Rabu, 29 Januari 2020

Mochi Kesukaanku




Review Tetsin Mochi Mochio, Mochi Kesukaanku !!

Tadinya aku ga 'ngeh' nama mochi ini adalah Tetsin Mochi Mochio. Baru aja tahu pas mau ditulis di blog. Padahal udah sering beli sejak lama #wakakak... Ya maklum namanya juga bukan postingan berbayar. Coba aja lihat isi blogku, jarang banget kan ada postingan berbayarnya #KRAI... Etapi biasa aja ding, kan aku ngereview juga suka-suka. Karena tiap nemu makanan enak ya aku tinggal bela-beli aja, ga ngematin mereknya apa. Kalau enak baru aku kasih reviewnya di blog. Kalau ga, ya ga pernah aku review sih.  Sesimple itu. Jadi aslik pake duit sendiri #ga pake endorse haha..




Tetsin Mochi Mochio ini aku bilang sih buletannya gede ya. Isiannya juga full karena emang harganya mahal. Per buletnya Rp 8000,-. Dulu sempat menangin waktu masih range Rp 4000-Rp 7000,-. Ya pantaran tahun-tahun 2013-an. Tapi sekarang udah naik jadi Rp 8000,-. Kalau di gofood kena Rp 12.500,- yang mochi signaturenya. Mungkin ngikut kenaikan inflasi. Kalau dari informasi di text boxnya sih, si mochinya ini punya berat kurang lebih 50 gram/pcs. Komposisi bahan-bahannya sendiri terdiri dari tepung ketan, gula, minyak nabati, margarin, tepung maizena, madu, kacang walnut. Klaim di boxnya sih katanya ga pakai pengawet.

Oh ya, sebenarnya aku udah sering beli mochi ini sejak aku masih gadis loh--lebih tepatnya waktu aku masih gawe. Sebagai mantan anak kos, maka setiap weekend tiba aku tuh rasanya ga betah di kosan. Bawaannya horror aja. Bukan horror sih, lebih tepatnya ga nyaman. Karena tipe-tipe rumahnya emang model rumah tua khas peninggalan Belanda. Ya mungkin aku belum terbiasa berada di lingkungan itu kali ya. Jadi, jujur tiap weekend tiba, rasanya ga betah kalau seharian cuma ndekem aja di kosan kayak kucing buduk. Dengan begitu, inisiatif jalan-jalan cari udara segar biasanya aku lakukan sih. Kalau pas ga ada jadwal diapelin pacar (sekarang udah jadi bapaknya anak-anak), ya aku maen sendirian sampe ke mall mana gitu. Asli bener-bener ngegleng sendirian tapi malah asyik sih, bisa main agak lamaan even cuma liat dvd korea atau cari makan siang. Biasanya sih aku ke Gajah Mada Plaza naik angkot.





Nah, di Gajah Mada Plaza ini, Kedai Tetsin Mochi Mochionya ini aku temukan pertama kali. Pas nyobain, ya agak kaget karena per-pcs-nya itu lumayan mahal. Walau belum semahal sekarang sih. Mungkin Rp 5000 atau Rp 6000 an apa ya (aku lupa). Cuma pas kucoba kok enak. Kenyil-kenyil gitu. Mana dalemnya diisi beberapa pilihan rasa lagi yang which is enaaaak banget. Aku sampai seriiiing banget dong Sabtu atau Minggu ke sini buat beli 4-5 biji mochi. Sampai apal apal dah mbak-mbak yang jualinnya. Jadi, begitu aku datang, dia langsung pilihin aku yang rasa A,B,C. Yup, dari sekian rasa yang terdiri dari kacang tanah, kacang merah, kacang hijau, wijen hitam, wijen putih, kacang asin, abon ayam, green tea, pandan, cokelat, dan dodol durian--aku paling suka ama yang terakhir tuh. Pokoknya kalau lagi mampir ke sini otomatis beli yang itu atau kalau ga minta dibanyakin lah daripada rasa yang lain. Soalnya isian duriannya ga pelit. Rasanya maniiiiis banget. Enak. Pas dipadukan dengan mochinya yang super duper harum bin lembut di mulut. 



















Pernah sih, penasaran ama rasa yang lain. Misalnya rasa kacang merah, oreo, dan wijen. Terus aku bandingkan nih ama yang durian. Ya tetep aja aku sukanya masih durian. Ga bisa berpaling ke lain hati lah istilahnya, karena dasarnya aku emang suka durian hahahha... Tapi sebenarnya yang kacang merah dan oreo juga enak banget. Isiannya sama-sama banyaknya. Tapi yang oreo aku sempat salah ngira. Soalnya aku pikir isiannya krimnya oreo yang putih itu, ga taunya item-itemnya yang dilembutkan jadi ada sensasi kretes-kretesnya gitu loh. Like begitu diceplus, makcoooozzz !!!! Isiannya serasa jekpot hahaha... 

