Kamis, 15 Agustus 2019

Pusat Buku Bekas di Blok M


Pusat Buku Bekas di Blok M Square...

Hallo !

Aku update blog lagi nih, ga pa pa ya ?

Kali ini aku mau kasih info seputar tempat dimana biasanya aku hunting buku bekas di daerah Jakarta. Info bagus kan buat para pecinta buku. Lumayan buat nambah-nambah referensi. 

Oh ya, tadi aku bilang kenapa pilihnya buku bekas ? Karena harganya jauh lebih murah ketimbang buku baru. Dan aku paling senang berlama-lama nongkrong di toko buku bekas ketimbang di toko buku konven (((booook udah macam bank aja ya toko buku konven, hahaha))). Maksud aku kalau di toko buku konven kan kebanyakan masih diplastik ya, jadi ga leluasa gitu pada saat ngepoin isinya #takut dipelototin sama yang jaga hahahhaha... 





Jadi dari situlah aku merasa lebih betah mampir ke toko buku bekas dengan sensasi buku-buku tua yang menggunung dan beribu macam cerita yang ada di dalamnya. Gimana ya aku bilangnya. Lebih terasa greget gitu lah istilahnya.

Nah, mengenai tempatnya sendiri, aku lebih sering ke daerah Blok M  ketimbang tempat lain (lebih tepatnya Blok M Square, sebelahnya Terminal Blok M).

Pertama, karena lokasinya gampang dikenali yaitu di dalam mallnya langsung-- area basement yang selokasi dengan penjahit dan toko-toko kaset lama. 

Kedua, toko bukunya lebih terstruktur. Karena kan aku pernah ya bela-belain hunting buku nyampe Senen yang menurut info merupakan surganya buku-buku bekas (kayak yang ada di film AADC 1 itu loh), eh ternyata pas aku nyampe sana, loh kok udah ga ada lapaknya (atau aku yang nggak nemu waktu itu, entahlah aku ga tahu). Jadi aku rada kecewa karena pulang-nggak nggak membawa hasil. 

Juga, kalau di tempat lain aku belum nemu yang model tokonya sengrempoyok kayak yang ada di Blok M (ngrempoyok ki bahasa jawane apa ya, oh iya...bergerombol). 

Jadilah referensi utamaku ya tetep Blok M poenya #ahzeg anak gaul Blok M deh gw hahhahaha...

Untuk nama-nama tokonya, aku kasih informasi dalam bentuk pointer aja yes. Biar gampang kebacanya. 

Tapi sebenernya ga semua toko kelihatan nama plangnya sih. Ada 1-2 toko yang aku ga kelihatan namanya, tapi lapaknya ada. Jadi kalau yang kayak gitu, namun sebenernya buku yang dijualnya bagus-bagus, ya paling ntar cuma bingung ngejelasin posisinya ada dimana #mamam deh lau Mboolll. 

Yah, anggap aja posisinya ada di sebelah-sebelahnya toko yang udah ada namanya aja kali ya biar gampang kasih ancer-ancernya. Soalnya kan dia berderet gitu kan ceritanya. Jadi dari ujung ke ujung itu toko bukuuuu semua. Yang di tengah-tengah juga ada sih, tapi menurutku lebih lengkapan yang ada di pinggir-pinggir. Baik yang khusus isinya komik, novel, buku cerita anak/buku ilustrasi, majalah bekas (baik itu majalah wanita, majalah design interior, majalah politik, majalah ekonomi, majalah anak-anak), buku pelajaran, dsb. Lumayan komplit juga pastinya.




Oke aku mulai dulu dari.....jeng jeng jeeeeng ! Toko Buku langgananku Cuy !

1. Dafia Aris Book

Posisinya kalau kata Mas-Mas yang punya gampang aja dikenali, yaitu lantai basement blok M Square, paling ujung, belakang apotek dan toko obat herbal. Di sini alhamdulilah aku dapat apa yang aku cari yaitu sebagian koleksi majalah bobo bundelku yang dikenai harga murah meriah tanjung kimpul padahal bundelnya tebal-tebal aaaaak ku syenang. Maksudnya lebih murah ketimbang yang dijual di lapak-lapak online. 

