Sabtu, 03 September 2022

Mie Nyemek ala Si Mbul Nita



Assalamualaikum semua....

Karena aku uda nemu formulasi bikin indomie dengan rasa yang hauceuk, maka aku akan pajang resepnya di sini. Biar aku ga lupa. Dan.... kali ini mienya mau aku bikin yang modelan 'nyemek'. Oh ya, nyemek itu 'e' -nya dibaca kayak lafal rendang ya. Nye-Mek. Artinya kalau ga salah modelan mie rebus tapi yang kuahnya dikit. Biasanya ada di istilah bakmi nih.....bakmi jawa gitu deh. Yang notabene mienya keriting atau mie telor. 



Nah, tapi kali ini aku ga pake itu. Pakenya indomie aja. Mienya dua bungkus dengan range-rangean bumbu yang udah aku sarikan di bawah. Beberapa kali udah aku cobain sih dan alhamdulilah enak. Maksudnya lain dari bikin mie rebus pake bumbu bawaannya itu.

Nah, langsung aja ya biar ga kepanjangan, aku tuliskan step-stepnya berikut ini. Maklum kalau ga ditulis suka lupa saya. Ya, kali ada yang mau praktekin juga.

Resep Mie Nyemek

Bahan-Bahan :

2 bungkus indomie 
2 butir telur ayam
1 sachet saos tomat
2 sachet saos cabe
daun bawang
tomat
kubis (kembang kol)
kecap manis
sejumput gula pasir
minyak untuk menumis bumbu
air 

Bumbu yang dihaluskan :

3-4 buah cabe rawit merah
4-5 buah cabe rawit hijau 
2 siung bawang putih













Langkah-Langkah :

Rebus air sampai mendidih. 
Masukkan indomie mentahnya saat airnya sudah mbulak-mbulak atau bergelembung alias mendidih, sebentar aja, abis itu angkat biar ga terlalu mengembang. Pokoknya kalau mienya udah mecah langsung aja angkat lalu tiriskan
Uleg 2 siung bawang putih, 3 cabe rawit merah, dan 4 rawit hijau (yang biasa buat nyeplus gorengan)
Panaskan minyak, tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum 
Masukkan 2 butir telur, kosek-kosek sampai matang dan mampyur kuning keemasan
Masukkan tomat yang sudah diiris, daun bawang, dan kubis (tapi ini opsional aja sih)
tambahkan 1,5 gelas air
Masukkan 1 buah aja bumbu indomie instannya biar ga keasinan, tapi khusus minyak sayurnya 2
Tambahkan 2 sachet saos cabe dan 1 sachet saos tomat
Tambahkan kecap manis
Tambahkan sejumput gula pasir
Masukkan mie rebus yang tadi ditiriskan, campur dengan bumbu dan sayuran yang ada sebentar saja
Sajikan hangat






Bagaimana rasanya? 

Enak dong. Asem manis kuahnya PAS....
Ya udah, segitu dulu update-anku kali ini. 

See you and da daaaaah...



27 komentar:

  1. hahahah, malam malam mampir kesini. jadi pengen ni mbak.

    BalasHapus
  2. Ini mah kayak saya buatnya
    Namanya seh mi ra jelas, asal matang dan bikin kenyang perut
    Kalau saya telurnya lima, plus pete

    BalasHapus
  3. Buatin juga buatku dong mbak mie nyemeknya, rasanya pasti enak soalnya yang bikin MasterChef mbul aka luhrembulan.😃

    Ijin save ah, buat menu kalo bingung mau masak apa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang spesial pakai telor bebek tiga, biar kayak martabak telor mbak.🤣

      Bumbu merahnya itu bikin kelihatan enak, asal jangan terlalu pedas sih, bisa cepat panas dalam.😂

      Hapus
  4. Waah lebih enak dari mie goreng ini mah mbul..😊😊 Mie telor campur sayuran dan rasanya pasti wuueeennnaakk!! Baru tahu cara buatnya aku pas baca tulisanmu..😊😊

    Kalah deh mie goreng yang ada ditukang nasgor..😊😊

    BalasHapus
  5. Nitaaa ini resep bikin aku pengen ke dapur masak mie makan2 hahahahaha. Trus lgs inget Ama lemak perut yg baru dibantai Ama plank 🤣🤣.

    Resep ya aku save.mau dicoba ntr pagi aja :D. Akupun suka mie yg nyemek. Ga basah banget, yg penting berair dikiiit. Apalagi kalo pedes beuugh...ini resepnya udah keliatan enak sih.

    Lapeeer :(.

