Kamis, 08 Agustus 2024

Mangut Iwak Wader ❤



Assalamualaikum wr wb....
Hola...hola...holahaiiiii....Jumpa lagi dengan Shirahoshi Beby Mbul Nita di sini. Apa kabarnya Teman-Teman semua? Semoga selalu dalam keadaan baik ya. Coba Mbul sapa satu-satu Teman-Teman datang darimana aja nih yang mampir baca blog ini, hehe. Ngapunten belum sempat reply komen di post-post sebelumnya karena dirikuw masih ada kesibukan, tapi InsyaAlloh nanti kalau udah agak selow  takbalasin satu-satu...





Usai Libur di Desa, Balik ke Kota lagi, Masak-Masak Berdua Lagie...

Nah, kayak biasanya, kalau udah ada post kuliner berentetan di post-post sebelumnya, maka itu tandanya Mbul harus melengkapi dengan 1 post lagi tentang menu masakanku. Ya biar imbang aja gitu kan....Karena sehari-harinya, aku dan Tamas emang lebih sering masak, ketimbang beli. Penggawean kami berdua emang begitu. Dempet-dempetan di dapoer mungil kami tercinta, berecekebret-ria (bahasa internal di kami sendiri red), masak hal-hal yang lumayan effort, walau jatohnya tetep seru sih hahaha. Bagi kami sendiri, itu adalah suatu bentuk keseruan yang kadang berujung gemes-gemes disayang karena Kangmasew suka ngeberantakin dapur dengan santainya *lempeng aja kayak bayi besar ga punya dosa, wkwkwkkw.... #ketjup.Tapi tetep, masak berdua adalah sesuatu hal yang menyenangkan, terlebih jika hasil masakannya enak. Itu akan terasa jauh jauh jauh lebih menyenangkan lagi.







Lebih seringnya yang keidean duluan justru Suami. Beliau tuh semangat bangad kalau udah ajakin aku masak. Biasanya malam-malam. Tergantung Ingkang Romo lagi semangatnya kapan hahahha. Ya itulah randomnya Suamikuw, hihi. Kalau udah nrenteng atau karep masak, pasti maunya dikancanin Beby Mbul Nita. 

Namanya udah cinta, namanya udah sayang, maka insyaAlloh selalu takkancanin dong hehe...Senajan kadang ide-ide masakan Beliau bikin elus-elus dada banget (soalnya seringnya ada aja 1-2 perintilan bahan atau bumbu yang kelewat atau belum sempat terbeli dan udahannya segala peralatan yang ada pada turun gunung semua...lalu Cinderella Beby Mbul berobah jadi tukang cuci piring sexy-nya *plaaaak* *dari Shirahoshi kemudian ganti kostum jadi Cinderella hahahha). Pokoknya kalau judulnya masak, Tamas tuh fokusnya cuma di masaknya doang, beda ama Mbul yang juga harus beresin semua peralatan yang ada. Sapu lantai biar bersih, apa yang ada di sink harus segera dicuci, ga pake ditunda. Pokoknya beberes udah harus selese saat itu juga. Kalau Kakanda kan ga, dia fokus ke masaknya duank, dan ndilalahnya masakannya selalu enak sih huhu. Dia juga sering nasihatin aku, ga usah bersih-bersih ga pa pa : "Santai aja Mbul...sinih bubuk-bubuk aja yuk kelonan" *ehhh.........








Tapi insyaAlloh, Beby Mbul selalu setia menemani. Nanti abis selesai masak, rasanya tuh seneng aja gitu. Kami bisa maem dengan antusias sambil nonton Lentera Malam, ntar kalau nuju bobok tetiba ku ketakutan kebayang cerita di lentera malam, tinggal ndusel aja hahah. Kadang-kadang kamar udah kayak susuh manuk aja, soalnya mau kuberesin, ada yang bilang nda usah...mending kita bubuk-bubuk aja yuk Mbul...Gitu hhahahah... 

Nah, itu tadi makanan beratnya. Kalau penganan atau makanan kecil biasanya yang tandangin Mbul. Biasa, buat mengisi waktu pas Tamas kerja. Jadi kadang aku bikin kue ku atau kue tok, apem atau kue mangkok, lemper ayam, risol mayo, bakso goreng, dan sebagainya. Yang mana judulnya adalah cemilan.

