Senin, 15 Maret 2021

Nasi Bebek Hitam Khas Madura ala Mbul





Oleh : Gustyanita Pratiwi


Tok Tok Tok!!!!!

Kulonuwun..........

Assalamualaikum........

Hallo lagi teman-teman blogger kesayangan aku....

Apa kabarnya? Masih teteup napas kaaand?

Saia juga.

Alhamdulilah kabarku baik-baik saja~walaupun ga ada yang nanyain siiii, apalagi ngangenin :XD.

#ngangenin updateanku maksudnya...
#bukan....bukan orangnya, kalau orangnya mah ga ada kalik... hihihi...
#alaaaaah umuk tenan aku iki.....padahal kan kemaren lagi bad emuuut 
#bad mood keleus Mbul, hahay....

Tapi sekarang sudah tidak lagi, Pemirsa! Sebab, kulit manggis kini ada ekstraksnya...hwahahahahha #tampol juga nih mulai nglawak lagi Si Mbulnya.



Nasi Bebek khas Madura Bumbu Hitam asli buatan Mbul Gustyanita Pratiwi

Jadi...karena aku sudah kangen dengan kalian semua, maka ijinkanlah Pamela Andersen Pratiwi kembali ke hadapan Anda semua dengan foto-foto makanan yang membahana dari atas ampe bawah, dari samping hingga samping lagi khusus untuk membuat air liur kalian naik turun.

Zzzzzzz....

Karena eh karena... 

Akhirnya aku masak sesuatu yang agak effort juga Pemirsa. Iya itu hasil dari keinginan Ubung semata. Ubung tantik nan obas-abes dan mirip kucing kalau uda ada kepinginan sesuatu pasti sampe kebawa ngimpi, wkwk. 

Termasuk pengen masak nasi bebek khas Madura yang pake bumbu item itu lho... huhu. Yakaaaan daripada beli di tempat langganan, kebanyakan rugi bandar. Sekarang potongannya itu kecil banget, tapi harganya naik terus. Sambel hitamnya juga dikit. Ku merasa kuraaaaaang. Aku pengennya tuh yang banjir betjek gitu loh...meskipun itu minyak semua,  tulung, wkwkwk. Tapi tetep, bebek Madura bumbu item paling menggugah selera. Ga bisa kupungkiri akan hal itu #sadaaaappp...


Pembukaannya minta diapain si Mbul? Coba Pembaca yang Budiman kasih suaranya dong... #oooooppss.

Daaaaaan, saat kuutarakan hal itu kepada Tamas, dia cuma menampilkan ekspresi agak ngece sambil ngikik ngukuk begini

. "Serius Mbul, siro arep masak bebek Madura yang pake sambel item itu? Kui kan amat sangat angel sekali!" 


"Yo hu um lah!" 



Bersihkan bebek di atas air mengalir, cabuti bulunya, kucuri jeruk nipis dan jahe

Bumbu halus dan ungkepan (pegel Mbul ngupasinnya wkwk)

Kelapa parut buat serundeng

Untuk membuat bumbu hitam dan ungkepan bebek Madura diperlukan banyak serai

Dapat parutan kelapa segar di pasar

Ambil batang serainya ya

Numbuk serai sampai tanganku lemassss...uh wow!

Sebelum ditumbuk, serai dan lengkuas diiris tipis dulu ya biar gampang

Ketambahan numbuk lengkuas...bertambah lemas lah tangan mungil ini...uh wow #jilid 2

Hasil tumbukannya kok masih kasar ya? Biar deh capek aku


Karena melas mbi diriku yang sudah manyun begini, maka akhirnya digeretlah dilihatinlah aku ke channel-nya Si Kokoh Eddy Siswanto yang rupanya seriiiing banget Beliau kepoin dan aku curiganya Beliau sudah jadi Sahabatnya (karena kan si Kokoh Eddy tiap monolog di youtube sering banget tuh nyapa 'Sahabatku'. Ada berapa menit sekali suka nyebut begitu ke penonton youtubenya. Jadiii karena bolak-balik kiblat masaknya Beliau adalah si Kokoh Eddy, maka curigaku adalah Beliau sudah menjadi bagian dari Sahabatnya, qiqiqiqi.

"Serius mau pake resepnya Koh Eddy nih?" Aku agak menyipitkan mripatku yang belo ini karena diantara resep bebek madura bumbu hitam lainnya~~sebutlah resep-resep di cookpad, resep Koh Eddy ini jauh lebih rumit. Bumbu ungkepan maupun bumbu hitamnya itu terdiri dari banyak item. Dan Tamas merekomendasikan resep Si Kokoh Eddy yang udah teruji nyata subcribernya....rasanya, Hwaaaa...

Key, baiklah....ketimbang ga dieksekusi-eksekusi mulu, maka setelah urun rembug cukup lama, akhirnya diputuskanlah untuk recook resepnya si Kokoh Eddy.

