Rabu, 17 Februari 2021

Semangkuk Es Gempol Pleret di Semarang Siang yang Terik




Oleh : Gustyanita Pratiwi

Matahari memanggang siang Kota Semarang dengan garangnya. Panggilan jiwa untuk nge-es pun langsung terbit begitu saja tanpa bisa ditunda-tunda lagi. Aku pun berinisiatif untuk membuat gim atas inisiatif sendiri yaitu : hunting kuliner khas Semarang sebelum beneran cabs dari Kota ini (((bikin gim atas inisiatif sendiri))) #tabok vantad Beby Mbul...


Terjawab sudah rasa penasaran Nita akan Es gempol pleret

Nih catat saja alamat dan nomer tilpon Es Gempol dan Jamu Jun Wijoyo Semarangnya



Ya kan udah jauh-jauh sampai Kota Semarang masa ga nyobain makanan khasnya? Minimal lumpia, es gempol pleret, babat gongso, soto bangkong, atau lainnya. Sayang kan kalau sampai rumah malah kebayang-bayang terus dan menyebabkan susah tidur dan tida bisa move on???? Sayang banget lah....
 
Sayang pipi kanan? Atau sayang pipi kiri?

Itu sayang yang lain dong Rosalinda Beby Mbul...hohoho...

Makanya kalau ada kesempatan ke kota mana, aku selalu memaksimalkan hari agar bisa ngicip apa yang sekiranya khas. Biar sampai rumah ga sampai kebayang-bayang gitu.

Nah, lalu list kulineran apa saja yang pengen aku masukin dalam gim dadakan yang kubuat dengan semena-mena ini?

Es gempol pleret adalah salah satunya. Ini kuliner yang pengen aku cicipi waktu hari terakhir sowan Semarang. Bukannya kepikiran makan berat, tapi aku malah pengen es. Padahal lagi musim ujan. Sebab bukan Beby Mbul namanya kalau ga suka mendobrag kebiasaan num es pada saat musim ujan begini sebelum kapok nantinya bakal berujung umbelen---sendlap-sendlup obas-abes kek anak Paud yang abis dimarahin ibunya...hahahha....




Skipppppp...

Baca juga : Tuker-Tukeran....

Depannya itu pertigaan 

Es gempol pleret meruntuhkan imanku untuk menyeruputnya...asoyyy Lek!


Terus kenapa pula esnya pengen yang es gempol pleret? Aku sendiri kurang tau. Waktu itu cuma terintimidasi sama perintilannya yang 'jambon-jambon' itu (jambon = pink). Abis baca secara random tentang kuliner apa yang kiranya recomended di Semarang, plus ditambah pula nyari referensi dari mbah google, aku jadi dibawa ke gambar es gempol pleret yang tampilannya so eye catchy itu. Nge-pink jambon-jambon begitu lah seperti warna babik oink-oink pipi ini ketika merona walaupun ga pake blush on 
Sebenernya ga jambon juga deng, tapi ada pula putih-putihnya. Jambon yang mirip kelopak mawar disebut pleretnya. Sedangkan putih yang mirip bola-bola disebut gempolnya. Keduanya terbuat dari tepung beras, cuma beda di bentuknya aja. 

Nanti dia akan ditata dalam sebuah mangkuk kecil, dengan susunan di dasarnya berupa gula halus, gempol, pleret, sirop (kalau ada), es batu, serta vanili. Yang terakhir inilah yang bikin esnya jadi kerasa wangi. Abis itu baru diguyur ama santan


"Nyuwun sewu njih Buk, kulo badhe mendhet fotonipun esnya." Njih monggo Mbak..

Tampak atas, foto perintilan gempol dan pleretnya (Gustyanita Pratiwi)


Aku sendiri hunting es gempol pleret ini agak pagian ya karena takut keabisan. Konon kalau udah agak siangan bakal cepet abis. Nemunya di Es Gempol & Jamu Jun Wijoyo yang berlokasi di Jl Lampersari Raya dekat pertigaan Bakso Doa Ibu. Masuknya ke perumahan sih, dan suasana di sekitarnya agak rimbun karena banyak pohon besar serta rumah tua. Nah, dia itu di sisi jalan pas dengan baliho warna merah bertuliskan Es Gempol & Jamu Jun Wijoyo gede banget jadi gampang ditengeri.

Bentuknya kedai kecil, tapi rame. Kayak warungan gitu lah. Banyak bapak-bapak dan Mas-Mas yang makan di tempat walaupun ada juga yang beli untuk dibawa pulang. Kalau mau makan di tempat bisa duduk di kursi panjang yang ada di muka kedainya. Atau kalau mau di dalam juga bisa karena ada meja kursi lagi. Cuma menurutku enakan makan di luar sih, lebih seger karena ga sesek seperti ketika Beby Mbul memakai hotpants banyak anginnya :D.


Cakep ya kayak kelopak bunga mawar

Yang ini jamu jun, rasanya manis, anget, kentel, pedes (karena ada jahenya Sayang...)


Aku kemudian pesen es gempol pleret semangkuk dan jamu jun semangkuk. Es gempol pleretnya ayu banget mungkin seayu Gustyanita Pratiwi. Rasanya itu.... Wuih tak terasa segar betul mengguyur tenggorokan karena santan yang dicampur dengan gula halus dan juga vanili menjadikannya betul-betul manis dan wangi setiap kali kuhirup sambil kuhayati pelan-pelan bagaimana cara minumnya (((dihayati Cuy, uda macam lirik lagu cinta aja dihayati))).

Terus ada pula jamu jun. Beda dengan jamu pada umumnya yang berupa cairan (((cairan))), maksudnya minuman....jamu jun ini lebih kayak bubur sumsum tapi warnanya cokelat. Teksturnya kentel walau ga sekentel bubur juga sih. Kentel tapi yang ringan sehingga kalau disendokin ga begitu thick. Dia ini manis ya dan ada sensasi-sensasi pedas jahenya. Anget buat disantap pagi-pagi. Rasanya enak banget lah di perut. Katanya sih ada paduan 11 rempah-rempah lainnya juga yang sayangnya kala itu ga bisa aku tanyakan detail. Soalnya ibu penjualnya lagi sibuk melayani pembeli yang dateng tiada putus-putusnya. Laris kali ternyata kedai ini. Alhamdulilah ya..kalau uda rejeki mah ada aja yang beli.


dingin & panas aja bisa bersanding (es gempol & jamu jun maksudnya)

"Bu nyuwun sewu malih kulo badhe mendhet foto kedai esnya njih." Monggo Mbak..


Terus kata junnya ini ternyata berasal dari istilah gentong tembikar yang berfungsi untuk menaruh jamunya loh. Tapi aku lupa ga moto bagian gentongnya itu, soalnya ga enakeun takut diliatin ama yang lain, kan Mbul jadi tengsin Qaqa kalau diliatin begitu...Mbul jadi malu-malu uching gini Mas....

(bwahahhaha).

Harga keduanya, baik es gempol pleret maupun jamu junnya, masing-masing Rp 7000,- saja.