    BalasHapus
  6. Ya ampun udah berapa dekade gak mampir ke blog ini. Ternyata masih aktif sekali nih Mba Nita... Liat indomie diginiin, jadi pengen bikin deh. Banyak sih variasi menu yang bisa dicoba dengan menggunakan bahan dasar mie. Pokoknya harus Indomie, biar rasanya makin mantap. Mkasih menunya

    BalasHapus
  7. wooo resep yang sederhana bisa bikin ngiler, perut nendang nendang pengen diisi.

    keliatan lezat mie nya walo sudah sering makan mie, ga ada bosennya.

    BalasHapus
  8. Wuaikiii .. endeeuus 😋
    Palagi ditambahi lagi irisan bawang merah yang digoreng setengah matang sebelum dicemplungin tuh bakmi rebus.

    Terus juga, sebelum disantap ditaburi lada halus ... howaaaa,joSS gandos tenaaan

    BalasHapus
  9. terimkasih mbak meski aku jago masak tapi belum pernah masak seperti ini saya akan bookmark untuk di try suatu hari nanti

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak kan blog pertama aku jalan dan makan isinya resep semua

      Hapus
  10. Jadi kayak mie tek tek.

    Udah lama ngga makan mie jadi pengen nyoba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas lumayan mirip mie tek tek cuma dibikin nyemek atau kuahnya dikiiiit aja..ayo mas cobain resepku. bisa kan masak ndiri? wkwkwk

      Hapus
    2. Masak sendiri sih bisa tapi sayangnya udah ngga berani makan mie dan udah hampir setahun ini ngga makan mie.

      Hapus
    3. wah berarti gugur sudah ya niatan bikin mie...kan dia ga bisa makan mie wakakakkaka

      Hapus
    4. Nah itu yang jadi masalahnya, kira-kira kalau mienya diganti sama bihun enak ngga ya?

      Hapus
    5. Mungkin bihunnya kurang makan makanya cepet lemes.. wkwkwk. Dicoba aja kali aja rasanya jauh lebih enak dari mie. (Lagi ngebayangin gimana kalau bihun dipakai sebagai pengganti mie)

      Hapus
  11. waalaikum salam
    tak jawab yo mbak salame hehe

    hmmm kok pas wingi aku ndelok Farida Nurhan (hem Farida Nurhan maneh) pas masak mie nyemek ngene iki emboh dikeki opoae mbak sing pasti onokk ndeoke dan eh ketemu maneh ndek kene

    ancen lek indomie soto diwenehi tomat jan jos bener rasa aseme nyampur enak yaopo ngunu mbak
    tapi aku yo seneng sing rasa soto lamongan soale koyahe lumayan akeh
    wis tak cobae mbak ndang tak awur awur emplok hihi

    BalasHapus
  12. Waalaikumsalam Mba Mbul... hehe
    Ya Allah mba laper saya... auto bikin saya... Pagi2 hujan,, langsung ke warung belanja bahan.. Makasih Mba Nita.. Tapi saya nggak mau pake tomat.. Soalnya nggak terlalu suka tomat. heheh

    BalasHapus
  13. mbak nita mbulll, orang rumah cukup sering masak beginian juga, wes kayak mie tok tok yang dijual di gerobak gitu.
    tapi enaknya kalau bikin sendiri kayak gini, bisa ditambahin cabe sesuka hati. pedesnya bisa pas. trus dinikmati pas lagi panas panasnya. wenakkk

    BalasHapus
  14. kalo mie apapun masakanya jadi makanan favorite gw mbak haha, MM (manusia mie) hahaha :D, nie mie nyemek sepertinya enak bingit bikin kemecer pas ujan gini hohoho

    BalasHapus
  15. Setelah sekian lama ahirnya saya baru mampir lagi, apa kabar mba nita? Semoga sehat selalu ya. Postingan ini pas banget sih buat saya yg sering tergila gila dengan mi instan, tapi kayanya ngga saya praktekin dah wkwkwk.

    Saya mager bin males bin rebahaners banget mba. Masak mi aja males? Iya males wkwkw. Bahkan saking malesnya pernah sewaktu waktu masak mi sambil rebahan (oke ini lebay). Tapi insyaallah kapan kapan kalo punya semangat lebih saya bakal praktekin deh wkwkw, abis enak banget keliatannya.

    BalasHapus
  16. waalaikumussalam..
    bisa nih next-nya, olahan indomie lain soalnya nih uda saya coba dan hasilnya enak ka :D

    BalasHapus
  17. Mie instan, menu favorit sepanjang masa, apalagi buat anak kost. 🤣
    Jadi laper uy.

    BalasHapus
  18. Ini lagi nunggu makan siang baca ini jadi makan keroncongan. Ngiler liat taburan cabe dengan telor dalam mie nya

    BalasHapus