Tapi itu kenangan pas masih kerja di Jakarta sih. Duluuuu banget waktu sering melenggang kangkung sendirian sampai Gajah Mada Plaza cuma buat beli nih mochi. Kalau ga waktu ada kerjaan daerah Kuningan atau Kokas, pasti pulangnya aku mamlir ITC Kuningan atau Kokas. Nah di situ ada juga mochinya. Tapi emang outletnya banyak banget. Kalau menilik dari website resminya Tensin Mochi Mochio ini, jumlahnya mencapai 90-an di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, bahkan ada beberapa di daerah Karawang. Sekarang udah jarang jalan-jalan sih aku tuw hahaha..











Eh tapi, ada kabar baiknya sih. Soalnya pas ke Supermall Karawaci dalam rangka hunting batik buat acara wisudaan adek di Solo kemaren, aku inget dong kalau di sini juga ada nih mochi. Jadilah spontan aku nyeletuk ke Pak Suami kalau pasti bakal mampir beli. Especialy yang mochi dodol duriannya. Lumayan pas dapat promo kali ya, soalnya waktu itu beli 6 (durian 4, oreo 1, dan kacang merah 1) cuma Rp 40 ribu. Akkk, bahagia kadang seretjeh itu, hihi










Varian Rasa Tetsin Mochi Mochio

Kacang tanah
Kacang merah
Kacang hijau
Wijen hitam
Wijen putih
Kacang asin
Abon ayam
Green tea
Pandan
Cokelat
Dodol durian

Komposisi

Tepung ketan
Gula
Minyak nabati
Margarine
Tepung maizena
Madu
Kacang Walnut

Nilai Gizi per 100 gram

Kalori 323 kcal
Protein 2,5 g
Lemak 2,9 g
Lemak jenuh 0,79 g
Lemak trans 0 g
Karbohidrat 71,8 g
Natrium 45 mg

Masa Penyimpanan

Sebaiknya mochi disimpan di tempat sejuk
Daya tahan mochi 2-3 hari
Bila disimpan di kulkas tahan kurang lebih 1 minggu
Mochi lebih mudah rusak bila disimpan di tempat yang panas karena tidak menggunakan bahan pengawet
Lebih nikmat dimakan dalam keadaan dingin

Review Pribadi dariku

Mochinya gede
Teksturnya lembut
Isiannya banyak
Standout flavor are dodol durian, oreo, kacang merah
Harga lumayan mahal tapi sepadan dengan isiannya yang full
Ada logo Halal dari MUI
Berat kurang lebih 50 gram/pcs


Outlet Tetsin Mochi Mochio

Teraskota Tangerang, lt G dekat Restaurat Kembang
Hypermart Gading Serpong Tangerang, lt G, depan kasir
Summarecon Mall Serpong Tangerang, lt G, Farmer Market dan lt 4 Food Court
Living World Tangerang, lt G, Hero Supermarket
Mall Alam Sutera Tangerang, lt 2, depan Bioskop XX1
Tangerang City Mall lt UG
AEON Mall BSD, lt 3, Food Court
Mall Taman Palem, lt 6, depan Bread Talk
Mall Daan Mogot, lt G depan Guardian dan lt 1
Hypermart Puri Indah, depan kasir
Lippo Mall Puri, lt 2 depan Food Court dan lt G depan Shigeru
Mall Taman Anggrek, lt 3, depan Marugame
Central Park, lt G, depan Hoka-Hoka Bento
Cintra Land, lt LG dan lt 4 depan KFC
Duta Buah Green Garden, depan pintu masuk
Emporium Pluit Mall, lt LG dan lt 4
Pluit Village, lt G, dekat ATM BCA dan lt G, depan A&W
Baywalk Mall Pluit, lt 2, depan Kidzoba
ITC Roxy Mas, lt B, depan Hari-Hari
Gajah Mada Plaza, lt G depan lift dan lt 2 depan Inul Vista
Lokasari Square, lt G
Grand Paragon Mall, lt G, depan Grand Lucku Supermarket
Harmony Exchange,  lt 1
Golden Trully Mall, lt G depan Hoka-Hoka Bento
ITC Mangga 2 (lt 4, lt G pintu timur, lt G lobby utama, lt 1, lt 3)
Mangga Dua Mall, lt G, depan A&W
Mangga Dua Square, lt G, dekat pintu lobby utama
Plaza Atrium Senen, lt 1, depan KFC
Resident Park Mall Karawang, lt B2, Depan Transmart 
Karawang Central Plaza, lt 1, samping Mc.D
Green Pramuka Square Mall, lt 1
ITC Cempaka Mas lt LG, pintu parkir mobil
Artha Gading Mall, lt G depan Ace Hardware dan lt G depan Starbucks
Mall of Indonesia, lt LG, depan Carefour
Mall Kelapa Gading, lt G, Gourmet Walk
AEON Jakarta Garden City, lt 1, depan Ice Skating
Metropolitan Mall, lt B, parkir mobil basement
Sumarecon Mall Bekasi, lt 2, depan Time Zone
Mega Bekasi Hypermall, lt 3, dekat XXI
Grand Metropolitan Mall, lt LG2, Farmer Market
Pusat Grosir Tanah Abang, lt G, dekat pintu utama
ITC Kuningan, lt G dan lt LG
Mall Ambassador lt LG, samping ATM BCA
Kuningan City, lt LG, depan Lotte Mart
Setia Budi One, lt G
Kota Kasablanka, ltLG, depan Carefour
Bassura Mall, lt 2, dekat XXI
Mall Cipinang Indah, lt G, dekat Carefour
Plaza Semanggi, lt 4 dan lt LG
FX Sudirman, lt FB, depan Guardian
Blok M Plaza, lt LG
Lippo Mall Kemang, lt LG, depan Hypermart
ITC Permata Hijau, lt LG, depan Carefour
Gandaria City, lt LG, depan Tekko
Pondok Indah Mall, lt 2, Skybridge
Bintaro Jaya Plaza, lt G, Hero Supermarket
Lotte Mart Bintaro, lt 2, Hero Supermarket
Pejaten Village Mall, lt LG, depan Hypermart
Kalibata City, lt G, Foodcourt
Pusat Grosir Cililitan, lt G, Halte Busway
Lippo Plaza Kramat Jati, lt 2, dekat mushola
Tamini Square, lt G, pintu masuk parkiran mobil
ITC Depok, lt 2, Foodcourt
Margo City, lt G, Giant Supermatket
Trans Studio Mall Depok, lt G
Mall Ciputra Cibubur, lt 1
Supermall Karawaci (lt G depan Timezone dan lt 2 Makan Sutra)

