Senin, 15 Maret 2021

Nasi Bebek Hitam Khas Madura ala Mbul





Oleh : G Nita 


Tok Tok Tok!!!!!

Kulonuwun..........

Assalamualaikum........

Hallo lagi teman-teman bloggerku.... Apa kabarnya? Masih teteup napas kaaand? Saia juga. Alhamdulilah kabarku baik-baik saja, semoga kalian juga ya.... Jadi...karena aku sudah kangen dengan kalian semua, maka ijinkanlah Pamela Andersen Pratiwi kembali ke hadapan Anda semua dengan foto-foto makanan yang membahana dari atas ampe bawah, dari samping hingga samping lagi khusus untuk membuat air liur kalian naik turun. Karena eh karena...aku masak sesuatu yang agak effort juga Pemirsa. Iya itu hasil dari keinginan Ubung semata. Ubung tantik nan obas-abes dan mirip kucing kalau uda ada kepinginan sesuatu pasti sampe kebawa ngimpi, wkwk. 






Termasuk pengen masak nasi bebek khas Madura yang pake bumbu item itu lho... huhu. Yakaaaan daripada beli di tempat langganan, kebanyakan rugi bandar. Sekarang potongannya itu kecil banget, tapi harganya naik terus. Sambel hitamnya juga dikit. Ku merasa kuraaaaaang. Aku pengennya tuh yang banjir betjek gitu loh...meskipun itu minyak semua,  tulung, wkwkwk. Tapi tetep, bebek Madura bumbu item paling menggugah selera. Ga bisa kupungkiri akan hal itu #sadaaaappp...

Pembukaannya minta diapain si Mbul? Coba Pembaca yang Budiman kasih suaranya dong... #oooooppss.

Daaaaaan, saat kuutarakan hal itu kepada Tamas, dia cuma menampilkan ekspresi agak ngece sambil ngikik ngukuk begini

"Serius Mbul, siro arep masak bebek Madura yang pake sambel item itu? Kui kan amat sangat angel sekali!" 

"Yo hu um lah!" 

















Karena melas mbi diriku yang sudah manyun begini, maka akhirnya digeretlah dilihatinlah aku ke channel-nya Si Kokoh Eddy Siswanto yang rupanya seriiiing banget Beliau kepoin dan aku curiganya Beliau sudah jadi Sahabatnya (karena kan si Kokoh Eddy tiap monolog di youtube sering banget tuh nyapa 'Sahabatku'. Ada berapa menit sekali suka nyebut begitu ke penonton youtubenya. Jadiii karena bolak-balik kiblat masaknya Beliau adalah si Kokoh Eddy, maka curigaku adalah Beliau sudah menjadi bagian dari Sahabatnya, qiqiqiqi.

"Serius mau pake resepnya Koh Eddy nih?" Aku agak menyipitkan mripatku yang belo ini karena diantara resep bebek madura bumbu hitam lainnya~~sebutlah resep-resep di cookpad, resep Koh Eddy ini jauh lebih rumit. Bumbu ungkepan maupun bumbu hitamnya itu terdiri dari banyak item. Dan Tamas merekomendasikan resep Si Kokoh Eddy yang udah teruji nyata subcribernya....rasanya, Hwaaaa...

Key, baiklah....ketimbang ga dieksekusi-eksekusi mulu, maka setelah urun rembug cukup lama, akhirnya diputuskanlah untuk recook resepnya si Kokoh Eddy.








Tapi pertanyaannya....memang di dapur ada semua tuh bumbu-bumbunya ? Kalau toh belanja, kayaknya ga yakin nemu semua deh.  Berhubung Mentor masakku sudah bilang "Tenang saja Dedek!", akhirnya akupun oke aja sambil berdoa komat-kamit supaya rasa masakannya nanti ga terkesan horror-horror amat.Bismilah!

Dan setelah sowan pasar sekian jam, akhirnya semua bumbu yang dijembreng ga selengkap punya Koh Eddy dong. Hahhahahhaha... Tapi ya udah lah ya. Tetep kerjakan aja! Sayang kan bebeknya udah beli utuhan. Tapi belinya di pasar tradisionil sih, jadi masih ada PR cabutin bulu yang harus dikerjakan oleh Tamas, sedangkan kulo ngapunten deh, mending aku tak bagian tumbuk-menumbuk saja. 

