Jumat, 13 Maret 2020

Warung Nasi Liwet Mbak Sri Kulon Keprabon Solo, Baru Tahu Wedang Dongo itu Sama Dengan Ronde





Karena kemaren udah nyobain nasi liwet, jadi kulineran pada malam kedua ini pengennya nyobain sesuatu yang lain. Walaupun judulnya sama-sama warung nasi liwet juga dan lokasinya pun masih sederetan dengan Nasi Liwet Bu Wongso Lemu, Keprabon Kulon Solo. Nah, tempatnya dimana? Namanya Warung Nasi Liwet Mbak Sri yang posisinya ada di paling kanan dari deretan warung makan yang ada. 


Di warung makan ini, yang menarik perhatianku justru bagian wedangan-wedangannya. Secara, begitu lihat banner di bagian depan warung, tertulis berbagai macam wedangan yang sebagian masih asing di telingaku. Sebut saja wedang dongo, wedang sekoteng, wedang es kacang hijau, wedang es kacang putih, wedang kelengkeng, wedang es jeruk, juga teh. Yang aku belum ngeh tampilannya kayak apa itu wedang dongo, wedang es kacang putih, dan wedang kelengkeng.

"Bu, wedang dongo niku sih kados pundi nggih?", tanyaku penasaran dengan si ibu penjual yang mulai merapi-rapikan meja dan menanyai kami mau pesan apa.

"Wedang dongo niku ronde Mba," jawab si Ibu.

Owalah, aku cuma ber-ah-oh aja saking baru tahunya kalau wedang dongo itu sinonimnya ronde. Kalau tahu ronde, sih dari tadi udah pesen. Kebetulan memang malam itu, udara Solo ba'da magrib begitu menggigit. Dinginnya masih terasa efek baru hujan sesorean. Menjadikanku kepingin neguk yang hangat-hangat. Nah, ronde inilah salah satu minuman berbasis jahe yang udah menjadi kesukaanku sejak lama. 




"Nggih sampun Bu, kula wedang dongo setunggal," pintaku kepada si Ibu yang lantas dibarengi dengan anggukan.
"Daharane napa mawon ?" si ibu kembali bertanya.
Pak Suami yang udah marem dengan menu liwetan maupun gudeg, akhirnya memesan menu lain. 
"Kulo pecel Bu. Unjukane es jeruk. Pak Agus mau apa Pak?" , Pak Suami lantas mengkode Pak Agus supaya segera memberitahukan pesanannya.
"Saya gudeg Mas, lauknya opor ayam. Ayame bagian paha. Minumnya teh manis panas."

Si Ibu lantas berusaha merekam setiap pesanan yang sudah kami ucapkan.

"Oke, Bu, gudeg lawuh opor bagian paha 1. Teh panas 1."
"Dek Nit, siro pesen opo, ngomongo karo ibue. Ndang maem nasi ben swehat en sexyy hahahai..."
"Wes ndang peseno. Ngomong ro ibue."
"Oke Bu, kulo maeme kalih nasi gudeg, opore bagian sayap."
"Nggih, sekedap nggih Mbak, Mas, Pak."




Si ibu kemudian berlalu sambil meracik piring demi piring pesanan kami. Pertama, pecel punyanya Pak Suami. Kedua, gudeg lauk opor bagian paha punya Pak Agus, dan ketiga gudeg lauk opor bagian sayap punyaku. Minumannya 1 es jeruk, 1 teh manis panas, dan 1 wedang dongo alias ronde. Ga pake lama, hidangan pun langsung meluncur di atas meja.

Etapi bentar, ngeliat pecel punyanya Tamas kok aku jadi kepengen ya. Meuni ijo-ijo cantik gitu. Dan bumbu kacangnya banjir bandang mengguyur rebusan sayurnya. Bumbu kacangnya tumbukan kasar lagi yang pastinya terasa lebih mantab ketimbang yang diuleg halus. Kan ku jadi pengen haha, ya walau Pak Suami udah cekikikan karena tau Sugembulwatie ini udah curi-curi pandang sama pecelnya dia, dan pasti kepengen ngicip, walhasil dibilanginlah diri ini supaya habisin dulu gudeg pesenanku, ntar kalau mau nanduk pecel gampang, abis ini bisa pesen lagi. 
 










