Senin, 06 November 2023

My Favourite Type of My Random Blog Post to Write and Why



Assalamualaikum wr wb...
Hallo...hallo...hallo...Jumpa lagi dengan Shirahoshi Beby Mbul Nita di sini. Apa kabarnya? Semoga selalu dalam keadaan baik ya, Teman-Teman. Kali ini aku akan nulis tentang tipe-tipe blog post yang aku suka dan kenapanya. Tapi ini berlaku buat tulisan sendiri sih. Hehe, maksudnya tentang post-post di blog ini yang aku paling antusias saat menuliskannya.





Kalau melihat dari perjalanan aku ngeblog, aku cuma suka nulis cerita ringan tentang diri sendiri dan sekitarku aja. Terutama aku terbiasa nulis kalau udah ada fotonya. Kelihatan kayak anak kecil yang baru latihan nulis ya. Hahahah...Tapi begitulah aku apa adanya, baru bisa nulis kalau udah ada foto-fotonya. Dan nulisnya pun random sesuai dengan gaya menulisku yang mungkin beda dengan Teman-Teman kebanyakan.

Nah, berhubung yang paling banyak ada di memory card kameraku adalah foto makanan, pemandangan (bisa desa, bisa pula sudut-sudut kota), atau hal-hal random lainnya di sekelilingku, jadinya aku ya bisanya nulis dari situ aja hehehhe... 








Aku suka sesuatu hal yang warna-warni atau membuat diriku saat membacanya jadi terhibur. Jadi apapun yang sekiranya bikin aku semangat, ya aku akan tulis. Aku akan catat momentnya di blog memang untuk dibaca-baca sendiri, karena bagiku ngeblog adalah untuk itu. Aku ngeblog bukan untuk orang lain atau memberikan tips-tips atau mengajari orang lain dan sebagainya. Jadi ngeblogku cuma buat nulis seneng-seneng aja. Sekali lagi aku nulis memang buat keperluan diri sendiri hehehe.

Nah, dari sekian foto yang udah ada, aku ternyata paling suka ama moment-moment berikut nih. Aku list-kan dalam bentuk point-point (walau aslinya selalu nulis blog untuk dibaca-baca sendiri sih hahahah).

1. Menulis Saat Berlibur di Desa (Kampung Halaman) dan Makanannya

Karena aku tinggal di perantauan, maka kesempatan untuk berlibur itu biasanya cuma ada di desa dengan kata lain pulang kampung sejenak untuk menjenguk orang tua. Nah, berhubung tempat tinggal kami dengan orang tua berbeda kota maaupun provinsi, maka inilah yang akhirnya membuat perjalanan makin seru dan berwarna. Biasanya akan memakan waktu dari 7-10 jam (kalau lancar dan mulus). Nah, ga jarang di tengah perjalanan, pemandangan indah pun bisa dinikmati, terutama selepas tol dan mulai memasuki jalanan kota menuju destinasi kampung halaman. Kadang paling senang kalau udah nyampe Bumiayu, Banyumas, dan sebagainya dimana tracknya itu mulai meliuk-liuk. Banyak pula melintasi sungai besar yang dihubungkan jembatan. Ya, berasa kayak di Manhatan gitu deh, hahahha...#plaaak.

Kalau sudah sampai, maka yang paling dikangenin adalah masakan ibu, atau kalau berkesempatan jalan-jalan ke luar ya nemu kuliner lokal yang ada di sekitaran situ. Paling asyik kalau nemu kuliner yang legend dan klasik-klasik. Itu bakalan seneng banget...apalagi kalau aku bisa mendokumentasikannya untuk blog ini. Karena aku emang suka menulis post tentang makanan.




























Aku juga suka area utara yang lebih ke dataran tinggi tuh. Misalnya dekat-dekat Waduk Wadaslintang atau Wonosobo. Di situ pemandangannya indah banget dan udaranya juga sejuk. Pepohonan rapat-rapat sehingga seperti gambaran desa di buku-buku cerita dalam format riilnya. Aku senang kalau pas melintasi situ kebetulan lagi hujan atau gerimis, serasa hawanya bertambah syahdu aja.





























