Selasa, 05 Maret 2024

My Comfort Food Recipe



Assalamualaikum wr wb....
Hari Sabtu kemarin Mbul dan Ayah ada kegiatan ngumpulin takjilan buat dibagi-bagi di sekitar sekolah. Jam 15.00 WIB, setelah ayah pulang kerja langsung jemput Mbul buat ngiter cari takjilan karena tugas di sekolah snacknya ada 3 macam ditambahin air mineral 1. Akhirnya kami ke kedai kue basah dan Mbul yang pilih sendiri jenis kuenya, Mbul lebihkan 1 jadi 4 macam buat Mbul taruh di goodie bag. Sebenernya kata guru di sekolah pake kardus atau plastik snack ga pa pa, tapi Ayah bilang biar pantes pake goodie bag aja, belinya di Nice So. 





Snacknya khusus punya kami, kami tambahkan 1 jadi 4 macam. Dan Mbul pilihnya jadi roti manis yang ada isian blueberry, kacang merah, serta srikaya yang kesemuanya ada topping wijennya. Terus ada bolu kukus, pastel isi sayuran dan kue putu ayu. Mbul juga beli putri mandi merah jambu atau hongkwe buat tambahan takjil di rumah. Abis itu ngantarkan ke sekolah dan pulangnya mampir ke Soto Mang Sahrul, beli batagor juga siomay. Tapi yang buka ama soto Mang Sahrul cuma Ayah. Mbul bukanya lagi pengen ama batagor. Kalau siomaynya dimaem Ayah pas abis rampung traweh. Terus kami juga ketemu ama duku yang baru diturunkan abangnya dari mobil pick up, jadi beli 1 kg. Praktis, Sabtu Mbul ga masak sama sekali, hihi. 

Masaknya itu baru Hari Minggunya atau puasa hari ke-6. Yeayyy! Ga kerasa ya puasa udah nyampe hari ke-6. Kalau puasa bareng-bareng gini cepet banget. Tau-tau udah menuju seminggu. Beda ma pas intermittent fasting, berasanya lama hihi. Mungkin kalau pas intermittent fasting, Mbul ga ada temennya kali ya, jadi kayak lama gitu menuju bukanya. Sementara kalau puasa Ramadhan kan bareng-bareng jadi Mbul seneng dan waktu jadi berasanya cepet banget. Oiya, berhubung pas Sabtu kemarin ketemu Om Sayur yang pake etek-etek...bukan yang ngetem depan kantor, akhirnya Mbul beli beberapa matjam sayuran deh. Salah satunya adalah perintilan sayur asem yang akan Mbul masak hari ini.







Yap, sayur asem adalah salah satu comfort food recipe yang ada di rumah Mbul. Karena kata Ayah ini sayur yang menurut Beliau paling seger dan nagihin kalau Beby Mbul yang masak wkwkkw. Mbul cuma pake waluh jipang, jagung manis, daun so atau uceng, kacang panjang, dan wortel. Oiya ga ketinggalan kacang tanah karena request Beliau selalu yang kacangnya banjir heheheh...Jadinya sayur asemnya Mbul selalu kacangnya banjir. Bumbunya sendiri adalah bumbu ulegan semua. Cabe merah, cabe rawit, kemiri, terasi, bawang merah, dan bawang putih. Nanti kasih gula jawa (dikit aja), garam dan gula pasir. Asemnya pake air asem jawa karena bumbu raciknya lagi abis. Tapi meski begitu rasanya tetep segeeeeer.... Untuk lauknya masih ada sisa bandeng presto 2 ekor. Jadi yaudah takgoreng aja. Karena sayur asem cocok juga ama bandeng goreng kan?

Sebenernya Mbul juga ada beningkan kelor. Jadi yang mau buka dengan sayur asem buleh, yang mau buka ama bening kelor juga buleh. Sambel terasinya juga udah Mbul ulegkan. Seger banget pastinya perpaduan antara sayur asem+bandeng goreng+sambel terasi atau bening kelor+bandeng goreng+sambel terasi.




















































































Tak lupa Ayah juga bawakan sop buah yang kali ini beli. Soalnya mau bikin ga sempat. Sop buahnya isiannya lumayan banyak. Ada buah naga, ager-ager, blewah, melon, alpuket, juga apel. Warnanya jadi pink agak keunguan karena ada buah naga merahnya. 

Pas menuju buka, Mbul juga ikutkan camilan lain kayak bolen pisang keju, kurma, duku, bolu kukus, dan putri mandi atau hongkwe....Hmmmm....Nikmatnya. Oiya, untuk resep sayur asemnya, Mbul tuliskan di bawah ya....




































Resep Sayur Asem ala Mbul
Bahan-Bahan

1 buah waluh jipang ukuran gede
1 buah wortel
1 tongkol jagung manis
Segenggam daun so
uceng atau melinjo enom
kacang panjang
kacang tanah
garam
gula jawa
gula pasir
air asam jawa
Air

Bumbu-Bumbu

Cabe merah
cabe rawit
bawang merah
bawang putih
kemiri
terasi
Air




















Cara Membuat

Cuci bersih semua sayuran, kemudian potong-potong kalau ga potek-potek. 
Blender cabe merah, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, kemiri, terasi, dan sedikit air
Rebus air untuk asem-asemnya
Masukkan sayuran yang keras dulu seperti wortel, kacang tanah, waluh jipang, uceng atau melinjo muda, dan jagung manis
Masukkan bumbu yang dah diblender tadi
Tambahkan sejumput gula jawa, garam, juga gula pasir
Tambahkan air asem jawa
Aduk hingga rata
Setelah menuju matang baru masukkan sayuran yang cepat matang seperti kacang panjang dan daun so
Setelah matang, sajikan hangat, bisa dipadukan dengan ikan asin, ikan bandeng, atau lauk lainnya juga sambel terasi. 


~Mbul Kecil~

18 komentar:

  1. Those steamed rice cakes are really beautiful!

    BalasHapus
  2. Aku sbnrnya suka sayur asem nit. Tapi kdg ga semua sesuai lidah. Ada sayur asem yg cendrung manis kan. Nah aku ga doyan yg itu. Lebih suka yg dominan asam gurih. Mama biasanya kalo masak sayur asam udah sesuai ama taste kami semua.

    Waktu itu coba beli sayur asem di jakarta, tapi ya itu, agak manis hahahahhaa. Aku langsung kecewa sih.

    Biasanya paling suka makan sayur asam dengan lauk ayam goreng dan sambel terasi 🤤🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku suka semua kok mba fanny, baik sayur asem tipe manis (khas Jateng) ama sayur asem tipe gurih (jawa barat)...Yang belum takcobain sayur asem jatim yang lebih unik lagi dan kelihatannya seger

      Hapus
  3. Wis pokoke kalo maen ke tempat Mbul jgn siang2... takut puasanya batal liat makanan yg sedap2 seperti itu, lngsung ngiler deh... 😂
    Btw Mbul udh batal blm puasanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakkak..yawda ke blognya Mbul kalau dah bedug magrib ya Mas 🤣

      Hapus
  4. i am very hungry now:)) you look lovely:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thankyu ヾ(❀╹◡╹)ノ゙
      (((o(♡´▽`♡)o)))

      Hapus
  5. Boa tarde de terça-feira. Que vontade de conhecer e comer, um pouco dessa culinária.

    BalasHapus

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ฅ(^・ω・^ฅ)