Ini chees sticknya gurih loh πŸ˜†πŸ˜πŸ€ͺ

Yang pink ini pleretnya

Yang putih ini gempolnya

Wow wow wooooowwww !!!! Mata beloo

Diaduk dulu biar makin tantaaaab...

tak tahan lagi ingin segera melunsyurkan santan es gempolnya ke dalam mulutku

Aduk terus Mbul..
Aduk terus sampai pagi, Mbul 😳😳😳😱😱

Habis berapa bungkus chees stick kamu Mbul

Depan kedai...


Selain jualan es gempol pleret dan jamu jun, di muka kedai berderet pula toples-toples gede berisi snack plastikan macam chees stick, kacang bawang, kue bawang, dll. Aku nyobain kue bawang dan juga chees sticknya sih. Rasanya enak...Gurih dan ngeju banget. Begitu pula dengan kue bawangnya yang renyah, asin, nagihin. Harganya cuma Rp 1000-an aja. Sampai ga terasa tangan ini udah ngambil serenteng aja, hehehe #khilap. Terus Gempol sama pleretnya juga ditaruh di toples terpisah. Untunglah yang ini sempet kefoto, horeeeeey!

Tapi aku ada beberapa kali baca, sempet bingung juga loh mengenai asal usul es gempol pleret ini sebenarnya aslinya dari mana? Soalnya ada yang nyebut dari Semarang, ada pula yang nyebut dari Jepara. Kalau temen-temen ada yang tau bisa minta tolong infokan juga ya di kotak komen :D. Apa perlu nanya ke Mas Khanif yang blogger asli Jepara?



Balihonya....

Diantara gempol & pleretnya Nita suka yang mana hayo?


Review Singkat Es Gempol & Jamu Jun Wijoyo

  • Lokasi di Lampersari Raya, Semarang Selatan (patokan pertigaan dekat Bakso Doa Ibu)
  • Masuk perumahan (cuma lupa nama perumahannya apa), tapi banyak pohon-pohon gedenya. Adem gitulah
  • kedainya kecil tapi laris
  • Yang biasanya makan di tempat kebanyakan bapak-bapak atau mas-mas (orang kerja yang ada di dekat situ)
  • Buat nongkrong enak
  • Menu favorit es gempol pleret dan jamu jun (masing-masing 2020 Rp 7000)
  • Es gempol pleret ternyata wangi (soalnya ada vanilinya), terus uniknya lagi ada taburan gula halusnya jadi pas diublek jadi satu kerasa maniiiiiiiss
  • Gempol dan pleretnya juga unyu seperti admin...ngepink-ngepink gimana gitu si pleretnya
  • Jamu junnya seger anget karena dominan jahe
  • Menu lainnya jajanan Rp 1000-an macam chees stick, kacang bawang, dll
  • Jajanan es yang murah meriah dan recomended

Begitulah....

Eh begitulah yang bagaimana nih maksudnya?

Hahahahaduuuuh........

Asem yakin, maksud hati paragraf awal mo nulis yang mellow-mellow macem travel blogger beneran eh malah jebul makin ke bawah makin nglawak aja si Mbulnya, huhuhu. Ya suuuuud lah emang ga bakat nulis indah. Ujung-ujungnya tetep aja banyak celelekannya saiaaa. Ga pa pa deh ya...etang-itung buat menghibur Sobat Beby Mbul semua yang dah pada baik hati karena mau meluangkan waktu tuk membaca tulisanku yang semakin awur-awuran ini. Biar pada tenyam-tenyom, biar ga nyuuun aja bawaannya (manyun). Biar sumringah gitu loh seperti ketika engkau habis mendapat duit 1 M. 

#Tissue mana tissue...

#aku mau nangis terharu 

#menuju pojokan 

#sambil siap-siap menampilkan ekspresi begindang ------> 



gempol dan pleret terbuat dari tepung beras yang dibentuk

pleret tuh kayak cenil ga sih bentuknya πŸ™„πŸ€”πŸ€”


Okey, segitu dulu updateanku kali ini. 

Nantikan terus kulineranku selanjutnya yang....sek sek sek........taktengok dulu simcard hapeku ... masih ada berapa foto lagi sih Mbul sebenarnya? Woalah masih ada bergunung-gunung foto nih pemirsa. Mamam deh tuh tulisan kuliner W yang ga kelar-kelar karena fotonya terus ditumpuk dan ditumpuk lagi tanpa segera dibikin artikelnya. Jadi ga bisa nyerpen nyerbung dulu deh sementara...ya mau nulis fiksi ga ada barengannya sih, hiks (apa ku bikin blog atu lagi ya khusus buat nulis fiksi #ide brilliant #bungkus dulu, tapi kayaknya agak makan waktu lama buat otak-atiknya)...yaudah lah lanjutin dulu aja ama yang uda ada, hahahahayyyy...

Okey,...tuh kan jadi panjang aja penutupnya. Yawes, aku tak aktipitas dulu. Tuh cucian udah meng-awe-awe diriku agar segera meremas-remasnya dengan menggunakan sabun de ter gen...hahhahahhaha...



Semaraaaaaaaaaaaaaang......aku padamu!

Nita mauk....Nita suka...Nita pengeeeeeeen.....


Es Gempol & Jamu Jun, Wijoyo
Jl Lampersari Raya, Lamper Lor, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang

See you and dadah bubuy

Xoxoxo

Nita Mbul pemilik www.gembulnita.blogspot.con






#keterangan : foto diambil tahun 2020, sebelum PSBB seJawa Bali


134 komentar:

  1. si mbul udah jalan2 ke Semarang aja... daku mau ke Bdg aja smp sekarang gak kesampean sejak corona ini :))))) Ditunggu foto2 berikutnya dari jalan2 di Semarang yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba riiii....bawahnya Semarang aku ngulas Bandung loh...

      #kedip kedip

      πŸ˜‰πŸ˜‰

      Hapus
  2. Panas-panas nge es adalah hal yang terbaik. Pnasaran banget sama Es Gempol Jamu ini karena belum pernah liat sebelumnya dan nampaknya cukup nikmat dan menyegarkan nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. pas bener Mal πŸ˜„

      modal pitung ewu tenggorokan yang kering kerontang cem sawah dimusim kemarau ibarat kata dapat guyuran ujan dalam sehari...Nyesss tenanan 😁

      Hapus
  3. Tuh kan pas siang-siang mampir kesini mesti bikin ngiler, apalagi mulai tadi didepan laptop belum minum ini. Udah langsung nelan ludah lihat pink-pink, bening-bening segar seperti itu mbakkk... Tanggungjawab!

    BalasHapus
    Balasan
    1. lha og sampe lupa ngunjuk mas roni, hayo ndang minum

      (((air putih tapie)))

      πŸ˜‚

      Hapus
  4. Jadi tertarik kulineran juga gara-gara kak Nita. Saya search es gempol ini ternyata bahan dasarnya tepung beras. Awalnya saya kira mirip dengan es pisang ijo karena bentuknya agak mirip, cuma warna merah muda. Ha ha ha.