Warna bawang merahnya cantik amat ya

Bawang merah, bawang putih, semua jenis cabe tumbuk jadi satu

3 item yang kuuleg dewek-dewek...bisa dibayangkan pemirsa betapa pegel tangan mungil si Mbul hahaha

Biar pedaaaaaaaaassss membakaaar hohoho

ketumbar, kemiri, lada hitam, lada putih, garam, kaldu

egein....bumbu-bumbu halus


Tapi pertanyaannya....memang di dapur ada semua tuh bumbu-bumbunya ? Kalau toh belanja, kayaknya ga yakin nemu semua deh.  Berhubung Mentor masakku sudah bilang "Tenang saja Dedek!", akhirnya akupun oke aja sambil berdoa komat-kamit supaya rasa masakannya nanti ga terkesan horror-horror amat.Bismilah!


Dan setelah sowan pasar sekian jam, akhirnya semua bumbu yang dijembreng ga selengkap punya Koh Eddy dong. Hahhahahhaha... Tapi ya udah lah ya. Tetep kerjakan aja! Sayang kan bebeknya udah beli utuhan. Tapi belinya di pasar tradisionil sih, jadi masih ada PR cabutin bulu yang harus dikerjakan oleh Tamas, sedangkan kulo ngapunten deh, mending aku tak bagian tumbuk-menumbuk saja. 



Pedes pedes nyesss uuuh huh hah! n so oily

Ungkep bebeknya dengan bumbu halus tadi

Ungkepnya agak lama soalnya aku ga punya presto

Tunggu sampai bumbunya meresap dan bebeknya empuk, seempuk pipinya Mbul hohoho


"Eh ngene loh Dedek! Siro bantuin cabutin bulune iki loh!"

"O tida bisyaaaa... salah ndiri ga beli yang di Prima Food."

"Ealah bener-bener deh nih bocah."

Akhirnya sepakat nuntasin bagiannya masing-masing. Aku bagian ngupas bumbonnya saja, sedangkan doi mbersiin dan ngungkepin bebeknya.  Tapi biarpun ada kata 'sadja'-nya, bagianku ini rempong juga loh. Jumlahnya bumbunya aja buanyak. Bawang merah dan bawang putihnya terutama. Belum lagi bagian ngulegnya. Fyuhhh! Mancaaab tenan tanganku olehe menganyun munthu, wwkwkkwkw..



Bahan untuk serundeng yang akan dimasukkan ke bumbu hitamnya

Tumis parutan kelapanya sampai kecokelatan ya

Bikin serundeng ya si Mbul

Serundeng....

Uda berubah warna

Aduk terus ya!

Aduk-aduk terus sampai pagie...eh sampai wangi

Bebek ungkepnya udah menuju mendidih nih

Mpe mbulak-mbulak airnya, kuahnya pun setelah dicicili seger ya..pedes manis asem manteb

Udah hampir sat airnya

Setelah matang, angkat bebeknya, tiriskan

Tumis serundeng yang tadi dengan minyak dan sisa bumbu ungkepan

Aduk-aduk terus sampai berubah warna jadi gelap

Udah mulai gelap nih bumbunya

Setelah matang siram dengan minyak sisa menggoreng bebek

ini bumbu hitam yang pake serundeng, nanti aku bikin lagi yang tanpa serundeng

Ni bebek yang dah digoreng, cantik mengkilap seperti admin #eh...mulai deh gw :D

Tiriskan bebeknya hingga minyaknya surut

Bikinanku lebih besar besar ketimbang beli yang di warung langganan hahaha

kalian suka bagian dada, paha, atau brutu #e kok brutu wakakka

saatnya plating....

Sajikan bebek goreng Madura bersama sambal hitam dan potongan timun...ntabbb...bikinan Mbul ini hahaha


Oke biar ga kepanjangan...langsung aja ya, ini dia hasil recook resepnya Koh Eddy tapi kami variasikan lagi karena ada beberapa item bumbu yang beda dari resep Beliau.

Resep Bebek khas Madura Bumbu Hitam

Bahan-Bahan : 

Bawang merah 100 gram
Bawang putih 70 gram
Daun salam 5 lembar
Daun jeruk 7 lembar
Jeruk nipis 1
Serai 10 batang
Jahe 50 gram
Lengkuas 150 gram
Kunyit 5 cm
Biji pala 1 buah
Cabe rawit 100 gram
Cabe keriting 100 gram
Cabe hijau 50 gram
Ketumbar 20 gram
Kemiri 10 buah
Lada putih 1 sdt 
Lada hitam 1 sdt
Garam 1,5 sdm
Kaldu ayam 2 sdm
Kelapa serundeng
Air
Minyak goreng

*karena di pasar ga nemu (atau lupa) andaliman dan jinten sesuai dengan resepnya Koh Eddy, maka 2 item bumbu ini kami skip 


Tahapan Memasak : 

Serai diiris tipis-tipis
Irisan serai ditumbuk halus
Lengkuas diiris tipis-tipis
Kunyit diiris tipis-tipis
Jahe diiris tipis-tipis
Haluskan irisan lengkuas, irisan kunyit, dan irisan jahe bareng dengan dikasih air
bawang merah, bawang putih, cabe dihaluskan
Haluskan ketumbar, lada putih, lada hitam, pala, kemiri
Ungkep bebek dengan semua bumbu halus tadi, tambahkan daun jeruk, garam, kaldu ayam bubuk dan air 800 ml
Aduk sampai rata dan mendidih
Berhubung kami ga punya panci presto jadi ngingkepnya agak lama nih, tapi kalau ada presto sih cuma butuh waktu 7 menit
Setelah bebek empuk tiriskan
Lalu setelah itu goreng bebeknya sampai cokelat keemasan 
Tumis serundeng sampai kecokelatan
Tambahkan bumbu sisa ungkepan dan tumis sampai menghitam, tapi sambil diaduk-aduk terus supaya tidak gosong
Nanti kalau airnya sudah menyusut siram deh pakai minyak sisa menggoreng bebeknya
Bebek goreng khas Madura siap disajikan dengan irisan mentimun, dambal hitam dan juga serundeng.

