Jumat, 31 Januari 2020

Resep Tape Ketan Hijau Cantik



Waktu ngeliat rak pendingin supermarket yang ada tape ketan hijau kemasannya, tiba-tiba aku jadi keingetan kalau sering majang foto tape di blog, tapi belum pernah sekalipun nulis step-step cara bikinnya. Sejak lebaran beberapa tahun silam malah. Yaitu, pas diajarin Ibunya Mas bikin tape buat persiapan Lebaran.


Jadi mumpung sekarang aku masih online nih, maka ga ada salahnya dong kalau aku tulis sekalian di sini. Siapa tau kelak aku bisa mempraktekkan langsung bagaimana membikin tape ketan hijau yang secantik bikinan Ibunya Mas. Lumayan kalau bisa bikin apa-apa sendiri, menghemat bajet euy dibandingkan kalau beli di supermarket. Uda gitu bisa dapat banyak lagi, plus tentu saja tingkat kemanisannya bisa diatur sesuai selera sendiri.



Kamis, 30 Januari 2020

Menu Masakan Akhir Bulan



Jadi, pada kesempatan kali ini, kayak biasanya admin blog ini akan ngomongin tentang meni masakan akhir bulan yang kebanyakan bikin kita-kita bingung mau masak apa. Huhu..... Kalau mau masakin mie instan kok ya kayaknya ga begitu sehat kalau keseringan. Makanya alternatif lain ya paling andalanku adalah sesuatu yang sederhana namun ketika dimakan pake nasi pun udah enak-enak aja. Kalau versiku sih lauknya pake ginian huahahha...(biasa banget sih sebenarnya postinganku ini, mohon jand diketawain ya hahha).



Rabu, 29 Januari 2020

Mochi Kesukaanku




Review Tetsin Mochi Mochio, Mochi Kesukaanku !!

Tadinya aku ga 'ngeh' nama mochi ini adalah Tetsin Mochi Mochio. Baru aja tahu pas mau ditulis di blog. Padahal udah sering beli sejak lama #wakakak... Ya maklum namanya juga bukan postingan berbayar. Coba aja lihat isi blogku, jarang banget kan ada postingan berbayarnya #KRAI... Etapi biasa aja ding, kan aku ngereview juga suka-suka. Karena tiap nemu makanan enak ya aku tinggal bela-beli aja, ga ngematin mereknya apa. Kalau enak baru aku kasih reviewnya di blog. Kalau ga, ya ga pernah aku review sih.  Sesimple itu. Jadi aslik pake duit sendiri #ga pake endorse haha..



Minggu, 26 Januari 2020

Cuci Mata Liat Buah dan Sayur di Supermarket......




Diantara aku dan Pak Suami, yang lebih demen belanja justru partnerku itu. Pokoknya, udahlah jago nawar, garcep membandingkan antara satu pedagang dengan pedagang lainnya, juga telaten mengingat semua harga-harga dengan detail. Bahkan harga per kilonya berapa juga sampai hapal tuh jumlahnya. Misalnya : Untuk telur satu kilo, umumnya dapet sekian butir nih (kira-kira ngepasin tempat telur yang ada di kulkas). Tapi itu buat yang kecil-kecilnya aja, udah dikira-kira angetnya berapa. Kalau yang gede-gede biasanya dapat sekian butir. 



Selasa, 21 Januari 2020

Review Martabak Awe, Kotabumi, Tangerang




Oleh : G Nita 

Klo masalah rasa, hampir di semua jenis makanan manis aku lebih suka keju ketimbang cokelat. Termasuk juga case  di martabak. Ga tau kenapa tuh lelehan keju yang berserabut lebih bikin aku ngiler daripada kubangan cokelat yang hampir item pekat. Bagiku, rasa keju yang asin berpadu sama martabak versi manis uda paling pas klo pengen memenuhi ekspektasi tinggi dari selera lidahku.