Next aku bakal tulis waktu aku berburu batiknya ya...

Staytune !

8 komentar:

  1. Lihat judulnya sih kirain makanan dari Jepang gitu, ternyata makanan lokal ya.

    Enak juga tuh keliatannya, tapi kalo aku lebih suka makanan bakso, apalagi kalo dimakan pas hujan. Tapi sekarang udah dua minggu lebih ngga makan bakso karena...😭😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dari bungkusnya sih tulisannya mochi taiwan, cuma outlet dan proses produksinya di Indonesia

      Hapus
  2. Saya pernah makan sekali, tapi tidak sebesar itu buletannya
    Wow, mahal juga ya harganya. Tapi jika enak dan lezat tak jadi soal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oiyakah? Perasaan di outlet manapun buletannya sama hehe

      Betul, asal perut kenyang ati senang

      Hapus
  3. Jujur aja, mochi bukan kesukaanku :p. Tp aku masih mau icip2 kalo dikasih. Udh nyobain berbagai macam mochi, ttp aja blm ada yg bisa bikin aku beneran suka.

    Pas ke Kyoto THN lalu, itukan pusatnya mochi Jepang nit. Trus mochiny macem2 rasa pula. Unik2 deh. Ada tuh Nemu kedai kecil, yg antrianny kayak ular naga hahahahaha... Puanjaaaaang bynget, aku lgs tertarik lah. Ikutan antri. Mochinya guedeeee, ditusuk di lidi. 1 lidi ada 2 GT kalo g salah. Ga da pake isian, tp di celup ke semacam gula merah cair. Dimakan anget2 pas LG winter. Beuuuuhhhh ini ku suka, 1-1 nya mochi yg aku pgn nambah lagi wkt itu hahahahah... Namanya bukan mochi sih kalo mereka sebut, ttp aja buatku mochi :p.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bhahahha aku ngekek mb dikau bilang kayak uler naga saking huantrinya

      Ini klo yang ditusuk pake lidi aku inget kue dango yang di komik2 jepang masa mb hahahha

      Hapus
  4. Sudah sekian lama aku ga makan Mochi, Mbak.
    Mochi ini biasanya oleh-oleh dari kawan yang plesiran atau kunjungan ke Semarang, Jogja. Bukan berarti Bali ga punya, punya sih kalau mau nyari di toko oleh-oleh yang serba ada itu.

    Tetanggaku ada yang hampir setiap bulan ke Jepang juga sering bawain kami oleh-oleh MOchi. MOchi dari Jepang ga semanis dan gurih di Indonesia. Makanya pas sahabatku ke Jepang dia WA minta dibawain oleh-oleh apa? Aduh...aku udah bosen meski belum pernah ke JEpang. Dulu pas kerja kantoran aku punya client dari Jepang setiap ke Bali bawain aku oleh-oleh, trus suami pun gitu :D

    Makan Mochi itu ga bisa dikunya, emut-emut dan telen hahahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Loh di semarang berarti ada juga ya mb mochi khasnya, takpikir sukabumi tok yang punya mochi hihi

      O berarti orang sana merasa unik dengan mochi manisnya sini ya mb, palagi yang dalamnya ada isiannya, terntu itu daya tariknya

      Hapus