Selasa, 21 April 2020

Ngemper Sejenak di Tukang Durian Pinggir Jalan Depan Telkom Kebumen




Suatu kali...

"Bull, pengen mandeg bentar ga? ", kata Pak Suami saat kami sedang melintasi Kebumen Kota, lebih tepatnya seberang Kantor Telkom, setelah arah-arah Tugu Lawet. 

"Emangnya kenapa Mas?"

"Liat tuh sebelah kanan jalan, ada yang sudah mengawe-awe dirimu supaya segera dibeli loh !"

WOW ! Begitu melihat ke arah jendela sesuai arahan Pak Su, Sugembulwatie alias Trumbul alias Tubul alias Ubung alias Pratiyem alias Tiyem alias gw segera membelalakkan mata berbinar-binar. Soalnya di sana ada buah kesukaanku yaitu durian. Mana duriannya montok-montok pula. Kuning keemasan di emperan jalan, digelar begitu aja, ada pula yang digantungin. 




"Gimana Bull? Tertarik beli ga, tar kalau udah balik Tangerang nyesel loh klo ga beli ?" Pak Suami kembali menggodaku untuk melipir ke bakul durian itu. 

Eheum...maksudnya...







"Gimana Dek Nyiet? Mau turun ga? Turun aja yok, nyobain beberapa biji, sambil makan situ. Kayaknya enak deh....sekalian ngadem."
Oke lah kalau ditawarin begini sih gw mana bisa menolaknya #padahal mengatakannya dengan senang.

Dalam itungan detik, kendaraan kami langsung melipir. Lalu Pak Su dan Pak Agus yang ikut menyetiri kendaraan kami, segera 'cag-ceg' memilih mana sekiranya glundungan durian yang oke punya.




"Monggo Mas, monggo Mbak, monggo Pak, durennya sae-sae loh. Eco tenan ! Asli !" Ujar si Bapak pedagang duriannya ramah, membuat kami yang sedang memilah-milah durian semakin bingung mau yang mana.
"Saking pundi niki Pak ?"
"Lokal niki Mas, asli mateng pohon. Saking....." (Tapi sayang waktu itu gw lupa si Bapaknya nyebut duriannya dari mana hahaha, ya anggap aja daerah mana gitu lah)."

"Manis mboten niki Pak?"
"Manis Mas. Tapi nggih benten-benten. Wonten sing manis mawon, manis pahit, kalih sing manis super nggih wonten."
"Tenane?" 
"Yakin lah. Estu... Pokoke kulo berani jamin, andaikata mboten manis, uang langsung kembali."
"Sing pundi sing manis banget Pak."
"Cobi mriki Mas. Mangke kulo kasih tahu."





Si bapaknya kemudian menunjukkan mana durian yang manis, manis pahit, atau yang super manis. Ketiganya kalau dilihat-lihat sih lumayan berbeda ya. Baik dari segi bentuk, ukuran, maupun warna. Ada yang bulet lonjong, ada yang bulet nyempluk. Ada yang kecil-kecil, ada yang sedeng, juga ada yang besar. Yang kecil-kecil sih murah. Boleh dapet Rp 20-25 ribu per buah. Yang sedeng Rp 30 ribuan. Yang gede masih di bawah cepek sih. 

Yang manis paling banyak diburu. Terutama yang ukurannya kecil. Sedangkan yang super manis--yang katanya paling jos--itu agak premium ya. Tapi masih kena  Rp 100 ribu dapat 3 buah lah. Agak kecil-kecil memang. Tapi pas sih buat sekali makan 3 orang. Tapi kalau yang mau lebih gedean lagi, sebuahnya kalau ga salah ingat Rp 80 ribuan per buah. Nah yang super jumbonya tentu ada lagi dan beda harga, cuma aku lupa harganya berapa.




"Oke lah, cobain yang manis banget 3 yuk !", tanpa meminta persetujuanku terlebih dulu doi langsung memilah-milah 3 glundung durian yang sedikit berwarna ijo namun sudah ada kuningnya walaupun semu-semu dan bentuknya agak kecil. 
"E serius Pih pilih yang ijo? Kok kecil ughaaa. Ntar ga manis gimana?"
"Kan kata Bapaknya asal dimakan di sini, kalau ga manis boleh jaminan uang kembali ya Pak?"
"Leres Mas, wong nek menawine sampun dibeto ngumah nek mboten manis be saged dituker Mas, makane ujare kulo niki beneran durene super. Yakinlah sumvah..."
"Oke lah kalau gitu, biar kita-kita percaya, yuk lah langsung aja cobain."

Dan begitu dicobain yang kurasakan adalah, kayaknya seumur-umur baru kali ini deh aku nyobain durian termanis yang pernah ada... Daging buahnya tebal. Teksturnya lembuuuuuut banget. Serat-seratnya sampai nempel ke bagian kulitnya. Dan bijinya tuh kecil. Jadi puas banget lah aku dan yang lain ngabisin 3 glundung ini. Rasanya tuh yang bener-bener susah diungkapkan dengan kata-kata saking aku menikmatinya. Pokoknya maniiiiiiiiiis banget seperti admin blog ini. Pantas saja ya si Bapak berani menjamin uang kembali kalau sampai duriannya ga enak. Hihihi.





Kalian sendiri suka durian kayak aku ga? Aku biarpun lokal punya asalkan rasanya manis, tetap aja embat, hahaha...

Oke, demikianlah postingan singkat ini dibuat sebelum aku beneran libur ngeblognya. Ha...??? Libur. Iya dong. Liburan sementara updatenya. Mau sante-sante dulu kitanya Qaqaaa--menikmati idup dan Ramadhan yang tiba sebentar lagi #ciyeh_gitu.








Seiring dengan pe-es-be-be yang sudah berlaku di beberapa tempat seperti halnya tempat aku, jadi seiring itu pula rasa malas ngeblog ini mulai melanda. Maklum punya beby 2 jadi agak-agak rempong riweuh gimana gitu dibuatnya, hihi...bukan riweuh lagi, tapi riweuh banget. Jadi monmaklum ya biasanya baru bisa balas komentar yang masuk, berkunjung balik atau sekedar membaca blognya teman-teman juga ndilalahnya ntar-ntaran aja pas lagi seloooo banget sayanyah. Rapel pula hahahha....

Yudadabubay !