    Terus saya ngiler dengan jamu junnya. Ngingetin saya dengan kuah kolak. Besok apalagi nih kak Nita? Ha ha ha

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo rahul...dirimu sulawesinya mana to? kalau ga salah pernah baca konawe ya hul? bener ga ya...πŸ™„πŸ€” ayo eksplore kuliner sulawesi juga hul aku penasaran dengan apa ya waktu itu aku pernah dines ke makassar dan aku ditraktir kue tapi ada durian duriannya gitu...lupa aku namanya, terus palu butung es pisang ijo, coto ma buras, kue bagea...eh banyak kali pokoknya

      duh penasaran kalau tempat rahul ada kuliner apa aja?

      iya kan mirip ya kayak es pisang ijo...ternyata bukan hul...gempol pleret dia...isinya ya 2 jenis itu tapi lebih takjubnya lagi karena di dasarnya itu sebelum disiram santan dia pake gula halus gitu yang bikin manis

      apa ya...besok itu semarang masih, magelang ada dikit, kutoarjo, kebumen hahhahahha...banyak hul...ntar aku atur dulu mau up yang mana sek...puyeng juga watermarkin fotonya hul aku hahhahahahhaha

      Hapus
  5. Balasan
    1. yes Nancy... 😍

      This ice rises our warmest smile in our sunny day...very sweet🍧🍧 ☺

      Hapus
  6. Balasan
    1. Thank's you sunika...wanna try this heritage of beverage from Semarang? 🍧🍧🍧

      Hapus
  7. Seumur-umur jangankan makan atau minum es ini lihat secara langsung saja belum pernah, hiks.

    Tadinya saya pikir Pleret itu nama asal es ini, Pleret Yogyakarta ternyata itu nama campurannya yang berwarna pink. Lantas dari mana es ini berasal entahlah, adminnya saja tidak tau apalagi saya..hihihi.. Mungkin saja berasal dari Semarang, Solo atau Jepara yang pasti bukan dari Kemanggisan..hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah kan...thank's God akhirnya Mas Her sekarang melihatnya juga di blognya si Mbul hahhahahhahah

      ude ga perlu ceki ceki google lagi, pantenginnya di laman blognya nita aja hahhaha

      iya aku juga masih bingung ini aslinya dari semarang apa jepara atau malah wonosobo...entahlah πŸ€”πŸ€”

      yang di kemanggisan bikin nama es ndiri mas, bahan bakunya dari manggis biar cocok ama nama daerahnya...huahahhaha...tapi yang ada asem ya buah manggis itu πŸ˜‚πŸ€£

      Hapus
  8. Iya lihat fotonya aja udah lumayan senang, andai dapat kiriman aslinya bisa seribu kali senang..hihihi

    Mungkin dari kebumen kali..hahaha

    Bahan baku es dari manggis, ide yang cemerlang bakalan jadi viral nih belum pernah nemu es rasa manggis atau es yang ada buah manggisnya.. hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuih cepat kali mas her balik ke sininya, pasti abis kelar isyaan nih hahhahah..asyik biar blog aku rame lah ya nambah komen xixi

      kayaknya ga deh, kebumen aku malah ga tau mas her minuman khasnya apa...tapi kalau kutoarjo dawet ireng yang bahan bakunya merang gitu

      nah itu dia...ciptakan mas es rasa manggis wkwkkwkw...tapi kudu ditrial dulu biar ga bikin sakit perut soalnya kan rasanya asem hahahaha

      Hapus
    2. Dawet bukannya dari Banjarnegara dan bahan bakunya bukannya sagu?
      Baca kata Kutoarjo jadi ingat pernah ke Kutoarjo dan diketawain orang satu rumah..hahaha.

      Semanis-manisnya manggis masih ada rasa asamnya tapi ngga bikin sakit perut biar makannya banyak dan pagi-pagi tapi tetep aja aneh kalau ada es rasa manggis..hihihi

      Hapus
    3. dawet macem macem mas her


      kalo dari banjarnegara namanya dawet ayu..warnanya ijo, pewarnanya dari daun suji, agak encer alias cuer santennya trus dikasi gula merah bahasa jawanya juruh

      tapi klo di butuh kutoarjo namanya dawet ireng (item) karena bahan dasarnya menggunakan sekam padi atau sering disebut dengan merang...enak deh biasa kumakan bareng tape ketan loh dicemplungin langsung

      waduh ada kejadian lucu apa emang pas di kutoarjo mas? πŸ˜‚

      iya sih cuma ya gitu kecut mas...padahal dia dapat gelar ratu buah buahan gegara punya mahkota kan wkwkkw

      tapi es paling enak memang ama buah buahan yang dah umum sih, misal nenas, pepaya, semangka, melon, stroberi, alpuket, dll...

      Hapus
    4. Iya ya dawet Banjarnegara namanya dawet ayu dan warnanya ijo, lupa saya.. hihihi.. setelah Googling ternyata dawet ireng bahan bakunya tetap sagu cuma pewarnanya dari abu bakaran merang makanya jadi item kalau dawet ayu pewarnanya dari daun sugi makanya ijo kayak bubur sumsum. Merang sama sekam beda sepertinya beda dah?
      Saya juga suka makan tape ketan sama cendol tapi sekarang udah jarang yang jual cendol pakai tape ketan.

      Kejadian lucu gara-gara kuda. Waktu itu orang tua teman suruh ramai-ramai gali lubang buat tanam jaran saya bilang saya aja sendiri masa buat tanam jaran aja gali lubangnya mesti ramai-ramai ngga taunya jaran yang dimaksud kuda bukan pohon kalau di tempat saya jaran itu nama pohon, pohon jaran. Tanam jaran ngga taunya ngubur kuda makanya saya ketawain soalnya lubang yang saya gali kecil seukuran pohon jaran bukan seukuran kuburan kuda.. wkwkwk

      Mungkin yang memberi gelar ratu buah pas makan manggisnya kebetulan dapat manggis yang manis.. wkwkwk

      Hapus
    5. mas her sini bu guru beby mbul kasih nilai 100, murid bu guru beby mbul yang satu ini kok ya cerdas betul, tak usah kumenerangkan dia udah nerangin sendiri.

      asyik ah, biar makin inpormatif bahasan kulineran di blognya si mbul kan hahahhahahha πŸ˜„πŸ˜

      bener mas herman, bahan dasar si dawetnya tetep pake tepung beras, lalu dikasih pewarnanya dari abu sekam alias merangnya padi. Nah kalau dawet ayu yang ijo from banjarnegara itu dari daun suji..bener banget...

      tapi mas kadang aku bingung cendol ama dawet sama apa beda sih...aku seringnya bilang dawet sih, kadang kalau cendol malah ketuker tuker ama camcau atau cincau hahhahahha

      lha memang iya mas her...hahahhahaha pantas aja diketawain lha bener og jaran itu di tempatku bahasa jawanya kuda wkwkkwkw...ternyata jaran di Betawi tuh pohon toh hahhahaha..ya kocag juga sih kalau dipikir-pikir. Aku malah jadi penasaran, kayak gimana tuh pohon jaran wkwkwk

      iya ya...tapi lucu kan ada istilah ratu buah (manggis) dan raja buah (durian). Jadi kepo aku ama asal usul pemberian istilah itu πŸ˜„

      Hapus
    6. Kalau di sini dawet ayu itu disebutnya cendol gondrong tapi sekarang udah jarang nemui tulangnya yang keliling atau yang mangkal.