Senin, 20 Januari 2020

Nostalgia Resepsi Mantenan Jaman Doeloe



Abis baca tulisannya Mbak Pipit yang ini, aku jadi pengen nulis tema serupa deh #ngapunten ya Mbak Pit, kalau Mbul sukanya tiruw-tiruw gegegek...Yup, sesuai dengan judulnya, sebenarnya dari kemarin aku uda kepikiran pengen nulis tema ini. Tapi baru pecah telornya sekarang, kemaren cuma diengkeun-engkeun aja saking lagi buntu mau nulis intronya. Ya bukan resepsi mantenanku sih, melainkan resepsi mantenan Tante-Tanteku jaman aku kecil dulu. 



Minggu, 19 Januari 2020

Gramedia World BSD


Pengalamanku Beli Buku di Gramedia World BSD
Hallo Halo Halo !

Kali ini aku mau cerita tentang pengalamanku waktu jalan-jalan ke Gramedia World BSD. Satu konsep Gramedia yang lain dari biasanya (karena ga satu gedung dengan mall, melainkan punya gedung sendiri yang jatuhnya kayak one stop shopping untuk belanja macam-macam barang, mulai dari buku, stasionery, permainan anak, hardware, peralatan masak, musik, olah raga, sampai cafe juga ada di sini. Ntar deh aku jelasin atu-atu di paragraf berikutnya. Yang jelas tertarik ke sini gara-gara waktu itu, aku, Pak Suami, dan anak-anak abis dari Taman Tecno, dan pulangnya kami lewat area Foresta Business Loft, BSD City yang seberangnya ya Gramedia World BSD ini. 



Selasa, 14 Januari 2020

Dongeng Majalah Bobo Tahun 90-an yang Masih Aku Ingat Sampai Sekarang





Puteri Kaca 
(Majalah Bobo No. 43, 1 Februari 1995, Cerita Rakyat Srilangka, diceritakan oleh Malya Lalita)

Bercerita tentang Pangeran Tissa yang harus menemui Putri Kaca yang sakti karena suatu sebab. Sebelumnya, dikisahkan ia dan ke-6 kakak lelakinya berniat mencari istri yang sama-sama bersaudari 7. Ketika sudah menemukan keberadaan putri-putri itu, hanya Pangeran Tissa yang enggan menjemput Rajamalar sang putri bungsu dan malah menggantikannya dengan pedang. Jika Rajamalar bersedia menikahi pedangnya, maka Pangeran Tissa bersedia menikahinya. Tapi jika tidak, Pangeran Tissa pun mempersilakan Rajamalar untuk tetap berada di negerinya. Padahal Pangeran Tissa sendiri belum pernah sekalipun melihat kecantikan paras Rajamalar. 


Jumat, 10 Januari 2020

Tips Mematangkan Buah Alpukat dengan Cepat dan Matang Sempurna




Aku dan suami sama-sama pecinta buah. Selain dimakan langsung, kami juga sering menjadikannya sebagai jus. Karena jus bikinan sendiri tentu jauh lebih murah ketimbang beli. Mana jatohnya lebih banyak lagi. Beli berapa kilo, sebagian dijus dapetnya nyampe 1 teko gede. Coba kalau beli yang di depan minimarket, ceban cuma dapat segelas, ga bisa dijag-jog dijag-jog lagi #haha 


Kamis, 09 Januari 2020

"Merindukan Pohon Rambutan"



Gara-garanya tukang buah uda pada gelarin rambutan di mobil pick up yang biasa jadi tempat ngetem mereka. Ada parakan, aceh, cilengkeng, sampai yang ga nglokthok sama sekali juga berair banyak. Kalau yang parakan kan keset ya. Walau udah menuju item alias mengering, tapi tetep aja buahnya keset, ga bonyot atau berair kayak rambutan pada umumnya. 


Rabu, 08 Januari 2020

Komik Sisipan Bobo : Puri Misterius



Komik Sisipan Bobo : Puri Misterius

Sekelompok remaja putri yang terdiri dari 7 orang tengah bersepeda menuju tempat peristirahatan yang terletak di atas bukit. Sayangnya, di tengah jalan mereka melewati rute yang salah. Karena sudah terlanjur kelelahan, akhirnya mereka sepakat mampir sebentar ke kedai minuman yang terletak di pinggir jalan.