Nah, tapi karena ini pake serundeng, jadi ada kesan beda dengan bumbu bebek langganan yang biasa kubeli ya. Jadi kali ini aku akan masak bumbu hitamnya lagi tapi yang tanpa serundeng.


Bikin lagi yang tanpa serundeng

Kali ini ku masak porsi jumbo

karena aku capek nguleg akhirnya takpakein blender aja wkwk

Tumis bumbu halusnya

Sambil diaduk -aduk ya

uda agak mendidih tuh

Aduk terus sampai airnya surut

Horeeee! Uda mulai hitam sambel bebek Maduranya !!

Semakin hitam semakin nikmat...ooooh....#sambelnya maksudnya, hehehe


Bumbu Hitam Tanpa Serundeng

Bumbu ungkepan bebeknya :

1 sdm jus jeruk nipis atau cuka
3 bawang putih
5 bawang merah
1 cm jahe
3 cm lengkuas
3 batang serai
5 lembar daun salam
Garam
1 sdt kaldu bubuk
500 ml air 

Bumbu hitam:

50 gram cabai merah
20 gram rawit hijau
100 gram bawang merah
25 gram bawang putih
25 gram kemiri
3 batang serai
1 sdm ketumbar
1 buah asam jawa tanpa biji
1 sdt kaldu bubuk
Garam
Merica
100 ml minyak
Air


Langsung iris-iris timunnya ya Mbul

Bikinan Mbul Nita alias si admin ini :D

Jejer-jejer doloooook huhuy

Sambel bebek Madura asli bikinan Non Admin Gustyanita Pratiwi

Foto dulu buat dokumentasi di blog!

Nasi bebek khas Madura ala Mbul Nita πŸ˜πŸ˜†πŸ˜πŸ˜œ


Tahapan Bikin Bumbu Hitam Bebek Madura tanpa Serundeng

Bumbu ungkep ditumis dengan bumbu halusnya sampai airnya menyusut dan berwarna hitam
Aduk-aduk terus supaya tidak gosong
Setelah matang, siram dengan minyak sisa menggoreng bebeknya
Bebek goreng khas Madura siap disantap dengan sambal hitam dan irisan ketimun. Kemanginya lupa ga kebeli huhu...

Selamat mencoba!




76 komentar:

  1. Aku udah lama banget ga makan bebek T.T hik hik

    sejak pandemi kayaknya jarang jajan, dan ngolah bebek kan ndak mudah..

    wkwkkww itu yang bikin sambel sampe dijelasin ya yang bikin non-admin :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bang berkat keinginan yang menggebu-gebu dari dasar hati yang oaling dalam akhirnya saia sakseis juga bikin bebek hitam khas Madura

      #sujud syukur
      #ku terharuh

      hahhahahha

      Hapus
  2. Kayaknya ngga perlu buka YouTube kokoh Edy lagi untuk bikin ungkep bebek Madura ini, tinggal buka channel NitaTv saja maka bisa.

    Kalo aku belum pernah makan bebek Madura, kalo bebek biasa juga jarang sih. Disini pasar Cikande juga ada yang jual tapi belum pernah aku tanya harganya, tapi sepertinya lebih mahal dari ayam negeri.

    Lihat mbul bikin srundeng, aku ingat kue tradisional yang juga pakai srundeng tapi rasanya manis

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba kalau nita bikin utub...ntar nita masak ala ala gadis desa deh ahahhahah...

      wah di cikande emang jarang gerobakan nasi bebek kah? sini sini mas agus jadi tester masakan nita aja 😜🀭

      kue pake serundeng? apaan tuh ya πŸ™„? Mbull jadi penasaran? mbul seringnya lihat kue yang pake parutan kelapa putih, tapi kalau dipakaiin serundeng belom pernah lihat amas agus πŸ˜³πŸ˜±πŸ˜†

      Hapus
    2. kue ketan mbak mbul, eh gw gak tau sih namanya apa, cuma sewaktu di jkt gw kalo pagi sarapanya pake kue ketan yang di atasnya di taburi serundeng :D, hmm lumayan enak :D

      Hapus
    3. kue ketan atasnya serundeng..jangan jangan........jeng jeng jeng...kayaknya sih aku pernah makan...emang enak buat sarapan mas lhanif, tapi kata orang tua jaman dulu makan ketan pagi pagi bisa bikin melilit ga sih ...tau tuh bener atau ga hihihi

      Hapus
  3. Busyet dah dalam semalam dua post jadi bingung mau komentar yang mana..hihihi

    Lihat nasi bebek jadi kangen udah lama ngga makan nasi bebek.