2. Bunga-Bunga yang Bermekaran di Kebun Mungilku

Aku paling suka ketika bunga-bunga di kebun mungilku mulai menampakkan kelopaknya yang berwarna-warni. Moment itulah yang kemudian menggerakkanku untuk mengabadikannya di blog. Bunga mawar, soka, melati, sepatu, anggrek, dan lainnya. Rasanya ada kepuasan tersendiri ketika apa yang telah kita rawat jadi mekar cantik dan tumbuh dengan subur menyejukkan mata.































3. Moment Ketika Makan Semangka di Cuaca Panas

Aku suka sekali dengan semangka. Apalagi semangka merah dibelah pas cuaca sedang panas-panasnya. Seperti musim kemarau panjang pada tahun ini dimana Oktober belum ada tanda-tanda hujan di tempatku. Kalau siang bawaannya pengen maem yang segar-segar aja seperti semangka, kates, dan lainnya, hehehe...
















4. Mencari Oleh-Oleh Buah-Buahan dan Sayuran di Kota-Kota Sekitar

Udah jadi kebiasanku ama Tamas kalau singgah ke kota tetangga pasti senang mencari oleh-oleh sayur dan buah-buahan. Biasanya kami paling antusias kalau udah liat pete-pete yang ranum dan menggantung dengan indahnya. Apalagi durian, jambu air, jambu biji, dan lainnya. Rasanya pengen beli agak banyakan, jadi kalau dah sampai rumah lagi tinggal dibagi-bagi ama konco-konco kantor atau tetangga. Nah, sebagian lagi tentu ditaruh di kulkas supaya tetap sejuk dan fresh ketika dimakan.












5. Post Kucing-Kucing

Aku selalu suka mengabadikan foto kucing-kucing lucu. Apalagi yang gemuk. Mukanya bundar unyu. Karena aku emang pecinta kucing sejak dulu. Kucing-kucing selalu berada di sekitarku. Kalau di rumah masa kecilku sampe sekarang emang pelihara kucing, tapi kalau di rumah sendiri yang sekarang ini sih ga pelihara, cuma emang sering lewat kucing-kucing domestik yang sama-sama lucunya. Jadi kadang mereka ikutan memeriahkan blog aku juga, heheheh...










6. Bikin Tape Ketan Waktu Lebaran

Moment bikin Tape Ketan dengan Mbah Uti tiap Lebaran juga selalu pengen kuabadikan di blog. Walaupun aku bantu-bantu masuk-masukin tape ketannya doang ke dalam cup-cup kecil tapi itu udah buat antusias. Karena sesuatu yang dari ketan aku selalu suka...termasuk di dalamnya tape. Nah, saat membantu Mbah Uti itu aku akan perhatikan betul tahapan-tahapan membuatnya agar kelak aku bisa membuatnya sendiri di rumah





















7. Musim Mangga

Musim mangga selalu membuatku antusias, sama antusiasnya kayak waktu masuk musim rambutan, duku dan durian. Sebab buah-buahan ini adalah favorit kami karena rasanya yang manis menyegarkan. Biasanya kami selalu menghapalinnya waktu lewat kedai-kedai buah yang ada di pinggir jalan Otista. 

9. Cari Kue-Kue Tradisional

Aku paling suka sama kue-kue tradisional. Kadang aku bikin sendiri dan tulis step-stepnya di blog ini kan. Tapi kadang aku juga suka safari di pusat jajan basah karena senang melihat kue warna-warni yang enak rasanya. Aku suka kueku, bakpao, putri mandi atau hongkwe, kue prol tape, kue mangkok juga lapis. Udah ada sebagian yang aku bikin sendiri, yang lainnya mudah-mudahan bisa menyusul kapan-kapan, hehehe..