      Kurang tau juga dawet sama cendol itu beda atau sama tapi di sini dawet itu disebutnya cendol.

      Nah itu dia saya baru tau kalau jaran itu kuda tapi kenapa saya belum pernah dengar orang Jawa di sini bilang kuda lumping itu jaran lumping?
      Pohon jaran itu pohon yang bisa tumbuh tinggi dan bau daunnya hampir seperti bau daun kedondong

      Coba cek di google mungkin ada yang share asal usul pemberian istilah itu..hihihi

      Hapus
    7. cendol gondrong? kok lucu ya mas herman, serius aku baru tahu istilah ini

      tapi mas ...emang jarang sih nyebut kuda lumping jaran lumping wekekek...kalau kuda beneran emang sering disebutnya jaran

      bau daun kedondong gimana itu mas? langukah?

      nah coba ya...satu dua tiga yok mari kita buka googlenya πŸ˜„πŸ˜

      Hapus
    8. Tapi beneran kalau dawet ayu di sini disebutnya cendol gondrong, saya juga bingung kenapa disebut cendol gondrong atau itu buat membedakan sama cendol yang lainnya kali ya atau memang sebelumnya namanya memang cendol gondrong.

      Lalu kuda lumping itu seringnya disebutnya apa, mbak?
      Sebenarnya bukan kuda aja gara-gara kue pun saya pernah diketawain gara-gara salah beli disuruh beli onde-onde yang saya belinya klepon..hihihi

      Bau daun kedondong masa ngga tau sih padahal katanya doun kedondong itu bisa campur masak daging kambing biar hilang baunya atau bisa buat lalapan. Baunya ngga langu tapi seger asem-asem gitu kaya jeruk sunkist.

      Hapus
    9. nah aku pun baru tahu setelah dijelaskan oleh mas herman gini, sebelumnya ya ngertiku cendol atau dawet saja...cuma kalau tempatku jarang nyebyt cendol...nyebutnya dawet...tapi kalau disuruh milih dawet atau cincau aku suka cincau item dikasi santen n sirop merah jambu segerrrr

      kuda lumping jaran kepang deng kayaknya hahahhahah

      nah ini kayak istilah onde ondenya film dono kasino indro mas her, yang diding boneng akting jadi maling lalu makan onde onde (klepon) di kulkas wkwkwkkw

      iya aku jarang nyium daun daunan hahhaha

      kalau dondong aku takut nemplok kayunya soalnya sering ada ulat bulunya kan..ternyata bisa buat ngilangin bau prengus kambing ya...thx for de inpoh

      owalah kalau kaya jeruk sunkist ya seger ya :D

      Hapus
    10. Kalau di sini ngga ada yang nyebut dawet nyebutnya cendol untuk membedakan dikasih embel-embel seperti cendol gondrong itu tapi umumnya cuma bilang cendol aja. Cincau hitam cincau yang sering dibuat campur es teler kan?

      Oh jaran kepang itu kuda lumping ya, pernah dengar sih ada yang nyanyi jarane jaran kepang ternyata itu lagu kuda lumping.

      Onde-onde bukan istilah. Orang Jawa bilangnya klepon kalau di sini bilang onde-onde, kalau yang orang Jawa bilang onde-onde yang ada wijennya itu di sini itu dibilangnya kue bola. Oh ya film itu saya juga ingat kalau ngga salah aktris Eva Arnaz sama siapa ya, lupa.. hahaha.

      Ya baunya seger kayak jeruk Sunkist. Dicoba aja nanti kalau masak daging kambing dicampur sama daun kedondong, mbak

      Hapus
    11. jadi kayak istilah di kaskus ya mas, bagi cendolnya dong gan! hahhaha

      kayaknya ho o, kuda lumping jaran kepang, ada tariannya juga...ntar bisa makan beling juga #kalau ga salah


      iya mas her...mang gitu di sini onde onde ya yabg ada wijennya isi kacang ijo.nah di sana ternyata klepon wkwkwk isi gula merah

      iya ada eva arnas dan lainnya..film yang sangat memorable tuh warkop dki yang ntuh

      susah mas nemu pohon kedondongnya kalau di sini mah

      Hapus
  9. Mbul pertanyaan dong?

    Itu daftar inceran makanannya panjang banget. Dikau makan kayaknya banyak juga. Terus kenapa badanmu bisa tetep kecil gitu yah?

    Bisa bagi ilmua.. maksudnya kan lumayan kalau dibuatkan resepnya dan dijual. Kita bisa kaya Mbul.. banyak yang mencari rumus makan banyak, badan tetep kecil gitu.

    Apa kamu miara naga di perut yah? :-D :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. nganu pak anton...yang kemakan hari itu cuma es gempol pleret, lumpia (next lumpia), ama mampur di magelang pas uda sore xixixiix....waduh bagaimana ya hahahhaha...apa mungkin tergantung amal perbuatan kali ya ahhahahha #monmaap si mbul doyan becanda...kayaknya abis makan kudu buang kalori pake gerak Pak anton, klo ga pake metode planc...banyak contohnya di yucub buat ngecilin perut, lagi mau aku telatenin ni metode planc wkwkwkkw..walaupun pas awal awal rasanya kek mo pengsan...padahal gerakan seperti itu thok ternyata berat beud hahahhaahaha

      bukan naga lagi...jangan jangan ada gozilanya...#bentar lagi ada film gozilla vs kingkong ni

      oiya aku blom sempet check forum...kayaknya besok pagi deh...blom sempet ni pak...nunggu agak selow hihi..biasa mbul sibug berkelir eeeeeeehh #uda macam slogan tetangga sebelah hahahah

      Hapus
    2. Lah... sehari ajah menjelajah kulinernya sampe banyak gitu.. Ga mungkin kalu cuma gerak bisa sekecil itu, pasti ada elmunya.. diturunkan kenapa Mbul biar dunia pada singset dan juga kalau aku naik angkot jadi ga kesempitan.. wkwkwkw

      Godzila ya mbuul.. bukan si Oink-oink.. tapi seru lihat banyak pinky di tulisan di atas.. hahaha

      santuy nape.. kagak kemane-mane..