Oke lantas bagimana reviewnya ? Pertama untuk pecelnya. Berdasarkan tampilannya, seperti yang aku sebutkan di atas. Pecelnya itu keliatan enak banget. Rebusan sayurnya masih ijo seger gitu. Ada bayam, kecambah, kacang panjang, dan daun pepaya. Terus diatasnya baru diguyurin sambal kacang yang teksturnya kasar. Rasanya pedes manis. Pas banget menurut aku. 

Kalau nasi gudeg lauk opornya bagaimana Mbul? Gudeg nangkanya manis. Ada tambahan kacang merek/kacang merah juga krecek atau rambaknya. Rasanya pedes, seuhah gitu lah. Sedangkan opornya, juga gurih banget. Kerasa santannya. Ayamnya juga amoh. Jadi gampang dikuliti dari tulang-tulangnya. Rasanya nendang ! Mantab gelaaaa. Sebenarnya di meja pun ada tambahan lain, misalnya tahu goreng, tempe goreng, baceman, kerupuk putih, kerupuk legendar, kerupuk kulit, emping, kerupuk udang, telur asin, maupun telur pindang. Juga snacknya seperti kacang tanah goreng dan keripik usus juga ada. Tapi aku cuma nyobain tambahan kerupuk legendar dan tahu goreng. Rasanya bila dipadukan dengan nasi gudeg or pecelnya ya nambahi manteb lagi. Oh ya, tambah satu lagi deng, Pak Suami ngambil serenteng pete rebus yang bijinya gede-gede. Uda gitu manis lagi. Manteb lah pokoknya.





Nah, sekarang giliran wedang yang sedari tadi aku tunggu-tunggu. Yaitu wedang dongo alias ronde. Rondenya semangkuk cukup banyak ya jika dibandingkan dengan ronde yang kubeli kemaren. Hal tersebut terlihat dari wedang jahenya yang sampe luber-luber. Isiannya sendiri terdiri dari indil-indil yang warnanya merah jambu dan putih, kalau ga salah terbuat dari tepung beras, nah si indil-indilnya ini adalamnya ada isiannya lagi, yaitu tumbukan kacang tanah yang rasanya manis, lalu ada irisan kolang-kaling, juga kacang tanah sangrai. Nah, perpaduan antara ketiga item itu, jika diminum bersaman dengan wedang jahenya, serasa bikin melayang. Enak banget Cuyyyyy !! Ga salah emang gw pesen wedang ronde kali ini. Walhasil ngeliat gw menikmati wedang berbasis jahe yang seger beud ini, Pak Agus pun ijin pesen 1 lagi ama Pak Suami buat ngangetin tenggorokan. Sok mangga tambah lagi. Hahaha... mumpung udah di Solo yekan. Yah, aku pikir salah satu primadonanya warung makan ini adalah wedang dongo alias rondenya ini sih. 





Review Pribadi dari Aku :

Tempatnya nyaman, terutama yang bagian lesehan. Bangkunya juga ada sih, tapi enakan njagong lesehan
Menunya banyak dan variatif
Favoritku adalah pecel....sambal kacangnya kental, banyak, ga pelit...pedes manisnya pas
Banyak pelengkapnya yang ditaruh di atas meja berupa piringan tahu/tempe goreng, baceman, telur asin, aneka kerupuk, emping, kripik usus, kacang goreng, dsb
Wedang rondenya porsi gede, rasa jahenya mantab, indil-indilnya manis, dan kolang-kalingnya banyak
Harga relatif bersahabat


























Selain liwetan, gudeg, opor, dan juga pecel, menu lain yang dapat ditemui di Warung Nasi Liwet Mbak Sri ini adalah tumpang koyor, asem-asem ceker, dan bubur lemu. Harganya cukup bersahabat. Per porsinya rata-rata sekitar Rp 20 ribu, tergantung seberapa banyak lauk yang dipesan sebagai teman makan nasi. Overall, sangat memuaskan berpetualang kuliner di sini. Nantikan kulinerku selanjutnya ya. Yudadabubay !!

Warung Nasi Liwet Mbak Sri, 
Kulon Keprabon Solo
Jl. Teuku Umar No.5, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57131
Buka : Setiap Hari (18.00-03.00 dini hari)





12 komentar:

  1. wah ini mah ya ampun.. selalu suka di blog ini karna bisa lihat makanan mulu ahaha. jadi pengenn

    BalasHapus
  2. Nita, aku baca ini pas lagi maem. Terus laper lagi, hahaha. Ya Alloooohhh wedang rondenya bikin ngeces. Aku pas ke Semarang kemarin belum sempat ke mana2 karena sibuk beberes barang yang mau dibawa ke Depok.

