Rabu, 29 November 2023

Iftar Day 8



Assalamualaikum wr wb...
Sugeng ndalu semuanya....Hari ini dah memasuki minggu ke 2 Bulan Ramadhan. Puasa udah sampai di hari ke-8. Yeayyy! Semoga puasa kita dilancarkan ya. Semalam tuh, agak kocak dah. Karena, pas malam-malam udah rada santai, pintu depan kan di-blag ama Ramane. Karena sebelumnya Beliau emang lagi ngisi air kolam. Nah, sembari nungguin airnya penuh, ternyata ga sadar pintu ngarep di-blag. Terang aja si ebot-ebot Oyen datang. Mpus Meow kesayangan Mbul.





Oyen masuk utuk...utuk...utuk...beberapa centimeter mendekati piring. Mana piringnya masih berisi sedikit lauk dari bukaan sisa semalam lagi. Piringnya juga berdekatan dengan mangkuk es buah. Yawdah ga pake lama maka terjadilah moment itu. Si Oyen yang kaget karena keberadaannya diketahui oleh Ramane dengan  bar-bar akhirnya menerjang mangkok taperwer berisi es buah tadi....Bwahahaahhahahaha.... tumpah.... Lantai pun jadi berceceran sirop jambon dan potongan buah hingga lengket-lengket.

Oyeeeeeeen!!!! Ramane agak sedikit pundung dengan si Oyen. Memang Ramane ga begitu suka dengan kucing, beda ama Mbul yang suka banget ama kucing hihi. Tapi ga begitu suka bukan berarti benci ya. Cuma 'b' aja dengan kucing. Lebih suka miara iwak banyu katanya. "Dedek..kucengmu kui loh.... Kandani kucengmu Dek..."Beliau langsung reflek menowel Beby Mbul supaya meletakkan si Oyen ke teras. Piring berisi lauknya aman sih. Belum diendus. Cuma baru mauk wkwkkw. Tapi yaitu tadi.....lantai jadi lengket-lengket karena taperwer es buahnya tumpah...huft. 






Ayah langsung siap mengeluarkan petuahnya panjang lebar kepada Mbul karena selama ini Mbul terlalu memanjakan si Oyen, hihi. Ya gemana ga, abis Mbul gemes sih ama si Oyen. Oyen itu gemuk lucu. Mukanya Mbethem....tembem.... Mbul itu paling ga tahan ama kucing gemuk. Pengennya sayang-sayang hihi... Gemes gitu. Termasuk si Oyen. Kalau lapar dia itu akan bunyi "Ngeeeng....ngeeeng...<--- tanda lapar". Sebenernya mungkin suara genuinenya itu tetep "Meeeeng..Meeeeng..." Cuma ntah kenapa kalau pas lagi lapar banget bunyinya jadi kedengeran kayak...ngeeeng..ngeeeeeng kayak bunyi apaan tau...lutju huhuhuuuuw. Dengan seringai giginya yang rapi dan pandangan mata oranyenya yang bagaikan dir, idungnya pun mbangir, lutju berwarna merah jambu, sewarna dengan krudung Mbul, memohon tatih tayank kepada Beb Mbul supaya dipiara *ehem* maksudnya diempanin ikan basah setiap hari. Dan kadang itu membuat Ramane agak sedikit senewen wkwkkw. 

"Dedek nih kucing dielus-elus mulu. Jadinya sekarang dia makin betah deh, ckckck..... Mending, sikilku wae sing dipijiti. Nyoh Dek....." #sambil menyodorkan samparan yang bagaikan kaki rusa. Hahahha, akhirnya Mbul disuruh mijitin. Tapi Oyen tetep buleh main kan? Secara dia kucing outdoor.. Oyen kan lutju.....Biarkeun dia tetap rebahan di teras puhliiiis...kalau di luar kacihan dia adem hihi... "Sing penting Oyen ga ngribetin jatah pijitku seko tanganmu Mbul...wkww." #tangan Mbul pun langsung ditekmek buat selalu mijitin tiyep hari....Karena belaian tangan seorang Beb Mbul rupanya bisa langsung bikin bobok dengan pulesnya dengan kata lain  pijitan Beb Mbul itu candu..
