Selasa, 07 Januari 2020

"Menu Masakan Padang Ini yang Aku Suka"





Sebagai orang Jawa, ternyata aku menyukai masakan padang. Gimana ga, di kanan kiri banyak betul rumah makan padang. Walaupun kalau menurutku pribadi paling enak itu Padangnya Padang Garuda. Sebenernya pertama kali dikenalin masakan padang itu waktu aku masih SD. Yaitu, moment piknik keluarga di sepuratan Gembira Loka, Jogja dan Borobudur, Magelang. Bapak kan waktu itu masih pakai mobil carry. Tapi ga nyetir sendiri, melainkan minta tulung disupirin sama driver panggilan yaitu Mas Sugi. Soalnya kalau nyetir sampai Jogja-Magelang jauh. Takut kecapean. Maklum ngayah-ayahi wong papat alias aku, kakak, adek, dan juga ibu.

Baca juga : "Hakekat Nasi Padang"


Senin, 06 Januari 2020

O Ini yang Namanya Chi Cong Fan...



Chi Cong Fan yang biasa ngiter di tempatku mirip lumpia tapi isinya bengkuang. Dimakannya pakai saus pedas manis yang dibikin encer. Juga beberapa makanan lainnya, seperti siomay, dim sum, uyen (bola-bola talas yang diserut) dan chai tau kwe (gorengan lobak yang dibentuk kotak-kotak, sekilas mirip ketan atau uli bakar). Per biji dikenai harga Rp 2.500,-. Cukup murah bukan? 



Minggu, 05 Januari 2020

Sinopsis Deep Rising (1998)



Saatnya nostalgia film jadul lagi Cuy !



Judul film : Deep Rising

Genre : scifi violence/gore
Tanggal rilis awal : 30 Januari 1998
Sutradara : Stephen Sommers
Box office: 11, 2 juta USD
Anggaran: 45 juta USD
Skenario : Stephen SommersRobert Mark Kamen

Sinopsis Deep Rising (1998)

Di tengah Laut Cina Selatan yang penuh dengan kedalaman misteri, sekelompok anggota bersenjata api menyewa kapal milik Kapten John Finnegan beserta kru yaitu, Joey Pantucci dan Leila. Kelompok tersebut beranggotakan Hanover, Mulligan, Mason, Billy, T-Ray, Mamooli, dan Vivo yang rupanya tengah menjalankan misi rahasia yaitu meledakkan torpedo di suatu tempat. Finnegan sendiri tidak cukup tahu dimana arah tujuan mereka. Sebab ia dan kru hanya bertugas menjalankan kapal di bawah todongan senjata lantaran ulah ceroboh Pantucci yang mengetahui keberadaan si torpedo itu tadi. Sempat saling mengancam, Finnegan akhirnya bersedia menuntaskan pekerjaan, asalkan anak buahnya selamat. 

Kamis, 02 Januari 2020

Review Saung H.Amir, Cisauk, Tangerang




Assalamualaikum semua...

Kali ini Mbul akan mereview satu resto lagi yang ada di bilangan Tangerang Selatan yang tempatnya udah terkenal banget. Namanya Saung H. Amir atau biasa disingkat SAHA. Mirip-mirip sahanya bahasa Sunda teak nyah? Tapi yang ini sahanya singkatan dari Saung H. Amir. Bukan saha siapa? 

Jadi pada suatu hari, pas banget sedulur (sepupu anaknya paklik dan keluarganya) dari Serang sekompi mau sowan silaturahmi. Makanya beliin jamuannya di Saung H. Amir ini. Ya, selain karena udah terkenal enak. Juga Mbul berharap tiap review tempat makan yang Mbul ulas di sini bisa ngebantu kamu-kamu yang lagi cari tempat makan enak atau ya minimal supaya membantu mempromosikan usaha kuliner lokal kita lah ya. Biar barokah usahanya dan lancar terus, amiiiin.