Jumat, 11 September 2020

Review Mie Ayam Pak Paiman Pasar Kutoarjo



Postingan 2018, Kenangan Waktu Hamil Adiknya Kakak A

Jadi, kali ini aku mau ngrekomendasiin tempat makan enak waktu Lebaran kemaren, karena eh karena diri ini terlalu mblenger dengan menu berbasis santen, jadilah waktu menyambangi Pasar Kutoarjo–yang mana hanya berjarak beberapa kilo saja dari rumah, kuputuskanlah buat ngemie aja. Iya ngemie-ayam.



Sebenernya ke Pasar Kutoarjo dalam rangka mau ke tukang permak untuk mendekin gamisku yang kepanjangan (biar ga kangsrah lemah). Nah, sambil nungguin jahitan beres, tetiba mulut rasanya pingin nggiling. Mau kulineran di luar pasar, males panas. Uda gitu baru dapet tempat parkir yang untung-untungan pula. Takutnya klo ditinggal cabut, uda ga kebagian lagi tempat parkirnya haha. Secara kan itu pasar ramainya pake banget ya. Yawdah sebagai solusinya kami keliling pasar nyari tempat makan yang sekiranya enak tapi murah-meriah *penting*.

Pas kaki uda mayan gempor nyari dari ujung ke ujung, Pak Su inisiatif buat ngajakin aku ke Mie Ayam Pak Paiman. Lokasinya ada di deket tangga merah–depan stand bros dan juga hiasan kuncir rambut. Sebenernya sih klo warung mie ayam dan bakso di Pasar Kutoarjo mayan bejibun ya, cuma ntah kenapa waktu itu kaki seolah terseret menuju ke warung mie ayamnya Pak Paiman. Kebetulan kami pengen makan dengan khyusuk karena bawa beby juga, jadi pas ngeliat warungnya Pak Paiman ga serupek yang lain, ya milihlah kami ke situ. Ga taunya, begitu njogrokin pantat buat duduk, e tetiba warung jadi ngedadak rame. 




Lalu menu apa yang kami pesan? Tentu aja mie ayam sesuai dengan judulnya, meski di warungnya sendiri tersedia menu lain seperti bakso dan soto ayam. Soalnya kami ini kan pecinta mie, jadi klo cuma ngebakso rasanya kurang wareg. Alias kayak cuma ngemil aja #eh gimana? Jadi, in the end, kami pesan 2 porsi mie ayam dan 2 es teh botol sosro. Nunggunya lumayan juga sih, tapi namanya juga lagi musim lebaran. Jadi wajar aja kan klo lagi rame-ramenya.

Langsung review aja deh yuk biar ga moler-moler. Jadi klo dari segi penampakannya, mienya ini gede-gede. Cukup kontras juga dengan mie ayam yang kutemui di rantau –dimana diameter mienya lebih kecilan. Tapi jand khawatir mamennn ! Walau mienya gede-gede, dia teksturnya cukup empuk dan sedep-sedep aja sih, apalagi dipadu dengan gurihnya kuah mie, crunchynya daun pokcoy, serta irisan daging ayam yang ga kalah gedenya. Yah, manteban lagi kalo kelen jago memadukannya dengan kecap, saos tomat, serta sambal yang diublek menjadi satu sehingga menimbulkan satu kesatuah kuah mie yang nyamleng punya. Urusan mengadoni seberapa pas antara ketiga unsur tadi yakni kecap, saos, serta sambal adalah keahlian Pak Su. Jadi kadang aku suka minta tulung koreksiin beliau biar adonan mie ku juga bisa jadi enak kayak mie punyak dia hahahhaha…










Nah, terpenting lagi adalah harga. Total 2 porsi mie ayam dan 2 es teh botol sosro di situ sih pas Lebaran kemaren Rp 26 ribu. Jadi lumayan terjangkau lah yaaaah hehehhehehe….#namanya juga musim lebaran.