Senin, 09 Maret 2020

Pengalaman Menginap di UNS Inn, Penginapan di Kawasan Kampus UNS



Pengalaman Menginap di UNS Inn, Penginapan di Kawasan Kampus UNS

By : Gustyanita Pratiwi

Usai makan siang di SBC Special Cah Kangkung, kami bergegas menuju UNS Inn, penginapan yang sudah kami booking dalam rangka menghadiri perhelatan wisuda Adek yang lulus Fakultas Kedokteran tahun ini. Sengaja nginep di sekitar kampus supaya dekat dengan gedung yang akan dijadikan acara. Jadi begitu jam menunjukkan pukul 14.00 WIB, kami segera meluncur ke Jl Ir. Sutarmi 36 A, Kentingan, Jebres, Solo tempat dimana hotel berada.

UNS Inn termasuk ke dalam kategori hotel bintang 2 yang berkonsep Jawa Klasik. Hal ini terlihat dari desain interiornya yang di sana-sini kental nuansa Jawa. Misalnya terdapat kursi ukiran kayu khas Jawa yang ada di area lobby, juga hiasan dinding gunungan yang biasa ditemukan pada pertunjukan wayang kulit. Letaknya ada di dinding sebelah plang yang bertuliskan nama hotelnya. Ada pula dekorasi dokar (delman), sepeda unta (sepeda jaman dulu), permainan dakon, cermin antik, pajangan dari kuningan, dan batik khas Solo beserta canting dan juga malam atau lilin untuk membatiknya. Batiknya cakep-cakep deh. Ada yang sudah dalam bentuk baju, ada pula yang masih dalam bentuk kain. Berbagai corak serta warna. Ada yang cokelat klasik, adapula yang warna cerah seperti merah jambu dan lainnya. Saat masuk, kami juga disambut dengan alunan gending Jawa yang menambah syahdu suasana. Iramanya mengingatkanku akan bebunyian yang biasa terdengar di acara resepsi mantenan jaman doeloe, hihi...


Proses check in berlangsung singkat. Kurang lebih sekitar 10 menit akhirnya kami mendapatkan kunci kamar. Letak kamar kami ada di lantai 3. Tapi alhamdulilah ada fasilitas lift, jadi meminimalisir kaki gempor, haha... Masing-masing nomor kamar terdiri dari 319, 320, dan 321. Sengaja cari yang berdekatan antara kamar uti-kakung-dan Tante Anies, juga kamar Budhe Puput-Pak Dhe Akbar-dan Mas Ahza. Biar kalau mau jalan bareng gampang ngaturnya. Ratenya waktu itu per malam sekitar Rp 400 ribu. Agak naik dari biasanya karena sedang musim wisuda yang mana pasti hampir semua penginapan penuh. Lalu, karena aku tambah extra bed lagi jadi aku tinggal nambahin Rp 175 ribu per malamnya. Oh ya, kami sekotar nginap 3 hari 2 malam sih. Jadi kalau tambah extra bed ya kena Rp 300 ribuan lah.Terus bagaimana isi kamarnya? Berikut review pribadiku !

Kami dipesankan Tante Anis model kamar yang twin bed dengan luas kamar 8 meter persegi. Memang sedikit agak minimalis sih tapi ya kehitungnya cukup pas lah buat keluarga kecil seperti kami. Namanya juga buat numpang istirahat aja, jadi ya asalkan kasurnya empuk aku uda ngerasa cukup.

Untuk fasilitas kamarnya tersedia bed dengan masing-masing 1 bantal dan 1 selimut, TV, 4 air mineral, AC, hanger, sandal hotel, telepon, cangkir, dan wifi gratis. Bantalnya walau satu tapi lumayan lebar. Sedangkan selimutnya tebal dan hangat. Wifi juga lumayan kencang. Untuk kulkas tidak ada. Terus kalau pengen bikin air panas atau dingin ada dispenser tapi sifatnya untuk umum yaitu yang letaknya ada di luar kamar. Untuk fasilitas kamar mandinya ada shower dengan setelan panas dan dingin, wastafel, toilet duduk, toiletteries, dan handuk.  

