    Foto pecel dan wedang rondenya sukses bikin ngeces. Sambel kacangnya Ya Allooohhh..

    Dulu aku ke Solo cm dinas kantor. Ga sempat kulineran cm ke Candi Cetho dan Sukuh. Sekarang malah kangen sama Solo. Semoga nanti bisa ke sana ah. Njuk kapan yo soale bapake wes sibuk kerja kerja kerja :)))

    BalasHapus
  3. Itu difoto keempat, tidurnya nyenyak banget :))

    BalasHapus
  4. wih enak2 banget.. tiap kesini gw selalu kemecer pengen nyobain makananya satu2, tapi sayangnya cuma foto2 saja ya :D

    BalasHapus
  5. Bikin ngilerrrrr selalu!
    Mbul, dirimu kapan dari Solo? eh harusnya diriku baca dari bawah dulu ya tadi.
    Sedih ya Solo di tutup sementara dari luar, semoga corona virus ini segera berlalu.

    Btw, laaaaafffffff dan ngileeerrrrrrrrrrrr banget ama wedang rondenya say, saya pecinta jajanan kayak gini, sayangnya nggak nemu yng enak kayak gini di Surabaya atau Sidoarjo, atau lebih tepatnya belum nemu kali ya.

    Ada yang jualan ronde di Surabaya, tapi mihil sih, dan maniiissss banget.
    Btw asyiknya ya jadi dirimu, kalau ke mana-mana suka nyobain kuliner macam-macam.
    Pokoknya yang menarik judulnya udah mampir, kalau kami mah pilih-pilih melulu.

    Harus yang tempatnya nyaman, harganya murah, nggak terlalu rame, akhirnya jarang nemu kuliner enak, ya iyalah, sepi karena rasanya biasa aja :D

    padahal kuliner-kuliner kayak gini biasanya jauh lebih enak dan mengenyangkan ya

    Apalagi pecelnya itu loh, kacangnya menggoda bangetsss.
    Saya pecinta pecel, apalagi kalau isinya sayuran hijau semua dan bumbu kacangnya nggak terlalu halus gitu :D

    BalasHapus
  6. aaahhh foto pecel dan sambel goreng kreceknya bikin ngiler dan laper!!! kalo rondenya sih enggak, soalnya gak suka 🙈

    btw, kerupuk legender itu sejenis dengan kerupuk karak bukan sih?

    BalasHapus
  7. Wah. Jadi pengen nyobain. Keknya enak tuh wkwk

    BalasHapus
  8. Kolang kaling jadi wedang? Wah ini mah daku baru denger. Bentar dah, mau dibayangkan dulu. Tapi nggak ah, kalau bikin aja gimana yak.

    Hmm, mending sih beli jadi ya haha, biar langsung hap nyobainnya.

    BalasHapus
  9. Wuaa, jadi laper liat foto2nya mbaa.. apalagi liat rambaknya. Ku penggemar sambel krecek pedes soalnya. Hehehe..
    Btw, untung skrng udah ga di Solo ya mba.. dengan semua berita tentang corona cukup bikin khawatir 😖

    BalasHapus
  10. Wah mantap banget itu nasi liwetnya mba. Saya sendiri aja yang belum pernah coba jadi penasaran seenak apa sih nasi liwet itu. Apalagi itu harganya murah kan mba. Huhuuu, komenin ini bawaannya jadi lapeeer. :(

    BalasHapus
  11. Beneran pecelnya menggoda syekaliii... dari fotonya saja udah keliatan kalo bumbu kacangnya itu manis gurih, kalo ada pedesnya bakal mantep banget sih. cuma nggak begitu keliatan kalo di foto meski ada beberapa kulit cabenya... xD

    kudu dimakan langsung buat ngerasain..

    di jakarta, sampai skrg saya maish belum nemu pecel yang rasa kacangnya seenak pecel di surabaya atau pontianak (yang jual org surabaya). tapi ini saya yakin, rasanya pasti seenak yang pernah saya makan dulu...

    BalasHapus
  12. Ealaah .. ternyata ronde yaa ...
    Memang sih beda kota bisa nama beda jenis makanannya.

    BalasHapus