Tapi ga setiap hari kok kami masak kayak gini, ada masanya kami berdua milih mager lalu ujung-ujungnya beli hahhahahah. Tapi, dikarenakan ini untuk keperluan mengisi blog, khususnya label menu masakanku (masakan kami maksudnya), maka dengan niat ingsun yang tinggi, kamipun akan masak sesuatu yang agak effort kali ini. Masak apakah itu? Mangut iwak wader gede.





























































Ini semua udah Tamas sounding ke Mbul bahwa Beliau udah pengen beli ikan pas mau beli pakan ikan kecil-kecil buat arrowana kuning di depan. Nah, karena di Bapak Tukang Ikannya ada wader gede aka melem atau sondol, mungkin bahasa lainnya ada pula yang nyebutnya jomblong, maka ga pake lama Tamas membeli 2 kg. Ada yang ukurannya besar, ada pula yang sedeng. Nanti rencananya mau kami masak dengan 2 cara. Digoreng biasa yang ga pedes. Dan lainnya dimangut yang ada pedes-pedesnya. Walaupun ga pedes banget ya. Sebab kami lebih prefer ke pedes manis gurih. Kalau yang pedes banget, ga kuat, lambaikan tangan hahahhaha...#Adek masih sayang lambung, Bang..









































































































Balik ke cerita masak-masak. Tentu saja hal tersebut kami kerjakan berdua kalau pas ada keidean bikin lauk atau masakan yang agak effort. Di luar itu, masakan simple biasanya aku kerjakan sendiri. Nah, seperti halnya kali ini kami pengen masak yang lumayan agak berbumbu dengan basis ikan. Jadi Tamas yang bagian belanja ikannya, ngolahi serta membersihkan sisiknya, sedang aku bagian racik-racik perbumbuannya. Bumbunya diuleg manual ya, ga diblender jadi biar masih ada tekstur. Ada bawang merah, bawang putih, kemiri sangrai, cabe merah keriting, cabe rawit, jahe dan juga kencur. Sebenernya ada pula resep yang menggunakan daun jeruk dan lemongrass, tapi karena di kulkas lagi ga ada, jadi skip. Nanti setelah diuleg, bumbu ditumis sampai harum, tambahkan garam, gula jawa, gula pasir, kaldu bubuk, Ajinomoto (kalau suka). Lalu tambahkan air. Habis itu satu persatu dimasukkan ikannya. Tunggu sampai matang dan tanek. Kalau mau empuk banget, dimasaknya agak lama aja. Pakenya api kecil. Nanti kalau dah asat airnya dimatikan. Nanti kan lama-lama akan amoh atau empuk bin lembut dagingnya. Terus terakhiran jangan lupa kasih santan segar ya biar bikin kuahnya gurih en kentel. Nah, tunggu sampai mbulak-mbulak, dan wangi, baru matikan kompor, sajikan hangat. Kali ini mangutnya emang versi  simpel, ga dipakein kemangi soalnya kemanginya juga lagi ga nyetok hahhaha...Jadi seadanya aja kayak gitu juga udah enak.





















Nah, untuk sayur pelengkapnya, maka Mbul godogkan suring aja karena biar simple aja gitu. Direbus beberapa menit, kala dah agak amoh, angkat dan saring airnya, jadi deh. Dimaem ginian aja ama nasi anget enaknya MasyaAlloh. Untuk sore hari, karena Tamas dah belikan seikat kangkung, maka langsung aja takosengkan kangkung buat pelengkap mangut wadernya. Ongseng kangkung bumbu iris simpel. Cuma pake bawang merah, bawang putih, cabe rawit, Ajinomoto, sedikit gula pasir, dan garem. Udah diongseng cepetan aja biar tetep hijau syantik kayak yang ada di wartend-wartend itu lho hehhehe..

Untuk buah atau dessert, kebetulan kemarin kami beli kates yang gede banget di eperan pasar Ciracas, eh pas dionceki dan disigari, MasyaAlloh warnanya cantik bener. Ini seglundung dapat Rp 25 ribu. Manis berair pula rasanya. Duh, segernya maem kates kek gini, bikin lantjar pencernaan dan perut kerasa adem enteng...






































Resep Mangut Wader 
Bahan-Bahan :

Ikan wader 2 kg
Minyak goreng
Santan fresh
garam
gula jawa
gula pasir
kaldu bubuk
Ajinomoto (opsional aja)

Bumbu yang Diuleg :

Bawang merah
Bawang putih
kemiri sangrai
cabe merah keriting
cabe rawit
jahe
kencur

















Cara Memasak :

Olahi ikan, bersihkan sisiknya dan cuci sampai bersih segala lendir atau isi perutnya
Panaskan minyak goreng
Goreng ikan wader sampai kuning keemasan.
Angkat, sisihkan
Tumis bumbu ulegan sampai wangi
Tambahkan sejumput garam, gula pasir, gula jawa, kaldu bubuk, Ajinomoto
Masukkan ikan wader gorengnya
Tambahkan air
Masak sampai bumbu meresap dan air mbulak-mbulak
Nanti kalau udah asat dan sekiranya empuk, matikan api kompor
Sajikan hangat
Semakin dihangatkan beberapa kali, daging ikannya semakin lembut dan bumbu makin meresap. Tapi tiap kali dihangatkan, lerlu ditambahin air dulu ya, dan pakainya api kecil aja. 





