    Oh serundeng itu parutan kelapa yang ditumis selama ini saya taunya serondeng itu kacang kedelai dicampur kelapa dan gula merah entah buatnya siapakah kurang tau juga saya.

    Potongan bebeknya gede-gede beneran kalah potongan bebek yang tukang sate Madura.. hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. komentarin semua mua mua mua mua muanyaaa mas herman #pake nada suara spongebob yang nyebelin itu wkwkwkkw

      komenin semua biar blog mbul rame wkwkkw

      iya serundeng tempatku pake parutan kelapa...malah aku baru tahu kalau serundeng ada yang dari kedelai? tapi kalau manis dicampur gula merah iya sih

      iya...uda bakat jadi kang dagang bebek madura cantik blom saiaaa? Plakkkk si mbul hahhahaha

      Hapus
    2. Oke, dicoba untuk dikomentari semuanya..hihihi

      Sepertinya yang biasa saya makan di tukang sate Madura nasi bebek yang sambalnya ada kelapanya dan serehnya itu dan warnanya memang gelap begitu.

      Berarti sama-sama baru tau, saya baru tau serondeng yang parutan kelapa yang ditumis mbak baru tau serondeng yang pakai kacang kedelai. Berarti skor imbang..hihihi

      Baru sadar, padahal saya nulisnya diapakan kok jadinya siapakah, parah nih teks prediktifnya.. wkwkwk

      Kurang lebih ada bakat, mbat..hihihi

      Hapus
    3. Asyiiiik, paling semangat kalau uda dikomen mas herman dan mas agus aku hahahhahah

      (komem paling ditunggu tunggu itu komen mas agus n mas herman xixixi)


      iya jadi mas herman uda 'ngeh' nasi bebek bumbu hitam yang ada serundengnya itu kan? memang di Jakarta banyak mas herman, jual pake gerobakan atau warung tenda...tapi biasanya aku nemunya ga bareng ama sate sih πŸ˜„


      skor imbang, alias draw...(lha emang sepakbola mbul hahhaha)

      nah kan ini autotext hapenya mungkin minta dikeplak mas herman hahhaha

      asyikkk aku dibilang ada bakat #joged-joged...ga sampe kayang sih..wkwkwkkw

      Hapus
    4. Kalau saya justru belum pernah ketemu yang jual nasi bebek aja atau bukan di tukang sate, tiap makan nasi bebek selalu jual sate dan SOP, maklumlah makannya hanya di warung tenda bukan warung makan, pencinta warung tenda saya mah..hihihi

      Lha kan sama-sama baru tau jadi seri atau draw, ngga bisa diganggu gugat lagi.. hahaha

      Sesekali memang mesti dikeplak nih teks prediktifnya biar jangan nongol terus..hihihi

      Hapus
    5. lha aku juga sama sih, suka warung tenda juga, cuma kadang kadang untung untungan juga sih, ada pula warung tenda yang ngegetok harganya mahal mas..kalau sate emang seringnya gandengan ama sop kambing...sop kaki kambing..:D

      bwahahahha iya juga sih

      nah langsung keplak aja tuh layar hengpongnya..paling yang ada pecah kan layarnya hahahha #beli lagi deh wkwkkw

      Hapus
    6. Selama di Jakarta sih belum pernah dapati warung tenda yang ngegetok harga, kalau di Jawa pernah pas makan di Purwokerto ngga begitu jauh dari alun-alun makan pecel ayam (entah pecel ayam atau apa namanya saya sih bilangnya pecel ayam) sama teh manis 55000, harga segitu di Jakarta buat makan berdua malah masih ada lebihnya mungkin karena saya bukan orang Jawa kali jadi digetok harganya.

      Ngga usah dikeplak juga layarnya emang udah pecah mau benerin 500ribu langsung mundur teratur..hiuihi

      Hapus
    7. iya mas biasanya kalau yang kelihatan mandeg makan di jawa tengah...dan ama penjualnya ketahuan mobil plat B seringnya sih agak dimahalin hihi
      tapi iya segitu di jabodetabek murah ya...tapi kalau di jateng lumayan tuh, pecel ayam ma teh manis harusnya ga sampe 50 ribu

      bwahahhah...layarnya jatoh apa gimana tuh? minta diganti kayaknya deh. wkwkwk..tapi iya juga sih layar baru ternyata mahal ya...tabku pecah mau diganti...check ecommerce kok malah nyampe sejuta...duh puyeng langsung kepalaku hahhaha

      Hapus
    8. Waktu itu saya jalan kaki keluar dari hotel karena lapar jadi nyari makan. Kalau naik mobil mungkin bisa 100ribu. Iya seharusnya ngga segitu tapi apalah daya sudah dimakan jadi langsung bayar malas buat debat. Pas paginya makan di rumah makan belong lihat harga ayam bakar cuma 18ribu.. hahaha.. parah amat getoknya.