"Eh ngene loh Dedek! Siro bantuin cabutin bulune iki loh!"

"O tida bisyaaaa... salah ndiri ga beli yang di Prima Food."

"Ealah bener-bener deh nih bocah."

Akhirnya sepakat nuntasin bagiannya masing-masing. Aku bagian ngupas bumbonnya saja, sedangkan doi mbersiin dan ngungkepin bebeknya.  Tapi biarpun ada kata 'sadja'-nya, bagianku ini rempong juga loh. Jumlahnya bumbunya aja buanyak. Bawang merah dan bawang putihnya terutama. Belum lagi bagian ngulegnya. Fyuhhh! Mancaaab tenan tanganku olehe menganyun munthu, wwkwkkwkw..































Oke biar ga kepanjangan...langsung aja ya, ini dia hasil recook resepnya Koh Eddy tapi kami variasikan lagi karena ada beberapa item bumbu yang beda dari resep Beliau.

Resep Bebek khas Madura Bumbu Hitam

Bahan-Bahan : 

Bawang merah 100 gram
Bawang putih 70 gram
Daun salam 5 lembar
Daun jeruk 7 lembar
Jeruk nipis 1
Serai 10 batang
Jahe 50 gram
Lengkuas 150 gram
Kunyit 5 cm
Biji pala 1 buah
Cabe rawit 100 gram
Cabe keriting 100 gram
Cabe hijau 50 gram
Ketumbar 20 gram
Kemiri 10 buah
Lada putih 1 sdt 
Lada hitam 1 sdt
Garam 1,5 sdm
Kaldu ayam 2 sdm
Kelapa serundeng
Air
Minyak goreng

*karena di pasar ga nemu (atau lupa) andaliman dan jinten sesuai dengan resepnya Koh Eddy, maka 2 item bumbu ini kami skip 

Tahapan Memasak : 

Serai diiris tipis-tipis
Irisan serai ditumbuk halus
Lengkuas diiris tipis-tipis
Kunyit diiris tipis-tipis
Jahe diiris tipis-tipis
Haluskan irisan lengkuas, irisan kunyit, dan irisan jahe bareng dengan dikasih air
bawang merah, bawang putih, cabe dihaluskan
Haluskan ketumbar, lada putih, lada hitam, pala, kemiri
Ungkep bebek dengan semua bumbu halus tadi, tambahkan daun jeruk, garam, kaldu ayam bubuk dan air 800 ml
Aduk sampai rata dan mendidih
Berhubung kami ga punya panci presto jadi ngingkepnya agak lama nih, tapi kalau ada presto sih cuma butuh waktu 7 menit
Setelah bebek empuk tiriskan
Lalu setelah itu goreng bebeknya sampai cokelat keemasan 
Tumis serundeng sampai kecokelatan
Tambahkan bumbu sisa ungkepan dan tumis sampai menghitam, tapi sambil diaduk-aduk terus supaya tidak gosong
Nanti kalau airnya sudah menyusut siram deh pakai minyak sisa menggoreng bebeknya
Bebek goreng khas Madura siap disajikan dengan irisan mentimun, dambal hitam dan juga serundeng.

Nah, tapi karena ini pake serundeng, jadi ada kesan beda dengan bumbu bebek langganan yang biasa kubeli ya. Jadi kali ini aku akan masak bumbu hitamnya lagi tapi yang tanpa serundeng.
















Bumbu Hitam Tanpa Serundeng

Bumbu ungkepan bebeknya :

1 sdm jus jeruk nipis atau cuka
3 bawang putih
5 bawang merah
1 cm jahe
3 cm lengkuas
3 batang serai
5 lembar daun salam
Garam
1 sdt kaldu bubuk
500 ml air 

Bumbu hitam:

50 gram cabai merah
20 gram rawit hijau
100 gram bawang merah
25 gram bawang putih
25 gram kemiri
3 batang serai
1 sdm ketumbar
1 buah asam jawa tanpa biji
1 sdt kaldu bubuk
Garam
Merica
100 ml minyak
Air

Tahapan Bikin Bumbu Hitam Bebek Madura tanpa Serundeng

Bumbu ungkep ditumis dengan bumbu halusnya sampai airnya menyusut dan berwarna hitam
Aduk-aduk terus supaya tidak gosong
Setelah matang, siram dengan minyak sisa menggoreng bebeknya
Bebek goreng khas Madura siap disantap dengan sambal hitam dan irisan ketimun. Kemanginya lupa ga kebeli huhu...