      Hapus
    3. sebenernya ga banyak cuma 3...2 masuknya desset atau cemilan..yang makan berat di sore hari doang bapaaak ahhahahah

      wah aku terkejut pak anton naik angkot mau kemana hayoooo? hahhahahahha...jangan jangan mau ke pgb atawa ekalos ya pak..

      tapi aku lagi telatenin si plank ini emang pak anton, sama nari ngwdance gitu sambil yutuban, harusnya goyang pinggul pake holahop itu ngaruh loh hahhahahahhaha

      oiya sama satu lagi uda mulai ngurangin minum es dan manis juga kadar garam tinggi. Tidur ga sering begadang huahahhahahhaha

      iya aku kemarin liat trailernya di yutub kayaknya aku penasaran gimana kalau gozilla tarung ama kingkong..keren banget jadi pengen nonton aku...ntah bisa nonton dimana ntar wakakkak

      siyaaaappp...kucari waktu sellow dulu, maklum aku agak agak gaptek wakakka

      Hapus
    4. Eehh suruh daftar ente ke Kafe MM...Buruan sebelum pak direktur Kafe MM murka.😁😁


      Monggo mbul buruan daftar..Biar gw ada lawan ngocehnya disana..😊😊

      Hapus
    5. ente? siapa itu ente? tak ada ente di sini...adanya nita atau mbullll hahhahaha

      dramak ye gw πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£

      ntar kang sinyal masih ketutupan pu un pu un tinggi...ni masih di kampuang saiaaaa kang πŸ˜‚πŸ€£

      Hapus
    6. Oohh masih dikampuang toh...Awa tak tahu...Awa kira uni sudah baliak kejakarto.🀣🀣🀣

      Hapus
    7. belom baliak ambo udha, yes yuk mari kita nyanyik lagunya chikita meidy...

      kampuang nun jauh di mato...
      Gunuang sansai baku liliang
      G C
      Takana jo kawan, kawan nan lamo
      G D G
      Sangkek basu liang suliang

      G
      Panduduknya nan elok nan
      G D
      Suko bagotong royong
      G C
      Kok susah samo-samo diraso
      G D G
      Den takana jo kampuang

      G
      Takana jo kampuang
      G C D
      Induk ayah adik sadonyo
      G C
      Raso mangimbau-ngimbau den pulang
      G D G
      Den takana jo kampuang

      Hapus
    8. susah si Kang Ustadz mah..kompor dahhh 🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    9. hahhahaha...meleduk ya pak anton πŸ˜‚πŸ€£πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯

      Hapus
  10. Bom dia, que vontade de provar essas delΓ­cias.

    BalasHapus
    Balasan
    1. good evening Luiz Gomez. How was your day in Brazil? Hopefully always in good day πŸ˜ƒ

      yes...of course this is a super sweet dessert because of powdered sugar...n the coconut milk was in a good condition...very fresh, brother...

      This crazy-sweet dessert only has 2 ingredients that made by rice flour 😊

      Hapus
  11. kalo asal usul es gempol gw juga kurang tau mbak heheh, emang ada yang bilang dari jepara, dari pati, sampai dari semarang.. yah sebenernya sih ga perlu memikirkan asal usulnya dari mana, kalo enak ya pasti suka, ah alasan ajasi :D..

    biasanya kalo di tempat gw es gempol ramenya pas puasa nanti mbak, duh udah berjejer tuh di pinggiran jalan mo pilih es genpol yang mana :D

    bfw gw juga termasuk suka es gempol, emang kaya bikin adem pas siang-siang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah kan tambah bingung lagi....soalnya pas baca aku juga nemu dari mana mana katanya huahahhaha...eh tapi bener denks...kalau enak mah tinggal teguk aja ya gluk gluk gluk beres deh wkwkkwk

      iya tah? asyik banget mas...aku pas ke semarang kemarin itu nemunya agak susah...untung pake gmaps nemu nih es gempol dan jamu jun wijoyo, kalau yang di pasar kurang tau posisinya dimana....mana pagi betul lagi aku musti samperin, soalnya siang dikit uda kukutan itu bakulnya...cepet telas mas...


      asyik banget kalau pas puasa ada...aku suka motret makanan yang warna warni...hasrat fotografer abal abal yang menjelma dalam diriku meronta-ronta mas nif klo liat foto makanan huahahhaha

      iya kan enak adem dan wangi pula karena vanili...aslik aku suka banget es yang satu ini πŸ˜„πŸ˜

      Hapus
    2. di tempat gw juga agak susah sih mbak nyari es gempol kalo sekarang sekarang ini, dan memang gw gak tau tempat yang jual :D, kalo di jepara kotanya lagi gw juga malah ga tau, tapi ya itu kalo pas puasa lumayan banyak yang di pinggiran jalan gitu :D

      Hapus
    3. nah kan ternyata emang udah agak langka ya mas khanif, berarti kemarin aku beruntung dong nemu tuh kede ya hihihi

      kalau oas puasa coba dong mas nif fotoin trus ditulis di blog juga xixixi

      Hapus
  12. Saya pernah beberapa kali ke Semarang tapi sayangnya belum sempat nyicipin es Gempol sama jamu Jun mbak, soalnya waktunya mepet saat itu jadinya tidak sempat jalan jalan.πŸ˜‚

    Yang jamu Jun memang mirip bubur sumsum ya, warnanya juga mirip. Ngomong ngomong kenapa namanya jamu Jun ya, agak mirip Korea menurutku, kenapa ngga jamu mbul saja gitu ya, biar mirip nama lokal.πŸ˜„

    BalasHapus
    Balasan
    1. whoaaaa yang ditunggu tunggu dari kemaren akhirnya dateng juga, laskar pelangi ku eh maksud ku laskar pelangi kita semua hoho...mas agus somse ih di blog nita aja sekarang jarang main, di tempat lain mah dia cepet jadi first komen hahhahahahah #just kidding mas πŸ˜‚, becanda , sungkem πŸ™πŸ™

      ow huapaaaaah tumben pake saya saya? resmi betul hohoho

      oiya ya..bener mas ini mirip bubur sumsum cuma dia agak encer sedikit mas teksturnya

      jun itu ternyata artinya wadah gentong dari tanah liatnya mas agus..tapi lupa ga nita fotoin

      bukan karena nama orang korea hahahha

      waduh kalau jadi jamu mbul ntar aku takganti kostum dulu pake kebaya hahhahahhahahahhaha

      Hapus
    2. tau ni mas agus, di tempat gw juga ga pernah main, mbok klarifikasi ato apa gitu kenapa ga bikin post lagi ato apa :D

      Hapus
    3. Eh iya lupa main ke mas khanif, soalnya lagi sibuk ngerongdo mas.😁

      Mbak mbul malah cocok pakai kebaya biar disangka anak teka.πŸ˜„

      Hapus
    4. klo mbul lebih suka ronde daripada rongdo hohoooooo πŸ₯ΊπŸ˜‘ (beteeeee ama diksi rongdooo huft)

      haha jadi inget waktu teka kartinian pake kebayaaa πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£

      Hapus
    5. Emang kenapa kalo rongdo mbul, kan enak tuh rongdo royal.πŸ˜‹

      TK, taman kaplak kaplak.πŸ˜†

      Hapus
    6. klo rongdo royal mbul mauuuk hohoho πŸ˜‚πŸ˜

      bayi kawak ya mas taman kaplak kaplak wkwkkwkwk πŸ˜†

      Hapus
  13. Menarik es Gempolnya mbul..😊😊 Kalau jamunya si umum mungkin kali yee..

    Menu es gempolnya sepintas mirip es pisang hijau khas Makasar...Cuma Es gempol ngepink warnanya dan ada putih2nya ketan atau apa itu...😊😊


    Jadi sepertinya es Gempol itu enaknya buat makanan santai dikala siang atau sore...Meski pernah ke Kota Semarang aku belum pernah makan es Gempol dan baru tahu juga dari blog ini..