      Ngga sengaja jatuh dari saku baju pas nunduk. Niatnya mau ganti tapi malas ke counter HP-nya lagian masih berfungsi kok.. hahaha. Mahal gantinya karena satu set padahal HP saya yang pecah cuma kacanya aja layar sentuhnya masih berfungsi tapi gantinya harus satu set.. hahaha..parah mah HP sekarang mahal biaya servisnya.. hahaha.
      Sampai sejuta mendingan beli tab baru, mbak.

      Hapus
    9. bener juga mas, memang biasanya gitu..liat saja kalau musim lebaran banyak mobil plat B turun kulineran ke tempat makan pinggir jalan..harga bisa naik lebih dari setengahnya

      rumah makan belong? belong ini apa mas? ku tahunya blengong atau angsa kalau di tegal tempate mas agus wkwkwk

      kalau harga aslinya 18 ribu..pecel ayam yang semalem jangan jangan langsung ditembak jebret seporsi 35 ribuan, sisanya teh manis hahahhahah

      iya kan mahal biaya servis? sebenernya aku males ganti, uda kadung nyaman sama yang lama...tapi mau ganti layare kok nyampe sejuta...aduh...kudu ngepost tabungan deh tiyap bulan timbang ganti layar doang...kalau beli baru nanti aku tergodah yang spek di atasnya kan gaswad hahahahah

      Hapus
    10. Kalau pas lebaran harganya bisa 2 kali lipat kalau lihat mobil plat B. Mungkin pedagangnya mikir cuma setahun sekali ini makanya harganya langsung di hajar.

      Belong itu nama rumah makannya, entah artinya apa saya juga kurang tau. Waktu itu teman yang orang situ yang ngajak makan di rumah makan belong, tempatnya lumayan enak di pinggir kali dan ada model lesehan juga. Menunya macam-macam dari bebek, ayam sampai ikan.

      Berarti teh manisnya 20ribu. Di Jakarta minum teh manis 20ribu bisa mati kembung..hihihi

      Lah iya lah kalau beli baru speknya harus di atas yang lama kalau sama mah percuma mendingan pakai yang lama, paling harganya 3/4 lebih tinggi dari yang lama..hihihi

      Hapus
    11. bisa jadi mas herman...liat peluang maka langsung aja terapkan yak xixixi

      rumah makan belong...jadi oenasaran..semacam pecel ayam kan ini? iya kalau suasananya adem pinggir kali dan bisa lesehan sih emang bikin betah...tapi abis itu kekenyangan trus ngantuk deh wkwkkw

      hahhahaha teh manis 20 ribu ini semacam kayak di resto yang ada di moll..mending ikin ndiri bisa sejembung atau secerek ya mas twh manis tuh wkwkwkkw

      iya begitulah, dilema mau pake yang lama ganti layar sejutaan apa ganti hengpon sekalian...biasanya barang elektronik tuh suka cemburuan..kalau kita nyemlong apa pengen ganti baru e tetiba ngadat yang lama hahahhaha

      Hapus
    12. Nah seperti itu mumpung ada peluang..hihihi

      Menunya macam-macam, pecel ayam, pecel bebek, pecel lele, gurame bakar dan banyak lagi. Waktu itu yang saya makan lokasinya bukan di Purwokerto kota tapi di Banyumas. Coba aja searching di google, mbak

      Iya udah kayak di mal aja, warteg pinggir jalan kalah jauh..hahaha

      Baru tau kalau barang elektronik bisa cemburuan juga.. hahaha

      Hapus
    13. coba deh...jadi penapsaran aku mas herman, soalnya sering kan aku liwat banyumas kalau pas arah pulang kampung, kali aku bisa mlipir wkwkwk

      warteg sekarang tapi manteb manteb loh menunya, beberapa ada yang rasanya jauh lebih enak dari resto wekekke

      nah tali betul kan sifat barang elektronik kadang begitu. Kalau becanda pengen hape baru...senajan cuma guyon...ntar ntah kesugesti ama semesta atau ga hp lama tiba tiba mati...atau rusak apanya..sering kejadian gini, sama juga dengan barang elektronik lain misal leptop atau kulkas hahahha

      Hapus
    14. Coba aja pas pulang kampung mampir ke situ makan di rumah makan belong kali aja jadi ketagihan..hihihi.. yang saya ingat tempatnya di kecamatan Karanglewas soalnya ngga jauh dari rumah teman saya.

      Iya, warteg sekarang juga tempatnya udah asik dan bersih kalau menunya lebih enak dari resto kurang tau juga soalnya ngga pernah makan resto..hihihi

      Sepertinya memang begitu kalau kepengen yang baru mendadak yang lama rusak udah dibenerin eh rusak lagi.. pengalaman sama HP..hihihi

      Hapus
    15. wah makasih tambahan infonya mas herman, kali beneran bisa mampir kan nambah satu konten kulineran wkwkwkk

      bener warteg sekarang uda banyak yang memperhatikan higienitas dan kenyamanan pengunjungnya

      bener kan? hahhahaha

      Hapus
  4. What a Δ±nteresting recipe ...

    BalasHapus
  5. nasi bebek, mantep tenan iku ?'', tapi sayangnya terlalu huuuuuua ? pedas yo ?'' .

