
      Siapkan juga budget buat belanjanya biar pulang pulang ga kebobolan itu isi dompet hahhahaha

      Hapus
  7. Bekas tapi bermanfaat saya demen apalagi ada ada buku yang diinginkan dengan harga super murah... Borongggg :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga, tongkrongannya semenjak mahasiswa ya kaau ga rental bacaan ya lapak buku bekas kayak gini mas. Betah aja baca dan ga takut dimarahin hahhahah

      Hapus
  8. good post 😊 would you like to follow each other? if the answer is yes, please follow me on my blog & i'll follow you back. https://camdandusler.blogspot.com

    BalasHapus
  9. wah baru dan bekas, semuanya saya sukaaaa..

    yang senen pindah ke kenari mba, jadi di Jak book itu...ada yang toko buku baru dan ada yang lapak2 buku bekas, ber ac dilantai atas kenari, kebetulan bgt tambah dekat sama tempat kerja saya mba....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ooo berarti jakbook itu di senen ya mb, wokaaay deh akuuh meluntjur klo kapan kapan mampirm senen, thx u infonya mb fit ^%__________^

      Hapus
    2. E jakbook ternyata di pasar kenari jakarta pusat dong, brusan aku googling, aaaak pengen main ke jakbook jd nya

      Hapus
  10. Kalau ke toko buku bekas biasanya aku mencari majalah, Kawan , Hai dan Intisari
    Koleksi toko bukunya banyak amat ya, ada buku kartun Sailor Moon, kesayanganku banget tu.

    BalasHapus
  11. bagus nih apalagi majalah tua rasa dejavu kembali ke masa lalu membaca cerpen-cerpen saat pertama jatuh cinta wihh jadi baper

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya berasa nostalgia jaman muda ahzeg ahzeg jos ehehhe

      Hapus
  12. kunjungan perdana salam kenal

    BalasHapus
  13. Wah bukunya banyak banget kak, pasti gemar membaca ya.
    Salam kenal ya kak saya dari garut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget om, saya emang kutu buku sedari kecil
      Truma kasih kunjungannya

      Hapus
  14. wah aku dulu pas ke blok M sibuk belanja pakaian jadi gak sempat liat2
    aku note dulu

    duh itu paman gobernya kok banyak banget
    tapi aku sekarnag lagi cari komik2nya Tatang S mbak
    macam apa itu cerita punokawannya gokil aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas ikrom, mungkin ada mas sebab kadang sy juga nemu tuh yang lokal punya macam cerita laga dan pewayangan atau kungfu2

      Hapus
  15. liat foto2 sampul majalahnya jadi serasa flashback jaman SMA hehehe.
    Jadi ketebak umurnya yah :)

    BalasHapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...