Selamat mencoba!






43 komentar:

  1. Aku udah lama banget ga makan bebek T.T hik hik

    sejak pandemi kayaknya jarang jajan, dan ngolah bebek kan ndak mudah..

    wkwkkww itu yang bikin sambel sampe dijelasin ya yang bikin non-admin :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bang berkat keinginan yang menggebu-gebu dari dasar hati yang oaling dalam akhirnya saia sakseis juga bikin bebek hitam khas Madura

      #sujud syukur
      #ku terharuh

      hahhahahha

      Hapus
  2. Kayaknya ngga perlu buka YouTube kokoh Edy lagi untuk bikin ungkep bebek Madura ini, tinggal buka channel NitaTv saja maka bisa.

    Kalo aku belum pernah makan bebek Madura, kalo bebek biasa juga jarang sih. Disini pasar Cikande juga ada yang jual tapi belum pernah aku tanya harganya, tapi sepertinya lebih mahal dari ayam negeri.

    Lihat mbul bikin srundeng, aku ingat kue tradisional yang juga pakai srundeng tapi rasanya manis

    BalasHapus
    Balasan
    1. kue ketan mbak mbul, eh gw gak tau sih namanya apa, cuma sewaktu di jkt gw kalo pagi sarapanya pake kue ketan yang di atasnya di taburi serundeng :D, hmm lumayan enak :D

      Hapus
    2. kue ketan atasnya serundeng..jangan jangan........jeng jeng jeng...kayaknya sih aku pernah makan...emang enak buat sarapan mas lhanif, tapi kata orang tua jaman dulu makan ketan pagi pagi bisa bikin melilit ga sih ...tau tuh bener atau ga hihihi

      Hapus
    3. enak mas seru bikin bebek sambal madura sendiri walaupun ngaduk sambelnya sampai halus dan menghitam itu butuh kekwatan ekstra wkwkkww..

      ketan serundeng aku sering dibeliin simbah..waktu pagi banyak yang jual di pinggir jalan mas ^^

      Hapus
  3. Busyet dah dalam semalam dua post jadi bingung mau komentar yang mana..hihihi

    Lihat nasi bebek jadi kangen udah lama ngga makan nasi bebek.

    Oh serundeng itu parutan kelapa yang ditumis selama ini saya taunya serondeng itu kacang kedelai dicampur kelapa dan gula merah entah buatnya siapakah kurang tau juga saya.

    Potongan bebeknya gede-gede beneran kalah potongan bebek yang tukang sate Madura.. hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. komentarin semua mua mua mua mua muanyaaa mas herman #pake nada suara spongebob yang nyebelin itu wkwkwkkw

      komenin semua biar blog mbul rame wkwkkw

      iya serundeng tempatku pake parutan kelapa...malah aku baru tahu kalau serundeng ada yang dari kedelai? tapi kalau manis dicampur gula merah iya sih

      iya...uda bakat jadi kang dagang bebek madura cantik blom saiaaa? Plakkkk si mbul hahhahaha

      Hapus
    2. Oke, dicoba untuk dikomentari semuanya..hihihi

      Sepertinya yang biasa saya makan di tukang sate Madura nasi bebek yang sambalnya ada kelapanya dan serehnya itu dan warnanya memang gelap begitu.

      Berarti sama-sama baru tau, saya baru tau serondeng yang parutan kelapa yang ditumis mbak baru tau serondeng yang pakai kacang kedelai. Berarti skor imbang..hihihi

      Baru sadar, padahal saya nulisnya diapakan kok jadinya siapakah, parah nih teks prediktifnya.. wkwkwk

      Kurang lebih ada bakat, mbat..hihihi

      Hapus
    3. Asyiiiik, paling semangat kalau uda dikomen mas herman dan mas agus aku hahahhahah