    Pesan satu tapi gratis boleh nggak mbul..🀣🀣🀣🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. jamunya justru ga umum kang satria..soalnya ga cair kayak minuman, dia agak kentel kek bubur tapi juga ga sekentel bubur... bubur kan kenthel banget tuh

      iya kang tuh si rahul juga bilang mirip es pisang ijo atawa palu butung, tapi kalau palu butung ada bubur sumsumnya meren juga dikasih sirop pink kan..kalau gempol pleret santen kang...ga ada bubur sumsumnya

      tapi unik soalnya ada gula halus dan vanilinya kang yang bikin wangi. Seger pokoknya, kang satria harus coba kalau mampir semarang jepara atau pati.. sekalian mampur tempat mas khanif tuh wekekekekek

      ke semarang kemananya kang?

      bole kang dipaket tapi abis itu keburu tumpeh tumpeh di jalan dong hahhahahahhah

      Hapus
    2. jangan kasih mbul..gratis mulu 🀣🀣

      Hapus
    3. Kasih es Gempol tapi gempolnya diganti batu koral saja.😁

      Hapus
    4. pak anton, harusnya kita yang ditransper ya pak wkwkw

      Hapus
    5. mas agus...ntar giginya ketar ketir atuh amas aguuus..πŸ˜‚πŸ€£

      Hapus
  14. Looks like a fine dessert. Enjoy your day.

    BalasHapus
    Balasan
    1. True Bill, this is the first time when i tried a new dessert and i really enjoyed it 😁

      Have a nice Thursday, Bill πŸ˜„

      Hapus
  15. That looks like a really delicious treat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. correct Angie...this gempol ice and jamu jun were very authentic desserts from Central Java...i like them so much

      Thank you for stopping by

      greetings..

      Hapus
  16. Wah si bebi mbul kok jalan2 mulu sih, udah setahun nih aku #dirumahaja hiks hiks.
    Akupun udah kangen banget sama semarang mbul, terakhir backpackeran kesana 2017. Ini udah mupeng bgt pgn berkeliaran kemana2 tp masih tak memungkinkan.

    Btw 2017 itu makanan khas semarang yg aku cobain tahu gimbal, itu khas semarang juga mbul, sisanya aku makan makanan umum kaya soto, bakso, nasgor dll. Next kalo ke semarang lagi mau cobain es gempol ini.

    Btw mbul itu jamu tak kiro juruh (gula jawa cair) buat nggulani si es gempol hahahha, ternyata jamu ya wkwkwk, abis ketoke kentel banget sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi beby mbul lagi ada keperluan urgent ngurus tiyang sepah say...jadi pas liwat semarang sekalian mampir ehhhh lumayan nggo kulineran juga hahhahah..

      (*´︶`*)ΰΈ…♡

      eh tahu gimbal? kok aku pengen ya...iki sik bumbune pecel ada telurnya kan ya Say? Aku wingi wes nyoba nasgor semarang enaaaakkk...soto aku urung..akeh akehe soto sapi ya'e to?

      (぀ω`*)

      iya mirip juruh kan? tapi bukan say...ini anget dan rasa jahe...manis manis gitu...enak buat ngisi perut pas sarapan pagi ni πŸ˜πŸ˜†

      Hapus
  17. Eh*, ini kok duet lucu dan seru sih, es gempol 'kawinan' karo jamu.
    Gek pisan iki aku ndelok ngombe es gempol bisa diseruput sama jamu, hihihi ..

    Biasanya aku kalau main ke Semarang hunting kulinernya kalau ngga es gempol ini juga tahu petis ..
    Rapi sekarang belum nemu lagi pedagang tahu petis yang kuahnya enaaak banget kayak dulu :( "so sad"

    BalasHapus
    Balasan
    1. duet maut es gempol dan jamu jun ya mas him wekekwkw

      tapi jamune benten mas kalih sing jamu pada umumnya itu loh...ga bukan kayak jamu beras kencur atau kunir asem...mirip bubur malah ning ga sekenthel bubur

      eh aku pengen tahu petis...kemaren liat ada yang jual gerobakan tahu petis alamakjang isian petise mengintip manja di tumpukan tahune pingin taktumbas ning ga mandeg huhhahahhaha...apalagi tambah nyeplus lombok ijo mas...enak tenan..sesuk ah takbaleni tumbas nek mampur semarang lagi

      Hapus
    2. Kok dadi pinisirin diriku yo jamu tapi dudu jamu satu iki .., tak catet alamate nipun nggih.
      Kapan pas dolan Semarang meneh tak njajal icip2 rasane ��

      Waah . Waah ..waaah . sampeyan bayangin ngemil tahu petis dibarengi nyeplus lombok ijo .. meleleh sudyaaah bikin aku pengin ndulit petise , hahahaha ...

      Hapus
    3. siyap mas him, monggo dicatat nanti menawi ketemu langsung diulas di blog, aku tak ndelok reportase ala mas him gimana xixiixi

      nah iya mas him, aku bar maos komentare mas him langsung terbayang lelehan petis yang kejepit tahunya loh huahhahahhah

      Hapus
  18. Ha ha ha ha...
    Bikin laper salah satu misi blog si mbul kayaknya. Wkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. hu um kak...makanya kalau ke sini harus uda pada sarapan dulu

      soalnya si mbul tukang ngepost foto makanan segambreng πŸ˜‚πŸ€£

      Hapus
  19. Bar minum es...trus mimik jamu...ora Sido pilek not, virus e wis mati dhisik...:-D

    Btw, porsi es nya di aku koyone kurang banyak. 2 mangkuk kayaknya aku habis...ha..ha

    BalasHapus
    Balasan
    1. bhahahhaha betul juga ya mba lis, wes KO ntar ga sido umbelen diriku wkwwkwkw

      aku ceritane agi testing mba lis..maklum ben nambahi konten kuliner 😝🀭

      Hapus
  20. Suegeerrrrrr buanget iniiihhh

    Jadi pengen huhuhu
    Padang panas bangettt

    BalasHapus
  21. Halooo mbak, nama es nya unik yaa. Es gempol prelet. Bentuknya jg unik, seumur umur, baru kali itu lihat es yang seperti itu.
    Kemudian, gempol pleret itu apakah punya arti atau makna tersendiri dari diksinya?
    Gempol itu yg pink, dan pleret yg putih. Bener ga mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah aku blom nanya dek dodo ada artinya nda...ku mau tanya bakulnya isin je hahaha



      salah dek..kebalik itu πŸ˜…

      Hapus
  22. wah jujur aku baru denger nama es ini tapi sukses bikin aku terliur kalau orang maysia bilang alias ngiler

    BalasHapus
    Balasan
    1. lho apa mas agus dulu pernah kerja di Malaysie jugakah? kok hapal bahasa malaysia juga mas agus... hehe ☺😊

      Hapus
    2. aku fasih bahasa malaysia Mbak Nita karena dulu nyari duitpartner dengan blogger Malaysia

      Hapus
    3. o pantaslah mas rusdi bisa bahasa malaysia juga...keren mas ☺😊

      Hapus
  23. Kak Nita mah, beneran jadi mata belo loh daku melihat itu es gempol yang bikin nampol walau di sini lagi hujan polll.