Okey, sekiranya segitu dulu postingan masakan kami kali ini. Sampai jumpa di lain waktu. See you and bye bye...



24 komentar:

  1. Balasan
    1. Thank's Elephant's Child, in this post i want to introduce our dish that called Mangut Wader. It is a traditional Indonesian dish that is rich in flavor. It combines the richness of spices with the tenderness of fried wader with a big size, all brought together in a delicious coconut milk sauce :)

      Hapus
  2. I like how you prepared the fish...so flavourful and moreish. And I still want to have some kangkong!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank's Angie, my husband teach me how to cook fish like a pro...
      I cherish every moment with him, including cooking like this

      (´✪ω✪`)♡ヾ(❀╹◡╹)ノ゙

      ฅ(^・ω・^ฅ)

      Hapus
  3. ...Mbul, your flowers always catch my eye, thanks for sharing them.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello Tom, big appreciate for your comment. This mean a lot to me as blogger ヾ(^-^)ノ

      Hapus
  4. Balasan
    1. ヾ(❀╹◡╹)ノ゙(*・ω・ノノ゙☆゚゚

      Hapus
  5. The fish looks delicious! The small kitty is very cute.

    BalasHapus
    Balasan
    1. The Kitty has a name same like me Bill...The Kitty is Mbul too...🤭

      Thanks for appreciate our hearty fish recipe here 😊

      Hapus
  6. Balasan
    1. Let's try our simple recipe Joanna...

      ヾ(❀╹◡╹)ノ゙

      Hapus
  7. Tiba-tiba jadi laper dong liat ikannya

    BalasHapus
  8. I like the flower's photos, they are beautiful!!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih banyak Sunika
      Mbul suka merawat tanaman, itu kayak bikin seneng aja rasanya

      ヾ(❀╹◡╹)ノ゙

      Hapus
  9. Balasan
    1. They are wader Kathy...my favourite trout ฅ(^・ω・^ฅ)

      Hapus
  10. Bom dia e uma excelente sexta-feira. Bom final de semana com muita paz e saúde.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, semoga Sahabat Luiz sekeluarga sehat-sehat juga di Rio De Jeneiro sana

      (。・ω・。)

      Hapus
  11. Oh wader itu mujaer ya nit? Aku sukaa nih kalo ikan ini. Tp keseringan di goreng. Kalo buat mangut, biasanya aku makan di resto langganan. Goreng ikan pun pas msh ada asisten yg tugasnya masak. Pas dia udh resign, aku jd masak sendiri, nah khusus goreng ikan atau masak menu ikan aku skip🤣🤣. Ga bisa masaknya dan aku takut kecipratan minyaknya. Jd kalo kangen, ya beli jadinya.

    Pdhl suka sih mangut. Apalagi kalo pedeees 😍😍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda mba fanny...kalau mangut umumnya lele ya mbak fanny. Ini aku ama Mamasew lagi ngrandom aja bebikinan mangut pakenya iwak wader gede, eh sedep juga. Kusisain yang digoreng tok ga ada pedes buat A sama J...jadi semua bisa makan ฅ(^・ω・^ฅ)

      ヾ(❀╹◡╹)ノ゙

      Hapus
  12. Padahal tadi sore aku mau pesen mangut pari Bu fat, eh malah lagi ga terima pesanan gofood, Krn lagi rame.

    Pdhl lagi pengen bangettt.

    Udh lama ga makan mangut ikan soalnya.

    Ikan wader itu aku pikir kecil2 yg mirip ikan bilis loh nit. Ternyata ada yg gedenya juga yaa. Mirip Ama ikan mujaer ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikan wader yang kecil kecil itu ada juga ma fanny...iya sama kayak ikan bilis itu. Yang biasa ada di menu masakan padang dibikin pedes atau balado...enak dimaem buat lauk tuh...wah mba fanny dah beberapa kali spill mangut bu fat kayaknya kok aku jadi penasaran hihi

      ฅ(^・ω・^ฅ)ヾ(❀╹◡╹)ノ゙

      Hapus

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ฅ(^・ω・^ฅ)