Selasa, 19 Juli 2016

Pecel Jantung Pisang




Waktu masih gadis, aku selalu dipesani ibu satu hal, kalo sudah rumah tangga mbok ya yang cakap ngeladenin suami. Atau, kalau pas sowan tempat ibu mertua, mbok ya yang sigrak bantu-bantu. Ngepel kek, masak kek, atau apa. Jangan sampai punya preseden buruk sebagai perempuan. Dan apa jawabku???? Nggiiiihhh Bu.. Haha..sesederhana itu dan mengatakannya pun seolah enteng saja (waktu itu). 


Pas menuju waktunya, eaaakkk..ternyata aku baru sadar bahwa orang tua perempuan, khususnya ibu...biarpun anak gadisnya bakal dilepas ke pihak lelaki, tapi tetep ya, yang dijunjung tinggi itu unggah-ungguh kita sebagai istri dan menantu. Dengan kata lain, segitu legowonya, Bapak-Ibu kita manakala ke depannya waktu kita akan banyak tercurah di lingkungan keluarga suami. *tissue mana tissue?

Jadi berbekal pesan ibu yang selalu terngiang di hati itu, akupun bertekad untuk menjadi pribadi yang nice kalo pas maen ke tempat ortu suami. Biasanya hal yang masih aku coba pelajari betul adalah cara memasak. Aku yang sebenernya gampang aja maen srang-sreng-srang-sreng kalo di dapur (sendiri), begitu ketemu Bumer, ya teteup ga ngasal aja masaknya. Tapi mencoba mengamati dan belajar ilmu dari beliau. Kan ceritanya ga slebor gituloh akunya *wkwkwkwk.
















Tapi sebenernya skill masak pas di kampung juga banyak keserap dari Tamas sih alias suamiku sendiri, wakakak. Karena kan beliau bisa dikatakan sudah banyak makan asam garam kehidupan. Sudah lulus ujian universitas kehidupanlah. Pokoknya mulai dari hidup yang susah-susah, disepelekan orang, sampai yang sekarang sudah bisa berdikari, beliau uda kenyang banget lah bentukan mentalnya. Makanya, aku yang sedari kecil agak mendingan dari sisi ketersediaan fasilitas hidup waktu itu, juga lambat-laun mulai diajarkan untuk tahu kerasnya kehidupan. Kan ceritanya biar dicetak jadi orang sukses. Makanya kudu tahan banting urusan mental. Kata Tamas : "Kan Mbul mau takcetak jadi Bu Boss kecil, mau ga jadi Bu Boss kecil?"

Haha...(jelas maulah). Ya sapa tau kami nantinya jadi enterpreneur. Aminkan dong ! :D






Oh ya, tentang urusan skill memasak tadi, rupanya Pak Suami dulunya juga sudah cakap bantu-bantu maminya urusan masak. Sebenernya model masakan keluarga beliau juga yang simpel-simpel aja. Alamiah pula. Kayak tinggal metik dedaunan apa gitu di kebon--terus rebus, udah-cocolin sambel (baik kacang maupun lombok). 

Nah, pas puasa kemaren juga gitu. Aku diajarin bikin menu yang waktu pertama denger agak menyipitkan mata gitu--HAH JANTUNG PISANG DIPECEL? Jantung pisang dipecel si kayak gimana? Soalnya kan kalo di rumah, ibu sering bikinnya pakai kuah santen, lha ini mau direbus terus dipecel.....Jujur ngebayangin pertama kali rada muskil itu idenya, hahahha.

Tapi ketika dipraktekkan, ulala...malah akunya yang ketagihan. Jadi gini resepnya :

Bahan :

2 buah jantung pisang ukuran besar
1 ikat daun pepaya (jantan, kata Pak Mertua biar rasanya ga gitu pahit)
1/4 glundung kobis
1 ikat daun singkong
1 ikat kangkung 
1 genggam daun so (melinjo)
Bumbu kacang

Tahapan Memasak :

Rebus semua sayuran dimulai dari bahan yang paling keras terksturnya seperti daun pepaya, daun singkong, jantung pisang, kangkung, daun melinjo, hingga kobis. Untuk kobis, masaknya sebentar aja ya, karena cuma dia yang lekas masak. Oh iya, pas ngrebusnya itu, usahakan masuk pas air dalam panci sudah bergolak-golak sehingga tingkat kematangannya pas dan ga gitu overcook. Terakhir, cocolin deh sama bumbu pecel bikinan Bumer yang langsung tumbuk dari alu dan lumpang.


