      (komem paling ditunggu tunggu itu komen mas agus n mas herman xixixi)


      iya jadi mas herman uda 'ngeh' nasi bebek bumbu hitam yang ada serundengnya itu kan? memang di Jakarta banyak mas herman, jual pake gerobakan atau warung tenda...tapi biasanya aku nemunya ga bareng ama sate sih 😄


      skor imbang, alias draw...(lha emang sepakbola mbul hahhaha)

      nah kan ini autotext hapenya mungkin minta dikeplak mas herman hahhaha

      asyikkk aku dibilang ada bakat #joged-joged...ga sampe kayang sih..wkwkwkkw

      Hapus
    4. Kalau saya justru belum pernah ketemu yang jual nasi bebek aja atau bukan di tukang sate, tiap makan nasi bebek selalu jual sate dan SOP, maklumlah makannya hanya di warung tenda bukan warung makan, pencinta warung tenda saya mah..hihihi

      Lha kan sama-sama baru tau jadi seri atau draw, ngga bisa diganggu gugat lagi.. hahaha

      Sesekali memang mesti dikeplak nih teks prediktifnya biar jangan nongol terus..hihihi

      Hapus
    5. lha aku juga sama sih, suka warung tenda juga, cuma kadang kadang untung untungan juga sih, ada pula warung tenda yang ngegetok harganya mahal mas..kalau sate emang seringnya gandengan ama sop kambing...sop kaki kambing..:D

      bwahahahha iya juga sih

      nah langsung keplak aja tuh layar hengpongnya..paling yang ada pecah kan layarnya hahahha #beli lagi deh wkwkkw

      Hapus
    6. Selama di Jakarta sih belum pernah dapati warung tenda yang ngegetok harga, kalau di Jawa pernah pas makan di Purwokerto ngga begitu jauh dari alun-alun makan pecel ayam (entah pecel ayam atau apa namanya saya sih bilangnya pecel ayam) sama teh manis 55000, harga segitu di Jakarta buat makan berdua malah masih ada lebihnya mungkin karena saya bukan orang Jawa kali jadi digetok harganya.

      Ngga usah dikeplak juga layarnya emang udah pecah mau benerin 500ribu langsung mundur teratur..hiuihi

      Hapus
    7. Waktu itu saya jalan kaki keluar dari hotel karena lapar jadi nyari makan. Kalau naik mobil mungkin bisa 100ribu. Iya seharusnya ngga segitu tapi apalah daya sudah dimakan jadi langsung bayar malas buat debat. Pas paginya makan di rumah makan belong lihat harga ayam bakar cuma 18ribu.. hahaha.. parah amat getoknya.

      Ngga sengaja jatuh dari saku baju pas nunduk. Niatnya mau ganti tapi malas ke counter HP-nya lagian masih berfungsi kok.. hahaha. Mahal gantinya karena satu set padahal HP saya yang pecah cuma kacanya aja layar sentuhnya masih berfungsi tapi gantinya harus satu set.. hahaha..parah mah HP sekarang mahal biaya servisnya.. hahaha.
      Sampai sejuta mendingan beli tab baru, mbak.

      Hapus
    8. Kalau pas lebaran harganya bisa 2 kali lipat kalau lihat mobil plat B. Mungkin pedagangnya mikir cuma setahun sekali ini makanya harganya langsung di hajar.

      Belong itu nama rumah makannya, entah artinya apa saya juga kurang tau. Waktu itu teman yang orang situ yang ngajak makan di rumah makan belong, tempatnya lumayan enak di pinggir kali dan ada model lesehan juga. Menunya macam-macam dari bebek, ayam sampai ikan.

      Berarti teh manisnya 20ribu. Di Jakarta minum teh manis 20ribu bisa mati kembung..hihihi

      Lah iya lah kalau beli baru speknya harus di atas yang lama kalau sama mah percuma mendingan pakai yang lama, paling harganya 3/4 lebih tinggi dari yang lama..hihihi

      Hapus
    9. Nah seperti itu mumpung ada peluang..hihihi

      Menunya macam-macam, pecel ayam, pecel bebek, pecel lele, gurame bakar dan banyak lagi. Waktu itu yang saya makan lokasinya bukan di Purwokerto kota tapi di Banyumas. Coba aja searching di google, mbak

      Iya udah kayak di mal aja, warteg pinggir jalan kalah jauh..hahaha

      Baru tau kalau barang elektronik bisa cemburuan juga.. hahaha

      Hapus
    10. Coba aja pas pulang kampung mampir ke situ makan di rumah makan belong kali aja jadi ketagihan..hihihi.. yang saya ingat tempatnya di kecamatan Karanglewas soalnya ngga jauh dari rumah teman saya.