Eh, gegara balada si Oyen, Mbul jadi lupa mau nulis menu bukaan hari ini, hihi. Habis emang kejadian semalam tuh lutju. Jadinya Mbul masih keingetan aja mpe pas mau masak di jam-jam 3 sore. Mbul itu tadi sore ada masak lumayan lengkap dari segi sayur, lauk, maupun es-es-annya. Maklum, lagi semangat hihi. Mbul ada numis kangkung dengan bumbu minimalis karena kebetulan brambange lagi entek, terus ngungkep ayam dan menggorengnya dengan style semi basah, abis itu bikin bakwan sayur, juga es nata de coco + kolang-kaling manis. 



































































Untuk ngungkep ayamnya Mbul mulai dari siang deng, soalnya pake bumbu blender mua. Ayamnya pake ayam kampung jadi ga kegedean dan bumbu cepet meresap. Nah, sambil ngungkep itu, Mbul bisa sambi mitilin kangkung dan perbumbuannya tapi ditumisnya paling keri detik-detik menuju buka, biar kangkungnya tetep ijo cantik. Jadi abis mitilin itu, Mbul bisa bikin adonan bakwan sayur. Sayurannya Mbul pake kol, wortel dan daun bawang. Mbul kasih perpaduan terigu dan sedikit tepung beras lalu dikasih bumbu ulegan bawang merah, bawang putih, kemiri, merica. Nanti dicampur dengan sayuran yang dah diiris-iris dan ditepuk-tepuk, jangan sampai diremas-remas banget ya, yang alon yang lembut supaya sayurannya tetep kranci. Abis itu dikasih sedikit baking powder, cairan blue band dan air es. Jadikan adonannya kental jangan sampai encer biar bentuknya itu cakep pas diluncurkan ke penggorengannya.











Oyen berjalan gontai setelah dinasihatin Ramane, tapi abis itu dia nrintil ngoyok Mbul nyuwun maem wkwkkwkwk...Oyen.....Oyen...nggemesin banged huft





Tangan Mbul, tangan yang selalu bikin ketagihan Ayahanda Ramane buat dipijitin Mbul...




Next-nya, stove satunya kan ada panci isi ungkepan ayam kampung jantan yang dah wangi ya, nah setelah adem, maka Mbul siap untuk menggorengnya semi basah. Mbul goreng semua karena sekalian untuk sahur. Baru abis itu nyiapin es kolang-kaling en nata de coconya dan juga numis kangkung. Selesai....hehehe...
















~Mbul Kecil~

12 komentar:

  1. Esplendorosos sabores dulces y saldos, Mbul... Si no soportas más a ese gato me lo envías para acá...
    Abrazo de corazón, amiga!!

    BalasHapus
  2. Kucing emang kadang gemesin ya mbul, apalagi kalo badannya gemuk, pengin di unyel-unyel terus.

    BalasHapus
  3. kasian oyen di marahi.. kadang kucing emang harus di ajarin mbak biar dia dikit ngerti, biar ga nyuri-nyri makananya beby mbul :D,

    BalasHapus
  4. Ada-ada aja kelakuan Si Oyen, bikin rumah jadi rame, ya, hehehe
    O iya, selamat menjalankan ibadah di bulan Ramadan ini Mbak Nit. Semoga lancar-lancar sampai lebaran tiba, ya
    Dari menu iftar day 8 yang sama dengan keluarga kami yaitu Bakwan. Gorengan jadi selalu idola sih, walau tau kurang bagus buat buka puasa, tapi gmana ya, susah kalau udah hobi makannya

    BalasHapus
  5. I really miss water spinach! Those vegetable fritters look great too.

    BalasHapus
  6. ..Mbul, your chicken looks so good, I would love to have a taste. I hope that your week is going well.

    BalasHapus
  7. The food looks delicious, as always. :-)

    Kisses

    BalasHapus
  8. juada berbuka puasa itu bisa menaikkan selera saya. simple but appetizing!

    BalasHapus
  9. comel si Oyen...enaknya kolang-kaling..segerrr..

    BalasHapus
  10. Ooo!, I love bakwan! 😋
    Happy Friday, Mbul!

    BalasHapus

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ฅ(^・ω・^ฅ)