Fasilitas Hotel : 

Lift
Garasi parkir
Parkir
Toko Oleh-Oleh
AC
Area lounge 
Wi-Fi Gratis
Kamar Bebas-Rokok
Penitipan Bagasi
Fasilitas ATM 
Layanan Concierge
Layanan Internet
Layanan Kamar
Faks/Fotokopi
Fasilitas untuk Rapat
Makan Siang Kemasan
Parkir di gedung
Parkir Gratis
Penyewaan Mobil
Wi-Fi
Resepsionis 24 Jam
Surat Kabar
Restoran
Rental sepeda (dengan biaya tambahan)

Menu Breakfast UNS Inn

Menunya kurang lebih bercita rasa nusantara. Standar hotel bintang 2 sih, tapi menurutku lumayan bervariasi. Ada nasi putih, nasi goreng, mie goreng, bakso asam manis, tumis kacang panjang campur tempe, bubur ayam, soto, ikan goreng tepung, tahu goreng tepung, ayam kecap, capcay, pecel, bubur mutiara, jamu tradisional (beras kencur, kunyit asam), kerupuk udang, buah potong, telur yang bisa direquest baik dibikin telur mata sapi atau omelet, bakpao, puding, tahu isi, jajan pasar, roti tawar beserta selainya, jus, air putih, teh, kopi, dan sereal. 

Hari pertama kami sarapan agak terburu-buru karena acara wisuda memang dihelat agak pagian. Jadilah hanya berkesempatan nyicip mie goreng, jamu beras kencur dan kunir asem, juga jajan pasarnya. Sedangkan Pak Suami, seperti biasa belum makan namanya kalau belum nggayemi nasi, haha. Terus dia nyobain buburnya juga. Cyiqa juga ngicip sih dikit, tapi abis itu langsung menuju gedung tempat wisuda.

























































 T






Nah, hari keduanya nih yang lumayan selo. Jadilah sekeluarga besar bisa sarapan bareng. Aku nyobain mie goreng (lagi), bubur mutiara, juga teh hangat. Sementara Pak Suami nyobain bubur atau soto (aku lupa). Kami juga pesan telur mata sapi setengah matang dan omelet, juga sepiring kecil buah potong. Anak-anak juga aku suapin bubur sih termasuk si bungsu walaupun mamnya ga banyak. Hari kedua restoran lumayan rame, dibandingkan hari pertama kemarin. Ya maklum, agenda rerempongan wisudaannya dah kelar, jadi tamu-tamu hotel juga banyak yang ikut sarapan ga seperti hari sebelumnya. #GustyanitaPratiwi_trip_to_Solo #GustyanitaPratiwi_jelajah_kuliner_Solo.

Review Pribadi dari Aku :

Hotelnya homey banget, karena mirip desain rumah, apalagi memang konsepnya desain Jawa Klasik
Staff hotel ramah dan sangat helpfull
Parkiran luas, lokasinya agak menuju ke bawah
Dekat dengan kawasan kampus

UNS Inn
Alamat : Jl Ir. Sutarmi 36 A, Kentingan, Jebres, Solo, Jawa Tengah


4 komentar:

  1. Hotelnya bintang 2 tapi kasurnya looks so comfy mba Nita, menu sarapannya juga buanyaaaak hehehe. Biasanya hotel bintang 2 yang saya tau dari tulisan teman-teman lain tuh mostly cuma dikasih roti tawar sama selai saja. Jadi UNS inn ini bagus untuk kelas bintang 2 :D waaah beruntung mba Nita dapat stay di sana ~

    By the way, pilihan snack pasarnya lumayan ya, sampai ada mini bakpao juga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb eno, lumayan comfy, apalagi aku tambahin extra bed di tengah, biar agak luasan, n anak anak taruh situ hihihi
      Iya lumayan menurutku

      Maksudnya untuk hotel pada kelasnya, menunya ya agak sedikit lebih banyak dari yang lain. Kalau di hotel budget lainnya biasanya cuma dikasi nasi goreng hihihi

      Hapus
  2. Jarang jarang ada hotel nyediain bubur mutiara, enak juga ini jadi bisa ngobati kangen sama makanan khas Jawa
    Asik juga hotel dengan nuansa Jawa klasik seperti ini. Suka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb ainun, lumayan bisa buat pengganjal lapar pagi-pagi. Makasih uda berkunjung ke blogku ya ^______^

      Hapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^