    BalasHapus
  6. Balasan
    1. buleh kak nisa buleh...😳😳😱
      #lho kok mbul yang jadi gurunya

      🀭🀭🀭

      Hapus
  7. Pagi-pagi buka blognya Mbak Nita, jadinya malah ngiler maksimal.
    Bikin perut laper.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas rudi...itu pintu kantin kantor uda melambai-lambai 😁🀭🀭

      Hapus
  8. Udah cantik pinter masak pulak, tapi daging Bebek saya kurang suka kak, soale sedikit kenyal, tapi tergantung masaknya juga sih. Oh iya mon maaf kak, kak mbul udah nikah belom ya. Hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih makasih πŸ˜„

      #kasih lembaran uwit pak karno karena uda puji si mbul wakakkakaka

      bebek biar ga kenyal atau alot bisa dipresto mas eko...metode presto bisa untuk mempercepat proses pengempukan si bebek. Tapi berhubung aku ga punya panci presto, walhasil aku ungkep agak lamaan di wajan...tapi jadi bikin bumbunya remesep ☺😊

      Hapus
  9. Yaallah ya robi, kemlecer rasae duhhhh lama kali tak makan bebek beginian :( di Bali blm nemu :( apa bikin aja kali ya? tapi kok effort banget :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyakah? jarang makanan madura ya ternyata di bali mba pris...memang lumayan ribedh kalau masak sendiri..tapi puas soape bisa masak porsi wong se-RT wkwkwkwk

      Hapus
  10. Kalau soal update blog, mbak nita memang jagonya deh, hahaha...

    Salut saya nya..
    Begitu ketik namanya di Google, blog mbak nita sudah ada SITELINK-nya, kereeeennn...

    Ssaya aja yang ngeblog udah belasan taon sitelink-nya ilang entah kemana, wkwkwk. Keep writing dan terus semangat berbagi ya mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah mang maman bisa saja...ga juga sih...tergantung mood kadang mang hahaha

      keep writing juga buat mang maman dan temen temen blogger lainnya :)

      Hapus
  11. Untung baru kemarin ini aku makan bebek, jadi nggak ngiler-ngiler banget lihat postingan Mba Mbul ini XD cuma yaa setelah baca dan lihat proses masak bebek bumbu hitam madura yang penuh effort ini, sudahlah aku beli jadi saja wkwkwwk 🀣 jujur aku nyerah, Mbaa kalau harus masak kayak gini hiks Mba Nita sungguh dedikasi sekali sampai bikin serundengnya segala *sembah sujud*

    Btw, channelnya kokoh Eddy Siswanto itu salah satu andalanku untuk urusan dapur. Beliau khas banget kalau ngomong "kembali lagi dengan chef abal-abal", yang mana hasil masakannya nggak abal-abal sama sekali hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya lumayan rumit juga jane...hampir aja aku nyerah di awal hihihi

      soalnya uda terlanjur ngidam sambel bebek item...e tapi bikinnya kudu sepaket ama acara ngungkep bebeknya πŸ˜œπŸ˜†

      yeay ternyata diromu sudah menjadi salah satu 'Sahabat' nya koh eddy dunk 🀭🀭🀭

      iya kalau mantengin channel si kokoh tuh yang ada hiburan, taglinennya sih chef abal abal swdunia, tapi resep resepnya sekelas chef hotel bintang lima. Bumbunya selalu lengkap. Dan ada edukasi pwralatan masaknya juga hihihi

      Hapus
  12. Pinter banget masaknya. Wangi sereh dan bumbu lainnya kecium sampai sini.
    Thanks for recipe :)

    Yummy! Yummy!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi kak evi bikin nita jadi pengen terbang terbang nih....wusss 🧚‍♀️🧚‍♀️🧚‍♀️

      (*・Ο‰・οΎ‰οΎ‰οΎž☆゚゚

      (((o(♡´▽`♡)o)))

      makasih kak...masih the new beginer masak masak unggas yang beraroma kuat seperti bebek nita tuh 😍

      Hapus
  13. Andai kata yang dimasak ini daging ayam, aku pasti ngiler. hehehehe ....Entah mengapa aku cenderung gak mau makan klo yang dimasah daging bebek. Apalagi daging burung dara atau puyuh atau kelinci. Aku gak mau. Paling suka seafood. Tapi ayam dan daging sapi serta kambing masih mau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti nextnya aku siapin hayaaam, seafood atau kambing ya kak, biar dikau kemlecer heheh

      memang betul cara pengolahan bebek, kelinci, puyuh atau dara agak rumit, soalnya memang amisnya kentara...harus bener bener siapin peranti buat ngilangin amis seperti jahe, jeruk nipis dan salam nih kak πŸ˜„πŸ˜ƒ

      Hapus
  14. ini nasi bebek hitam bisa dipesan via ojol gak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa gag ya....buru buru mbul buka orderan....wakkakakak

      #mulai halu jadi owner bebek madura ala Mbul nih dirikuw mba rieeee...
      #teplakin pipi mbul biar sadar fan bangun dari mimpi si mbulnya mba rie wekekekke

      Hapus
  15. Waiji, jadi laper saya bacanya siang2 di kantor.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah kan

      nah kan

      langsung aja malemnya carik bang yang jualnya di sekitar situ hehehe

      Hapus
  16. Emang ada ya nasi bebek hitam khas madura?