Rasanya? Jujur aku mikirnya kayak daging ya, wkwkwk *norak. Apalagi yang bagian lipetan tengahnya, uh itu enak banget. Karena pas masaknya emang diceki-ceki pake garpu untuk mengetahui tingkat keempukannya. Dedauan yang lainnya juga enak. Asli alami parah. Baru kali ini gue merasa hidup diantara kehidupan yang sehat jauh dari kolesterol, wkwkwkw..

 



Oh iya, pas nyobainnya, sengaja kutambahin lauk ayam kecap (yang resepnya kuposting nanti), dan remahan peyek tepung beras. Uh....sedep banget lah pokoknya.

Penasaran? Cobain aja ! :-D


16 komentar:

  1. Mba itu rasanya opo toh jantung pisang?seumur2 belom pernah rasain :p

    BalasHapus
  2. Jantung pisang nih aku pernah nyobain yang di tumis. Enaaaaakkkkk. Sayangnya dipasar sini susah euy dapetinnyaaa. Huhuhuhuuu. Makasi sharingnya ya Mbuuull

    BalasHapus
  3. Sedeepp pancen. Btw aku deg deg an nih jadinya ntar kalau di mertua

    BalasHapus
  4. kalau ditempat saya itu namanya lotek :D
    jadi kalau ditambah jantung pisang namanya lotek jajantung cau :D

    BalasHapus
  5. keren mba nita ih, jantung pisang my favorit bgt..tapi yang ditumis pakai teri dan itu juga gak buat sendiri,tinggal makan saja he he he

    BalasHapus
  6. Waaah, ngiler lihat sambelnya. Eh tapi aku belum pernah makan jantung pisang. Enggak pahit ya, Nit? Trus itu nggak jadi bebas kolesterol tho, ada ayamnya, wkwkwk

    BalasHapus
  7. Mba Nit, aduh selalu bikin ngeces postingan mba nit kalo soal masak memasak memang. Hiks kok aku jadi melow ya yang bahas-bahas soal ortu perempuan yang harus mengiklaskan kalau waktu anak perempuannya akan lebih banyak ke keluarga lelaki :(

    Itu jantung pisang emang enak, aku juga pernah makan, tapi di sayur, bukan di buat pecel. Getahnya kan agak banyak ya, katanya kalau gak bisa ngolahnya bisa gatel di kerongkongan, tapi kalo ngolahnya jago ya gak gatel, malah enak bingits... >.<

    BalasHapus
  8. Kalo aku jantung pisang kluthuk sering tak bikin oblok2..ato di tumis pake teri medan, wes to ngabisin nasi sak mejic com haha

    BalasHapus
  9. Boleh kah saya coba mbak embul, ahi hi hi. Tapi mencobanya jangan satu piring atau bahkan jangan satu sendok nanti bisa bisa balik lagi keluar kalau sedikit mah atuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wadaw nanti gak bisa masuk dong segitu mah, ahi hi hi. Yang wajar keles atuh mbak embul, ahi hi hi.

      Hapus
  10. Kami di sini (aceh) sebenarnya juga punya masakan dari jantung pisang, tapi bukan pecel :D

    BalasHapus
  11. di sumatra utara, pecel jantung pisang sih pernah aku liat Nit ;).. terutama keluarga mama srg masak gini... dan enak memang.. jantung pisang itu sbrnya makanan yg enak mau diapain aja :D..asalkan dibikin pedes, aku biasanya doyan sih ;p

    BalasHapus
  12. Jantung pisang di pecel? Belum pernah ngerasain. Biasanya dimasak santan di lodeh atau favorit saya di pecak mba. Jantung pisangnya dibakar dulu baru dimasak.

    BalasHapus
  13. Wah enak juga ya makan pecel dengan jantung pisang. Aku pernah makan yang dimasak dengan santan aja, entah apa itu namanya. Enak juga :)

    BalasHapus
  14. Belom pernah nyobain jantung pisang dalam olahan apapun hehehe...

    BalasHapus