    Kalau daku ke Semarang leh uga ini rekomendasinya, apalagi penasaran sama jamu manis nya (tetep manisan daku kan yak, laahhhh, wkwkwk), soalnya selama ini ketemu jamu ya gitu rasanya..(tahu kan yak, hihi) Jadi manis kalau ada gulanya haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung terbayang ya fen pleret yang pinky pinky kayak kembang mawar itu xixixiix

      jamu junnya lebih ke kayak rasa jahe tapi ada gulo jowonya agaknya πŸ˜„

      Hapus
  24. Aku baru sekali ke semarang mba, kalo gak salah Juni tahun lalu,
    ada urusan kerja, disana emang banyak banget kulineran ya mba, tapi karena aku gak sempat kemana2 ya paling disekitaran lawang sewu kalo gak salah kemarin makan penyetan doang,

    Hmm, dibanding Jogja sih kayaknya aku lebih cocok sama ala Semarang gak terlalu serba manis, maklum aku dari Medan hehe.

    Nah kalo ada Jahe2 gtu aku suka mba, semenjak masa pandemi aku suka semua yg jahe2an, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul sekali mas yudi..semarang termasuk surga kuliner murah begitupula kota kota di jawa tengah lainnya :D

      jogja aku suka
      semarang aku suka

      keknya kalau judulnya makanan aku suka semua deh huahahhahahah

      iyappp...jahe ini enak tenan kalau dimakan pas pagi pagi πŸ˜„

      Hapus
  25. Untung mampir malam. Kalau siang bisa makruh puasa si nenek. Selamat malam, Mbak Nita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. komen bunda jadi bikin nita senyum xiziiz

      berarti kalau ke blog nita siap siapnya pas abis bedug magrib ya bund πŸ˜ƒ☺😁

      Hapus
  26. Semarang aku padamu... heheh 😍
    Kota ini emnk selalu ngangenin yah mba.. aku yah kuangeenn banget asline..

    Tapi saya malah baru dnger nama ini yah dri mba ini... hahah. Dan its looks so good.😍

    Mba Mbuk bagi resep donk.. cara merampingkan tubuh walau makan banyak.. hehe.. Aku makan Indomie goreng sebungkus aja rasanya badan langsung naik 3 kg.. wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. semarang always in my heart ea ea
      lho dek kamu malah rung eruh es fenomenal iki tah? seger asli dek...warnanya eye catchy tenan ngger difoto

      waduh resep? ga ada sebenernya dek...paling sama kayak replyan komen pak anton huhahahha..tapi standar banget ancen πŸ˜‚πŸ€£

      Hapus
  27. mbak nitaku ??? Tari mahu dong esnya ??? Lempar 3 mangkok, satu mangkok untuk tari, dua mangkok untuk ayah dan bunda tari. Dan ?? Templatenya, cute banget lucu nan menggemaskan tari suka, apa lagi kalau dilihat lewat laktop tidak menyilaukan mata.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi ni tari 3 mangkok tuk tari, ayah dan bunda 😍☺😊

      makasi ya...templatenya bawaan dasar dati blogspot kok aku ganti warna latar belakang aja sama tambah header sendiri ☺

      Hapus
  28. Aku kok ngakak ya mbak? wkwk bayanganku mbak nya minum es gempolnya sambil petakilan. lucu serius. Mbak request dong, fotonya dibuat ala-ala instagramble gitu dong, pasti tambah keren! hehe, masih ngakak btw.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih makasih

      itu artinya...
      bul lutju dong....



      ha ha ha

      😁

      Hapus
  29. harus guna santan ya, mbak? kalau diganti dengan susu, rasanya masih asli?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau bikin sendiri mungkin bisa aja kak anies diganti susu uht ☺

      Hapus
  30. eh ini yang deket taman belimbing bukan ya mbak
    dulu pas mau ke Java Mall kayaknya pernah lewat
    aku ingat rumah besar warna coklat itu haha
    soale aku pas itu numpak gojek jadi cuma sekilas liatnya (auto ngecek G map hahaha)

    ternyata endes ya esnya
    duh ini macam es lawas gitu
    tapi penasaran sama gempolnya
    jamune pisan sepintas kayak jenang emang
    tap lek banyak rempahe pasti yo suedep hahah
    tar lek ke semarang coba si tak ke sini
    aku ngiler es e tapi opo maneg semarang panase is not public wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah kayake emang deket taman mas ikrom cuma aku ga eruh kui namanya taman belimbibg bukan, pokoknya akeh rumah gedene mas ikrom

      bener es sik saiki angel ditemui...es lawas yang penuh kenangan huahahhahaha

      iya mas mandan mirip jenang atau bubut abang gitu

      ayo mas ngko nek wes tekan sini diliput juga di blog e peyan wkwkwkkw

      Hapus
  31. Kangeeen si pinki pinkii .. eh, kangen juga es gempolnya.
    Kenangan nih si gempol itu bagi saya mbak .
    Jadi mwngingatkan jaman masih glowing muda belia duluu. Dulu kan saya kuliahnya di Semarang. Kalau pas duit beasiswanya turun, bahagiyalaah kita. Langsung naik angkot oren, melewati simpang lima, bablas ke pasar njohar. Beli beli ini itu yg murahan, hunting buku bekas, daan seger segerannya cukup semangkok gempol yang dijual mbah mbah tua di emperan pasar. Huhuu jadi kangeen banget masa ituu.
    Sayang tidak ada ygjual di kota saya sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. mba wi ai miss you too.πŸ€—πŸ€—πŸ€—

      (emot peluk)

      eh mba wi di unes apa? sama kayak pak guru edotz ni alumnusnya xixixi

      ih mba wi aku pengen ke pasar djohar tapi apalah daya ga sanggup jalan banyak soale dalam rangka pulkam ngurus tiyang sepah mba hehehhe, wingi cuma liwat simpang lima tok pengen hunting buku murah ugha aku mba wi huhuhu

      Hapus
  32. Aduh2 mb Nita, siang siang begini baca postnya mba Nita jadi ngiler ngiler iler ences heheheheh...
    Mba Nita sengaja membuat hatiku meronta, hayang kabur ke tempat esssπŸ˜›
    Tapi, sayang apalah daya kuh jauh..

    Lumayan udah terhibur liat poto2 es nyaaa...
    duwet maut es gempol karo jamu..🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. #sodorin es
      #biar mba ike makin kepingin
      #lalau mbul dislepet

      wekekekk

      duet maut biar isa hits bareng kakak 😍

      Hapus
  33. baru lagi iniii... apa itu gempol dan pleret... dua-duanya bahan dari tepung beras kah, mbak Mbul? Cuma beda bentuknya? Atau sebenernya itu bahan lain? Karena gempolnya nampak seperti cilok, cuma cilok kan pake bumbu kacang, lha ini ditambah kuah manis dan santan....

    ngetik tulisan di atas saya jadi laper dan pengen ngemil... tapi lagi dilarang 😭 mo melambai-lambai aja sama foto es 😭 jadi kepikiran es pisang ijo abis liat komenan rahul jugak 😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. tepung beras mega...bukan aci..kalau cilok kan dari aci..kalau gempol n pleret tepung beras say...cuma emang beda bentuk..lucu lo rasanya gegeggegekkk #selutju si admin #gaplok si admin

      πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜†

      lagi diet es kah mega?