Selain itu, segala macam komik series dan cabutan, buku anak yang banyak ilustrasinya, fiksi, lima sekawan, bukunya Enid Blyton, komik Nina, Asterix Obelix, Tintin, Beni n Mice Cartoon, novel misterinya R.L. Stine macam Ghoosebumps dan Fear Street juga lumayan lengkap di sini. 




















Yang pasti Mas-Mas penjaganya ramah dan helpfull banget kalau dimintain tulung suruh cek-in judul buku yang kita mau. 

Terus kalau beli banyakan, diskonnya juga gede. Jadilah udah kesekian kali aku bolak-balik ke toko buku ini.

2. Daffa Book Store

Toko yang satu ini lokasinya berada di depan Dafia Aris Book. Yang aku lihat sih dia punya stok bundel majalah lawas yang agak banyakan ya. Ya semacam Majalah Hai, Anita Cemerlang, Kawanku, Tempo, dll. 

Donal Bebek yang versi tahun lama juga banyak. Tapi kalau Bobo jadoel udah susah kata yang punya. 







3. Sebelahnya Dafia Book Store (Lupa Ga Ngliat Plang Tokonya)

Tapi yang aku liat koleksi buku anaknya lumayan banyak. Terus ada sedikit komik lokal lawas macam Ko Ping Ho, buku tentang Nyi Roro Kidul, pewayangan, dan terbitan balai pustaka lama yang biasa kujumpai di perpustakaan sekolah (sumpah aku kangen banget sama yang namanya buku-buku khas perpustakaan--itu loh yang covernya kayak buku tulis terus ada gambar ilustrasinya juga pakai tinta hitam).







4. Izam Book Store

Yang ini sederetan ama Dafia Aris Book Store dan toko buku yang udah aku sebutin di point nomor 3. 

Di sini yang aku lihat sih banyakan komiknya ya (baik yang series maupun cabutan). Fiksi dan nonfiksi juga ada sih. Tapi lebih kelihatan banyakan komiknya.


5. Nakula Book Store

Kalau yang satu ini, kelihatannya ruameeeee terus sama rombongan pak bapak dan buk ibuk beserta anaknya yang lagi cari-cari buku-buku pelajaran. Kayaknya sih buku pelajarannya emang lengkap ya. Selain kalau selintasan liat raknya juga penuh dengan komik, fiksi, serta inceranku novelnya R.L Stine yaitu Fear Street. Sayangnya series Fear Streat yang aku cari lagi kosong, walaupun stok judul lainnya agak banyak juga



6. Belakangnya Nakula Book Store (yang jaga bapak-bapak berlogat Batak, lupa ga ngeliat nama tokonya)

Tapi di sini aku malah bernostalgia sama majalah wanita lawas yang sekarang udah langka keberadaannya. Misalnya Majalah Femina tahun 80-90 an, juga Majalah Kartini tahun 80-90-an. 

Lumayan, nemu beberapa yang dulu pernah kubaca jaman masih Esde. Terus jadinya aku beli deh buat baca ulang salah satu cerbung yang paling membekas dalam ingatan. Dan alhamdulilah nemu 1. Yeaaay !





7. Griple Vhie Boersa 

Yang ini cuma ngamatin selintasan sih. Ga keburu masuk. Tapi kayaknya lumayan lengkap juga buku-bukunya. Terutama yang nonfiksi dan semacam ensiklopedia dan biografi.


8. Jaya Book Store

Yang terakhir ini aku dapat Donal Bebek yang tahun 90-an dong. Harganya perbiji Rp 5 ribu saja. Beli banyakan ga dapat diskon lagi sih. 

Agak beda ama Dafia yang walau udah murah tapi pas beli banyakan tetep dikasi bonus lagi huehe... 

Tapi lumayan lah, aku jadi bisa nostalgia masa kecil karena di tempat lain, Donal Bebeknya udah tahun-tahun anyar yang which is aku ga gitu tertarik #monmaklum anak 90-an kayak saya susah muvon dari jamannya huahaa...


Nah, sementara segitu dulu penjelajahanku tentang buku bekas di Blok M Square. Sebenernya toko buku lainnya juga masih ada. Namun yang paling sering aku lewatin (baik cuma yang sekedar liat-liat ataupun deal beli ya baru segitu). 

Ntar deh lain kali kalau nemu lagi aku tambahin.  www.gembulnita.blogspot.com