    Aku kok baru tahu ya, ha ha ha
    Dan kenapa, kenapa Ibu mertuaku nggak pernah bikinin ini? Padahal beliau orang Madura, wkwkkw

    Baik nanti kalau jadi mudik mau aku todong supaya masakin ini, *menantu kurang ajar*, ha ha ha

    Daging bebek itu enak banget klo masaknya bener, klo ga bener udah kek ngigit karet aja, wkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adaaa kak pipit, makanya mbul bikin soalnya penasaran..dan kalau pas beli di langganan makin hari dagingnya makin mengecil tapi harga naik terus dari situlah terbersit keinginan bikin ndiri wkekekkeke

      o kak pipit kalau tempat mertuanya di madura berarti ya ? πŸ˜ƒ ga pa pak tuh kan masak bareng namanya kak hihihi

      iya bener, emang tricky sih ini sodaranya mbull

      #nah loh sodaranya Mbul berarti bebek dunk πŸ¦†πŸ¦†πŸ¦†πŸ¦†

      Hapus
    2. Kalau mertua nggak tinggal di pulau maduranya tapi di Situbondo

      Justru kalau di sana aku udah kek tuan putri aja, bangun tidur semua udah siap santap. wkwkkw

      mau ini onoh tinggal bilang, langsung cuss disediakan. Duh paling Peri emang ibu mertuaku ini

      Etapiiii menu si bebek ini aku belum pernah, ha ha ha

      ha ha ha ha
      dasar si mbulll :)))

      Hapus
    3. aaahaa situbondo...jadi inget lewat situ pas mau darmawisata ke bali waktu mbul SMA kak pipit

      πŸ˜†πŸ˜


      hihi oya kak, alhamdulilah ibu mertua baik ya, sayang ama anak mantu 😍

      Hapus
  17. That does look tasty. I wish I could read the text.

    BalasHapus
    Balasan
    1. thank you dear, hopefully someday i can write in two language...

      ((o(*>Ο‰<*)o))

      Hapus
  18. wii masak enak nih mbak mbul, bisa lah di kirim-kirim kemari wkwkwk :D, btw seperti biasa ya tiap posting makanan gini udah kayak post penyimpanan foto galery :D, lanjutkan mbak mbul :D

    gw sih jarang makan daging bebek mbak, sebenernya agak kurang suka, tapi ya tergantung masaknya juga sih, kalo enak dan sesuai selera gw sih oke-oke aja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. nih mas khanif tangkap bebeknya...hyaaaaattt...awas ya jangan sampe ucul wkwkwkk πŸ¦†πŸ¦†πŸ¦†

      iya juga ya baru nyadar aku, ini namanya memanfaatkan kuota 15 gbnya blogspot buat upload foto mas nif wekekeekkeke

      iya ya...mas kan vegetarian bukan sih??..tapi sate dia doyan xixixii 🀭🀭🀭

      Hapus
    2. gw sih vegetarian abal-abal :D, daging kalo masaknya sesuai selera gw sih oke mbak mbul, yah sebwnernya tergantung masaknya aja :D

      Hapus
    3. jyahahahhaha...bukan si mbul yangbbilang vegetarian abal loh mas nif 🀭🀭🀭

      iya...kudunya aku beli panci presto nih, biar cepet kalau mau ngempukin dedagingan wkwkwkw

      Hapus
  19. Uelok tenan Leh mu masak nit...kayak mau hajatan. Bumbune akeh, masake sui...tlaten dirimu. Aku blm pernah masak bebek...sudah terlanjur percaya mitos..katanya bebek klo ga pinter masaknya bau prengus..

    Ha..ha, padune aku kesedπŸ˜€

    BalasHapus
    Balasan
    1. bwakakakka ini yang namanya totalitas ala ala mba lis πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†, padune wes terlanjur tuku bebek wutuhan hihihi

      iya mba lis ngulege alamak nganti tanganku gemeteran...untung ada leyeh sih modele lumpang wekekkeke jadi pas ditutu ora kabur kabur mlompat mlombat bumbune hihi

      iya mba lis kudu telaten ngucuri jeruk nipis, jahe n salam ben ga prengus wkwkwkkw...wes koyok dulure wedus πŸ¦†πŸ¦†πŸπŸπŸπŸπŸ

      Hapus
  20. Naahh kalau ini nggak usah ditanya lagi mbul gw suka banget makan daging bebek atau ayam bisa juga ikan gabus garing pedas pake mentimun serta lalapan + Sambal waaduuhh udak maknyus banget dah..🀣🀣🀣

    Terlebih makannya ditengah kebun atau saung dengan pemandangan alam yang sejuk pastinya maknyus haabiiss terlebih bila nasinya masih anget..Waah bisa lupa deh sama pacar..🀣🀣🀣🀣


    Jadi mau daging bebek khas madura kek, Tangerang kek atau mana aja dah kalau menunya seperti diatas gw doyan mbul, Apalagi kalau ada yang kirimin gratis.πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£πŸ€£