      Hapus
    2. lagi diet penurunan berat badan secara general, mbak. tapi aku ngomong begini sambil nelen nasi kebuli sepiring hahhhahahaha.....

      Hapus
    3. nah kan nah kan molai nakal...cheating nasi kebuli

      #kemudian nasi kebulinya mbul rebut

      wkwkwkkw

      Hapus
  34. paling doyan dah minuman-minuman seger begini, asli ngiler wkwkwk

    *langsung ke dapur nyemil es batu*

    BalasHapus
  35. Namanya Es.. Siapapun pasti goyah imannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. imanku goyah oh ti daaaaaaaaaaaaaakk

      #telenopela banget ga sich aku bang ancis? wkwkkwk

      Hapus
  36. baru liat doang kok saya udah berasa seger banget apalagi kalo udah nyicip es gempolnya mantap kayaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sini sini mas intan ke Semarang ntar mbul traktir πŸ˜„πŸ˜Š

      Hapus
  37. Gempol pleret minuman (atau makanan?) favoritku jaman masih kecil, nih. Sayang di Jakarta nggak pernah nemu yang jual beginian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hu um kak dyah susah banget mbul nyari di mana mana, even di Semarang sekalipun πŸ₯ΊπŸ˜­

      Hapus
  38. Gue udah 2x ke Semarang, dan terakhir kesana temen gue cuman rekomendasi makanan di simpang lima. Lupa tapi kaya gado-gado...

    Seger banget ya pasti makan es gempol, soalnya yang gue tau Semarang termasuk kota yang cukup terik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hu um bener banget adit, tapi pas kemaren gw ke sana pas banyakan ujannya dong 😁, cuma emang klo ujan deres baru muncul siang ke atas, pagi masih mendung mendung gitu deh

      Hapus
  39. ini nih yang sering di denger namanya aja tapi belum pernah dicobain, belum ke semarang juga soalnya mbak Mbul
    siang siang minum es beginian waduhhh seger mak nyes yo mbak
    sekilas tadi aku liat kayak jenang ya
    fix aku bingung, yogya dulu, semarang atau solo hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayuh mba ai ke semarang langsung cabcus tekape yang pernah mbul tulis di blog,l dan rasakan sendiri ya sensasinya πŸ˜πŸ˜†

      Hapus
  40. Baru tahu ada es kayak gitu, di sini gak ada ih :((((

    BalasHapus
    Balasan
    1. gimana kalau syahid bikin sendiri, resepnya uda tersebar di banyak laman google hid πŸ˜„

      Hapus
    2. Ah, bisa-bisa. Nanti kucari tahu πŸ˜ƒ

      Hapus
  41. Sedikit amat esnya hihihihi :) Dicempungin roti tawar enak nih mbak :) Lebih echo maricho lagi akein nata de coco duuuh jadi kepengen hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasa mba nurul...porsi ala ala tuan putri beby mbul

      #sambil sodorin kresek ke mba nurul πŸ˜‚πŸ˜†

      Hapus
  42. Saya kok penasaran ya, karena belum pernah ke semarang sebenarnya kemudian baru tau juga ada es gempol jamu jun bgtu..
    di tempat saya pedalaman kalimantan tidak ada yang brgituan kasihan sekali.. hehehee

    siang hari panas begini enak banget nih nge-es

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhhh kalau di kalimantan khasnya apa mas minuman manisnya? jadi penasaran si mbul πŸ˜„

      Hapus
  43. Itu stikernya baru kan? eh iya gasi? aku salfok soalnya, terakhir main kesini gak ada stikernya. HAHAHA.

    Ngeliat fotonya aja bener-bener menggugah selera banget itu es. Berasa udah di tenggorokan es nyaa. Wajar sih orang yang beli ramai harganya terjangkau dan enak banget kayaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. stiker lama kok itu nanda hahhaha

      berasa uda nyampe di tenggorokan ya...lumayan berhasil menggoda iman dong fotoku wkwkw

      Hapus
  44. Cuma bisa komen satu aja : Ngiler (T_T)

    BalasHapus
  45. Aku pas ke Semarang kmrn, cuma sempet icip nasgor babat (which was aku ga doyan ternyataaa wkwkwkwkwk, maniis ya bok) , trus soto Bangkong, kalo ini sukaaa banget. Seger sotonya

    Ga banyak lah menu Semarang yg aku cobain secara Raka juga kerja sih, jd jarang kluar. Gempol Pleret ini aku sempet tau sbnrnya. Tp wkt itu Krn kuatir batuk, tenggorokan ku sensi Ama yg dingin2 nit, makanya aku ga jd nyobain nit. Mungkin kalo udh lwt pandemi, aku rada berani. Kalopun batuk juga, at least udh ga takut ke RS berobatnya :p.

    Bentuknya simple bangeeet yaa si Gempol Pleret ini. Sekilas aku bayangin rasanya gurih2 gitu. Ternyata manis :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaaakkk aku malah seneng nasgor yang manis mbaa ahahhaha...berkebalikan kitah...aku bloman sempet nyoto bangkong huhu...pengen mampir tapi uda diisi duluan ama lumpia cik memey jadilah auto wareg wkwkwk

      iya simple sangat mba fan, gempolnga agak gurih sih tapu santennya karena keguyur ama gula halus jadi manis wekekkekek

      Hapus
  46. ES gempol?? Baru tau ada es ini. Biasanya taunya gempol itu semacem gorengan atau keluarga jemblem gitu. Kayake seger buat bali yg panas begini uuuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. bwahahaha mb pris aku ngakak baca kluarga jemblem..jemblem ki koyo combro misro gitu kan xixiixi

      Hapus
  47. Lah Nita udah ke Semarang aja. Aku sebagai orang Semarang asli belum pulkam sejak corona, huhuhu.

    Btw terima kasih infonya. Aku malah belum pernah ke sana. Aku kangen gempol ama jamu jun. Ngidam niiihhh.

    Kalo bakso Doa Ibu enak banget. Dulu langgananku tapi yg di Sompok, ga tau sekarang masih ada di situ apa enggak.

    Kalo soto, aku lebih suka soto Pak Man, seger banget. Kalo nasgor babat, aku jarang beli malah, hahaha.

    Terima kasih ya udah ke Semarang.😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. sejak dari jepang itukah mba pit? hug... hihi...iki aku pulang amarga ngurus akung gerah trus nembe ninggal jadi ada tahlil, nah pulange liwat tempat maem jadi sekalian aja hihi..

      eh takcatete mba bakso doa ibu n soto pak man ya....aku kok winginane saben berapa kilo meter sekali malah lihate soto ayam pak min klaten xixixiix...apa kui pas nang magelang ya hahhahah

      Hapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^