10. Cari Rujak dan Buah Potong (Kesukaanku)

Aku juga suka buah potong dan rujak. Keduanya bikin seger ya. Aku suka buah potong tuh yang manis dan matang, kalau rujak yang rada mengkal ga pa pa. Nanti sambal kacangnya ulegannya masih bertekstur. Dicowel ke sambelnya terasa nikmat dan bikin ketagihan hehehe..






11. Bikin Kreasi Masakan

Ga ada yang lebih bikin senang selain berkreasi masakan dan menuangkannya di blog. Macem-macem sih yang udah pernah kami bikin. Diantaranya, nasi goreng pete, nasi goreng tomat, opor ayam, rica-rica entog, gurameh kuah santen dan lainnya. Biasanya di dapur mungil tuh suka turun gunung semua peralatan masaknya. Tapi kalau masakannya dah jadi langsung antusias maem sambil nonton tipi atau film kesukaan hehehe.





















Okey segitu dulu update-anku kali ini. See you and bye bye...

16 komentar:

  1. ...the fruit vendor certainly has a colorful cart!

    BalasHapus
  2. Interesting photos of the food vendor.
    Yummy food photos as always 😋

    Happy Tuesday, Mbul Kecil!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih atas apresiasinya Kak Veronica...
      Happy Wednesday Kak

      (´✪ω✪`)♡

      Hapus
  3. Memang kalo tinggal di perantauan enaknya nulis tentang kampung halaman sekalian kayak melepas rindu ya mbul. Cuma aku ga pintar nulis kayak mbul jadi jarang nulis tentang kampung halaman.

    Kalo soal bunga mekar di kebun kayaknya aku ngga ada, ngga punya kebun soalnya. Ada kebun tapi punya tetangga sebelah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas, hehehe...

      ga pintar nulis? Ah mas Agus merendah saja, itu blognya mas agus niche topik cerpen humor kan tulisannya bagus bagus hehehe..lucu ☺

      wkwkw...kebun opo tuh Mas? Tetangga sebelah...tetangga sebelahnya mas agus sopo itu? wkwkw...Mas Khanif, Mas her, kang satria, apa Mas Jaey hehheheh

      Hapus
    2. Kebun singkong sama kebun mangga, kadang tak ambilin kalo pemiliknya ga ada.😂

      Hapus
    3. wakakakak....parah....itu singkongnya dimasak apa mas? jangan jangan langsung dibakar di kebun...😂, eala kupikir mau ngeprank lagie nih hihi.biasanya tetangga sebelahnya mas agus kan si mas khanif, mas herman, kang satrio, atau mas jaey 🤭

      Hapus
  4. The fruit vendors have a large variety to offer its cutomers. Love the cat photos and all the delicious dishes. The flowers are gorgeous. Enjoy you day.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Bill, aku suka foto kucing kucing...they are adorable and innocent 😊

      Hapus
  5. Niiit, ya ampuun liat suasana desanya langsung kangen road trip Jawa aku 😍. Udh lama banget ga kliling Jawa. Trakhir 2013.

    Menulis sesuatu yg kita suka, atau udh jadi passion, pasti beda rasanya. Tulisan lebih ngalir, pas ngerjain juga happy.

    Dan kita sama, tipe visual , baru bisa lancar kalo photo penunjangnya ada. Tanpa itu, aku susah untuk nulis. Krn sepertj ngeraba. Dan kalo dipaksa, tulisannya juga jadi kaku 🤣.

    Banyaak tulisan yg mau aku tulis, tapi jadi cancel Krn fotonya ga mendukung atau banyak ilang. Ini biasanya pas zaman2 aku udah suka traveling tp blm mulai tulis di blog. JD foto sekedarnya. Pas liat, langsung nyesel, foto apa iniii, blur semua 🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba aku emang suka nulis tentang diri sendiri dan yang ada di sekelilingku hehhehe...biarpun masih kayak tulisan anak kecil hahhaha...karena ga beraturan tapi aku suka nulis kayak gini aja hahahha....ga suka nulis yang seolah olah nadanya kayak bisa segalanya, serba tahu atau menggurui...jadi lebih baik jadi diri sendiri aja...hahahhah

      Hapus