    Dan itu yang dikuali gw kira Nasi goreng nggak tahunya serundeng yaa..🀣🀣🀣🀣🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. asyikkk...kang satria ternyata sudah hapal dengan menu khas Madura satu ini. berarti di depok bertebaran ya kang penjual gerobakannya?

      di tengah kebun? kebun siapa kang? bukan hutan kota kan? wkwkwkkw...kok lupa ama pacar? hahahhahahhah

      iya kang kalau judulnya bebek goreng karena dia kulitnya tebel dan gurih aku juga suka semua wkwkwkw

      naitu kalau ada yang kirimin gratis langsung deh perut jingkrak jingkrak bergembira hahhahaaha

      bukan kang..tapi diliat liat emang mirip serundeng sih ya wkwkwkk

      Hapus
  21. jangan kebanyakan makan bebek sih
    ntar besoknya malah asam urat
    hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya mas rezki uda pengalaman asam urat ni πŸ€”πŸ€­πŸ€­

      Hapus
  22. Such a flavoursome and delicious meal! The duck looks particularly yummy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. thank you dear Angie, yes even though cooking with duck was very difficult, but the result was not greasy, just super chewy 😍😍

      Hapus
  23. Bom dia minha querida amiga, que vontade de provar essa maravilha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. thank you luiz Gomez my friend

      enjoy your day too...n have a super week!

      greetings ☺😊

      Hapus
  24. Anak muda rajin berurusan dengan dapur. Kalau si nenek ini. Makannya rajin, masaknya malas. Terlebih sekarang. Cuman untuk mulut berdua sama cowok gantengku. He he ... Sering beli. Makan cuman dikit, sibuknya selangit. selamat malam, ananda Nita. Dan selamat istirahat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi iya bunda kalau uda tinggal berdua thok enakan beli...lebih praktis ya, kalau nita masih turun gunung masak nih bund 😍πŸ₯°

      Hapus
  25. Bagi penggemar bebek, tentu masakan Mba Pamela Anderson Pratiwi sangat menggoda selera, tapi saya kurang suka makan bebek ya, entah kenapa sih ya. Lebih prefer ayam, macam Ipin lah, hehehe...

    Meski cuma bagian perbumbuan, ternyata Pamela rempong juga ya.

    Mba Pamela Pratiwi ini aktif banget ngeblog ya, kita dari zaman baheula masih aktif Bewe-bewean, entah blogger senior lainnya masih pada aktif atau nggak nih??

    BTW, kenapa nggak beli domain .com saja Mba, biar lebih joss loh. Ini blognya udah bagus banget, tinggal beli yang domain berbayar, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. bwahahhahhahaha...mas hendra inget aja dari jaman brontosaurus kita uda saling berkunjung silaturahim antar sesama kawan blogger...betul mas hendra...tapi yaitu...mas hendra sampeyan uda senior kalau si embul masih bayi blogger dulu tuh...sekarang pun masih nubie wkwkkwkw

      pengen mas hendra...coba ntar kuajukan proposal ama support system blog aku aka sponsor utama blog aku mau acc belikan domain ga doi hihihi

      Hapus
  26. orang rumah nggak pernah bikin sendiri menu bebek mbak
    mungkin ya karena butuh effort yang lebih tadi
    dannnnnn aku yakin nih bikinan mbak Pamela pasti wenakkk kayak di warung warung ternama itu

    aku mengakui kalau mbak Pamela ini superrr strong sekali ngulek segitu sendir lho, aku 1 cuek ae kemeng lho mbak ahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. bwahahhahaha....ambil jalan pintasnya aja akhirnya ya mba ai...alias tumbas ben ga sayah olehe ngolahi dan ngungkepinnya yang makan waktu berjam jam πŸ˜πŸ˜†

      Hapus
  27. Ya ampuuuuun, makanan favoritkuuuu, bebek item Madura :D. Selalu sukaaaa menu ini. Deket rumah ada yg jual, dan enak awalnyq. Tp makin kesini kenpaaaa dia makin asin dan ga pedes hiks.

    Jd aku udh lama ga beli ini.

    Gilaaa yaa resepnya ternyata ribet wkwkwkwk. Mana pake ngulek. Aku msh ragu mau bikin ato ga, kasian Ama asisten hahahahah . Tp kalopun bikin, udhlaah aku pake blender aja nit :D. Ga sanggub rasanya kalo hrs ngulek :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. toast mba faaan...
      aku dulu sempat underestimate ama naso bebek...soalnya aku mikir hah nasi dikasih serundeng dan bebek goreng doang..auto seret bayanginnya


      e...pas aku beneran uda beli dan ternyata ada sambel item maknyossnya juga potongan mentimun dan kemangi aku langsung tarik kembali ucapanku dan aku mendadak beralih suka banget ama nasi bebek bumbu item madura hihi


      ((o(*>Ο‰<*)o))

      Hapus
  28. waaw mantap iki resepnya, pan kapan tak contone

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo kapan kapan direcook ngko upload juga hasile neng blogmu wkwkwk

      Hapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...