      Iya, warteg sekarang juga tempatnya udah asik dan bersih kalau menunya lebih enak dari resto kurang tau juga soalnya ngga pernah makan resto..hihihi

      Sepertinya memang begitu kalau kepengen yang baru mendadak yang lama rusak udah dibenerin eh rusak lagi.. pengalaman sama HP..hihihi

      Hapus
  4. nasi bebek, mantep tenan iku ?'', tapi sayangnya terlalu huuuuuua ? pedas yo ?'' .

    BalasHapus
  5. Pagi-pagi buka blognya Mbak Nita, jadinya malah ngiler maksimal.
    Bikin perut laper.

    BalasHapus
  6. Udah cantik pinter masak pulak, tapi daging Bebek saya kurang suka kak, soale sedikit kenyal, tapi tergantung masaknya juga sih. Oh iya mon maaf kak, kak mbul udah nikah belom ya. Hihihi

    BalasHapus
  7. Kalau soal update blog, mbak nita memang jagonya deh, hahaha...

    Salut saya nya..
    Begitu ketik namanya di Google, blog mbak nita sudah ada SITELINK-nya, kereeeennn...

    Ssaya aja yang ngeblog udah belasan taon sitelink-nya ilang entah kemana, wkwkwk. Keep writing dan terus semangat berbagi ya mbak...

    BalasHapus
  8. Untung baru kemarin ini aku makan bebek, jadi nggak ngiler-ngiler banget lihat postingan Mba Mbul ini XD cuma yaa setelah baca dan lihat proses masak bebek bumbu hitam madura yang penuh effort ini, sudahlah aku beli jadi saja wkwkwwk 🤣 jujur aku nyerah, Mbaa kalau harus masak kayak gini hiks Mba Nita sungguh dedikasi sekali sampai bikin serundengnya segala *sembah sujud*

    Btw, channelnya kokoh Eddy Siswanto itu salah satu andalanku untuk urusan dapur. Beliau khas banget kalau ngomong "kembali lagi dengan chef abal-abal", yang mana hasil masakannya nggak abal-abal sama sekali hahaha

    BalasHapus
  9. Pinter banget masaknya. Wangi sereh dan bumbu lainnya kecium sampai sini.
    Thanks for recipe :)

    Yummy! Yummy!

    BalasHapus
  10. Andai kata yang dimasak ini daging ayam, aku pasti ngiler. hehehehe ....Entah mengapa aku cenderung gak mau makan klo yang dimasah daging bebek. Apalagi daging burung dara atau puyuh atau kelinci. Aku gak mau. Paling suka seafood. Tapi ayam dan daging sapi serta kambing masih mau.

    BalasHapus
  11. ini nasi bebek hitam bisa dipesan via ojol gak ?

    BalasHapus
  12. Waiji, jadi laper saya bacanya siang2 di kantor.

    BalasHapus
  13. Emang ada ya nasi bebek hitam khas madura?

    Aku kok baru tahu ya, ha ha ha
    Dan kenapa, kenapa Ibu mertuaku nggak pernah bikinin ini? Padahal beliau orang Madura, wkwkkw

    Baik nanti kalau jadi mudik mau aku todong supaya masakin ini, *menantu kurang ajar*, ha ha ha

    Daging bebek itu enak banget klo masaknya bener, klo ga bener udah kek ngigit karet aja, wkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mertua nggak tinggal di pulau maduranya tapi di Situbondo

      Justru kalau di sana aku udah kek tuan putri aja, bangun tidur semua udah siap santap. wkwkkw

      mau ini onoh tinggal bilang, langsung cuss disediakan. Duh paling Peri emang ibu mertuaku ini

      Etapiiii menu si bebek ini aku belum pernah, ha ha ha

      ha ha ha ha
      dasar si mbulll :)))

      Hapus
  14. That does look tasty. I wish I could read the text.

    BalasHapus
  15. wii masak enak nih mbak mbul, bisa lah di kirim-kirim kemari wkwkwk :D, btw seperti biasa ya tiap posting makanan gini udah kayak post penyimpanan foto galery :D, lanjutkan mbak mbul :D

    gw sih jarang makan daging bebek mbak, sebenernya agak kurang suka, tapi ya tergantung masaknya juga sih, kalo enak dan sesuai selera gw sih oke-oke aja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. gw sih vegetarian abal-abal :D, daging kalo masaknya sesuai selera gw sih oke mbak mbul, yah sebwnernya tergantung masaknya aja :D

      Hapus
  16. Uelok tenan Leh mu masak nit...kayak mau hajatan. Bumbune akeh, masake sui...tlaten dirimu. Aku blm pernah masak bebek...sudah terlanjur percaya mitos..katanya bebek klo ga pinter masaknya bau prengus..

    Ha..ha, padune aku kesed😀

    BalasHapus
  17. Naahh kalau ini nggak usah ditanya lagi mbul gw suka banget makan daging bebek atau ayam bisa juga ikan gabus garing pedas pake mentimun serta lalapan + Sambal waaduuhh udak maknyus banget dah..🤣🤣🤣

    Terlebih makannya ditengah kebun atau saung dengan pemandangan alam yang sejuk pastinya maknyus haabiiss terlebih bila nasinya masih anget..Waah bisa lupa deh sama pacar..🤣🤣🤣🤣


    Jadi mau daging bebek khas madura kek, Tangerang kek atau mana aja dah kalau menunya seperti diatas gw doyan mbul, Apalagi kalau ada yang kirimin gratis.😂😂🤣🤣🤣


    Dan itu yang dikuali gw kira Nasi goreng nggak tahunya serundeng yaa..🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  18. jangan kebanyakan makan bebek sih
    ntar besoknya malah asam urat
    hehe

    BalasHapus
  19. Such a flavoursome and delicious meal! The duck looks particularly yummy.

    BalasHapus
  20. Bom dia minha querida amiga, que vontade de provar essa maravilha.

    BalasHapus
  21. Anak muda rajin berurusan dengan dapur. Kalau si nenek ini. Makannya rajin, masaknya malas. Terlebih sekarang. Cuman untuk mulut berdua sama cowok gantengku. He he ... Sering beli. Makan cuman dikit, sibuknya selangit. selamat malam, ananda Nita. Dan selamat istirahat.

    BalasHapus
  22. Bagi penggemar bebek, tentu masakan Mba Pamela Anderson Pratiwi sangat menggoda selera, tapi saya kurang suka makan bebek ya, entah kenapa sih ya. Lebih prefer ayam, macam Ipin lah, hehehe...

    Meski cuma bagian perbumbuan, ternyata Pamela rempong juga ya.

    Mba Pamela Pratiwi ini aktif banget ngeblog ya, kita dari zaman baheula masih aktif Bewe-bewean, entah blogger senior lainnya masih pada aktif atau nggak nih??

    BTW, kenapa nggak beli domain .com saja Mba, biar lebih joss loh. Ini blognya udah bagus banget, tinggal beli yang domain berbayar, hehehe

    BalasHapus
  23. orang rumah nggak pernah bikin sendiri menu bebek mbak
    mungkin ya karena butuh effort yang lebih tadi
    dannnnnn aku yakin nih bikinan mbak Pamela pasti wenakkk kayak di warung warung ternama itu

    aku mengakui kalau mbak Pamela ini superrr strong sekali ngulek segitu sendir lho, aku 1 cuek ae kemeng lho mbak ahahaha

    BalasHapus
  24. Ya ampuuuuun, makanan favoritkuuuu, bebek item Madura :D. Selalu sukaaaa menu ini. Deket rumah ada yg jual, dan enak awalnyq. Tp makin kesini kenpaaaa dia makin asin dan ga pedes hiks.

    Jd aku udh lama ga beli ini.

    Gilaaa yaa resepnya ternyata ribet wkwkwkwk. Mana pake ngulek. Aku msh ragu mau bikin ato ga, kasian Ama asisten hahahahah . Tp kalopun bikin, udhlaah aku pake blender aja nit :D. Ga sanggub rasanya kalo hrs ngulek :p

    BalasHapus
  25. waaw mantap iki resepnya, pan kapan tak contone

    BalasHapus